PROPOSAL SPONSOR MEDIA PETA BUMI 2018

Teks penuh

(1)

JURUSAN TEKNIK GEOLOGI

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PURBALINGGA

(2)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala karunia dan rahmat-Nya yang telah memberikan kelancaran dan kemudahan sehingga dapat menyelesaikan proposal kegiatan bertemakan edukasi yang dikemas dalam kegiatan yang bernama “PETA BUMI 2018”.

Dalam penyusunan kami memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat.

Proposal ini kami susun dengan semangat serta ketulusan, sehingga besar harapan kami untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Besar harapan kami semoga proposal ini dapat diterima, disetujui dan menjadi motivasi kami untuk menyelenggarakan acara ini dengan maksimal.

Dalam pembuatan proposal ini, kami menyadari masih banyak kekurangan yang ada. Oleh kerena itu, kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan proposal ini.

(3)

LATAR BELAKANG

Jurusan Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman terletak di Purwokerto, Jawa Tengah, termasuk jurusan yang masih muda di Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Geologi UNSOED merupakan suatu program pendidikan profesi yang siap meluluskan ahli geologi profesional dalam bidang ilmu kebumian. Seiring dengan perkembangannya, pada 10 September 2006 terbentuklah sebuah organisasi yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman dimana dalam perjalanannya, himpunan tersebut diberi nama HMTG “dr.Bumi” Universitas Jenderal Soedirman.

Pada tahun 2018 ini, HMTG “dr.Bumi” UNSOED telah mencapai usianya yang ke dua belas tahun. Sebuah usia yang menjadi tolak ukur awal perkembangannya. Dengan semangat tinggi, HMTG “dr.Bumi” UNSOED memiliki tekad yang kuat dalam mengembangkan eksistensinya dengan berkarya lebih nyata untuk tetap berkontribusi memberikan yang terbaik kepada masyarakat, baik dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat maupun dalam ilmu kebumian untuk mewujudkan jurusan yang menjadi terdepan.

Dalam rangka menunjukkan eksistensi dan pengabdiannya, HMTG “dr.Bumi” UNSOED telah melakukan berbagai kegiatan baik di dalam lingkungan UNSOED maupun di ranah nasional, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan di luar UNSOED itu sendiri. Pada usianya yang ke-12, HMTG “dr.Bumi” UNSOED mengadakan kegiatan yang diwadahi dalam suatu mega acara Dies Natalis 12 HMTG “dr.Bumi” UNSOED yang selanjutnya dikenal dengan nama PETA BUMI 2018 (Perayaan Tahunan “dr.Bumi”). Kegiatan dalam PETA BUMI 2018 ini, meliputi Opening Ceremony PETA BUMI 2018, Konservasi dan Fieldtrip, Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK), Paper Competition UNSOED, Seminar Nasional dan Closing Ceremony PETA BUMI 2018.

MAKSUD DAN TUJUAN

 Memperingati hari ulang tahun HMTG “dr.Bumi” UNSOED Ke-12

 Memperkenalkan dan meningkatkan eksistensi Teknik Geologi UNSOED di ranah Nasional  Menggali potensi sumber daya geologi di daerah Jawa Tengah

 Sebagai media edukasi, diskusi Mahasiswa dalam segi ilmu kebumian  Mengembangkan pola pikir mahasiswa Teknik Geologi UNSOED  Mengoptimalkan kreativitas dan potensi mahasiswa Teknik

 Geologi dan Pelajar Tingkat Menengah Atas se-Indonesia

 Mempererat rasa kekeluargaan di lingkungan mahasiswa teknik geologi UNSOED pada khususnya dan mahasiswa Teknik Geologi seluruh Indonesia pada umumnya

(4)

TEMA DAN KONSEP

“PETA BUMI 2018” yang bertemakan “The Hidden Treasure for Pleasure” merupakan label dari rangkaian acara yang mencakup beberapa aspek yaitu pendidikan, kompetisi, hiburan, dan meningkatkan eksistensi Teknik Geologi UNSOED. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengangkat eksistensi HMTG “dr.Bumi” UNSOED, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen (BARLINGMASCAKEP) dengan menguak potensi dan khazanah yang ada di dalamnya.

TARGET PESERTA  Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman  Mahasiswa Teknik Geologi se-Indonesia

 Civitas Akademika dan Pelajar Tingkat Menengah Atas se- Indonesia  Masyarakat Umum

 Profesional

WAKTU PELAKSANAAN  OPENING CEREMONY (7 SEPTEMBER 2018)

Opening Ceremony merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan ulang tahun ke-12 HMTG “dr.Bumi” UNSOED atau “PETA BUMI 2018” yang dilakukan bersamaan dengan pembukaan acara Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) tingkat nasional.

LOMBA CERDAS CERMAT KEBUMIAN (7-9 SEPTEMBER 2018)

LCCK merupakan suatu ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (Sekolah Menengah Atas) bertaraf nasional untuk bidang ilmu kebumian yang pada prinsipnya meliputi beberapa cabang ilmu kebumian diantaranya Geologi, Geofisika, Oceanografi, Meteorologi, Klimatologi, Astronomi dan Geohidrologi. dan didalam rangkaian LCCK juga akan dilaksanakan fieldtrip dan konservasi.

 Paper Competition UNSOED (15 SEPTEMBER 2018)

Paper Competition UNSOED merupakan suatu ajang kompetisi yang ditujukan untuk

mahasiswa Himpunan Teknik Geologi Unsoed dibidang ilmu kebumian, guna menambah minat menulis dari mahasiswa HimpunanTeknik Geologi Unsoed.

(5)

 Seminar Nasional (22 SEPTEMBER 2018)

Seminar Nasional merupakan rangkaian acara dari “PETA BUMI 2018” yang dilakukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa, khususnya mahasiswa geologi, yang akan mengundang para ahli sebagai pembicara. Dengan tema “PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN WILAYAH KARST SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN DAN INDUSTRI”.

 Closing Ceremony (23 SEPTEMBER 2018)

Closing Ceremony merupakan acara penutup dari rangkaian acara “PETA BUMI 2018” yang dilakukan bersamaan dengan acara Knowledge of Cave sebagai cara untuk mengeksistensikan salah satu wisata goa yang ada di daerah Kebumen, dan sebagai sarana pengembangan serta menambah ilmu pengetahuan tentang goa.

ANGGARAN

NO RANGKAIANACARA ANGGARAN DANA

1 Preparation Rp 20.972.500,00 2 Opening Ceremony Rp 3.331.000,00 3 LCCK Rp 30.387.000,00 4 Lomba paper Rp 4.905.000,00 5 Seminar Nasional Rp 37.134.000,00 6 Closing Ceremony Rp 27.710.000,00 TOTAL Rp 124.439 .500,00 ≈ Rp 125.000.000,00

(6)

MEDIA PARTNER

Merupakan pihak yang bergerak dibidang media publikasi (tv, radio, instagram, dll) yang bersedia bekerjasama mempublikasikan kegiatan “PETA BUMI 2018” baik sebelum, dan atau selama kegiatan berlangsung.

1. Penawaran Media Partner “PETA BUMI 2018”

Adapun bagi pihak media partner dalam hal ini adalah media massa dan media elektronik yang sesuai dengan kesepakatan dengan mendukung kelangsungan acara “PETA BUMI 2018” ini dengan memberikan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

a. Logo media partner dicantumkan di setiap pamflet

b. Logo media partner dicantumkan di web “PETA BUMI 2018” c. Logo media partner dicantumkan di cocard setiap panitia d. Logo media partner dicantumkan di backdrop

e. Logo media partner dicantumkan di banner

f. Nama media partner akan dibacakan oleh MC pada saat acara berlangsung.

2. Kewajiban Media Partner a. Memberikan ruang publikasi b. Melakukan peliputan kegiatan 3. Persyaratan Media Partner

a. Panitia membuka seluas-luasnya kepada pihak yang berminat untuk berperan dalam kegiatan “PETA BUMI 2018”

b. Pihak panitia tidak akan mebebani biaya apapun dalam peliputan dan pemberitaan yang dilakukan oleh media partner dalam kegiatan “PETA BUMI 2018”

c. Pihak yang berminat menjadi sponsor media partner, harus menandatangani Surat Pernyataan Media Sponsorship

d. Materi promosi (logo,dll.) disediakan oleh sponsor media. Bila prasyarat tersebut tidak dipatuhi, maka panitia tidak bertanggung jawab atas pemasangan materi yang tidak sesuai dengan perjanjian.

e. Penyerahan soft copy logo /brand sponsor media, paling lambat 3 (tiga) hari setelah penandatanganan kerjasama.

PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami buat. Kami yakin konsep acara ini akan berjalan dengan lancar dan sukses, seperti keyakinan kami Saudara tidak akan melewatkan kesuksesan ini. Kritik dan saran dari semua pihak merupakan kritik dan saran dari semua pihak merupakan motivasi bagi kami guna perbaikan dimasa yang akan datang. Atas perhatian serta kerjasama Saudara, kami ucapkan terimakasih.

(7)

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN SEBAGAI SPONSOR MEDIA “PETA BUMI 2018”

Bersama ini,

Kami yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : ... Atas Nama Perusahaan : ... Alamat : ... ...

Menyatakan : Bersedia / Tidak Bersedia *)

Menjadi sponsor media “PETA BUMI 2018”

Dan akan memberikan sponsor media “PETA BUMI 2018”.

Berupa : ... Pada hari/ tanggal/ tahun : ... *Coret yang tidak perlu

..., ...2018

Pihak Sponsor Pihak Penerima Sponsor

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :