BAB 2 LANDASAN TEORI. Data adalah fakta atau bagian dari fakta yang digambarkan dengan simbol-simbol,

17  Download (0)

Teks penuh

(1)

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1 Data dan Aplikasi

Data adalah fakta atau bagian dari fakta yang digambarkan dengan simbol-simbol, gambar-gambar, nilai-nilai, uraian karakter yang mempunyai arti pada suatu konteks tertentu. Data merupakan bahan baku yang diolah menjadi informasi. Data merupakan salah satu hal utama yang dibahas dalam Teknologi Informasi komputer. Penggunaan dan pemanfaatan data sudah mencakup banyak aspek.

Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur, dengan kata lain bahwa “Generally, data represent a structured

codification of single primary entities, as well as of transactions involving two or more primary entities .” (Vercellis, 2009). Selain deskripsi dari sebuah fakta, data

dapat pula merepresentasikan suatu objek sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006) bahwa “Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) “.

(2)

yang mengerjakan tugas spesifik (Post, 1999). Aplikasi basis data terdiri atas sekumpu lan menu, formulir, laporan dan program yang memenuhi kebutuhan suatu fungsional unit bisnis/organisasi/ instansi (Kroenke, 1990).

2.1.1 Komponen Aplikasi

Komponen-komponen aplikasi yang digunakan dalam pengembangannya adalah: 1. Perangkat keras, diperlukan untuk menjalankan Database Management System

(DBMS). Database Management System adalah koleksi terpadu dari database dan program-program komputer (utilities) yang digunakan untuk mengakses dan memelihara database.

2. Program, terdiri atas sistem operasi, Database Management System dan program aplikasi.

3. Data, terdiri atas sumber data, meta data, kamus data dan overhead data. 4. Prosedur, yang menjelaskan bagaimana sistem dijalankan

5. Personalia, yang terkait dengan pengembangan maupun pemanfaatan aplikasi.

(3)

1. Data Sumber (source data), ialah fakta yang disimpan di dalam basis data, misalnya: nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain-lain.

2. Meta Data, digunakan untuk menjelaskan struktur dari basis data, type dan format penyimpanan data item dan berbagai pembatas (constraint) pada data. 3. Data Dictionary atau Data Repository, digunakan untuk menyimpan informasi

katalog schema dan pembatas serta data lain seperti: pembakuan, deskripsi

program aplikasi dan informasi pemakai.

2.2 Database

Basis data atau yang lebih dikenal dengan sebutan database berasal dari kata dan basis (base), dimana data merupakan gambaran faktual dari suatu objek yang mengandung arti pengolahan dengan menggunakan komputer yang dikenal dengan Pengolahan Data Elektronik (PDE). Data merupakan kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Sedangkan base merupakan basis , dasar.

Database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasi data.

Database merupakan salah satu komponen utama dalam sistem informasi karena merupakan dasar di dalam menyediakan informasi bagi para pemakai dan tidak ada sistem informasi yang dibuat tanpa adanya database.

(4)

ataupun instansi pemerintahan, sekolah, dan lain-lain. Tentunya ada alasan tertentu mengapa database menjadi prioritas tersendiri dalam kinerja manajemen atau pengelolaan data, diantaranya :

1. Database tidak hanya berisi data tetapi juga berisi rencana atau model data.

2. Database dapat menjadi sumber utama digunakan secara bersama-sama oleh berbagai pemakai dalam perusahaan sesuai dengan kebutuhan.

Penerapan sistem database di dalam sistem informasi disebut dengan Database

Sistem. Sistem Database (Database Sistem) adalah suatu sistem informasi yang

mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.

2.2.1 Perkembangan Database

Tahun 1960 dimulai dengan berlakunya sistem pemrosesan file dengan menggunakan komputer, berlakunya DBMS (Database Management System) yang masih dalam bentuk under DOS. Dan berlakunya layanan informasi secara online berbasis management system. Tahun 1970 penerapan system expert (system pakar / ahli) dalam mendukung pengambilan keputusan. Database yang digunakan berorientasi objek. Tahun1980, sudah mulai berlakunya system Hypertext, yaitu dengan memasukkan kata kunci (keyword) dalam melihat database. Dan tahun 1990 sampai dengan sekarang system database intelligent (cerdas) dan system database multimedia

(5)

2.3 Bahasa Pemrograman Visual Basic

Microsoft Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memungkinkan para programmer untuk membuat aplikasi yang berbasis Windows dengan sangat mudah. Bahasa ini sangat popular disebabkan kemudahan kelengkapannya untuk mengembangkan dan membuat aplikasi kecil (tools atau desktop database) maupun yang besar (client/server, aplikasi web, dll).

Visual Basic berawal dari sebuah ide untuk membuat simple scripting

language untuk GUI Windows. Saat ini masih Windows 3.11 sebagai bahasa

pemrograman yang tergolong sebagai RAD (Rapid Aplication Development) tool.

Microsoft Visual Basic pertama kali dikeluarkan tahun 1991 dengan nama “Thunder”, yang merupakan development tools pertama yang berbasis visual yang dibuat Microsoft, untuk melindungi bahasa pemrograman lainnya, seperti bahasa pemrograman C, C++, Pascal, dll.

Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan Visual Basic versi 2.0 yang mulai menarik perhatian para programmer. Dan ketika Visual Basic versi 3.0 dikeluarkan, versi ini menjadi bahasa pemrograman yang paling pesat berkembang di pasaran, sehingga banyak diminati oleh banyak programmer, sehingga jumlahnya menjadi jutaan dan terus bertambah. Terbukti hingga saat ini telah tercatat 6 juta developer seluruh dunia (belum termasuk yang belum terdaftar MSDN Service) yang resmi menggunakan Visual Basic.

(6)

Ledakan jumlah developer/programmer yang sangat berarti terjadi pada tahun 1997 saat munculnya Visual Basic 5.0, dimana Visual Basic mampu melakukan gebrakan yang sangat besar, yaitu kemampuan membuat ActiveX Kontrol beserta komponennya (Active DDI dan Active EXE). Hal ini mampu menyedot perhatian developer dan mempengaruhi perubahan teknik pemrograman Visual Basic, terutama pada konsep OOP (Object Oriented Programming).

Pada tahun 1998 Microsoft mengeluarkan lagi Visual Basic 6.0 yang tidak jauh berbeda dengan Visual Basic 5.0, Visual Basic 6.0 sudah ditambah dengan kemampuan internet programming dan juga penyempurnaan pada tingkat keamanan saat menjalankan thread, COM-based application, yang kemudian membuat trend pemrograman Visual Basic 6.0 mulai bergeser dari aplikasi dekstop kearah aplikasi network dan desain komponen. Hal ini terlihat dengan hadirnya template IIS application project dan DHTML project pada pilihan menu jenis project.

Microsoft Visual Basic versi 6.0 terbagi dalam 3 edisi, yaitu : 1. Standard Edition, yang merupakan produk standard.

2. Profesional Edition, yang berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine (database) dan pembuatan server OLE automation.

3. Enterprise Edition, yang memungkinkan para professional programmer untuk membuat aplikasi Client-Server yang dapat terhubung ke internet.

(7)

Sejak dikembangkannya versi pertamanya pada tahun 1991, Microsoft Visual Basic, kini telah mencapai versi yang ke-6 . Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Microsoft Visual Basic 6.0 :

1. Kemampuan membuat activeX dan fasilitas internet yang lebih banyak. 2. Memiliki compiler yang dapat menghasilkan output file executable(.exe). 3. Membuat flat form pembuatan program yang diberi nama developer studio. 4. Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang lebih lengkap.

5. Penambahan kontrol baru yang lebih canggih serta peningkatan kaidah struktur bahasa Microsoft Visual Basic 6.0.

6. Sarana akses data yang lebih cepat dan handal, membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi dan kompleks.

2.3.2 Interface Visual Basic 6.0

Secara garis besar interface Visual Basic terdiri atas Menu Bar, Tool Bar, Tool Box, Jendela Properties, Jendela Project, Jendela Pengkodean, Jendela form, Jendela Form layout.

(8)

Untuk mem 1. Mem 2. Men 3. Men 4. Men Menu Bar Berisi perin Menu Bar project, me mbuat aplika mbuat user ngatur prop nulis kode p njalankan p r ntah-perinta mengguna embuka proj Gambar asi visual ba interface at perty program program ah umum y akan untuk ject, dan lai

Ga r 2.1 Interf asic , memp tau tampilan yang diguna k memilih in-lain. ambar 2.2 face Visual punyai langk n akan untuk tugas-tugas Menu Bar Basic kah – langk mengopera s tertentu s kah sebagai asikan Visua seperti men berikut : al Basic. nyimpan

(9)

j Toolbar Toolbar ter pemunculan Untuk mem diinginkan. perangkat l Toolbox Komponen dibutuhkan dirancang. antara prog jendela for berikut pen a. Poin yan b. Pict c. Lab d. Tex rdiri atas be n jendela p milih suatu . Tombol l lunak berba n toolbox ad n untuk me Kontrol ad gram aplikas rm. Toolbox njelasan dan nter, berfun ng terpasang ture box, be bel, berfung xtboxt, berfu eberapa tom properties, p proses yan lain yang b sis window G dalah kump elengkapi d dalah suatu si dan user. x akan men n fungsinya ngsi memil g pada bagia erfungsi men si untuk me ungsi menam mbol untuk m project, dan ng akan dil berada pad ws lainnya, s Gambar 2.3 pulan kontro dan membe u objek yan Ke semua nampilkan ta : lih, mengat an form. nampilkan i enambahkan mbahkan ko mengendalik n for layout lakukan, tin da Toolbar eperti Open 3 Toolbar ol pada Mic entuk suatu ng akan me komponen abulasi gene ur ukuran isi gambar. n label atau otak test. kan tampila yang lebih nggal meng pada umum n, Save, Cut crosoft Visu program a enjadi interf tersebut ha eral dengan dan memin teks tambah an, seperti m h mudah dig g-klik tomb mnya sama t, Copy dan ual Basic 6 aplikasi ya face (pengh arus diletakk n 21 tombol ndah posisi ahan. mengatur gunakan. bol yang a seperti n Paste. 6.0, yang ang akan hubung), kan pada kontrol, i kontrol

(10)

e. Frame, berfungsi menambahkan kontrol yang dapat diisi dengan kontrol OptionButton atau CheckBox.

f. CommandButton, berfungsi menambahkan kontrol perintah. g. CheckBox, berfungsi menambahkan kontrol kotak periksa. h. OptionButton, berfungsi menambahkan kontrol tombol pilihan.

i. ComboBox, berfungsi menambahkan kontrol kotak combo yang merupakan control gabungan antara textbox dan listbox.

j. Listbox, berfungsi menambahkan kontrol daftar pilihan.

k. HScrollBar, berfungsi menambahkan kontrol batang penggulung horizontal. l. VscrollBar, berfungsi menambahkan kontrol batal penggulung vertical. m. Timer, berfungsi menambahkan kontrol pencacah waktu.

n. Line, berfungsi menambahkan kontrol gambar garis lurus.

o. Image, berfungsi menambahkan file gambar dengan pilihan property yang lebih sedikit dibandingkan kontrol PictureBox.

p. Data, berfungsi menambahkan kontrol yang berupa database.

q. OLE, berfungsi menambahkan kontrol yang berhubungan dengan proses relasi antar program.

r. Shape, berfungsi menambahkan kontrol gambar berupa lingkaran, oval, persegi panjang, bujursangkar, dan lain-lain.

s. FileListBoxt, berfungsi menambahkan kontrol daftar file pada direktori aktif. t. DirListBoxt, berfungsi menambahkan kontrol daftar direktori pada drive aktif. u. DriveListBox, berfungsi menambahkan kontrol daftar disk drive pada

(11)

Too sebelah kir standar ya (kontrol) i menambahk dengan cara Ada perbe Profesional ditambahka yaitu deng disediakan olbox pada ri layer. Too ang akan s ini terdapa kan objek p a menekan edaan dalam l edition, a an yang tida gan cara m di kompone Microsoft olbox terseb elalu munc at pada se pada toolbox (Ctrl+T) seh G m perancan atau interp ak terdapat memilih ata en, yang be t Visual B but berisi la cul setiap emua vers x ini, denga hingga akan Gambar 2.4 ngan, meng prise edition dalam Micr au member erhubungan asic 6.0, b ayout, toolb kali menja i dari Vis an memilih n muncul ko Tool Box ggunakan M n. Ada beb rosoft Visu ri tanda ch dengan pro biasanya ak box tersebut alankan Vi sual Basic menu proje otak dialog Microsoft V berapa obj al Basic Ve heck pada gram yang kan ditamp t berisi obje isual Basic c 6.0. Jug ect> kompo seperti beri Visual Basi jek lain ya ersi Standar kolom yan inginkan. pilkan di ek-objek c. Objek ga dapat nen atau ikut : ic Versi ang bisa r edition, ng telah

(12)

Jendela Pr Jendela pr informasi m Properties posisi, dan sama, akan mengklik t mengklik k Jendela Pr Project ada sendiri. Pro aplikasi, ak roperties operties at mengenai o adalah sifa n sebagainya n tetapi ada j tombol pro kanan pada o roject alah sekum oject disimp kan terdapat au properti bjek, yang at dari sebu a. Setiap o juga yang b perties win objek. Gamba mpulan mod pan dalam t jendela pr ies window terdapat da uah objek, objek sebag berbeda. Jen ndows yang ar 2.5 Jend dul. Jadi pr file berekst roject yang ws adalah j alam aplika misalnya ian besar m ndela prope g berada pa dela Proper roject (proy tension.vbp berisi semu jendela yan si Microsof seperti nam memiliki jen erties dapat ada toolbar rties yek) adalah . Jika anda ua file yang ng memua ft Visual B ma, warna, nis properti dibuka den r atau deng h program a membuat g dibutuhka t semua asic 6.0. ukuran, ies yang ngan cara gan cara aplikasi program an untuk

(13)

menjalankan program aplikasi Visual basic 6.0 yang dibuat. Pada saat anda membuat program aplikasi baru maka jendela project otomatis berisi object Form1.

Program Microsoft Visual Basic 6.0 terdiri dari beberapa file yang disatukan atau dicompile pada waktu program tersebut sudah lengkap. Pada waktu membuat project, perlu berpindah antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

Pada jendela project terdapat 3 icon yaitu View Code yang dipakai untuk menampilkan jendela editor ke kode program, View Object yang dipakai untuk menampilkan bentuk formulir atau (form) dan Toggle Folders yang digunakan untuk menampilkan folder (tempat penyimpanan file).

Jika user ingin menambah dan menyimpan atau menghapus file-file individual dari project, maka menggunakan perintah pada menu file dan project, perubahan ini akan direfleksikan pada jendela project. File project yang memuat daftar semua file-file pendukung program tersebut, dengan istilah file-file Visual Basic Project.

Pada Microsoft Visual Basic 5.0 dan Microsoft Visual Basic 6.0 bisa men-load lebih dari satu file dengan mengklik pada menu project. Dibawah nama project, jendela explorer menampilkan komponen-komponen setiap project, dengan struktur pohon yang sama dengan tampilan pada Windows Explorer.

Untuk memperbesar dan memperkecil “cabangnya” seperti form, modul, serta kategori lain dapat dilakukan dengan meng-klik tanda plus atau minus disebelah folder.

(14)

Jendela Pe Jendela ini didalam ap form atau k Jend objek yang yang berhu engkodean digunakan likasi. Jend kontrol. dela pengko g ada di dala ubungan den G n untuk mem dela ini akan

odean beris am project, ngan objek-o Gambar 2.6 mbuat perin n ditampilk si 2 buah C sedangkan objek yang 6 Jendela P ntah dalam kan jika and

Combobox. sebelah kan dipilih. roject form atau o a mengklik Yang palin nannya terd objek lain y k ganda pad ng kiri beris diri dari eve

yang ada da bagian

si objek-ent-event

(15)

Jendela Fo Form meru Secara otom yang baru y Form tombol yan berfungsi s orm upakan tem matis akan yaitu dengan m dapat d ng dapat dib ebagai latar Gamba mpat dimana tersedia fo n nama For diumpamaka beri perinta r belakang d ar 2.7 Jende a anda mer orm yang b rm 1. an sebagai ah atau kode dari suatu pr ela Pengko ancang use aru jika an panel yan e. Form jug rogram apli dean r interface da membua g berisi se ga disebut s ikasi. dari aplika at program ekumpulan sebagai obje asi anda. aplikasi tombol-ek, yang

(16)

Jendela Fo Jendela ini Untuk men pilihan dari orm Layou digunakan ngedit tata le i menu yang Gam ut untuk men etak Form, g muncul. Gambar mbar 2.8 Je ngatur tamp klik kanan r 2.9 Jende endela Form pilan atau re pada Jende ela Form La m esolusi Form ela Form La ayout m didalam ayout, lalu monitor. tentukan

(17)

2.3.3 Struktur Aplikasi Visual Basic 6.0

Bahasa Pemrograman Visual Basic mempunyai struktur yang berbeda dengan bahasa pemrograman C, C++, dan Pascal. Sebuah file execute dari Visual Basic dapat mengandung lebih dari sebuah proyek. Dimana di dalam sebuah project dapat berisi lebih dari 1 form. Form merupakan suatu kombinasi dari kode dan data yang diperlukan sebagai satu kesatuan. Tetapi suatu objek dapat merupakan bagian dari aplikasi seperti kontrol atau form.

Aplikasi proyek terdiri dari :

1. Form, yaitu windows atau jendela dimana anda akan membuat user interface atau tampilan yang merupakan antarmuka program yang akan dibuat.

2. Kontrol, yaitu tampilan berbasis grafis yang dimasukkan pada form untuk membuat interaksi dengan pemakai (textbox, label, frame, dan lain-lain).

3. Properties, yaitu Karakteristik atau nilai yang dimiliki oleh sebuah objek visual basic. Contoh : Name, Size, Caption, dan lain-lain.

4. Methods : Serangkaian perintah yang sudah tersedia pada suatu objek yang dapat diminta untuk melaksanakan tugas khusus.

5. Event Prosedur : kode yang berhubungan dengan suatu objek yang dapat diminta untuk mengerjakan tugas khusus. Kode ini akan mengeksekusi ketika ada respon dari pemakai kode ketika ada event tertentu.

6. General Prosedur : Kode yang tidak berhubungan dengan suatu objek. Kode ini harus diminta oleh aplikasi..

7. Module : Kumpulan dari prosedur umum, deklarasi variabel dan definisi konstanta yang digunakan oleh aplikasi.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di