Informasi di Internet

13 

Teks penuh

(1)

Informasi

di

Internet

Setelah kuliah ini, anda akan dapat :

9 Mampu menggunakan Internet

9 Mengetahui jenis-jenis informasi di Internet 9 Mampu menggunakan search engine

9 Mengetahui sumber-sumber informasi di Internet

9 Mampu mencari informasi dari berbagai macam sumber

Materi :

‰ Pengenalan Internet

‰ Software untuk Mengakses Internet ‰ Download

‰ Search engine ‰ Web directory

‰ Usenet – DejaNews - Google Groups ‰ Advanced Search

Prasyarat :

Windows

Jaringan Komputer

Cikal bakal Internet mulai diteliti pada akhir 1960-an di Amerika Serikat dalam rangka percobaan untuk membuat sebuah jaringan komputer yang tahan terhadap serangan nuklir. Penelitian ini dibiayai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan hanya dapat diakses oleh para petinggi Departemen Pertahanan dan institusi akademis.

Bertahun-tahun kemudian, karena makin canggihnya telekomunikasi digital melalui jalur telepon, penelitian tentang Internet menjadi perlu disebarluaskan. Proyek tersebut dibuka untuk diakses oleh siapa saja yang ingin mengembangkannya baik untuk komersial maupun non-komersial.

Pengenalan Internet

Internet yang kita ketahui sekarang adalah seperti apa yang didefinisikan pada tahun 1993. Para peneliti di CERN (sebuah laboratorium Fisika di Swiss) mengembangkan berbagai macam metode komunikasi antar komputer yang menghasilkan web server pertama dengan web browser-nya. Sebuah bahasa pemrograman yang mendukung juga diciptakan, yaitu HTML (HyperText Markup Language).

(2)

Berikut ini adalah beberapa istilah tentang Internet yang juga akan muncul berulang-ulang dalam modul ini:

Internet: Jaringan komputer global yang dapat dihubungi untuk memperoleh informasi.

Browser: Software yang digunakan untuk menghubungi alamat Internet dan memperoleh hasilnya berupa halaman web.

Halaman web: Sebuah halaman atau dokumen yang berisi informasi yang dapat diakses dan dibaca oleh web browser. Halaman web ditulis dengan menggunakan HTML.

Situs web: Kumpulan halaman web dalam satu alamat atau server.

Web server: Komputer yang dapat membuat suatu kumpulan halaman web dapat diakses oleh pihak luar (luar komputer/jaringan/dunia).

Link/

Hyperlink: Sebuah teks, gambar, atau halaman web yang jika di-klik dapat memunculkan halaman web atau situs web lain.

HTTP: HyperText Transfer Protocol. Ini adalah bahasa yang digunakan oleh komputer-komputer yang ada di Internet untuk ‘berbicara’ satu sama lain dan mentransfer informasi.

Portal: Situs yang menyediakan bermacam-macam layanan, di mana pengguna cukup mempunyai satu login untuk mengakses bermacam-macam layanan tersebut.

Software untuk Mengakses Internet

Alat/Sarana untuk mengakses informasi melalui halaman-halaman web di Internet disebut browser. Ada dua browser yang paling populer, yaitu Mozilla Firefox dan Microsoft Internet Explorer. Browser digunakan untuk mengakses halaman web, dokumen, file yang ada di Internet dengan mengetikkan alamat web.

Sebelum menggunakan browser, terlebih dulu harus diset konfigurasi yang berhubungan dengan akses komputer ke Internet. Untuk melakukan setting pada browser, yang perlu diperhatikan adalah Proxy Setting, yang diakses melalui menu di Microsoft Internet Explorer: Tools Æ Internet Options… yang akan menghasilkan pop-up window seperti di bawah ini:

(3)

Gbr. 1. Internet Options.

Klik tab yang bertuliskan Connection dan klik tombol LAN Settings… yang akan mengeluarkan pop-up window seperti di bawah ini:

(4)

Gbr. 2. LAN Settings.

Masukkan 152.118.24.10 pada kotak di sebelah tulisan Address dan masukkan 8080 pada kotak di sebelah tulisan Port. Juga beri tanda cek (v) di sebelah tulisan Bypass proxy server for local addresses. Klik semua tombol OK dan browser siap untuk digunakan.

Mulailah menggunakan browser dengan memasukkan alamat web yang dituju. Alamat web disebut juga URL (Uniform Resource Locator). Contoh URL:

http://www.ui.edu/ http://www.google.com/

Untuk menghubungi sebuah URL dengan Microsoft Internet Explorer, ketik URL yang diketahui pada kotak di sebelah tulisan Address. Browser akan men-download halaman tersebut sehingga informasi yang terdapat di dalamnya dapat dilihat/dibaca.

Home page adalah halaman yang secara hirarkis terdapat di tingkat paling atas dari sebuah susunan halaman-halaman web. Biasanya home page adalah halaman pertama dari sebuah situs web. Halaman-halaman yang ada dapat diakses dengan meng-klik link atau hyperlink yang ada. Biasanya link memiliki warna huruf yang berbeda dengan jenis huruf yang digarisbawahi (underlined). Sebuah gambar juga dapat menjadi link. Pada intinya, apapun yang terlihat pada sebuah halaman web dapat menjadi link. Untuk mengetahui apakah sesuatu link atau bukan, gerakkan mouse sehingga pointer (tanda panah/penunjuk) berada di atas tulisan/gambar/objek tersebut. Jika tanda panah berubah menjadi gambar tangan menunjuk, berarti objek tersebut adalah sebuah link.

(5)

Untuk kembali ke halaman yang diakses sebelumnya, gunakan tombol Back. Sedangkan untuk mengakses halaman yang sudah pernah di-Back, gunakan tombol Forward. Jadi, Back dan Forward dapat digunakan untuk menelusuri halaman-halaman web yang sudah pernah didatangi.

Refresh merupakan tombol untuk me-load ulang halaman yang sedang dilihat. Kegunaan Refresh contohnya untuk melihat perubahan baru pada halaman yang sedang dilihat. Sedangkan Stop adalah tombol untuk menghentikan proses loading sebuah halaman.

Back Forward

Stop Refresh

Gbr. 3. Tampilan Microsoft Internet Explorer.

Download

Download berati mengambil sesuatu dari Internet dan menyimpannya sementara di komputer yang kita pakai. Proses download pasti terjadi setiap saat sebuah halaman web dibaca di browser. Sebetulnya, download dapat digunakan untuk mengambil gambar, dokumen, musik, video, software, dan lain-lain yang berbentuk file (format elektronik). Untuk men-download suatu file lewat sebuah link, klik kanan mouse pada link tersebut dan pilih Save As… Contohnya, jika ada link

http://www.ui.edu/download/brosur/ui_beasiswa_001-12022008.pdf maka klik kanan pada link tersebut dan pilih Save As… akan membuat file ui_beasiswa_001-12022008.pdf tersalin (copy) ke komputer yang kita pakai.

Download juga dapat dilakukan pada sesuatu yang bukan link, misalnya gambar. Jika penunjuk mouse diletakkan di atas sebuah gambar yang bukan sebuah link, maka klik kanan akan mengeluarkan pilihan Save Picture As… untuk men-download gambar tersebut.

(6)

• Jika halaman tersebut sedang dilihat, berarti halaman itu sudah di-download. Dengan menggunakan menu File Æ Save As… maka halaman tersebut dapat disimpan secara permanen.

• Jika halaman tersebut tidak sedang dilihat (hanya ada link-nya saja), maka klik kanan link tersebut dan pilih Save Target As…

Pada intinya, semua file dapat di-download melalui link dengan klik kanan dan menu Save Target As…

Kebalikan dari download adalah upload. Upload berarti meletakkan file di sebuah situs.

(7)

Search Engine

Seperti sudah ditulis di awal modul ini, Internet berisi kumpulan informasi (World Wide Web) yang dapat diakses melalui browser. Tentunya timbul keinginan untuk mencari informasi secara spesifik, sehingga tidak harus melakukan browsing ke banyak halaman web yang dapat melelahkan dan menghabiskan waktu. Pencarian informasi secara spesifik inilah yang didukung oleh Search Engine atau mesin pencari.

Sebagai contoh, search engine www.google.com. Ketikkan kata apa saja di sebelah tombol bertuliskan Google Search dan klik tombol tersebut. Misalkan tulisan Universitas Indonesia akan sangat mungkin membawa pencari ke situs web Universitas Indonesia. Biasanya, link yang paling relevan dengan pencarian ada di paling atas. Namun tidak semudah itu, karena hasil pencarian biasanya tidak hanya satu-dua link saja, tapi bisa ratusan bahkan ribuan atau jutaan. Untuk mencari yang lebih spesifik, bisa:

• Klik link bertuliskan Next untuk melihat hasil pencarian yang lain (link-link berikutnya)

• Klik link Search within results dan isikan kata-kata yang lebih spesifik untuk mempersempit lingkup pencarian.

Tips search sederhana

• Gunakan tanda petik dobel (“) di sebelum dan sesudah kumpulan frase (kumpulan kata). Jika kata yang dicari adalah buku baru maka penggunaan tanda “ sebelum buku dan tanda “ sesudah baru (ditulis: “buku baru”) akan membuat search engine mencari buku baru saja. Jika tidak menggunakan tanda “, besar kemungkinan search engine mengembalikan hasil pencarian berupa halaman-halaman yang berisi buku tidak baru atau buku lama, belum ada yang baru yang tentunya tidak cocok dengan keinginan mencari buku baru.

• Gunakan tanda + (tambah) atau – (kurang) untuk memberi tekanan pada kata-kata tertentu yang dicari. Misalnya pengisian time +to walk –remember akan menyebabkan search engine berusaha memasukkan kata to pada pencariannya, dan tidak terlalu mementingkan kata remember. Pada search engine Google, jika kata-kata umum dalam bahasa Inggris (to, is, the, …) dimasukkan dalam kunci pencarian, maka otomatis kata-kata tersebut tidak diikutkan dalam pencarian. Penggunaan tanda + seperti di atas akan membuat kata to diikutkan dalam pencarian. Pada contoh tersebut, penggunaan tanda + akan menghasilkan link ke halaman web yang berisi frase time to walk, sedangkan tanpa tanda + menghasilkan link ke halaman web yang berbeda-beda, contohnya bahkan yang susunannya berbeda: walk through time.

Search Engine Lain

Alta Vista: www.altavista.com Fast Search: www.alltheweb.com Yahoo: www.yahoo.com

(8)

Bookmarks/Favourites

Boookmarks atau Favourites adalah seperti ‘pembatas buku’ pada sebuah buku yang kita baca, atau intinya bagian-bagian yang perlu kita kunjungi lagi untuk dibaca ulang. Jadi, jika ada sebuah alamat web yang perlu dikunjungi lagi, maka alamat tersebut ditambahkan di Bookmarks atau Favourites di browser yang kita gunakan. Di Internet Explorer, jika sampai pada halaman yang diinginkan, klik Favorites Æ Add To Favorites… dan masukkan nama yang cocok untuk merepresentasikan isi halaman tersebut di dalam kolom Name.

Web Directory

Web directory sering juga disebut subject directory. Web directory adalah kumpulan halaman-halaman web yang sudah dikategorikan dalam direktori-direktori. Beberapa search engine tidak memiliki database halaman-halaman web sehingga melakukan pencarian pada web directory-nya.

Contoh search engine seperti ini adalah Yahoo. Jika masuk ke www.yahoo.com, maka pada halaman muka akan terlihat kategori-kategori yang tersedia, beserta subkategorinya. Jika salah satu kategori di-klik, maka akan terlihat subkategori yang ada, dan jika salah satunya di-klik, maka akan terlihat kategori-kategori lain di bawahnya, dan seterusnya. Jika melakukan pencarian, maka akan terlihat bahwa hasil pencarian ada di direktori mana, juga ditambah dengan situs-situs terkait.

Namun, Yahoo sudah mengintegrasikan pencariannya sehingga hasil pencarian otomatis ditampilkan dari database halaman web juga (bekerjasama dengan Google). Yang masih membedakan pencarian di halaman web dan direktori adalah Alta Vista.

Contoh:

Ketikkan www.altavista.com pada browser. Pencarian pada Alta Vista dengan kata kunci soto ayam menghasilkan daftar links yang mengandung kata soto namun ada juga daftar kategori-kategori dalam direktori yaitu Sotos Syndrome, Soto Zen, Talisa Soto, Missouri High Schools, Crime Statistics, dsb. Dua kategori terakhir memang tidak mengandung kata yang digunakan dalam pencarian, tapi mungkin memang mengandung kata pencarian tersebut jika di-klik dan ditelusuri lebih lanjut.

(9)

Gbr. 5. Halaman Muka Alta Vista.

Usenet - DejaNews - Google Groups

Usenet adalah sebuah forum diskusi global yang terdistribusi. Terdistribusi berarti terdiri dari banyak server yang menjadi pemroses data-data yang bersimpangsiur dalam proses diskusi. Diskusi-diskusi tersebut dikelompokkan dalam newsgroups, yaitu kelompok-kelompok yang terdapat di dalam news server. News server adalah sebuah komputer yang dapat memproses diskusi virtual, di mana setiap tulisan yang dikirim dapat direspon oleh pengakses usenet lainnya.

Sebelum adanya Internet, sambungan ke usenet dilakukan melalui UUCP (Unix to Unix Copy Protocol). Setelah ada Internet, sambungan tersebut dapat dilakukan melalui Internet, yaitu berbasis web, yang bisa dibaca lewat browser. Oleh karena itu, arsip Usenet dapat dilihat melalui web browser juga, yaitu berupa kumpulan tanya jawab dan diskusi atas berbagai macam topik.

Arsip Usenet di dunia pernah disimpan oleh Deja News yang mulai dikenal pada tahun 1995. Deja News merupakan search engine khusus untuk mencari arsip Usenet lewat Internet (www.deja.com). Pada tahun 2001, Google (www.google.com) mengakuisisi DejaNews dan membuat sistem pencarian arsip Usenet bisa diakses lewat http://groups.google.com. Dengan penggabungan antara Deja dan Google, diharapkan pencarian informasi bisa lebih menyeluruh karena dapat pencarian dapat dilakukan pada halaman-halaman web maupun arsip diskusi di Usenet.

Kelebihan pencarian informasi di Usenet adalah jenis informasi yang tidak satu arah, melainkan interaktif. Informasi di halaman-halaman web seperti informasi yang dapat kita temui di koran atau majalah. Sedangkan informasi di Usenet adalah diskusi-diskusi

(10)

baik yang tuntas maupun tidak yang merupakan sumber informasi yang tidak mudah kita temui di tempat lain di Internet, karena diskusi-diskusi di Usenet terjadi secara alami yang muncul karena rasa ingin tahu seseorang dan komentar-komentarnya dapat memperlebar topik diskusi. Dengan mencari informasi di Usenet, ada kemungkinan besar pertanyaan yang kita punyai ternyata pernah ditanyakan di Usenet sehingga jawabannya bisa langsung didapat, bahkan besar kemungkinan kita mendapatkan jawaban yang bermacam-macam dari banyak responder pertanyaan tersebut.

Kategori-kategori kelompok diskusi (group discussion / newsgroups) yang ada di Usenet dapat dilihat di halaman muka Google Groups (http://groups.google.com/), seperti yang terlihat di gambar berikut:

Gbr. 6. Halaman Muka Google Groups.

Advanced Search

1. Penggunaan karakter-karakter tertentu

Pencarian di Internet melalui search engine dapat dibuat lebih akurat dengan menggunakan karakter-karakter atau kode kata tertentu. Penggunaan karakter tambahan ini biasanya dilakukan pada bagian Advanced Search di sebuah situs pencarian.

Kata/karakter tersebut misalnya: • AND

(11)

Jika sebuah kotak pencarian diisi dengan kata test1 AND test2, maka search engine akan mencari halaman-halaman web yang berisi kedua kata tersebut, di mana kedua kata tersebut (test1 dan test2) harus muncul bersamaan.

• OR

Jika sebuah kotak pencarian diisi dengan kata test1 OR test2, maka search engine akan mencari halaman-halaman web yang berisi salah satu atau kedua kata tersebut, di mana kedua kata tersebut (test1 dan test2) muncul sendiri (test1 saja atau test2 saja) atau bersamaan.

• NOT

Jika sebuah kotak pencarian diisi dengan kata test1 NOT test2, maka search engine akan mencari halaman-halaman web yang berisi kata test1, tetapi yang tidak mengandung kata test2 (tentu saja boleh mengandung kata-kata lain asalkan bukan test2).

Pada beberapa search engine, jika ada banyak kata yang dimasukkan dalam kotak pencarian, otomatis search engine menambahkan kata AND di antara kata-kata tersebut. Misalkan jika kotak pencarian diisi test1 test2 test3 maka search engine akan mencari seakan-akan kotak pencarian diisi test1 AND test2 AND test3. Contoh search engine yang seperti ini adalah Google, Alta Vista, FastSearch, sedangkan Yahoo akan menyisipkan kata OR pada kasus di atas.

2. Metasearch engine

Metasearch engine berarti adalah suatu search engine yang melakukan pencarian ke banyak situs search engine dan menampilkan hasil pencarian dari banyak search engine. Contoh metasearch engine adalah Ixquick (www.ixquick.com) yang dapat menampilkan hasil pencarian. Ixquick mengurutkan hasil pencarian dengan banyaknya tanda bintang pada setiap hasil pencarian. Tanda bintang tersebut diperoleh dari urutan 1 – 10 hasil pencarian yang didapat oleh setiap search engine yang ikut dicari (ada 12 search engine).

3. Academic search

Ada jenis-jenis search engine tertentu yang mengkhususkan pencarian pada bidang akademik. Contoh search engine yang berupa subject directory adalah Academic Info (www.academicinfo.net). Cabang ilmu pengetahuan atau bidang studi dapat dicari di sini dengan melakukan browsing (mengikuti link-link yang ada).

Misalnya, klik link yang bertuliskan Library & Information Science dan ikuti link Internet Studies di halaman yang baru. Di halaman baru selanjutnya, ada link-link yang salah satunya adalah Finding Information on the Internet. Setelah link ini diklik, akan ada bermacam-macam link menuju pengajaran atau tutorial tentang pencarian informasi di Internet.

Pencarian ilmu juga dapat dilakukan lewat link Search by keyword. Contoh: masukkan kata kunci (keyword) Languages dan akan tampak hasil yang berupa link-link menuju pengajaran bahasa di dunia, termasuk kebudayaan di dunia.

(12)

Situs pencarian akademik yang lain adalah Infomine (infomine.ucr.edu). Untuk memulai pencarian, klik salah satu kategori di halaman muka. Ketika muncul halaman baru, masukkan kata pencarian, atau browsing menurut daftar aturan di bagian kiri bawah halaman tersebut. Sesuai dengan aturan-aturan tersebut, browsing bisa dilakukan menurut Subject (bidang), Author (pengarang), Keyword (kata kunci), dan Title (judul dokumen).

4. Google query

Operator

Deskripsi

Contoh

site restricts results to sites within the specified domain

site:google.com fox will find all sites containing the word fox, located within the *.google.com domain intitle restricts results to documents

whose

title contains the specified phrase

intitle:fox fire will find all sites with the word

fox in the

title and fire in the text allintitle restricts results to documents allintitle:fox fire

will find all sites with the words fox

whose title contains all the specified phrases

and fire in the title, so it's equivalent to

intitle:fox intitle:fire inurl restricts results to sites whose

URL contains the specified phrase

inurl:fox fire will find all sites containing the word

fire in the text and fox in the

URL allinurl restricts results to sites whose

URL

contains all the specified phrases

allinurl:fox fire will find all sites with the words

fox

and fire in the URL, so it's equivalent to inurl:fox inurl:fire

filetype, ext

restricts results to documents of the specified type

filetype:pdf fire will return PDFs containing the word fire, while filetype:xls fox will return Excel

spreadsheets with the word

fox

numrange restricts results to documents con-taining a number from the

numrange:1-100 fire will return sites containing a

(13)

specified range number from 1 to 100 and the word fire. The same result can be achieved with 1..100 fire

link restricts results to sites

containing links to the specified location

link:www.google.com will return documents

containing one or more links to www.google.com

inanchor restricts results to sites containing links with the specified phrase in their descriptions

inanchor:fire will return documents with links whose description contains the word fire (that's the actual link text, not the URL indicated by the link) allintext restricts results to documents

containing the specified phrase in the text, but not in the title, link descrip-tions or URLs

allintext:"fire fox" will return documents which con-

tain the phrase fire fox in their text only

+ specifies that a phrase should occur frequently in results

+fire will order results by the number of occurrences of the word fire

- specifies that a phrase must not oc-cur in results

-fire will return documents that don't contain the word fire "" delimiters for entire search

phrases (not single words)

"fire fox" will return documents containing the phrase fire fox

. wildcard for a single character fire.fox will return documents containing the phrases fire fox, fireAfox,

fire1fox, fire-fox etc.

* wildcard for a single word fire * fox will return documents containing the phrases fire the fox, fire in

fox, fire or fox etc.

| logical OR "fire fox" | firefox

will return documents containing the phrase fire

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :