Excuses give us permission to settle for less. Get rid of the excuses you have the power to overcome anything and be your best.

Teks penuh

(1)

HInDArI HIDUP mALAS

Article source from http://www.sabda.org

Ayat bacaan: Amsal 6:6-11

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.” (ayat 6)

Jurnal ilmiah The Lancet mengeluarkan laporan urutan negara-negara dengan penduduk paling malas di dunia. Hasil tersebut diperoleh dengan melakukan studi global, termasuk hasil penelitian dari 122 negara. secara mengejutkan, inggris dan Jepang masuk dalam 20 besar negara dengan penduduk paling malas sedunia. negeri Big Ben memiliki 63; 3 persen warganya yang tidak aktif, disusul Jepang sebanyak 60; 2 persen.

malas dapat berarti berdiam diri, tidak melakukan aktivitas fisik. Orang yang malas tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu; ia enggan atau tidak suka bekerja. dari hasil penelitian tadi, sepertiga penduduk dunia tidak melakukan aktivitas minimal, yaitu 2, 5 jam per minggu. Juga, gaya hidup malas

ini ternyata menjadi salah satu penyebab utama kematian.

Tidak bisa dipungkiri, virus kemalasan ini dapat menyerang kehidupan siapa saja. Banyak faktor yang menyebabkan kita merasa malas untuk melakukan aktivitas. Jika kita tidak bisa memerangi dan mengalahkan faktor yang menyebabkan kemalasan ini, kehidupan kita tidak akan produktif dan optimal.

Firman Tuhan mengingatkan kepada kita agar tidak menjalani kehidupan dengan kemalasan. Kemalasan tidak akan membawa kita ke dalam kehidupan yang lebih baik. Kemalasan merupakan salah satu pengalang dalam meraih keberhasilan. sebaliknya, kita semestinya hidup rajin, tekun, dan melakukan aktivitas secara wajar.

KemALASAn merUPAKAn SALAH SATU PenGALAnG DALAm merAIH KeberHASILAn DAn membAnGUn mASA DePAn YAnG LebIH bAIK.

wInTer of DIvIne Power

2 Corinthians 4:7

“But we have this treasure in jars of clay to show that this all-surpassing power is from God and not from us.” (niV)

2 Korintus 4:7

“Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.” “Excuses give us permission to settle for less. Get rid of the excuses—you have the power to

(2)

Ayat bacaan: Ibrani 12:2a

“Marilah kita melakukannya dengan mata yg tertuju kepada Yesus, yg memimpin kita dlm iman, dan yg membawa iman kita itu kepada kesempurnaan...”

Leslie dunkin bercerita tentang anjing yang dimilikinya saat ia masih kecil. Kadang-kadang ayahnya suka menguji kepatuhan anjing itu. ia meletakkan sepotong daging yang membangkitkan selera dilantai dan memberi perintah, “Tidak boleh!”

Anjing itu yang tentunya memiliki dorongan yang sangat kuat untuk mendapatkan daging,

dihadapkan pada situasi yang sangat sulit -- mematuhi atau melanggar perintah tuannya.

dunkin berkata, “Anjing itu tidak pernah mengarahkan pandangannya pada daging.Tampaknya ia merasa bahwa jika ia melakukannya, godaan untuk melanggar perintah itu akan menjadi terlalu besar. Maka ia terus-menerus memandang wajah ayah saya.”

Kemudian dunkin menerapkannya secara rohani demikian, “Ada sebuah pelajaran untuk kita semua, yaitu: Arahkan selalu pandangan kita pada wajah ‘Tuan’ kita.” maka dia akan membawa iman kita pada kesempurnaan...!

mATA TerTUJU

(3)

s

eorang motivator bisnis yang terkenal, Jim Rohn, diundang sebuah perusahaan untuk melakukan motivasi memacu semangat karyawannya yang sudah mengendor.

dalam presentasinya, Jim Rohn mengambil satu kertas putih yang besar, kemudian dia membuat sebuah titik hitam kecil dengan pen persis di tengah kertas itu.

dia kemudian memperlihatkan kertas itu kepada semua orang yang hadir disana. Lalu bertanya, “Apakah yang dapat lihat di kertas ini?” dengan cepatnya seorang pria langsung menjawab “Saya melihat sebuah titik hitam”. “Baik, apa lagi yang kamu lihat selain titik hitam?” Jim kembali bertanya. Yang lainnya terus memberikan jawaban yang sama: “Hanya sebuah titik hitam.”

“Tidakkah kamu melihat yang lainnya, selain titik hitam?” Jim bertanya terus mengejar jawaban lain. “Tidak” dengan serentak, hampir seluruh pengunjung itu menjawabnya. “Bagaimana dengan lembaran kertas putih ini?”

Jim kembali bertanya “Saya yakin kamu semua pasti melihatnya, tetapi mengapa tidak ada yang memperhatikannya? Dan hanya melihat pada sebuah titik kecil saja?”

Jim kemudian menjelaskan: “Dalam hidup ini, kita juga selalu lalai dan mengabaikan akan banyak hal-hal yang baik, hal-hal yang dahsyat, hal-hal yang cermerlang, hal-hal yang indah, yang kita miliki atau pernah terjadi di sekitar kita, dan kita selalu HANYA FOKUS dan memberikan perhatian pada masalah Kecil, masalah Sepele, masalah Keuangan, masalah Kekecewaan, masalah Kegagalan.

Masalah kita itu, persis seperti sebuah titik hitam kecil, dalam lembaran kertas besar ini. Masalah itu hanyalah kecil dan tidak signifikan, jika kita dapat meluaskan pandangan kita untuk melihat dalam hidup kita, persis seperti kita lihat seluruh lembaran kertas ini, maka titik hitam tadi sangat kecil dan hampir tidak berarti.”

Apakah Anda termasuk orang yang juga selalu melihat titik hitam itu?

bLACK SPoT

Kita tidak dapat mengubah masa lalu. Kita tidak dapat mengubah tingkah

laku orang. Kita tidak dapat mengubah apa yang pasti terjadi.

satu hal yang dapat kita ubah adalah satu hal yang dapat kita kontrol, dan

itu adalah sikap kita.

not what we say about our blessings, but

how we use them, is the true measure of our

thanksgiving.”

(4)

i

ni kisah persahabatan antara seorang putra presiden, dan pemuda rakyat jelata yaitu Bono. Persahabatan sudah terjalin sejak mereka masih kecil. Bono punya kebiasaan yang kadang menjengkelkan. Apapun peristiwa yang terjadi di depannya selalu dianggap positif. “Itu Baik!” katanya senantiasa.

Hari itu seperti yang sering mereka lakukan, Bono menemani sahabatnya berburu. Tugasnya membawa senapan dan mengisi peluru agar selalu siap digunakan. entah kenapa, mungkin belum terkunci sempurna, setelah diserahkan kepada sahabatnya, senapan itu meletus.

Akibatnya cukup fatal. ibu jari putra presiden terkena terjangan peluru dan putus. melihat itu tanpa sadar dengan kalemnya Bono berkomentar. “Itu Baik!” Kontan sahabatnya naik pitam. “Bagaimana kau ini! Jempolku putus tertembak, malah dibilang BAIK!!!” Kali ini kelakuan Bono tak termaafkan. ia dijebloskan ke penjara.

suatu saat sang putra presiden pergi

berburu ke Afrika. sayangnya, ia tersesat di hutan lebat dan ditangkap suku primitif kanibal. malam harinya, dalam keadaan terikat ia akan dibakar untuk disantap ramai-ramai.

Anehnya, mendadak ia dibebaskan. Ternyata suku tersebut pantang memangsa makhluk yang organ tubuhnya tidak lengkap. nasib baik itu membuat sang putra presiden termenung. ia teringat peristiwa ketika jempolnya putus tertembak karena ulah Bono. ia kemudian menemui Bono di penjara.

“Ternyata kau benar. Ada baiknya jempolku tertembak,” katanya sambil menceritakan peristiwa yang dialaminya di Afrika. “Aku menyesal telah memenjarakanmu.” “Oh, tidak! Bagiku, ini Baik!” “Bagaimana kau ini? Di penjara tapi kau bilang baik?”

“Kalau aku tidak dipenjara, pasti saat itu aku bersamamu berburu ke Afrika. Aku pasti dimangsa mereka!”

mari kita bersyukur untuk banyak hal yang kita tidak mengerti...

ITU bAIK

Apapun bisa diselesaikan, jika kamu mau

menyelesaikannya. Tiada kunci yang tak bisa

dibuka, tiada ikatan yang tak bisa dilepaskan.”

The real CHAmPion is not only winning the

competition, but it for every one who can stand up

for every failure.”

(5)

THInGS To PonDer

d

ari Brazil bernama Leonardo Boff bertanya pada dalai Lama pemimpin umat Buddha dari Tibet: “Yang Mulia, apakah agama terbaik?” Leonardo Boff menduga bahwa dalai Lama akan menjawab: “Agama Buddha dari Tibet atau agama Oriental yang lebih tua dari agama Kristen.”

Ternyata, sambil tersenyum, dalai Lama menjawab: “Agama terbaik adalah agama yang lebih mendekatkan anda dengan Tuhan, yaitu agama yang membuat anda menjadi orang yang lebih baik.”

sambil menutupi rasa malu karena punya dugaan kurang baik tentang dalai Lama, Leonardo Boff bertanya lagi: “Apakah tanda agama yang membuat kita menjadi lebih baik?”

Jawaban dalai Lama: “Agama apapun yang bisa membuat anda lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggung jawab, lebih beretika. Agama yang punya kualitas seperti di atas adalah agama terbaik”.

Leonardo Boff terdiam sejenak dan

terkagum-kagum atas jawaban dalai Lama yang bijaksana dan tidak dapat dibantah. selanjutnya, dalai Lama berkata: “Tidak penting bagiku kawan, apa agamamu, tidak peduli anda beragama atau tidak. Yang betul-betul penting bagi saya adalah perilaku anda di depan kawan-kawan anda, di depan keluarga, lingkungan kerja dan dunia”.

Akhirnya, dalai Lama berkata: “Jagalah pikiran mu, karena mereka yang akan menjadi perkataan mu. Jagalah perkataan mu, Karena mereka lah yang akan menjadi perbuatan mu. Jagalah perbuatan mu, karena mereka akan menjadi kebiasaan mu. Jagalah kebiasaan mu, karena mereka akan membentuk karaktermu. Jagalah karakter mu, karena mereka akan membentuk nasibmu, dan nasib mu akan menjadi kehidupan mu. Dan tidak ada agama yang lebih baik dari pada KEBENARAN.”

Yohanes 8:31b-32 “Jikalau kamu tetap

dalam firman-Ku, kamu benar-benar murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

when god redeems our past, what was once

darkness becomes a light for others.”

~ Lisa bevere

Let’s not merely say that we love each other;

let us show the truth by our actions.”

~ 1 John 3:18 nLT

(6)

roCK mInISTrY

singAPoRe

KomUnITAS

meSIAnIK (Km)

every 1st and 3rd Friday, 07.30 Pm

Km AbrAHAm

ibu Helen (65) 9628 3796 (east Coast)

every Thursday, 07.30 Pm

Km JoHn THe bAPTIST & Km DAnIeL

Lenny (65) 9457 7470 ervita (65) 9071 0442 (Ang mo Kio/orchard) every Friday, 07.30 Pm

Km DAvID & Km SAmUeL

sumarto (65) 9144 6605 (serangoon/Upper Thompson) every Thursday/Friday, 08.00 Pm Km JoSePH (YoUTH) Alink (65) 9066 4130 (Toa Payoh/Braddel)

For more information:

email: gbirock.sg@gmail.com | web: www.rocksg.org | Tel: (65) 6251 5378

Pak Harry Pudjo: (65) 8876 0979 | ibu Tammie: (65) 8428 3739 ROCK MINISTRY SINGAPORE COVERED BY: Enjoy Church neXT YoUTH ServICe

every once in a month Juanita (65) 8322 6412 CHILDren’S CHUrCH every sunday, 10.30 Am Alink (65) 9066 4130 PrAYer meeTInG every saturday, 12.30 Pm Coronation Rd 21A (kediaman bapak gembala) ida (65) 9234 9771

Anda ingin belajar alkitab?

now you can SUbSCrIbe:

• Our digital Kingdom news at www.rocksg.org we will send it every tuesday

• Our weekly sermon (video) at

www.youtube.com/user/gbirocksg

SUnDAY ServICe

10.00 Am

Holiday Inn Singapore orchard City Centre

11 Cavenagh Rd, singapore 229616 For further information about the details of the location, please contact

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :