• Tidak ada hasil yang ditemukan

Studi Peran Ganda Dosen Akuntansi Sebagai Auditor dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja pada Perguruan Tinggi di Makassar

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Studi Peran Ganda Dosen Akuntansi Sebagai Auditor dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja pada Perguruan Tinggi di Makassar"

Copied!
19
0
0

Teks penuh

(1)

STUDI PERAN GANDA DOSEN AKUNTANSI SEBAGAI AUDITOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA

PADA PERGURUAN TINGGI DI MAKASSAR

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Syari’ah Dan Hukum

UIN Alauddin Makassar

KIKI FATMALA 10800108028

FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN

MAKASSAR

(2)

vi

KATA PENGANTAR

Assalamu’ alaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah penulis panjatkan hanya

kepada Allah (Subhanahu Wata’ala) yang telah memberikan kesehatan,

kesabaran, kekutan serta ilmu pengetahuan yang Kau limpahkan. Atas perkenan-Mu jualah sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

Sholawat serta salam “Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad” juga

penulis sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Selama penyusunan skripsi ini, tidak dapat lepas dari bimbingan, dorongan dan bantuan baik material maupun spiritual dari berbagai pihak, oleh karena itu perkenankanlah penulis menghanturkan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

1. Kedua orang tua tercinta, Badaruddin dan Nurhadi, yang senantiasa memberikan dukungan moril maupun materil, hingga untaian doa-doanya sehingga penulis dapat menyelesaikan studi.

2. Bapak Prof. Dr. Ali Parman, M.A, selaku Dekan Fakultas Syari’ah dan

Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

3. Bapak Jamaluddin Majid., SE., M.Si., selaku Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, serta Bapak Dr. Wahyudin Abdullah, S.E., M.Si, selaku Sekretaris Jurusan Akuntansi.

(3)

vii

4. Bapak Jamaluddin Majid., SE., M.Si., sebagai dosen pembimbing I yang telah memberikan pengarahan, bimbingan, saran yang berguna selama proses penyelesaian skripsi ini.

5. Bapak Dr. Sirajuddin SE., M.Si. Selaku dosen pembimbing II yang juga telah memberikan pengarahan, bimbingan, saran yang berguna selama proses penyelesaian skripsi ini.

6. Segenap dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN)

Alauddin Makassar yang telah memberikan bekal dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

7. Keluarga tercinta, kakakku Yansi Rais, serta adik-adikku tersayang yang selalu memberikan motivasi dan semangat agar teselesaikannya skripsi ini. 8. Keluargaku om Bur dan ibuku yang sudah seperti orang tuaku sendiri terima

kasih atas segala pengorbanan, dan tenggang rasa demi mendukung keberhasilan studi ini.

9. Nurtaqwan, yang senantiasa memberi semangat, doa, dukungan, motivasi dan pengorbanan selama kuliah sampai penulis mengerjakan skripsi ini, walaupun terkadang menjengkelkan. Terima kasih Jengkelinqw. Love you.

10. Sahabat-sahabatku Genk aji2, Nia, Anje, Irma, Ime terima kasih untuk persahabatan kita selama ini yang takkan pernah bisa terlupakan. Thank you so much.

11. Kakanda-kakandaku, teman-temanku,dan adik-adikku di Organisasi HPMM yang sudah seperti saudara, terima kasih atas persaudaraan yang sudah kita jalin.

(4)

viii

12. Teman-teman dekatku terima kasih atas motivasi dan dukungannya selama ini.

13. Temanku, Andi Oddang dan Nia yang sangat membantu dalam penyelesaian skripsi ini.

14. Teman-teman akuntansi 08 Cecep Rustan, Andi Nurrahma G, Sri Nirmala Sari, Sri Hidayanti, Handriani, Isnaeni, Nururrahmia, Wahyuningsi, Jumardi, Agus Salim, Fitriani, Kartini Mutmainnah, Cici Sutarmi, Ahmad As’ad,

Suhartono, Tuti Febrianti, Alqadriana Nursalam, Samsul Bahri, Nurhena, Fathul Muin, Rusdi Syam, Rina Yuliana, Musdalifah, Radiah, Ummu Kalsum, Debriliah Tri, Reskita Eriyanti, Siti Aisyah, Adi Suriadi, Dadang Frediansya, Reni Afriani, Adil, dan seluruh teman-teman di Akuntansi terima kasih atas dukungan dan bantuannya selama ini.

15. Teman-teman KKN Angkatan 47, Posko Wanio Timoreng Kec. Panca Lautang Kab. Sidrap, Hapsah Rahman (Sarru), Detty Yunita Nur Adilla, Harianto, Asri, Heral dan Bhy-bi, terima kasih atas dukungan dan inspirasinya teman-teman.

16. Semua teman-teman dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang turut memberikan bantuan dan pengertian secara tulus.

Wassalamu’ alaikum Wr. Wb

Makassar, 7 Februari 2013

KIKI FATMALA NIM 1080010802

(5)

ix DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

PERNYATAAN KEASLIAN ... ii

PERSETUJUAN PEMBIMBING ... iii

PENGESAHAN SKRIPSI ... iv

MOTTO DAN PERSEMBAHAN... v

KATA PENGANTAR... vi

DAFTAR ISI... ix

DAFTAR TABEL ... xi

DAFTAR GAMBAR... xii

ABSTRAK ... xiii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang... 1

B. Rumusan Masalah ... 5

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian... 5

D. Sistematika Penulisan... 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Teori Kepuasan Kerja... 8

B. Maslow’s Need HierarchyTheory... 10

C. Herzberg’s Two Factors Motivation Theory... 12

D. Teori Peran (Role Theory) ... 13

E. Teori Motivasi Berprestasi... 14

(6)

x

G. Aspek Keperilakuan ... 16

H. Peran Ganda... 17

I. Kepuasan Kerja... 26

J. Hubungan Antara Orientasi Profesional dan Orientasi Manajerial Terhadap Kepuasan Kerja... 29

K. Penelitian Terdahulu... 30

L. Rerangka Pikir ... 32

M. Hipotesis ... 33

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian ... 33

B. Lokasi dan Waktu Penelitian... 33

C. Populasi dan Sampel... 33

D. Jenis dan Sumber Data ... 34

E. Tehnik Pengumpulan Data ... 35

F. Metode Analisi Data... 36

G. Defenisi Operasional ... 41

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian... 43

B. Hasil Analisis Data dan Pengujian Hipotesis ... 46

C. Pembahasan Hasil Penelitian... 54

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan... 57

B. Saran... 58

DAFTAR PUSTAKA ... 60 LAMPIRAN

(7)

ii

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Dengan penuh kesadaran, penyusun yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa skripsi ini benar adalah hasil karya penyusun sendiri. Jika di kemudian hari terbukti bahwa ia merupakan duplikasi, tiruan, plagiasi, atau dibuatkan oleh orang lain, sebagian dan seluruhnya, maka skripsi dan gelar yang diperoleh karenanya, batal demi hukum.

Makassar, 17 Mei 2013 Penyusun,

KIKI FATMALA NIM: 10800108028

(8)

iv

PENGESAHAN SKRIPSI

Skripsi yang berjudul “Studi Peran Ganda Dosen Akuntansi sebagai Auditor

dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja pada Perguruan Tinggi di

Makassar” yang disusun oleh Kiki Fatmala, NIM: 10800108028, mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, telah diuji dan dipertahankan dalam sidang munaqasyah yang diselenggarakan hari Selasa, 25 Februari 2013 M bertepatan dengan 14 Rabiul Akhir 1434 H, dinyatakan telah dapat menerima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi, Jurusan Akuntansi, dengan beberapa perbaikan.

Makassar, 14 Rabiul Akhir 1434 H Selasa, 25 Februari 2013 M

DEWAN PENGUJI

Ketua Majelis : Prof. Dr. H. Ali Parman, MA. (...) Sekretaris : Dra. Sohrah, M.Ag. (...) Pembimbing I : Jamaluddin Majid, SE.,M.Si. (...) Pembimbing II : Dr. Siradjuddin, SE.,M.Si. (...) Munaqisy I : Dr. Noer Huda Noor, M.Ag. (...) Munaqisy II : Hj. Salmah Said, SE.,M.Fin.Mgmt.,M.Si (...)

Disahkan Oleh

Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum

Prof. Dr. H. Ali Parman, MA Nip: 19570414 198603 1 003

(9)

xiii

ABSTRAK

Nama : KIKI FATMALA

Nim : 10800108028

Judul : STUDI PERAN GANDA DOSEN AKUNTANSI SEBAGAI

AUDITOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN

KERJA PADA PERGURUAN TINGGI DI MAKASSAR

Peran ganda dosen sebagai seorang profesional (dosen) dan manajerial (auditor), sebagai seorang dosen ia memegang teguh nilai-nilai profesioanalnya yang disebut dengan orientasi profesional. Namun sebagai seorang manajer ia dituntut pula agar lebih mengutamakan kepentingan organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Kedua kepentingan tersebut berpengaruh terhadap kepuasan kerja seorang dosen.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran ganda dosen akuntansi sebagai auditor dan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja pada perguruan tinggi di Makassar dan menguji variabel mana yang lebih dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja. Pengujian penelitian menggunakan metode penelitian sebelumnya yaitu dengan menyebarkan kuisioner yang berkaitan dengan peran ganda dosen dan kepuasan kerja. Selain itu peneliti juga menguji kembali penelitian tersebut dengan uji realibilitas, uji validitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Pada pengujian regresi yaitu r sebesar 0,862 artinya variabel independen berpengaruh kuat terhadap variabel dependen. Nilai koefisien determinasiR sebesar 0, 742 menunjukan bahwa kedua variabel independen memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap variabel dependen dengan pengaruh sebesar 74% dan selebihnya diterankan oleh variabel lain di luar model.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu orientasi profesional dan orientasi manajerial, secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja seorang dosen yang mempunyai peran ganda sebagai auditor pada perguruan tinggi di Makassar. Tetapi variabel independen yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagai auditor pada perguruan tinggi di Makassar adalah variabel orientasi manajerial, artinya seorang dosen merasa tingkat kepuasannya lebih tinggi jika dia bekerja sebagai auditor.

(10)

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang

Dalam dunia kerja sering kali kita menemukan adanya seseorang yang memiliki pekerjaan tambahan selain pekerjaan utamanya, tidak terkecuali dosen yang terkadang memiliki pekerjaan tambahan, hai inilah yang disebut peran ganda dosen. Ketika peran ganda ini terjadi tentunya dosen dituntut harus profesional dikedua pekerjaanya, baik profesional sebagai seorang dosen maupun profesional di bidang pekerjaan lainnya seperti ketika sebagai auditor. Tindakan profesionalisme merupakan hal yang sangat penting. Semakin tinggi tingkat profesionalisme menunjukan semakin tinggi tanggung jawab seseorang. Jika seorang dosen memiliki pekerjaan tambahan, ia memiliki peran ganda yaitu sebagai seorang dosen/akademisi dan memiliki pekerjaan tambahan sebagai auditor. Sebagai seorang dosen yang memiliki pekerjaan tambahan, ia harus mendasarkan pekerjaannya pada efisiensi dan pencapaian tujuan organisasi. Menurut Hopwood dosen mempunyai peran pengendalian yang mencakup mekanisme dan prosedur seperti: struktur otoritas, peraturan, kebijakan, prosedur operasi standar, anggaran, reward, dan sistem insentif. Sebagai seorang dosen, ia harus berorientasi pada nilai-nilai profesinya yang secara spesifik disebut dengan orientasi profesional.1

1Riyad Meka Permana, “Pengaruh Orientasi Profesional dan Orientasi Manajerial

terhadap Konfik Peran”(Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, 2010), h.5-6.

(11)

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA A. Teori Kepuasan Kerja

Teori kepuasan ini mendasarkan pendekatannya atas faktor-faktor kebutuhan dan kepuasan individu yang menyebabkannya bertindak serta berperilaku dengan cara tertentu. Teori ini memusatkan perhatian pada faktor-faktor dalam diri orang yang menguatkan, mengarahkan, mendukung, dan menghentikan perilakunya. Teori ini mencoba menjawab pertanyaan kebutuhan apa yang memuaskan seseorang dan apa yang mendorong semangat bekerja seseorang.

Hal yang memotivasi semangat kerja seseorang adalah untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan baik materiil maupun non materiil yang diperolehnya sebagai imbalan atau balas jasa dari jasa yang diberikannya kepada perusahaan. Bila kompensasi materil dan non materil yang diterimanya semakin memuaskan, maka semangat bekerja seseorang, komitmen, dan prestasi kerja karyawan semakin meningkat.1

Wesley mengemukakan teori kepuasan kerja yang lazim dikenal terdiri dari:2

1. Discrepancy Theory (Teori Ketidaksesuaian)

1S. Pantja Djati & M. Khusaini,”Kajian Terhadap Kepuasan, Komitmen Organisai dan

Prestasi Kerja”, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol, 5, No.1(2003):h. 5-6.

2 Yulita Zanaria.” Perbedaan Persepsi Atribut Pekerjaan dan Kepuasan Kerja dalam Perspektif Laki-laki, Perempuan, Tua, dan Muda Terhadap Profesi (Studi Empiris pada Profesi Akuntansi di Propinsi Lampung)”. (Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2008): h. 34-35.

(12)

BAB III

METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian

Pada penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif atau disebut juga dengan paradigma tradisional, positifis, eksperimental, atau empiris, dimana dalam penelitian kuantitatif pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik.1

B. Lokasi dan Waktu Penelitian

Lokasi penelitian ini pada perguruan tinggi di Makassar yaitu UNHAS, UNM, UIN, UMI dan POLITEKNIK dan waktu penelitian dilakukan selama 2 bulan.

C. Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah para dosen akuntansi yang mengajar di Perguruan Tinggi di Makasaar (UNHAS, UNM, UIN, UMI, dan POLITEKNIK). Jumlah dosen yang populasi dalam penelitian ini adalah 112 dosen akuntansi. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pemilihan sampel purposive sampling yaitu sampel yang digunakan dalam pengambilan penelitian berdasarkan kriteria tertentu.

1Nur Idrianto dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis utuk Akuntansi dan

(13)

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian

Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dosen akuntansi yang mempunyai profesi ganda sebagai auditor pada perguruan tinggi di Makassar. Di antaranya Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN), Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Penelitian dilakukan sejak tanggal pengiriman dan pengumpulan data yang berlangsung selama kurang lebih dua bulan.

Data kuesioner yang diperoleh sebanyak 33 kuesioner dari 38 kuesioner yang disebarkan. Kuesioner semuanya memenuhi syarat untuk diolah. Jadi tingkat pengembalian kuesioner untuk responden adalah sebesar 80,6%. Total kuisiner yang tidak kembali sebanyak 5 kuisiner dari 38 kuisiner yang di sebarkan.

Dari lima Perguruan Tinggi di Makassar yang menjadi responden dalam penelitian ini di antaranya UNHAS, jumlah responden yang bersedia mengisi kuesiner adalah 13 dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagai auditor, di UNM, jumlah responden yang bersedia mengisi kuesiner adalah 4 dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagai auditor, UNM dan UMI, jumlah

(14)

BAB V

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pembahasan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1. Berdasarkan hasil pengujian melalui program SPSS for windows, nilai koefisien r sebesar 86% artinya variabel independen memberikan pengaruh yang kuat. Nilai determinasi R sebesar 74% artinya variabel independen memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap variabel dependen dan selebihnya diterankan oleh variabel lain di luar model. Hal ini berarti orientasi profesional dan orientasi manajerial mampu menjelaskan adanya pengaruh terhadap kepuasan kerja seorang dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagai auditor pada perguruan tinggi di Makassar.

2. Hasil uji t (t-test) dengan program SPSS for windows , menunjukkan

bahwa orientasi profesional berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja seorang dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagi auditor pada perguruan tinggi di Makassar. Dan hasil pengujian variabel orientasi manajerial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja seorang dosen akuntansi yang mempunyai peran ganda sebagai auditor pada perguruan tinggi di Makassar. Tetapi variabel independen yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dosen akuntansi yang mempunyai

(15)

60

Daftar Pustaka

Agustina, Lidya dan Christine Dwi Karya Susilawati. Pengaruh Orientasi Profesional terhadap Konflik Peran: Partisipasi Anggaran dan Orientasi Tujuan Sistem sebagai Variabel Moderating (Studi pada KAP di DKI Jakarta & Bandung).

Jurnal Akuntansi Vol.1, No.2. 2009

Algifari, Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi, Cet. 3: Yogyakarta: BPFE, 2011 Amilin., Dewi, Rosita. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja

Akuntan Publik Dengan Role Stress Sebagai Variabel Moderating. JAAI

Volume 12, Nomor 1. 2008.

Darwito. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada RSUD Kota Semarang). Tesis. 2008.

Djati, S. Pantja & M. Khusaini. Kajian Terhadap Kepuasan, Komitmen Organisai dan Prestasi Kerja. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol, 5, No.1. 2003. Depertemen Agama RI, Al-quran dan Terjemahahnya,(Cet:I.,Bandung: PT.Sygma

Examadei Arkanieema, 2009.

Doraisomy, Gnana Sekaran. Hubungan Tekanan Kerja dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Terhadap Organisasi: Satu Kajian di Ibu Pejabat Jabatan Kerja Raya Malaysia. Disertasi. 2007.

Emrinadi Nur DP. Analisis Pengaruh Kualitas Pembelajaran, Orientasi Profesional, dan Kesempatan Pembelajaran Organisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Diakses dari World Wide Web : http:// www. uinsuska.info/ekonomi/attachment/089_karyatulis-emrinaldinur.pdf

Engko, Cecilia. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual Self Esteem dan Self E fficacy sebagai Variabel Intervening. Padang: Simposium

Nasional Akuntansi IX. 2006

Engko, Cecilia., Gudono. Pengaruh Kompleksitas Tugas Dan Locus Of Control Terhadap Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Auditor. Makassar : Simposium Nasional Akuntansi X . 2007.

Fachruddin ,Rudy. Konflik Peran. Pengaruh Orientasi Profesioanal Penggunaan Anggaran Sebagai Alat Evaluasi Kinerja dan Partisipasi Penganggaran (Studi

(16)

61

EmpiriS Pada Akuntan Pendidik di Kota Bandung ). Jurnal ICHSAN Gorontalo Volume 2 No 3. 2007.

Gassing, A. Qadir dan Wahyudin Halim. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Makassar: Alauddin Press, 2009.

Ghozali, Imam. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS: Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegora, 2001

Ghozali, Imam. Aplikasi A nalisis Multivariate dengan Program SPSS. Cet. 4:

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegora, 2006

Hizbullah, Wiwik Utami. Studi Peran Ganda Dosen Sebagai Pejabat Struktural Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kinerja:Orientasi Profesional Dan Ketidakjelasan Peran Sebagai Variabel Moderating. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Simposium Nasional Akuntansi XIV. 2011.

Indrianto, Nur dan Bambang Supomo. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi

& Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 2009.

Johan, Rita “ Kepuasan Kerja Karyawan dalam Lingkungan Institusi Pendidikan”, (Jurnal Pendidikan Penabur. 2002

Jumaili, Salman., Gudono. Hubungan Komponen Sistem Pengendalian Manajemen (Quality Goal, Quality Feedback, dan Quality Incentive) Terhadap Kinerja Kualitas dan Konsekuensi Terhadap Kinerja Keuangan. Padang : Simposium

Akuntansi IX . 2006.

Lathifah, Ifah. Pengaruh Konflik Pekerjaan-Kleluarga erhadap Turnover Intentions dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Indonesia). Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang . 2008

Lekatompessy, Jantje Eduard. Hirarki Akuntan Sebagai Moderasi Hubungan Antara Komitmen Afektif dan Berkelanjutan Dengan Komitmen Profesional. Solo :

Simposium Nasional Akuntansi VIII. 2005.

Mardiyah, Aida Ainul., Listianingsih. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Reward, Dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Manajement Dengan Kinerja Manajerial. Solo : Simposium Akuntansi

(17)

62

Mariam, Rani. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja Karyawan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia (PERSERO). Tesis. 2009.

Marzali, Amri. Pedoman Penjamin Mutu Akademik Universitas Indonesia “Dosen”.

(UI Peduli Mutu, Depok. 2007

Permana, Riyad Meka. Pengaruh Orientasi Profesional dan Orientasi Manajerial Terhadap Konfik Peran. Skripsi. Universitas Diponegoro.2010.

Rahman, Syaiful., Nasir, Muhammad., Handayani, Sri. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap KejelasanPeran,Pemberdayaan Psikologis dan Kinerja Manajerial ( Pendekatan Partial Least) Penelitian Terhadap Manajer PerusahaanManufaktur di Jawa Tengah. Makassar : Simposium NasionalAkuntansi X. 2007

Rahma, Yusro & Siti Fatimah. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi terhadap Kinerja Individual dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Akuntan Pendidik di Perguruan Tinggi Islam). Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, Vol. 3 No. 3. 2010. Restuningdiah, Nurika. Pengaruh Komitmen Profesional Terhadap Kepuasan Kerja

AkuntanPendidik Melalui Komitmen Organisasional”Jurnal Ekonomi Bisnis,

no.3. 2009.

Sazono, Oktarano & Lilik Purwanti. Keterkaitan antara Kepuasan Kerja, Tornover, Peningkatan Karir, dan Sifat Kepribadian berdasarkan Gender di Kantor Akuntan Publik. Berkala Akuntansi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1. 2009.

Sukirman, “Pengaruh Kesempatan Pembelajaran Organisasi, Kualitas Pengajaran, Organisasi Profesional Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Dosen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa”.

http://journal.unnes.ac.id/index. 2012.

Sumirat, Gunawan Cahya. Pengaruh Profesionalisme & Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Internal Auditor, dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel

Intervening”(Studi Empiris pada Interna Auditor PT.Bank ABC). Tesis. 2006.

Susanto,Y.K.,Gudono. Pengaruh Intensitas Kmpetensi Pasar Terhadap Hubungan Antara Penggunaan Informasi Sistem AkuntansiManajemen dan Kinerja Unit Bisnis dan Kepuasan Kerja. Makasar :Simposium Nasional Akuntansi

(18)

63

Syam, Fazli BZ., Djalil, Muslim A. Pengaruh Orientasi Profesional Terhadap Konflik Peran : Interaksi Antara Partisipasi Anggaran dan Penggunaan Anggaran Sebaga Alat Ukur Kinerja Dengan Orientasi Manajerial (Suatu Penelitian Empiris Pada Perdosenan Tinggi dan Swasta di Provinsi

Nanggroe Aceh Darussalam). Padang : Simposium Nasional Akuntansi IX .

2006.

Traggono, Rahadyana Probo & Andi Kartika. Pengaruh Komitmen Organisasional & Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Auditor dengan Motivasi Sebagai

Variabel Intervening”(Studi Empiris pada KAP di Semarang), Jurnal Bisnis & Ekonomi (JBE). 2008.

Wiyantoro, L.S., Sabeni,A. Hubungan Antara Sistem Pengendalian Manajemen Dengan Perilaku Dysfunctional : Budaya Nasional Sebagai Variabel Moderating. Makasar : Simposium Nasional Akuntansi X. 2007.

Wayan. I. Suartana. Akuntansi Keperilakuan. Andi, Yogyakarta. 2010.

Zanaria, Yulita. Perbedaan Persepsi Atribut Pekerjaan dan Kepuasan Kerja dalam Perspektif Laki-laki, Perempuan, Tua, dan Muda Terhadap Profesi (Studi Empiris pada Profesi Akuntansi di Propinsi Lampung). Tesis, Universitas

(19)

RIWAYAT HIDUP

KIKI FATMALA, dilahirkan di Baraka pada tanggal 05 Maret

1990. Anak kedua dari enam bersaudara, hasil buah kasih dari pasangan ayahanda Badaruddin dan ibunda Nurhadi. Pendidikan formal dimulai dari Sekolah Dasar di SD Negeri 66 Pasaran, selanjutnya penulis melanjutkan pendidikan di SMP Neg 1 Aggeraja Kec. Anggeraja Kab. Enrekang dan lulus pada tahun 2005, dan pada tahun yang sama pula penulis melanjutkan pendidikan di SMA Neg. 1 Anggeraja, Kec. Anggeraja Kab. Enrekang dan lulus pada tahun 2008. Kemudian penulis melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada jurusan Akuntansi, Fakultas

Syari’ah dan Hukum UIN Alauddin Makassar dan selesai pada tahun 2013 dengan gelar Sarjana Ekonomi (SE) di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Referensi

Dokumen terkait

Untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek secara tidak langsung terhadap loyalitas konsumen sabun Sunlight cair melalui kepuasan konsumen di Kabupaten Aceh Tamiang.

Meneliti lebih dalam lagi kepada setiap unsur dari komitmen organisasional, sehingga dapat terlihat secara lebih detail lagi tentang hubungan antara komitmen

Secara teoretis, penelitian ini memberikan gambaran karakteristik batik tulis Madura karya Haji Sadili di Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, meliputi: (1)

Untuk mencapai hasrat murni ini, UKM menerusi Pusat Pembangunan Mahasiswa telah, sedang dan akan merancang, mengurus, menyelaras serta memantau beberapa program

Pengumpulan data yang dilakukan pada penulisan skripsi kali ini yaitu Data Hidrologi meliputi data hujan harian selama 10 tahun terakhir (2009-2018), Peta rupa bumi

kepatuhan wajib pajak dapat diidentifikasi dari “Tepat waktu dalam menyampaikan SPT untuk semua jenis pajak dalam 2 tahun terakhir, tidak mempunyai tunggakan pajak untuk

Observasi awal menunjukkan bahwa potensi yang dimiliki kawasan wisata Dam Bili-bili belum sepenuhnya telah dikembangkan, disebabkan masyarakat sebagai salah satu pilar

TAPM yang berjudul Faktor - Faktor Yaog Mempeogarubi Loyalitas Pelaoggao Pada PT Perama Swara Tour & Travel adalah hasil karya saya sendiri, dan seluruh sumber yang dikutip