• Tidak ada hasil yang ditemukan

Karya Tulis Ilmiah Linux demi Kemandir

N/A
N/A
Info

Unduh

Protected

Academic year: 2018

Membagikan "Karya Tulis Ilmiah Linux demi Kemandir"

Copied!
12
10
0
Menampilkan lebih banyak ( Halaman)

Teks penuh

(1)

Linux demi Kemandirian Bangsa

Okta Riveranda

(2)

Abstrak

Sistem Operasi merupakan komponen paling krusial dalam komputer. Hal ini dikarenakan, ia adalah jembatan yang menghubungkan antara pengguna komputer (brainware) dengan perangkat keras (hardware) untuk membantu dalam melakukan pekerjaan - pekerjaan tertentu. Sistem Operasi banyak digunakan di komputer desktop, laptop, mainframe, dan server. Tanpa Sistem Operasi, komputer hanyalah bongkahan benda padat yang tiada artinya. Sangat banyak Sistem Operasi yang dapat kita temui saat ini, mulai dari yang berbayar (proprietary/Closed Source) sampai yang gratis (Free and Open Source). Salah satu Sistem Operasi berbayar yang paling populer di lingkungan desktop ialah Microsoft Windows. Kemudahan dalam penggunannya telah menyebabkan ketergantungan dan pola konsumtif, khususnya di Indonesia. Bahaya dari pola konsumtif ini adalah ketergantungan support. Para pengguna Windows sering mendapat gangguan virus maupun Malicious Ware (Malware), dan harus menunggu pihak Microsoft untuk mengeluarkanpatchagar hal tersebut hilang sama sekali. Hal itu juga berdampak pada banyaknya pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk membeli support stuff tersebut. Linux yang merupakan Sistem Operasi berbasisOpen Source menjadi solusi yang tepat untuk menangani segala dampak dari apa yang telah kita lakukan selama ini. Dengan Linux, kita dapat mengembangkan Sistem Operasi tersebut, dan melakukan update tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Bangsa yang mandiri adalah bangsa yang tidak memerlukan ketergantungan terhadap apapun. Bangsa yang mandiri adalah bangsa yang dapat berdiri dengan kakinya sendiri. Linux adalah solusi kemandirian bagi suatu bangsa dalam bidang Teknologi Informasi, khususnya di Indonesia.

(3)

Linux demi Kemandirian Bangsa | 2

Daftar Isi

Daftar Isi...2

BAB I...3

PENDAHULUAN...3

1. 1 Latar belakang...3

1. 2 Perumusan Masalah...5

1. 3 Batasan Masalah...5

1. 4 Tujuan dan Manfaat Penelitian...6

BAB II...7

LANDASAN TEORI...7

2. 1. Linux...7

2. 2. Kernel...7

2. 3. HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)...8

BAB III...10

PENUTUP...10

3. 1. Kesimpulan...10

3. 2. Saran...10

(4)

BAB I

PENDAHULUAN

1. 1

Latar belakang

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar. Dapat dilihat dari jumlah penduduknya yang berkisar sekitar 240 juta jiwa. Dengan jumlah yang sebesar itu, Indonesia seharusnya menjadi negara kuat yang mandiri di segala bidang. Walaupun kuantitas tidak selalu menunjukkan kualitas, akan tetapi jumlah yang besar tentu memberikan suatu peluang bagi Indonesia menjadi negara yang mandiri dan terbebas dari segala “perbudakan” yang masih merajalela saat ini.

Salah satu diantara perbudakan yang masih menggerogoti Indonesia adalah perbudakan lisensi Sistem Operasi. Sebagaimana yang kita ketahui dewasa ini, Sistem Operasi yang banyak digunakan oleh penduduk di seluruh dunia adalah Sistem Operasi buatan perusahaan penjual Software terbesar di dunia, Microsoft, yakni Windows. Windows digunakan oleh hampir 82% dari total pengguna komputer di dunia. Penduduk Indonesia termasuk dari yang 82% itu. Bukanlah suatu masalah apabila penduduk Indonesia banyak yang menggunakan Sistem Operasi besutan Microsoft tersebut. Hanya saja, dari total pengguna Windows yang ada di Indonesia, sebagian besar adalah pengguna Windows bajakan (Windows hasil crack), yakni sekitar 86%. Tentu saja apa yang dilakukan oleh mereka itu sudah benar - benar melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yang mana hak tersebut masih belum disadari oleh kebanyakan pengguna komputer di Indonesia.

(5)
(6)

1. 2 Perumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka didapatlah perumusan masalah sebagai berikut :

1. Apakah ada dampak buruk dari penggunaan Sistem Operasi bajakan ?

2. Apakah manfaat yang didapat dari penggunaan Sistem Operasi Linux di Indonesia ?

3. Mengapa kita harus melakukan perubahan dari membeli Sistem Operasi menjadi membuat Sistem Operasi ?

4. Bagaimana cara menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang mandiri di bidang IT dengan melakukan perubahan tersebut ?

1. 3

Batasan Masalah

Mengingat luasnya ruang lingkup dari penjelasan di atas, maka penulis dapat membatasi permasalahan tersebut sebagai berikut :

1. Sistem Operasi Linux yang digunakan untuk disebarluaskan maupun dikembangkan adalah Sistem Operasi Ubuntu.

2. Berfokus pada penggunaan aplikasi yang umum digunakan masyarakat.

(7)

Linux demi Kemandirian Bangsa | 6

1. 4

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dari penggunaan Sistem Operasi bajakan. Dengan memberikan penjelasan - penjelasan yang masuk akal dari penggunaan Sistem Operasi Linux serta dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan Sistem Operasi bajakan.

Manfaat yang akan didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan produktifitas masyarakat Indonesia umumnya, serta pengguna komputer khususnya di bidang IT.

2. Memberikan keluwesan dalam menggunakan dan mengembangkan Sistem Operasi, karena bersumber terbuka.

(8)

BAB II

LANDASAN TEORI

2. 1. Linux

Linux merupakan Sistem Operasi turunan dari UNIX yang berlandaskan model FOSS (Free and Open Source Software). Pertama kali dirilis pada 5 Oktober 1991 oleh Linus Torvalds.

Linux sangat banyak digunakan bagi Sistem Operasi komputer berbasis Intel Processor. Linux memang dikhususkan untuk Sistem Operasi komputer server, mainframedanSuper Computer.

Pada Juni 2013, lebih dari 95% dari 500 Super Komputer tercepat di dunia menjalankan beberapa varian Linux. Selain itu, Linux juga digunakan untuk Sistem Operasi bagi Sistem Tertanam (Embedded System). Linux juga telah banyak digunakan sebagai dasar dari Sistem Operasi pada perangkat mobile yang ada di dunia, seperti, TabletdanSmartphone.

2. 2. Kernel

Kernel merupakan suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah Sistem Operasi. Tugasnya melayani berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagaimultiplexing.

(9)

Linux demi Kemandirian Bangsa | 8

2. 3. HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ini merupakan padanan dari bahasa Inggris Intellectual Property Right. Kata “intelektual” tercermin bahwa obyek kekayaan intelektual tersebut adalah kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia (the Creations of the Human Mind) (WIPO, 1988:3).

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ini merupakan padanan dari bahasa Inggris Intellectual Property Right. Kata “intelektual” tercermin bahwa obyek kekayaan intelektual tersebut adalah kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia (the Creations of the Human Mind) (WIPO, 1988:3).

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti Paten, merek, Dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Secara umum Hak Kekayaan Intelektual dapat terbagi dalam dua kategori yaitu:

1. Hak Cipta.

Hak Cipta adalah hak khusus bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya. Termasuk ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra dan seni.

(10)

2. Hak Kekayaan Industri, meliputi:

a. Paten : Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001: Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya (Pasal 1 Ayat 1).

b. Merek : Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.

C. Desain Industri : (Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri) : Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan. (Pasal 1 Ayat 1)

(11)

Linux demi Kemandirian Bangsa | 10

BAB III

PENUTUP

3. 1. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa, Sistem Operasi bajakan adalah salah satu bentuk pelanggaran berat, karena telah melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Pelanggaran tersebut bukan hanya berdampak pada penurunan kualitas moral bangsa Indonesia, namun juga berakibat pada ketergantungan akan hal yang sama sekali bisa dilakukan atau dibuat oleh bangsa kita sendiri.

3. 2. Saran

(12)

DAFTAR PUSTAKA

http://dev.blankonlinux.or.id/

http://pasuruan.linux.or.id/2013/11/blankon-distro-linux-sebagai-kemandirian-anak-bangsa/

http://kominfo.go.id

Referensi

Dokumen terkait

Kualitas bahan ajar menulis cerpen dengan media adobe flash untuk siswa SMP kelas IX adalah (1) bahan ajar menulis cerpen dengan media adobe flash untuk siswa SMP

Syarat mutu biji kakao menurut SNI 2323-2008 ditentukan berdasarkan adanya serangga hidup atau benda asing, kadar air, adanya biji berbau asap abnormal atau berbau asing lainnya,

Adapun saran yang dapat dibe- rikan penulis berdasarkan hasil pene- litian selama proses pembelajaran ber- langsung sebagai berikut: Pembelaja- ran dengan menerapkan

Baik itu melalui sejumlah website (Pemkab, SKPD, Badan Publik, Media Center, dan web PPID sendiri), juga diterapkan dalam bentuk memberi kesempatan secara luas melalui desk

Formula sosis ikan layang terpilih yaitu pada perlakuan perbandingan ikan layang 70% dan tepung sagu 30% dengan karakteristik organoleptik mutu hedonik kenampakan yaitu

Berdasarkan hasil wawancara siswa tentang penerapan SQ3R yang dilakukan pada guru dan siswadiperoleh informasi bahwa siswa merasa senang dan tertarik

Sertifikat Akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) Nomor : LPPHPL-013-IDN tanggal 1 September 2009 yang diberikan kepada PT EQUALITY Indonesia sebagai Lembaga

Pada penelitian ini telah dirancang dan direalisasikan program sistem verifikasi nomor kendaraan bermotor, yang diujikan pada kondisi pagi, siang, dan sore hari, dimana

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko dari pergerakan saham setiap tahunnya dengan menggunakan metode Value at Risk Monte Carlo

Gambar 1 menjelaskan alur sistem yang dibuat, tahap pertama pada sistem survei kepuasan stakeholder yaitu Admin akan menambahkan data stakeholder yang telah diisikan di tracer

Adapun ketentuan besarnya dana tabarru’ didasarkan atas tabel penentuan iuran tabarru takaful dana investasi setelah dikurangi biaya pengelolaan (loading),

Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan utama dari penelitian ini adalah cara menerapkan teknologi Cloud Computing pada suatu sistem repository tugas

Skripsi ini tidak boleh diperbanyak seluruhnya atau sebagian, dengan dicetak ulang, difoto kopi, atau cara lainnya tanpa ijin dari penulis..

Plat kendaraan berasal dari kelas berbeda namun teridentifikasi sebagai kelas yang sama , antara query dari kelas kedua yang diambil pada pagi dan siang hari dengan citra no.84

PROGRAM STUDI D3 TEKNIK SIPIL BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK. UNIVERSITAS SEBELAS

Analisa Manfaat Biaya (Benefit Cost Ratio) Setelah dilakukan perhitungan data-data pada langkah sebelumnya maka langkah terakhir dari analisa data ini adalah menentukan nilai

Dapat membantu pebelajar dalam memahami materi pelajaran Bahasa Jepang dengan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menyenangkan bagi setiap pebelajar yang pada

Dengan di tandatangani surat persetujuan ini, maka saya menyatakan bersedia / tidak bersedia untuk berperan serta menjadi responden dalam penelitian dengan judul “Gambaran

Selanjutnya tidak lupa kami mengucapkan selamat dengan terpilih dan telah dilantiknya pengurus BPD HIPMI Provinsi Kalimantan Barat periode 2008-2011, harapan kami dengan

Dalam hal toleransi dan kompromi sudah terjalin cukup baik, mereka sudah bisa menyesuaikan diri antar anggota lain walaupun terkadang ada mahasisiwi yang

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dikarenakan jumlah penawaran yang masuk kurang dari 3 (tiga) peserta, maka pelelangan Pekerjaan Perencanaan Teknis Pembuatan Jalan Beton TPA

Pesawaran maka diberitahukan Pemenang Pengadaan Jasa Konsultansi untuk Paket Pekerjaan seperti tersebut diatas, atas dasar Penetapan Pemenang pengadaan jasa konsultansi dengan Nomor