PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Skripsi

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1

Pendidikan Matematika

SULIS PRIYANTO A 410 090 233

PROGRAM STUDI MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

ii

PERSETUJUAN

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Diajukan Oleh: SULIS PRIYANTO

A 410 090 233

Disetujui Untuk Dipertahankan

di Hadapan Dewan Penguji Skripsi Sarjana S-1

Pembimbing,

(3)
(4)

iv

PERNYATAAN

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila kelak ternyata kelak di kemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya diatas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.

(5)

v MOTTO

“Yang bernama ilmu itu bukanlah kepandaian atau banyak meriwayatkan

(sesuatu), melainkan hanyalah nuur yang diturunkan Allah ke dalam hati manusia. Adapun bergunanya ilmu itu adalah untuk mendekatkan manusia kepada Allah

dan menjauhkan dari kesombongan diri”

(Imam Malik bin Anas)

“Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, timbanglah (amal) kalian sebelum

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga karya sederhana ini dapat terselesaikan. Dengan segenap kasih sayang dan doa, kupersembahkan hasil ini kepada:

Ibu

Karena kasih sayang dan doa beliau

Math of E ’09 UMS

Terima kasih atas kebersamaannya.

Pembaca yang budiman

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Segala puji bagi Allah Sang Pencipta alam semesta, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi dengan lancar. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad saw.

Skripsi ini disusun guna memenuhi sebagian persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Pendidikan S-1 Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selama penyusunan skripsi ini, penulis tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Pada kesempatan ini, penulis ucapkan terima kasih banyak kepada:

1. Dra. N. Setyaningsih, M.Si., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Dra. Sri Sutarni, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika sekaligus sebagai Pembimbing Akademik, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan selama studi.

3. Drs. Slamet HW, M.Pd., selaku dosen pembimbing, terima kasih atas kesabaran dalam membimbing penulis hingga terselesaikannya skripsi ini. 4. Bapak Marsum, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sambi, yang telah

(8)

viii

5. Bapak Harun Mustofa, S.Pd. selaku guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Sambi yang telah banyak membantu penulis dalam penelitian.

6. Seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Sambi yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengadakan penelitian.

7. Ibu tercinta atas semua kasih sayang, do’a dan semangat dalam mendukung langkahku.

8. Dosen-dosen FKIP khususnya Program Studi Pendidikan Matematika, terima kasih telah memberikan ilmunya kepada penulis.

9. Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Sebagai insan biasa, banyak kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan skripsi ini. Dengan segala kerendahan hati, penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, 2013

(9)
(10)

x

2. Data Prestasi Belajar Matematika Siswa... 25

3. Data Kemandirian Siswa ... 25

6. Sumbangan Efektif dan Sumbangan Relatif ... 33

(11)

xi

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 2.1 Perbedaan Variabel yang Diteliti ... 7

Tabel 3.1 Kriteria Penskoran ... 16

Tabel 4.1 Uji Validitas Angket Kemandirian Belajar ... 23

Tabel 4.2 Uji Validitas Angket Gaya Belajar ... 24

Tabel 4.3 Distribusi Frekuensi Data Prestasi Belajar Matematika ... 25

Tabel 4.4 Distribusi Frekuensi Data Kemandirian ... 26

Tabel 4.5 Distribusi Frekuensi Data Gaya Belajar ... 26

Tabel 4.6 Ringkasan Uji Normalitas ... 27

(12)

xii

DAFTAR GAMBAR

(13)

xiii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran : Halaman

1. Data Siswa ... 42

2. Daftar Nilai Tengah Semester Genap ... 43

3. Kisi-kisi Instrumen Penelitian ... 44

4. Angket Penelitian ... 45

5. Hasil Skor Try Out Angket Kemandirian Belajar Siswa ... 50

6. Hasil Skot Try Out Angket Gaya Belajar Siswa ... 52

7. Skor Jawaban Angket Kemandirian Belajar Siswa ... 54

8. Skor Jawaban Angket Gaya Belajar Siswa... 56

(14)

xiv ABSTRAK

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Sulis Priyanto, A.410090233. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) ada tidaknya pengaruh bersama antara kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF, berjumlah 30 siswa yang diambil secara cluster random sampling yaitu dipilih satu kelas secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data kemandirian dan gaya belajar siswa dan metode dokumentasi untuk data prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (i) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa (tobs= 2,891 > 2,052 =ttabel pada taraf

signifikansi 5%), (ii) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa (tobs= 2,342 > 2,052 =ttabel pada taraf sinifikansi

5%), (iii) Terdapat pengaruh bersama antara kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fobs= 27,534 > 3,35 =Ftabel, pada taraf

signifikansi 5%).

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...