IbM PKK RT DI DUSUN BANTULAN SIDOARUM SLEMAN

Teks penuh

(1)

LAPORAN AKHIR

PROGRAM IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM)

I

b

M PKK RT DI DUSUN BANTULAN SIDOARUM SLEMAN

Oleh :

Fajarwati, SE., M.Si., 0505067401 Ketua Tim Pengusul Khoirun Nisaa, S.Sos., M.A., 0510128501 AnggotaTim Pengusul

DIBIAYAI OLEH KOPERTIS WILAYAH V DIY KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, SESUAI SURAT PERJAJINAN PELAKSANAAN NOMOR: TERTANGGAL 25 MARET 2015, NOMOR:

SP DIPA - 023.04.1.673453/2015 TANGGAL 14 NOVEMBER 2014

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA OKTOBER 2015

(2)
(3)

RINGKASAN

Tujuan pengabdian masyarakat IbM PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yaitu model pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga untuk memiliki usaha Craft dari Kain Perca sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, menyerap banyak tenaga kerja dari Dusun Bantulan , dan terbentuk sentra usaha Craft di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman.

Target dan luaran yang dihasilkan dari program pengabdian masyarakat IbM PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Godean yaitu terbentuknya usaha baru Craft dari kain perca yang menghasilkan bros, dompet, dan tas. Luaran lain yang dihasilkan yaitu brosur, papan nama usaha craft, facebook, blog, dan buku penjualan.

Metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut yaitu pelatihan membuat berbagai model bros, dompet dan tas dari kain perca dan benang. Promosi dilakukan dengan pembuatan brosur, pembuatan papan nama usaha craft, pembuatan facebook, pembuatan blog. Selain itu juga dilakukan pendampingan manajemen produksi (operasi), manajemen pemasaran dan manajemen keuangan. Kata kunci: pemberdayaan, usaha, craft, kain perca, bros, dompet, tas

(4)

PRAKATA

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, karunia, dan hidayah Nya yang telah diberikan kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan akhir pengabdian pada masyarakat dengan judul IbM PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Sleman.

Penyusunan laporan akhir pengabdian pada masyarakat dengan judul IbM PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Sleman ini terwujud atas bantuan dari semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Hilman Latief, PhD selaku Ketua LP3M UMY

2. Ibu-ibu anggota PKK RT 2 Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman 3. Ibu-ibu anggota PKK RT 3 Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman

Penulis menyadari bahwa laporan akhir pengabdian ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan laporan akhir pengabdian masyarakat. Akhirnya kami ucapkan terimakasih.

Yogyakarta, 28 Oktober 2015

(5)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i HALAMAN PENGESAHAN ... ii RINGKASAN ... iii PRAKATA ... iv DAFTAR ISI ...v DAFTAR TABEL ... vi

DAFTAR GAMBAR ...vii

DAFTAR LAMPIRAN ... viii

BAB 1. PENDAHULUAN... 1

BAB 2. TARGET DAN LUARAN... 6

BAB 3. METODE PELAKSANAAN ... 7

BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI………...… 12

BAB 5. HASIL YANG DICAPAI ………...… 18

BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN ………....…. 25 DAFTAR PUSTAKA

(6)

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Usaha konveksi dan jahit di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman Tabel 2. Peralatan dan bahan untuk membuat bros

Tabel 3. Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2012 Tabel 4. Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2013 Tabel 5. Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2014

(7)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Bros

Gambar 2. Pelatihan Membuat Bros, Dompet dan Tas Gambar 3. Bros, Dompet dan Tas

Gambar 4. Brosur Arum Craft Gambar 5. Papan Nama Arum Craft Gambar 6. Facebook Arum Craft Gambar 7. Blog Arum Craft

(8)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Foto Pengabdian Lampiran 2. Catatan Harian

Lampiran 3. Penggunaan Anggaran Lampiran 4. Pembayaran Pajak

(9)

BAB 1

PENDAHULUAN

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesejahteraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Pemberdayaan keluarga adalah segala upaya bimbingan dan pembinaan agar keluarga dapat hidup sehat sejahtera, maju dan mandiri. Kesejahteraan keluarga adalah kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental dan spiritual sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermanfaat. Keluarga sejahtera adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota, antar keluarga dan masyarakat serta lingkungannya.

Anggota PKK RT 2 RW 4 Di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman ada 36 orang yang sebagian besar ibu-ibunya sebagai ibu rumah tangga. Anggota PKK RT 2 RW 4 Di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yang sangat tertarik untuk membuat usaha craft dari kain perca dan benang diantaranya yaitu ibu Sumiyati, ibu Tri Ningsih, ibu Suwarni, d ibu Dwi Wahyuningsih dan ibu Pon.

(10)

Sedangkan Anggota PKK RT 3 RW 4 Di Dusun Bantulan Sidoarum Godean ada 46 orang dan sebagian besar ibu-ibunya juga sebagai ibu rumah tangga. Anggota PKK RT 3 RW 4 Di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yang sangat tertarik untuk membuat usaha craft dari kain perca dan benang diantaranya yaitu ibu Siti Jazimah, ibu Awaluddin, ibu Giarti, dan ibu Rikrik.

Kegiatan yang dilakukan oleh PKK RT 2 dan PKK RT 3 setiap bulannya mengadakan pertemuan sebanyak satu kali. Dalam setiap pertemuan kegiatannya meliputi:

1. Pembukaan

2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, dan Sleman Sembada 3. Pembacaan notulensi pertemuan sebelumnya

4. Informasi dari RW, Dusun, dan Desa 5. Arisan dan lain-lain

6. Penutup

Melihat kegiatan yang dilakukan PKK RT 2 dan PKK RT 3 belum berjalan optimal untuk pemberdayaan ibu-ibu anggota PKK. Sehingga tujuan pemberdayaan anggota PKK untuk hidup sejahtera, maju dan mandiri belum bisa tercapai.

Saat ini di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman terdapat 7 usaha konveksi dan jahit seperti terlihat pada tabel 1.

(11)

Tabel 1

Usaha Konveksi dan Jahit

Di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman

No Usaha Pemilik

1 Konveksi batik Hafid Ibu Karsini 2 Konveksi baju Rizana Ibu Yuli 3 Batik Bantulan Bapak Yudi 4 Penjahit Rizki Ibu Sumi 5 Penjahit Pak Parno Pak Parno 6 Penjahit Ibu Siti Ibu Siti 7 Penjahit Ibu Yanti Ibu Yanti

Adanya Usaha konveksi dan Usaha Jahit menyebabkan banyak limbah kain perca yang bisa diolah menjadi berbagai craft yaitu bros, dompet, dan tas dengan berbagai model.

Melihat potensi di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yang memiliki banyak limbah kain perca dan untuk pemberdayaan ibu-ibu anggota PKK RT 2 dan PKK RT 3 agar maju, mandiri, dan memperoleh pendapatan untuk kesejahteraan keluarga maka sangat perlu diberi ketrampilan membuat craft dari kain perca agar memiliki usaha Craft dari Kain Perca.

Produksi merupakan proses penciptaan barang (Heizer dan Render, 2015). Suatu usaha baru harus memiliki produk yang berkualitas. Oleh karena itu agar terbentuk Usaha Craft dari kain perca ibu-ibu RT 2 dan RT 3 dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman maka diperlukan pelatihan manajemen operasi dan pelatihan membuat bros, dompet, dan tas dari kain perca dan benang. Pelatihan membuat craft dari kain perca ada 2 orang warga Bantulan yang ahli membuat craft dari kain perca yaitu Mbak Norma dan Mbak Apri dan bersedia melatih

(12)

ibu-ibu RT 2 dan RT 3 dusun Bantulan Sidoarum Godean agar bisa membuat craft dari kain perca.

Pemasaran merupakan proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan, meliputi kegiatan yang berkaitan dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia (Zimmerer & Scarborough, 2008). Pemasaran yang akan dilakukan oleh Usaha Craft ibu-ibu RT 2 dan RT 3 Dusun Bantulan Sidoarum Godean yaitu pembeli datang langsung, berjualan di pengajian-pengajian dan pertemuan PKK, konsinyasi, dan online.

Promosi adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi persepsi konsumen. Tujuan promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan konsumen tentang perusahaan dan produknya. Promosi mencakup segala hal yang mengeluarkan kata-kata tentang produk, termasuk metode berskala besar (seperti iklan televisi atau koran) dan juga situs jejaring, promosi melalui pos, dan pamflet (Schine, 2006). Usaha Craft sangat perlu untuk melakukan promosi, karena dalam sebuah usaha promosi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi . Diharapkan dengan adanya media promosi ini orang lebih mengenal usaha craft dari kain perca ibu-ibu PKK RT 2 dan RT 3 di dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman. Sehingga dengan adanya promosi akan dapat meningkatkan penjualan.

Mengelola keuangan suatu usaha dengan baik, bukan hanya dilakukan oleh usaha yang besar saja. Tetapi usaha kecil dan menengah harus melakukan

(13)

pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Karena kinerja keseluruhan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh kinerja keuangan usaha yang bersangkutan. Semakin baik kinerja keuangan suatu usaha, semakin besar kemungkinan usaha tersebut meraih sukses (Mudjiarto dan Aliaras, 2006). Oleh karena itu Usaha Craft dari kain perca ibu-ibu RT 2 dan RT 3 dusun Bantulan Sidoarum Godean perlu pendampingan manajemen keuangan.

(14)

BAB 2

TARGET DAN LUARAN

Target dan luaran yang dihasilkan dari program pengabdian masyarakat IbM PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yaitu model pemberdayaan ibu-ibu anggota PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman. Model pemberdayaan ibu-ibu anggota PKK RT di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yang dihasilkan yaitu:

1. Usaha Craft dari kain perca ibu-ibu PKK RT 2. Bros 3. Dompet 4. Tas 5. Brosur 6. Papan Nama 7. Buku Penjualan 8. Facebook 9. Blog

(15)

BAB 3

METODE PELAKSANAAN

Agar usaha craft dari kain perca dan benang ibu-ibu PKK RT 2 dan PKK RT 3 di dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman bisa terbentuk, menyerap banyak tenaga kerja dari Dusun Bantulan dan menginspirasi Ibu-ibu di Dusun Bantulan Sidoarum untuk memiliki usaha sendiri sehingga terbentuk sentra craft di Dusun Bantulan Sidoarum Godean maka diperlukan solusi aspek manajemen produksi (operasi) dengan pelatihan membuat craft dari kain perca dan benang, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan usaha yang meliputi:

1. Manajemen Produksi (Operasi)

Agar usaha Usaha Craft dari kain perca ibu-ibu PKK RT di dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman bisa terbentuk maka diperlukan manajemen produksi dengan memberikan pelatihan membuat craft dari kain perca dan benang yaitu pelatihan membuat bros, dompet, dan tas.

a. Pelatihan Membuat Bros dari Kain Perca

Salah satu produk yang dapat di buat dari kain perca yaitu bros. Untuk pembuatan bros bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

(16)

Tabel 2

Peralatan dan Bahan Untuk Membuat Bros

No Alat dan Bahan Jumlah

1 Kain Perca 60 x 30 cm

2 Benang 1

3 Jarum 1

4 Mutiara Imitasi 7 biji

5 Peniti 1 buah

6 Gunting 1 buah

7 Lem Tembak 1 buah

8 Kain Keras 5 x 5 cm

Langkah-langkah pembuatan bros yaitu:

Langkah 1 : 1. Sambungkan kedua sisi yang mempunyai sisi lebar 30cm dengan cara jelujur kedua sisi bagian kain dengan jarum di sertai benang yang senada dengan warna kain agar terlihat lebih cantik dan terkesan tidak asal-asalan, lakukan dengan hati-hati dan sebaik mungkin agar hasil akhirnya terlihat cantik. 2. Lipat ke bagian dalam agar sambungan pada cara kesatu tidak terlihat dari luar. 3. Lakukan kembali cara jelujur pada bagian luar agar dapat di serut yang akan di lakukan pada langkah ke 3.

Langkah 2 : 1.Setelah proses jelujur selesai dilakukan periksa kembali hasil jelujur dan pastikan tidak ada benang yang kusut agar memudahkan pada saat me-nyerut. 2. berikutnya serut atau menarik benang agar bros yang kita buat mulai

(17)

terlihat berbentuk bulat, 3. Lakukan dengan hati-hati agar hasil bulatan bros terlihat bulat dan rapih (jangan sampai benang tersebut putus sebelum mengunci jahitan setelah selesai serut).

Langkah 3 : 1. Pasang manik-manik pada bagian tengah terlebih dahulu untuk memudahkan pemasangan manik-manik selanjutnya. 2. Pasang mutiara imitasi pada benang dengan jumlah 6 buah dan lingkarkan kepada mutiara imitasi yang di pasang tadi di tengah dan lakukan pengencangan agar mutiara imitasi diam pada tempatnya dan mengelilingi mutiara imitasi yang pertama di pasang di tengah. 3. Hasilnya akan menjadi seperti yang di gambar no 3 di bawah ini.

Langkah 4 : 1. Sediakan kain keras berbentuk bulat dengan diameter yang dapat di sesuaikan dengan ukuran bros yang kita buat sebelumnya. 2. Lipat bagian tengah kain keras agar dapat membuat lubang untuk nanti dipasang penitik seperti pada

(18)

gambar no 3 di bawah ini. 4. Pasang penitik pada kain keras yang sudah di beri lubang pada langkah ke dua tadi.

Langkah 5 : 1. Beri lem pada bagian bawah kain keras untuk nanti di tempel pada bagian bawah bros yang anda buat tadi. 2. Pasangkan dengan hati-hati kain keras yang sudah di beri lem tadi dan pastikan terpasang pada bagian tengah agar terlihat cantik seperti pada gambar no 3 di bawah ini.

Hasilnya

Gambar 1 Bros

(19)

b. Pelatihan membuat dompet dari kain perca c. Pelatihan membuat tas dari kain perca d. Pelatihan bros, dompet, dan tas dari benang

2. Pemasaran

Pemasaran yang akan dilakukan oleh Usaha Craft ibu-ibu PKK RT 2 dan RT 3 di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman yaitu pembeli datang langsung, berjualan di pengajian-pengajian dan pertemuan PKK, konsinyasi, online.

3. Promosi

Usaha Craft sangat perlu untuk melakukan promosi, karena dalam sebuah usaha promosi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi . Promosi dilakukan dengan cara pembuatan brosur, pembuatan kartu nama, pembuatan papan nama usaha craft, pembuatan facebook, dan pembuatan blog.

4. Pendampingan Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Pemasaran yang akan dilakukan oleh Usaha Craft ibu-ibu PKK RT di Bantulan Sidoarum yaitu pembeli datang langsung, berjualan di pengajian-pengajian dan pertemuan PKK, konsinyasi, dan

online. Pendampingan manajemen pemasaran yang akan dilakukan yaitu

mendampingi menawarkan dan menitipkan (konsinyasi) bros ke toko – toko diantaranya Toko Asmopuro 2 dan Aura Griya Muslim.

(20)

5. Pendampingan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bukan sekedar bagaimana memanajemen uang kas. Tapi lebih dari itu, manajemen keuangan adalah bagaimana pelaku usaha mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usaha. Meski sederhana, pengusaha kecil dan menengah pun perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan.

Agar kondisi keuangan pelaku usaha bisa tercatat dengan baik, maka harus mengontrol keuangan usaha sebagai berikut:

a. Memisahkan uang pribadi dan uang usaha

b. Buat buku catatan keuangan

c. Memisahkan buku laporan pengeluaran dan buku pemasukan.

d. Mencatat semua transaksi dengan teliti.

e. Memisahkan uang laba dengan dana operasional usaha

f. Rekap laporan keuangan setiap bulan.

Oleh karena itu agar pengelolaan keuangan usaha craft ibu-ibu PKK RT bisa berjalan dengan baik maka diperlukan pencatatan sehingga diperlukan pembuatan buku penjualan.

(21)

BAB 4

KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI

Guna mensinergikan kinerja bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penggabungan Lembaga Penelitian (LP3) dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) pada tahun 2008, menjadi LP3M. Sejak digabung dalam satu wadah organisasi, LP3M UMY segera melakukan berbagai perbaikan kebijakan dan pengelolaan (manajemen). Dengan pengelolaan terpadu diharapkan terjadi sinergi dalam pelayanan, monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian oleh dosen UMY

Sejak tahun 2009 Rektor UMY meningkatkan jumlah dana Hibah Internal Pengabdian Masyarakat dari Rp500.000/proposal menjadi Rp2.500.000/proposal. Skema kegiatan Pengabdian Masyarakat dana Internal (UMY) diarahkan pada skema DP2M. Hibah Pengabdian Kompetensi mengarah pada IbM dan Pengabdian Sinergi mengarah pada IbPE. Kebijakan ini efektif mendorong partisipasi Dosen dalam kegiatan pengabdian.

LP3M UMY juga menyelenggarakan Klinik Poposal Pengabdian Masyarakat dengan menghadirkan reviewer DP2M. Tujuanya meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan proposal agar lebih kompetitif terkait perubahan kebijakan dan skema. Kegiatan ini efektif meningkatkan perolehan Hibah Pengabdian DP2M. Tahun 2012 ada 5 proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M ,yang terdiri dari 4 proposal IbM dan 1 proposal KKN PPM .

(22)

Tahun 2013 ada 7 proposal IbM yang didanai Hibah Pengabdian DP2M . Tahun 2014 ada 7 proposal IbM dan 1 proposal IbPE yang didanai Hibah Pengabdian DP2M. Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2012, tahun 2013 dan tahun 2014 dapat dilihat pada tabel 3,4 dan 5.

Tabel 3

Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2012 Tahun Skema Ketua Pelaksana Judul

2012 IbM Ramadoni Syahputra IbM Kelompok Pengrajin Batik Tulis

2012 IbM Shanti Wardaningsih Rehabilitasi Kerja Pasien Gangguan Jiwa Berbasis Masyarakat

2012 IbM Agus Nugroho Setiawan

IbM Kelompok Petani Buah Mahkota Dewa

2012 IbM Anita Rahmawati IbM Pengrajin Kulit 2012 KKN

PPM

Triwara Buddhi Satyarini

Pemberdayaan Home Industri Pangan Lokal dan Penguatan Peran Lembaga Pendukung dalam

Pengembangan Desa Ekowisata

Tabel 4

Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2013 Tahun Skema Ketua Pelaksana Judul

2013 IbM Nur Rahmawati IbM Kelompok Tani Produsen Beras Organik di Klaten

2013 IbM Nur Chayati IbM Pelatihan Terpadu Manajemen Perawatan Ibu Hamil dan Bayi Post Natal

2013 IbM Agus Nugroho Setiawan

(23)

2013 IbM Diah Rina Kamardiani

IbM Siomay di DIY

2013 IbM Aris Slamet Widodo

IbM Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Anak Usia Dini

2013 IbM Sukuriyati Susilo Dewi

IbM Pengembangan Peralatan Proses Produksi Jamu Gendong Pada

Kelompok Pengrajin Jamu Gendong

Tabel 5

Proposal yang didanai Hibah Pengabdian DP2M tahun 2014

No Judul Pelaksana

1. lbM Desa Ngestiharjo dan Desa Tamantirto Dalam Pembentukan Program Legislasi Desa

Septi Nur Wijayanti

2. IbM Sekolah Luar Biasa Tuna Grahita (SLB C)

Ir.Agus Nugroho Setiawan

3. lbM Kewirausahaan Jamur Tiram di Pondok Pesantren Asy Syifa’ dan Ar Rahmah

Ir Widodo MP

4. lbM Pengembangan Peralatan Proses Produksi Jamu Tradisional

Ir.Sukuriyati Susilo Dewi M.S

5. IbM Sentra Peyek di Dusun Gumuk Fajarwati

6. IbM Pondok Pesantren & Panti Asuhan Lestari Rahayu 7. IbM Peningkatan Mutu Siomay Diah Rina Kamardiani

8. IbPE UKM Batik Tulis Jogja yang Berjuang

Meningkatkan Kapasitas Produksi dan Manajemen Usaha

Ramadoni Syahputra M.T

__._,_.___

Anggota tim pelaksana berasal dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komunikasi merupakan tim yang sangat sesuai. Tim pelaksana dari Program Studi Manajemen mempunyai keahlian di bidang manajemen. Tim pelaksana dari Program Studi Ilmu Komunikasi mempunyai kemampuan dalam komunikasi dan media promosi .

(24)

Kepakaran yang diperlukan dalam menyelesaikan seluruh persoalan pembentukan usaha craft dari kain perca dan benang yaitu aspek produksi dan manajemen. Aspek Manajemen pakarnya yaitu Fajarwati, SE., M.Si. Sedangkan aspek media promosi pakarnya yaitu Khoirun Nisaa, S.Sos., M.A.

(25)

BAB 5

HASIL YANG DICAPAI

Pelaksanaan pengabdian masyarakat IbM PKK di Dusun Bantulan Sidoarum Sleman diawali pada tanggal 2 Mei 2015 dengan melakukan koordinasi dengan Ibu-ibu anggota PKK di Dusun Bantulan Sidoarum. Target dan luaran yang dihasilkan dari program pengabdian masyarakat IbM PKK di Dusun Bantulan Sidoarum Sleman yaitu model pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga untuk memiliki usaha Craft sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, menyerap banyak tenaga kerja dari Dusun Bantulan , dan terbentuk sentra usaha Craft di Dusun Bantulan Sidoarum Godean Sleman.

1. Usaha Craft ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean

Sebelum Usaha Craft ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean terbentuk maka diadakan pelatihan membuat bros dari kain perca dan merajut terlebih dahulu. Pelatihan membuat bros dari kain perca dan membuat bros, tas, dan dompet dari benang sudah dilakukan sebanyak 14 kali yaitu:

a. Pelatihan ke 1 diadakan tanggal 30 Mei 2015. b. Pelatihan ke 2 diadakan tanggal 7 Juni 2015. c. Pelatihan ke 3 diadakan tanggal 11 Juni 2015. d. Pelatihan ke 4 diadakan tanggal 14 Juni 2015. e. Pelatihan ke 5 diadakan tanggal 21 Juni 2015. f. Pelatihan ke 6 diadakan tanggal 28 Juni 2015. g. Pelatihan ke 7 diadakan tanggal 4 Juli 2015.

(26)

h. Pelatihan ke 8 diadakan tanggal 22 Agustus 2015 i. Pelatihan ke 9 diadakan tanggal 23 Agustus 2015 j. Pelatihan ke 10 diadakan tanggal 30 Agustus 2015 k. Pelatihan ke 11 diadakan tanggal 6 September 2015 l. Pelatihan ke 12 diadakan tanggal 20 September 2015 m. Pelatihan ke 13 diadakan tanggal 4 Oktober 2015 n. Pelatihan ke 14 diadakan tanggal 18 Oktober 2015 o. Pelatihan ke 15 diadakan tanggal 25 Oktober 2015

Kegiatan Pelatihan membuat bros dari kain perca dan membuat bros, tas, dan dompet dari benang dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2

Pelatihan Membuat Bros, Dompet dan Tas

Setelah dilakukan pelatihan-pelatihan pada ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean dan Ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean sudah bisa membuat bros, tas dan dompet dari kain perca dan benang maka terbentuk usaha craft Ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean. Usaha craft Ibu-ibu PKK

(27)

dusun Bantulan Sidoarum Godean diberi nama Arum Craft. Selanjutnya kelompok usaha Arum Craft Ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean mengadakan pertemuan tiap 2 minggu sekali.

Bros, tas dan dompet dari kain perca dan benang yang dihasilkan Arum Craft oleh Ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean dapat dilihat pada gambar 3.

Gambar 3 Bros, Dompet dan Tas

(28)

2. Brosur

Brosur adalah suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain-lain, yang terbuat dari kertas yang dimana di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan juga penawaran mengenai jasa atau produk tersebut. Brosur bisa dibuat sesuai keinginan sehingga dapat disesuaikan dengan karakter usaha dan bisa dibuat dengan bentuk atau tampilan yang unik.

Brosur dibuat sebagai media promosi agar produk dikenal masyarakat. Brosur Arum Craft bisa dilihat pada gambar 4

Gambar 4 Brosur Arum Craft

3. Papan nama

Papan nama usaha merupakan bentuk promosi iklan di luar ruang. Papan nama usaha adalah jenis reklame visual terbuat dari papan kayu, lembaran logam

(29)

seperti seng atau aluminium, atau bahan keras lainnya, yang pada umumnya bertuliskan nama usaha atau perusahaan, alamat, logo dan sebagainya. Papan nama biasanya dipasang di depan usaha atau perusahaan.

Manfaat papan usaha yaitu untuk memberikan informasi letak usaha, mengingatkan konsumen dan prospek konsumen mengenai manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan, membangun dan mempertahankan identitas perusahaan, membantu meningkatkan penjualan, mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen, investor, dan pihak-pihak lainnya.

Papan nama Arum Craft bisa dilihat pada gambar 5.

Gambar 5

(30)

4. Facebook

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat

bergabung dalam komunitas. Fungsi dan kegunaan facebook yang paling mendasar adalah untuk mencari dan menjalin pertemanan antara pengguna dunia maya, tetapi seiring berjalannya waktu, facebook bisa di gunakan untuk promosi dan bisnis online.

Email Arum Craft yaitu arumcraft2015@gmail.com. Sedangkan nama

facebook Arum Craft yaitu ArumCraft Yogya dengan direct link facebook yaitu

www.facebook.com/arumcraft. Facebook Arum Craft bisa dilihat pada gambar 6.

Gambar 6

(31)

5. Blog

Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diperbaharui secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Tujuan blog secara umum menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain. Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat dengan tujuan yang beragam pula diantaranya untuk menjalankan usaha atau bisnis.

Alamat website/blog Arum Craft yaitu arumcraft.blogspot.com dengan

account blog arumcraft2015@gmail.com. Blog Arum Craft bisa dilihat pada

gambar 7.

Gambar 7

(32)

6. Pendampingan Manajemen Pemasaran

Pendampingan manajemen pemasaran pada Arum craft yang didirikan oleh Ibu-ibu PKK dusun Bantulan Sidoarum Godean diharapkan kelompok usaha Arum Craft memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan memasarkan produk craft dan mampu menjalin kemitraan sehingga meluasnya jaringan kemitraan dan pemasaran.

Pendampingan pemasaran dilakukan pada Toko Asmopuro 2 dan Aura Griya Muslim. Selain itu pemasaran dilakukan dengan menawarkan produk ke saudara dan teman-teman serta menjualnya pada pertemuan PKK maupun pengajian.

(33)

BAB 6

KESIMPULAN DAN SARAN

Pengabdian masyarakat IbM PKK Dusun Bantulan Sidoarum Sleman telah dijalankan dengan baik. Dengan kerjasama tim pengabdian yang baik dan peran serta aktif dari mitra pengabdian. Pengabdian masyarakat IbM PKK Dusun Bantulan Sidoarum Sleman ini telah berjalan sesuai yang diharapkan dan harapannya dapat memberikan manfaat bagi kedua mitra pengabdian masyarakat yaitu PKK RT 2 Dusun Bantulan Sidoarum dan PKK RT 3 Dusun Bantulan Sidoarum.

Pengabdian masyarakat IbM PKK Dusun Bantulan Sidoarum Sleman yang kami lakukan ini telah menghasilkan bros, dompet, tas, brosur, papan nama,

facebook dan blog.

Guna meningkatkan ketrampilan ibu-ibu PKK dalam membuat Craft hendaknya melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk pelatihan craft dan merajut tingkat mahir sehingga produk craft yang dihasilkan semakin berkualitas. Selain itu juga melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk penyuluhan pemasaran produk craft.

(34)

DAFTAR PUSTAKA

Heizer, Jay dan Render, Barry, 2015, Manajemen Operasi, Edisi 11, Salemba Empat Jakarta

Mudjiarto dan Aliaras Wahid, 2006, Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan, Graha Ilmu – UIEU University Press, Yogyakarta – Jakarta Gary Schine, 2006, Sukses Di Jalur Wirausaha Mandiri, PT Bhuana Ilmu Populer,

Jakarta

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough, 2008, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat, Jakarta

http://www.bantulbiz.com, Diakses Tanggal 15 April 2013 http://dinkes.slemankab.go.id, Diakses Tanggal 25 April

http://peluangusaha.kontan.co.id, Diakses Tanggal 15 April 2013

(35)

LAMPIRAN 1. FOTO PENGABDIAN

(36)
(37)

(38)
(39)
(40)
(41)
(42)
(43)
(44)
(45)
(46)
(47)
(48)
(49)
(50)
(51)
(52)
(53)
(54)
(55)
(56)
(57)

Figur

Memperbarui...

Related subjects :