ENSIKLOPEDIA STRUKTUR GIGI MANUSIA BERBASIS MULTIMEDIA. Naskah Publikasi

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1

ENSIKLOPEDIA STRUKTUR GIGI MANUSIA BERBASIS MULTIMEDIA

Naskah Publikasi

diajukan oleh

Elza Aprilia

07.12.2671

Kepada

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIKOM

YOGYAKARTA

2011

(2)
(3)

3

THE ENCYCLOPEDIA OF HUMAN TEETH’S STRUCTURE BY MULTIMEDIA BASED

ENSIKLOPEDIA STRUKTUR GIGI MANUSIA BERBASIS MULTIMEDIA

Elza Aprilia Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

ABSTRACT

The Bacground the making of aplication encyclopedia of human teeth’s structure is because the media is still lack of learning support and facilities the delivery of information technology utilizes the information developed at this time as a medium particularly relative of the tooth. So it can be concluded that the purpose of making this application is to create a multimedia based learning application so that more interesting and easier in it is delivery.

Encyclopedia of human teeth’s structure aplication is made in the indonesian language and come with text, image, sound, and animation. This aplication programe is created using Adobe Flash CS4 software is a 2D animation creation software. With the facilities owned, making the application programe can be use as a learning resource and information of interest. Of making this application, the result is expected to help thestudents and the public to learn about the human teeth and the users of these apllication can better understand the content of the information provided.

(4)

4

1. Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih menuntut seseorang untuk ikut serta dalam proses perkembangannya. Media pembelajaran saat ini tidak hanya diterapkan melalui buku pelajaran tetapi sudah banyak tersedia dalam bentuk multimedia. Multimedia merupakan salah satu sarana untuk membuat informasi lebih menarik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pada skripsi ini akan dibuat program perangkat lunak yang berisikan program pendidikan berupa ensiklopedia untuk bidang kesehatan yang membahas tentang gigi manusia.

2. Landasan Teori 2.1 Multimedia

Multimedia adalah pemanfaatan elemen teks, gambar, suara, audio dan animasi yang digabungkan menjadi satu sehingga menghasilkan sebuah karya atau alat yang efektif dalam penyampaian pesan dan informasi

2.2 Animasi

Animasi adalah menggerakkan suatu obyek agar terlihat hidup dan dinamis. Gambar yang digerakkan contohnya berupa gambar binatang, gambar manusia, gambar tumbuhan maupun gambar benda mati lainnya. Animasi membuat sebuah ganbar menjadi lebih hidup dengan adanya gerakan sehingga seperti terlihat nyata dalam kehidupan.

2.3 Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.

3. Analisis 3.1 Analisis SWOT

3.1.1Analisis Kekuatan ( Strenghts )

Sistem yang akan dibuat menyajikan informasi berupa tampilan multimedia sehingga lebih menarik untuk digunakan dan mempermudah dalam penyampaian materi

(5)

5

yang disajikan, karena tidak hanya ditampilkan berupa tulisan tetapi juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik dan animasi yang beragam.

3.1.2 Analisis Kelemahan ( Weakness )

Dalam pembuatan aplikasi multimedia ensiklopedia struktur gigi ini belum dikatakan lengkap karena ada beberapa materi atau data yang tidak disajikan dalam aplikasi yang akan dibuat.

3.1.3 Analisis Kesempatan ( Opportunity )

Sistem ini akan mengurangi penyediaan alat peraga dan buku penunjang lainnya. Sistem ini nantinya bisa digunakan dan dipublikasikan di tempat kesehatan seperti klinik, rumah sakit maupun tempat pendidikan. Dapat menjadi peluang untuk mengkampanyekan kesehatan gigi.

3.1.4 Analisis Ancaman ( Threats)

Saat ini sudah ada ensiklopedia seperti aplikasi wikipedia yang sudah menyediakan informasi secara lengkap. Hal ini akan menjadi ancaman bagi sistem yang baru karena dapat tersisih oleh sistem yang sudah ada dan lebih canggih.

