Komuniasi Bahasa Mobil Stiker pada Mobil

14 

Teks penuh

(1)

Etika dan Filsafat Ilmu Komunikasi

Komuniasi Bahasa Mobil (Stiker) pada Mobil di Medan

Oleh :

Ninditha Chrissantheum Purba -130904092

Novarina Lumban Gaol

-130904096

Daud Mangatas Sihite

-130904106

Vivi Natalia

-130904112

Binsar Halomoan

-130904113

Wantina Magdalena

-130904118

Elma Lisa Bancin

-130904133

Bil Jef Pasaribu

-130904125

Vera Siringo-ringo

-130904143

Herlina Pakpahan

-130904167

Departemen Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik

(2)

BAB I

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari komunikator melalui sebuah media kepada komunikan. Salah satu aksioma komunikasi adalah komunikasi manusia unik. Manusia adalah pengguna simbol dan dalam modus komunikasi, pesan visual sangat penting. Bentuk pesannya bisa berupa simbol. Beberapa hewan juga menggunakan besar isyarat visual. warna dan akrobat dari burung jantan, sayap bewarna, lampu beirirama kunang-kunang dan sebagainya, oleh semua berfungsi sebagai sumber informasi yang berharga. Stiker merupakan salah satu bagian dari komunikasi karena stiker merupakan contoh dari lambang ataupun simbol. simbol merupakan bentuk dan perwujudan lain dari sebuah visualisasi visi dan misi dalam renah realitas..Stiker adalah salah satu simbol yang digunakan manusia untuk menyampaikan pesan dan merupakan suatu display berukuran kecil yang dibuat pada plastik atau kertas dengan berisikan gambar-gambar atau tulisan yang telah disesuaikan. Biasanya stiker digunakan sebagai media promosi jati diri sebuah perusahaan, kelompok, komunitas kendaraan, ataupun menunjukkan sebuah tempat bermukimnya kita. Stiker memiliki arti yang sangat luas juga merupakan sesuatu yang unik dan simpel dengan bentuk yang sederhana tetapi mampu memberi satu arti atau penjelasan yang dapat dimaknai oleh manusia. Simbol bukanlah sebuah penujuk yang tidak ada hubungannya dengan manusia aktif. Simbol selalu tertuju pada suatu realitas atau situasi yang melibatkan esksistensi manusia.

Memang benar jika banyak orang yang melihat simbol adalah hal yang biasa dan tidak ada arti yang berarti. Akan tetapi mungkin juga kita tidak sadar bahwa ternyata sebuah simbol dan logo mempunyai makna dan arti tersendiri. Kita tak sadar bahwa simbol juga merupakan bentuk eksistensi dari sebuah perusahaan, instansi, organisasi, pemikiran bahkan agama sekalipun.

(3)

1.2 Rumusan Masalah:

1. Bagaimana klasifikasi mobil yang termasuk dalam kelas bawah?

2. Bagaimana makna bahasa mobil melalui sticker yang terdapat pada mobil kelas bawah?

1.3 Tujuan Makalah:

(4)

BAB II

Pembahasan

2.1 Sejak zaman Yunani Purba tatkala komunikasi masih berkisar pada komunikasi lisan yang wajtu itu dinamakan retorika disebut orator ditekankan kepada para komunikator yang dalam retorika disebut orator atao rhetor agar mereka melengkapi diri dengan ethos, pathos, dan logos

1. Ethos

Ethos berarti “sumber kepercayaan” (source credibility) yang ditunjukkan oleh seorang orator bahwa ia memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena seorang ahli, maka ia dapat dipercaya.

2. Pathos

Pathos berarti “imbauana emosional” yang ditunjukkan oleh seorang rhetor dengan menampilkan gaya dan bahasanya yang membangkitkan kegairahan dengan semangat yang berkobar-kobar pada khalayak.

3. Logos

Logos mengandung arti “imbauan logis” yang ditunjukkan oleh seorang rhetor bahwa uraiannya masuk akal sehingga patut diikuti dan dilaksanakan oleh kahlayak.

Komunikator Humanistik

Komunikator Humanistik adalah diri seseorang yang unik dan otonom, dengan proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan bertanggung jawab terhadap perilaku yang diakibatkan. Dalam hal ini pengunaan stiker pada mobil menunjukkan bahwa sipengguna mobil ingin menunjukkan keterlibatannya dalam komunitas/grup/organisasi dengan cara menempelkan stiker pada mobil. Dengan adanya kebebasan memilih, sipenggguna mobil dengan sadar menempelkannya pada mobil.

Klasifikasi mobil yang termasuk dalam kelas bawah yaitu:

1. Dilihat dari perspektif harga, mobil kalangan bawah kami tentukan dengan kisaran harga dibawah Rp.100.000.000,- seperti toyota starlet, toyota corolla, volksweganissan datsun, visto.

(5)

2.2 Contoh stiker dan maknanya

1 . Kijang Krista

Pada mobil ini terdapat stiker Mifan Water Park. Stiker ini merupakan marchendise dari sebuah wahana air bernama Mifan yang terletak di Padang Panjang, Sumatera Barat. Kami berpendapat bahwa pemilik dari kendaraan ini pernah berkunjung ke Mifan Water Park.

2.

Pada mobil ini terdapat dua stiker :

a. Stiker Babez Group

Stiker ini merupakan stiker dari komunitas fotografi di Medan, yang menandakan bahwa pemilik mobil ini merupakan bagian dari komunitas tersebut. Stiker ini dapat dikatakan sebagai penunjuk identitas dari pemilik mobil.

b. Stiker Excelso

(6)

3.Toyota Panther

Pada mobil ini terdapat stiker Fantasi Motor yang merupakan sebuah bengkel mobil di kota Medan. Dari stiker ini kami berpendapat bahwa pemilik mobil ini merupakan pelanggan dari bengkel tersebut.

4.Toyota Corolla

Pada mobilini terdapat dua buah stiker dari dua sekolah yang berbeda, yaitu stiker Al-Fityan dan Siti Hajar Islamic School yang merupakan dua sekolah yang terdapat di kota Medan. Menurut persepsi kami, pemilik dari mobil ini memiliki anggota keluarga yang bersekolah di Al-Fityan dan Siti Hajar Islamic School.

(7)

Pada mobil ini terdapat 3 sticker yaitu :

a. Polda Sumut yang berarti pemilik mobil ini merupakan keluarga dari anggota Polda Sumut.

b. Sticker Bankom Teratai Mandala yang menandakan bahwa pemilik mobil tersebut juga merupakan anggota dari komunitas kepolisian.

c. Koken yang merupakan sebuah website fotografi yang terdapat di mobil ini menunjukkan bahwa si pemilik mobil adalah anggota dari komunitas tersebut.

6.

Sticker Real Men Use Three Pedals yang ditempel di mobil ini adalah sebuah sticker yang menandakan bahwa pemilik mobil ini ikut setuju pada pendapat yang mengatakan lelaki sejati adalah lelaki yang mengendarai mobil dengan 3 pedal.

(8)

a. Racing Developmentadalah sebuah sticker dr bengkel yang menjual aksesoris mobil Toyota.

b. Soul of Japan yang menunjukkan pemilik mobil ini adalah penyuka Jepang.

8. Kijang

Sticker USU ini menunjukkan bahwa pemilik mobil ini adalah Civitas Universitas Sumatera Utara. Salah satu fungsi biologis dasar yang biasa hewan lakukan adalah teritorial. Hewan sering menandakan tempat kekuasaan atau teritorial mereka. Dalam mobil ini kami berpendapat bahwa pengguna mobil ini adalah civitas Universitas Sumatera Utara dan ingin menandakan bahwa mobil ini merupakan bagian dari Unviersitas Sumatera Utara dan merupakan daerah teritorial pribadi universitas sumatera utara

(9)

a. Sticker RPA yang tertempel ini menunjukkan bahwa pemilik mobil ini mempunyai keluarga yang bekerja/karyawan dari PT. Angkasa Pura RPA.

b. Ayung Per merupakan bengkel mobil yang terdapat di kota Medan. Stiker ini menunukkan bahwa si pemilik mobil merupakan pelanggan dari bengkel tersebut.

10. Vsto

Stiker IMASEP. IMASEP merupakan singkatan dari Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. Stiker ini menunjukkan bahwa pengguna mobil merupakan mahasiswa dari Jurusan Ekonomi Pembangunan.

(10)

Be innovative – Limkokwing University. Limkokwing University merupaka universitas yang berada di Singapur. Menurut asumsi kami, pemilik mobil menggunakan stiker ini karena dia menggemari Universitas Limkokwing ataupun ia ingin menyampaikan pesan seperti yang terdapat pada stiker, be innovative

12.

a. Tenzo R. Merupakan merk dari velg mobil. Ini menunjukkan bahwa si pemilik mobil menggunakan velg mobil dengan merk tersebut.

b. Famili kara. Stiker ini merupakan stiker yang menunjukkann identitas pemilik mobil bahwa ia termasuk dalam komunitas family kara.

c. 87 Express Body and Paint merupakan nama bengkel perbaikan dan perlengkapan mobill yang terdapat di Sei Batanghari kota Medan. Ini menunjukkan bahwa pemilik mobil merupakan pelanggan dari bengkel tersebut.

(11)

Mobile Sound System merupakan bengkel mobil khusus untuk menjual dan memperbaiki sound system mobil. Ini menunjukkan bahwa pemilik mobil merupakan pelanggan dari bengkel tersebut.

14. Volkswagen

a. Volkswegen. Stiker ini menunjukkan bahwa si pemilik mobil masuk dalam komunitas mobil tersebut.

b. Lexa mobil merupakan sebuah bengkel mobil. Stiker ini menunjukkan bahwa si pemilik mobil merupakan pelanggan dari bengkel tersebut.

(12)

Castrol merupakan sebuah nama produk oli mobil. Ini menunjukkan bahwa si pemilik mobil memakai oli dengan merk Castrol.

BAB III

Penutup

3.1 Kesimpulan

(13)

1. Stiker tersebut digunakan sebagai penanda identitas dari si pemilik mobil.

2. Stiker menandakan produk ataupun tempat yang digemari atau yang pernah didatangi oleh pemilik mobil.

3. Stiker tersebut juga digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk yang dipakai ataupun tempat yang pernah didatangi olleh si pemilik mobil. 4. Stiker produk ataupun tempat dapat meningkatkan kebanggan dari si pemilik mobil.

Daftar Pustaka

(14)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :