PERANAN KEBUDAYAAN JAWA TERHADAP PERILAKU PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR.

Download (1)

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

Dr. Suharno, M.Pd. lahir di Sleman, 29 Nopember 1952. Pria yang memiliki NIP 19521129 198003 1 001 adalah staf Pengajar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. Riwayat pendidikan tinggi adalah tahun 1979 lulus sarjana (S-1) di FIP IKIP Yogyakarta untuk bidang ilmu: Administrasi Pendidikan, lulus Magister (S-2) pada tahun 1986 di FPS IKIP Bandung untuk bidang ilmu: Administrasi Pendidikan, gelar Doktor (S-3) bidang ilmu: Manajemen Pendidikan berhasil diperolehnya dari Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2012. Judul dan ringkasan Disertasi disajikan dalam 2 (dua) versi bahasa Indonesia dan English sebagai berikut.

PERANAN KEBUDAYAAN JAWA TERHADAP PERILAKU PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR. Kajian Etnograf di UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Tujuan Penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana pengaruh kebudayaan Jawa terhadap pembinaan profesionalisme guru dan pengawas sekolah dasar. Terutama bagaimana supervisi tersebut dalam mempengaruhi kinerja para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar, dalam kerangka pembelajaran di sekolah dasar (SD).Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (kini UPTD atau Unit Pelaksana Teknis Daerah) Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan etnograf, dimana secara triangulatif akan melihat bagaimana perilaku budaya Jawa itu dapat mempengaruhi perilaku pengawas, kepala sekolah dan guru sekolah dasar (SD). Dari hasil analisis ditemukan bahwa secara representatif kebudayaan Jawa tidak sepenuhnya dapat mempengaruhi perilaku para pengawas dan kepala sekolah terhadap pembinaan profesionalisme guru sekolah dasar. Hal ini dapat dipahami bahwa, kini telah ada kecenderungan keterbukaan budaya, yang dari ’sumbernya’ (keraton Surakarta maupun Yogyakarta) memang telah ’memudar’ (open culture). Sehingga perilaku pengawas sekolah dasar bisa dikaji lebih mendalam lagi dari berbagai aspek, selain dari sisi budaya Jawa. [Kata kunci: Supervisi Pembelajaran, Kebudayaan Jawa.].

THE ROLE OF JAVANESE CULTURE IN THE ELEMENTARY SCHOOL’S THEACHERS SUPER-VISION BEHAVIOR IN PROFESSIONAL DEVELOPMENT: THE STUDY WAS CARRIED OUT AT THE OFFICE OF NATIONAL EDUCATIN AT ANDONG SUB DISTRICT, BOYOLALI, CENTRAL JAVA. The objective of this study is to description the Java culture influence of teacher profession supervision, knowledge about teaching and learning process and work motivation with the implementation of instruction supervision. The study was carried out at the office of “UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali, Central Java”.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di