3.2 Analisis Kebutuhan Sistem 3.2.1 Kebutuhan Fungsional

Kebutuhan fungsional adalah jenis kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja yang nantinya dilakukan oleh sistem.

1. Sistem harus dapat menampilkan informasi mengenai gigi. 2. Pengguna diberi fasilitas bantuan untuk penggunaan sistem.

3. Penggunaan navigasi yang sederhana akan memudahkan dalam pengoperasian program.

3.2.2 Kebutuhan Nonfungsional

1. Kebutuhan perangkat keras

Perangkat keras berupa komputer yang dibutuhkan untuk membangun dan mengimplementasikan sistem tersebut

(6)

6

a. Sistem Operasi Windows b. Software Adobe flash CS4 c. Adobe Photoshop CS3 d. Adobe Audition 1.5 3. Kebutuhan informasi

Kebutuhan informasi yang diberikan adalah sebagai berikut.

a. Informasi tentang gigi manusia meliputi struktur gigi, jenis gigi, fungsi gigi dan penyakit gigi.

b. Disertai dengan gambar dan animasi sebagai penunjang penjelasan tentang gigi manusia.

4. Kebutuhan Sumber daya manusia

Sumber daya manusia berperan penting dalam proses mendesain sistem, pembuatan aplikasi dan penggunaan aplikasi.

3.2.3 Analisis Kelayakan Sistem

3.2.3.1 Kelayakan Teknik ( technical feasibility )

Pertanyaan mendasar yang harus dijawab untuk menilai kelayakan teknis adalah “ dapatkah media media pembelajaran yang baru yaitu multimedia pembelajaran struktur gigi manusia ini dapat diterapkan dengan menggunakan teknologi yang ada ?”. Tentu saja sistem yang baru tersebut layak dan dapat diterapkan karena aplikasi ini dapat dijalankan dan digunakan pada komputer yang sudah cukup baik spesifikasinya.

3.2.3.2 Kelayakan Hukum ( lawfeasibility )

Sistem pembelajaran yang akan dibuat ini tidak melanggar hukum atau peraturan-peraturan yang berlaku yang telah ditetapkan pemerintah , karena aplikasinya dikemas sesuai dengan materi yang sudah ada.

(7)

7

3.2.3.3 Kelayakan Operasional ( operationalfeasibility )

Sistem yang akan dibuat dapat mempermudah penyampaian informasi dan tentunya sangat bermanfaat untuk bidang kedokteran karena membantu menyampaikan secara langsung kepada masyarakat. Pengoperasian program perlu diperkenalkan telebih dahulu terhadap pengguna awal, dan untuk pengguna dibawah usia tujuh tahun dapat dibimbing oleh para orang tua.

3. Perancangan Sistem 3.2 Perancangan Konsep

Penulis merancang konsep aplikasi ini dengan nuansa yang syarat informasi dan ditujukan untuk pelajar maupun masyarakat umum karena inti dari materi gigi menyangkut semua orang. Dengan menampilkan secara lengkap mengenai gigi manusia sampai ke permasalahan kesehatan gigi dengan konsep yang sederhana namun penuh informasi yang bermanfaat.

3.3 Perancangan Isi

Setelah merancang konsep dari aplikasi yang akan dibuat, maka tahap selanjutnya adalah merancang isi multimedia, seluruh ide dan konsep dituangkan untuk membuat sistem multimedia ini. Tahap merancang isi juga merupakan implementasi dari ide-ide kreatif. Merancang isi meliputi mengevaluasi pesan dan kata dalam mengeksekusi pesan. Sistem yang akan diterapkan dalam sistem informasi berbasis multimedia, artinya aplikasi multimedia ini memadukan unsur penting multimedia diantaranya teks, suara, gambar, animasi.

(8)

8

Gambar rancangan struktur

Keterangan : A. Intro

Berisi animasi teks pembuka “ Ensiklopedia Struktur Gigi Manusia “ B.1 Menu struktur gigi manusia

B.1.a Bone B.1.b Blood Vessel B.1.c Cementum B.1.d Dentine B.1.e Enamel B.1.f Gum B.1.g Nerve B.1.h Pulp

B.2 Menu Jenis gigi manusia B.2.a Gigi Susu

B.2.b Gigi Tetap

(9)

9

B.3.a Gigi geraham belakang B.3.b Gigi geraham depan B.3.c Gigi seri

B.3.d Gigi Taring B.4 Menu penyakit gigi B.4.a Abses

B.4.b Gigi berlubang B.4.c Karies

B.4.d Radang gusi B.4.e Sariawan

B.4.f Tips Kesehatan Gigi

3.4 Perancangan Naskah

Setelah konsep dan isi multimedia sudah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah merancang naskah. Merancang naskah berguna untuk menjabarkan aliran-aliran ( urutan) dari tampilan informasi multimedia yang dibuat.

4. Implementasi dan Pembahasan 4.1 Pembuatan Program

4.1.1 Pembuatan Background

Background yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe photoshop CS3 dan gambar-gambar pendukung juga diolah dengan software ini.

4.1.2 Pembuatan Animasi

Pada tahap pembuatan animasi penulis menggunakan software Adobe Flash CS 4 .

a. Animasi gigi

(10)

10

4.1.3 Pengolahan Suara

Untuk pengolah audio, maka penyusun menggunakan software Adobe Auidition 1.5.

4.1.4 Membuat File Executable (Membuat File *.exe)

Publikasi file bertujuan agar file dapat di executable atau dijalankan pada windows tanpa harus membuka program Adobe Flash.

4.1.5 Mengetes Sistem

Mengetes sistem bertujuan untuk mengetahui kelayakan sistem saat dioperasikan.

4.1.5.1 Pengujian Loading File Aplikasi

Pengujian loading file aplikasi Ensiklopedia Struktur Gigi Manusia ini dilakukan pada dua sistem yaitu laptop dengan memory 1 GB dan komputer pentium III dengan memory 256 MB. Pengujian loading ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa cepat program aplikasi ini dapat berjalan pada komputer yang memiliki spesifikasi yang berbeda.

4.1.5.2 Pengujian Error Sistem

Pengujian error sistem dilakukan pada Laptop MSI CR400 dengan RAM 1 GB dan Komputer Pentium III dengan Memory 256 MB tidak mengalami error saat dijalankan.

4.1.6 Manual Program

Intro

(11)

11

Menu utama Menu struktur gigi

Menu jenis gigi Menu Fungsi gigi

Menu Penyakit gigi Keluar program

Halaman help Halaman programer

4.1.7 Menggunakan Sistem

Dalam pengoprasian aplikasi multimedia ini, ada beberapa langkah yang harus dijalankan, antara lain sebagai berikut.

(12)

12

2. Masukkan CD ”Aplikasi Ensiklopedia Struktur Gigi Manusia Berbasis Multimedia” ke dalam CD-ROOM, aplikasi akan berjalan secara otomatis (auto run).

3. Tayangan awal adalah program, dan kemudian klik yang bertulisan ”Next”.

4. Kemudian akan masuk ke halaman gigi, apabila kursor didekatkan pada gambar akan muncul tulisan sesuai dengan bagian gigi masing-masing seperti email, dentin, dan lainnya. Klik next untuk masuk ke halaman utama untuk memilih materi, pilih salah satu dari empat tombol yang disediakan dan akan membantu untuk masuk ke materi gigi.

4.1.8 Pemeliharaan Sistem

Pemeliharaan sistem dilakukan agar sistem dapat berlangsung lama dan untuk menghindari terjadinya error sistem sebelum nantinya sistem tersebut digantikan dengan sistem yang lebih baru lagi. Pemeliharaan sistem adalah sebagai berikut.

1. Melakukan backup terhadap semua file-file source aplikasi multimedia(*.dir, *.swf, *.psd, *.png, *.mp3) ini dengan menyimpan ke media lain seperti burning ke CD, atau disimpan pada eksternal stroge yang lain.

2. Jika ingin mengupdate aplikasi multimedia ini dapat dilakukan dengan membuka file yang digunakan saat merancang aplikasi multimedia ini dengan menggunakan Adobe Flash CS4.

3. Update dapat dilakukan oleh ahli multimedia atau orang tertentu yang telah diberi kewenangan dan pelatihan secara intensif.

4.2 Pembahasan

4.2.1 Pengujian Pengguna Terhadap Aplikasi

Selain penguajian loading sistem dan error sistem, pengujian pengguna terhadap aplikasi juga diperlukan yaitu dengan cara pemberian kuisioner kepada pengguna aplikasi. Berikut adalah pertanyaan kuisionernya.

1. Apakah aplikasi ini mudah untuk dioperasikan ?

2. Apakah materi yang disampaikan pada aplikasi ensiklopedia tentang gigi mudah dimengerti ?

3. Apakah aplikasi ensiklopedia tentang gigi ini dapat menambah pengetahuan? 4. Apakah animasi yang disajikan pada aplikasi ensikopedia tentang gigi ini sudah

baik ?

5. Apakah aplikasi ini dapat menjadi inspirasi anda untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik?

(13)

13

5 . PENUTUP

5.1

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari perencanaan, perancangan, pembuatan, implementasi program dan penjelasan dari bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia struktur gigi manusia berbasis multimedia ini memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai berikut.

1. Aplikasi ensiklopedia struktur gigi manusia ini memberikan kemudahan dalam pengoperasiaannya dengan navigasi yang sederhana dan menggunakan gambar dan animasi yang menarik.

2. Dapat dimanfaatkan sebagai media informasi dan pengetahuan bagi user tentang masalah gigi manusia dan dijadikan media inspirasi untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan baik.

3. Penggunaanya tidak hanya diterapkan ditempat-tempat umum seperti rumah sakit atau klinik gigi tetapi juga bisa diterapkan di sekolah sebagai media bantu pembelajaran disekolah.

4. Pada aplikasi ensiklopedia struktur gigi ini ada beberapa data atau materi yang tidak disajikan.

5.2 Saran

Berdasarkan analisa dan implementasi sistem, sistem ini masih memiliki kekurangan, oleh karena itu penulis mengemukakan beberapa saran untuk pengembangan sistem selanjutnya.

1. Aplikasi ini akan semakin baik apabila dikembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal dari sebelumnya karena aplikasi yang sekarang masih belum sempurna, perlu juga ditambahkan gambar, animasi yang menarik dan materi baru yang lebih akurat .

2. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan dalam memepelajari tentang gigi manusia sekaligus untuk mengkampanyekan tentang pentingnya kesehatan gigi bagi manusia.

3. Untuk kelacaran proses pembuatan aplikasi kebutuhan hardware dan software sangat diperlukan, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu spesifikasi hardware dan software yang akan digunakan.

4. Harapan penulis, semoga Aplikasi Ensiklopedia Struktur Gigi Manusia Berbasis Multimedia ini dapat berguna dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat bermanfaat bagi penulis demi keperluan pengembangan dan memperbaiki kelemahan sistem.

(14)

14

DAFTAR PUSTAKA

Angela Royston M.A, Richard Walker Bsc PhD PGCE. 2008. Melihat Dengan Mikroskop Mencerna: Bagaimana Kita Memberi Makan Pada Tubuh Kita. Grolier International Inc. Bekerjasama dengan PT Widyadara. Edisi Bahasa Indonesia.

Ika Fajar Listianti, Intari Dyah Pramudita. 2007. Atlas Tubuh Manusia. Empat Pilar Pendidikan.

Jogiyanto, H.M, 2005, Analis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi Offset. Raymond Mc Leod Jr. 2001. Sistem Informasi Manajemen II, Jakarta: PT. Prenhallindo. Suyanto, M. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta:Andi Offset.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:Andi Offset.

Youngson M. Robert, M.D . 2009. Pustaka Kesehatan Populer Dokter Keluarga. PT Bhuana Ilmu Populer.

http://www.wikipedia.com.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :