Peran Serta Masyarakat Dalam Program Medan Green And Clean (Study Deskriptif: Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kelurahan Sei Kera Hilir I, Kecamatan Medan Perjuangan)

Teks penuh

(1)

PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PROGRAM MEDAN GREEN AND CLEAN

(Study Deskriptif: Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kelurahan Sei Kera Hilir I, Kecamatan Medan Perjuangan)

SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana sosial

DISUSUN OLEH BELMAN SIAGIAN

080901056

DEPARTEMEN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

i ABSTRAKSI

Penelitian ini berjudul Peran Serta Masyarakat dalam Program Medan Green and Clean di Gang Ama lingkungan IV, Kelurahan Sei Kera Hilir I, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan. Dalam penelitian ini Peran serta yang dimaksud adalah menjelaskan mengenai tindakan masyarakat dalam mengelola lingkungan yang disponsori oleh Medan Green and Clean sebagai pihak Utama. Peran serta merupakan suatu terobosan baru dalam suatu kebijakan yang diimplemantasikan dalam masyarakat, dengan melibatkan masyarakat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peran serta yang dilakukan oleh masyarakat melalui program Unilever dalam menjaga lingkungan hidup, dan menjelaskan tindakan yang dilakukan untuk menjaga lingkunga yang berkelanjutan, sehingga masyarakat ikut serta dalam progam Medan Green and Clean.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan melakukan wawancara responden sebanyak 9 orang. Ke 19 orang responden ini merupakan anggota yang ikut serta dalam program Medan Green and Clean dan peneliti menggali informasi mengenai keterlibatan lingkungan dalam program Green and Clean, dan dengan siapa saja mereka ikut berhubungan dan bagaimana proses mereka untuk bertindak dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2012 sampai dengan Minggu pertama Desember 2012.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa dari 9 responden anggota yang aktif adalah 50%, karena masyarakat sebelum datangnya program Medan Green and Clean masyarakat sudah melaksanakan kegiatan bergotong royong untuk tetap menjaga lingkungan. Program Medan Green and Clean sendiri hanya melengkapi kegiatan yang sudah dilakukan masyarakat dengan membuat kompetisi untuk memperebutkan kategori sebagai lingkungan terbaik dikota Medan. Program Green and Clean di prakarsai oleh Pihak Unilever sebagai sponsor utama dan bermitra dengan LSM lokal, Surat kabar, dan Pemerintah kota Medan. Peran serta yang dilaksanakan oleh perusahaan Unilever ini sebagai alat untuk mempublikasikan bahwa pihaknya sudah sudah ikut serta dalam menjaga lingkungannya, dengan strategi menggaet media massa sebagai alat komunikasi dengan menerbitkan bahwa pihak unilver sudah melaksanakan kegiatan menjaga lingkungan, dan melakukan kaderisasi terhadap setiap lingkungan yang terlibat, sebagai Hubungan Masyarakat mereka. Pada awal kegiatan dilakukan masyarakat cukup antusias tetapi lama kelamaan masyarakat tidak tertarik lagi. Masyarakat tidak mendapatkan informasi yang cukup, masyarakat hanya ingin menjaga lingkungan mereka, tanpa ada pengetahuan cukup mengenai tujuan dan maksud dari program Unilever.

Secara umum Peran serta masyarakat hanya dilakukan untuk menarik perhatian publik sesuai dengan program kerja pihak Sponsor, bahwa dengan melakukan peran serta masyarakat mereka telah sukses melakukan aktivitas menjaga lingkungan, tanpa adanya sosialisasi untuk melanjutkan ketahap pembangunan berkelanjutan. Sehingga masyarakat menjadi apatis terhadap keadaan lingkungan.

(3)

ii

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab karena rahmat-Nyalah, penulis mampu menyelesaikan skripsi ini. Penulis juga banyak dibantu oleh berbagai pihak yang turut mendukung penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini sebagaimana mestinya.

Dengan penuh hormat dan kasih penulis ucapkan terima kasih kepada Ibunda tercinta yang selalu mendukung penulis baik doa maupun dalam setiap hal yang penulis lakukan.

Melalui lembaran ini juga penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M.Si, selaku Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

2. Ibu Drs. Lina Sudarwati, M.Si, selaku Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

3. Ibu Dra. Linda Elida, M.Si, sebagai Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan masukan, dorongan, dan nasehat dan bimbingan kepada Penulis. 4. Ibu Dra. Hardiana Marhaeni Munthe, M.Si, selaku dosen wali yang telah

banyak membantu penulis selama perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

5. Seluruh staf pengajar FISIP USU yang telah banyak memberikan ilmu dan membagi pengetahuan kepada penulis.

6. Seluruh Staf pengajar Sosiologi FISIP USU yang telah banyak membantu penulis sebagai Seorang Mahasiswa Sosiologi.

7. Bapak Alex, sebagai kepala lingkungan IV Kelurahan Sei Kera Hilir I dan kepada kak Fitri yang telah banyak membantu menyelesaikan wawancara, dan kepada Iin yang membantu penulis selama di Lapangan.

8. Kak Emsi, Kak Rony, Pak Mentari, Kak Miar, bg Herbin, dan bg Martin yang telah banyak membantu baik moral dan materi.

9. Kak Feny, Kak Betty, Pak Manan, dan seluruh staf Pegawai FISIP USU yang telah banyak membantu dalam penyelesaian Administrasi.

(4)

iii

Eninta, Ayu, Burhan, Rudy lun, Reza, diky, Diki eko, Vanny, Santy, Roby, Rikcy, Radja, Judika, Vera, Anggre, Putra, Poibe, dan yang lainnya. Terima kasih atas kebersamaan yang telah kita lalui bersama.

11.Buat Teman-teman “Six Summit” Amos, Berlin, Arman, Moses, Polin”siulat”, yang telah mencapai puncak tertinggi di Sumatera Utara. Tidak terlupakan. 12.Buat kawan seperjuangan di bahagia 18 Polin yang meminjamkan acernya

sehingga skripsi selesai, Hendra, Amos terima kasih terhadap pengalamannya untuk Belajar dewasa.

13.Kawan-kawan di GMKI Komisariat FISIP USU, Hendrix, Riama, bang petrus, bang gunawan, bang Melki, dodo, dan lainnnya terima kasih telah berbagi pengalaman.

14.Buat seluruh semua keluarga terima kasih semuanya.

15.Buat teman-teman leo pedro, Jaitun, Mesakh, bang Anda, bg sandy semoga cepat S2nya, dan kawan2 yang tidak bisa aq sebutkan satu persatu, sekali lagi terima kasih banyak.

Penulis Menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam penulisan Skripsi ini. Penulis mengharapkan saran dan kritik yang berguna untuk penyempurnaan skripsi yang lebih baik lagi dihari-hari yang akan datang. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Medan, Januari 2013 Penulis

(5)

iv

2.1 Peran Serta Masyarakat dalam Mengelola Lingkungan ... 13

2.2 Teori Tindakan ... 16

2.3 Peran Serta Masyarakat ... 20

2.3.1 Peran Serta Masyarakat Sebagai Suatu Kebijakan ... 21

2.3.4 Peran Serta Masyarakat sebagai Suatu Strategi ... 21

2.3.5 Peran Serta Masyarakat sebagai Alat Komunikasi ... 21

2.3.6 Peran Serta Masyarakat sebagai Alat Penyelesaian Sengketa ... 21

2.3.7 Peran Serta Masyarakat sebagai Alat Terapi ... 22

2.4 Simulakra ... 22

BAB V DESKRIPSI LOKASI DAN PROFIL INFORMAN ... 30

4.1 Deskripsi Lokasi ... 30

5.1 Awal Keberadaan Program Medan Green and Clean ... 57

5.2 Latar Belakang Peran Serta Masyarakat dalam ... 59

5.3 Nilai-nilai Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan ... 60

(6)

v

5.5 Peran Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan ... 64

5.6 Tindakan Sosial dalam Program Medan Green and Clean ... 66

5.6.1 Tindakan Sosial Murni ... 67

5.6.2 Tindakan tidak Sepenuhnya Murni ... 68

5.6.3 Tindakan yang dibuat-buat ... 71

5.6.4 Tindakan atas Kebiasaan ... 73

5.6.5 Peran Serta Masyarakat dalam Program Medan Green and Clean ... 75

5.6.6 Peran Serta Sebagai Kebijakan Unilever ... 76

5.6.7 Peran Serta sebagai Strategi ... 80

5.6.8 Peran serta sebagai Alat Komunikasi ... 84

5.6.9 Peran Serta sebagai alat Penyelesaian dan Terapi ... 86

BAB VI PENUTUP ... 89

6.1 Kesimpulan ... 89

6.2 Saran .. ... 90

DAFTAR PUSTAKA ... 92

(7)

vi

DAFTAR TABEL

NOMOR JUDUL HALAMAN

Tabel 1. Jumlah Penduduk menurut Jenis Kelamin ... 31

Tabel 2. Agama dan Kepercayaan ... 31

Tabel 3. Tingkat Kesejahteraan Masyarakat ... 33

Tabel 4. Mata Pencaharian Masyarakat ... 34

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...