• Tidak ada hasil yang ditemukan

Kajian Karakteristik Laboratorium Aspal Porus dengan Menggunakan Crumb Rubber Sebagai Bahan Tambahan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Kajian Karakteristik Laboratorium Aspal Porus dengan Menggunakan Crumb Rubber Sebagai Bahan Tambahan"

Copied!
13
0
0

Teks penuh

(1)

KAJIAN KARAKTERISTIK LABORATORIUM ASPAL PORUS

DENGAN MENGGUNAKAN CRUMB RUBBER SEBAGAI BAHAN

TAMBAHAN

( KAJIAN EKSPERIMENTAL )

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk melengkapi tugas-tugas dan

memenuhi syarat untuk menempuh Colloqium Doqtum/

Ujian Sarjana Teknik Sipil

Disusun Oleh :

SHINTA HARMADHANA

11 0404 112

Dosen Pembimbing

Ir.ZULKARNAIN A. MUIS, M.Eng.Sc

NIP. 19560326 198103 1 003

BIDANG STUDI TRANSPORTASI

DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL

FAKULTAS TEKNIK

(2)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Tugas Akhir ini dapat diselesaikan dengan baik.

Tugas Akhir ini merupakan syarat untuk mencapai gelar Sarjana Teknik Sipil Bidang Studi Transportasi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, dengan judul “Kajian Karakteristik Laboratorium Aspal Porus Dengan Menggunakan Crumb Rubber Sebagai Bahan Tambahan ”.

Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian Tugas Akhir ini tidak terlepas dari dukungan, bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak yang berperan penting, yaitu :

1. Bapak Ir. Zulkarnain A. Muis M.Eng.Sc selaku Dosen Pembimbing, yang telah banyak memberikan bimbingan yang sangat bernilai, masukan, dukungan serta meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam membantu penulis menyelesaikan Tugas Akhir ini.

2. Bapak Prof. Dr. Ing. Johannes Tarigan selaku Ketua Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Ir. Syahrizal, MT selaku Sekretaris Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

(3)

5. Ayahanda H. Suhartono, SE dan Ibunda Hj. Nerfiana tercinta yang telah banyak berkorban, memberikan motivasi hidup, semangat, nasehat dan kesabaran menunggu anak nya menyelesaikan study nya, beserta saudari-saudari tersayang: Dr Vivi Puspita, Fadiah Idzni, dan Fildza Syazwana yang selalu mendoakan dan mendukung penulis.

6. Bapak Pimpinan PT. Rapi Arjasa, yang telah membantu penulis dalam hal penyediaan Laboratorium, dan memberikan Ilmu tentang penelitian.

7. Kepala Laboratorium Rapi Arjasa Ahmaddin, ST yang telah membantu menyelesaikan pembuatan benda Uji sampai selesai dan rekan-rekan yang berada di Lab Rapi Arjasa, serta Adik-adik Laboratorium Lab Beton dan Lab Jr yang telah membantu meneliti benda uji sampai selesai.

8. Bapak/Ibu seluruh staff pengajar Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

9. Seluruh pegawai administrasi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan bantuan selama ini kepada penulis.

10. Sahabat-sahabat aku yang tersayang yang telah membantu penulis menyelesaikan tugas akhir, yang selalu setia mendengar celotehan-celotehan yang nggak penting aku Selvia Winata, Manna Haloho, Risky Ayu Sijabat, Dwi Damayanti, Nurhamima Daulay, Nurul Hasana Alwi, Reza Kurniawan dan Yandi (yang maksa dimasukian namanya)

(4)

12. Buat yang tersayang Selvia Winata yang udah setia menemani berhujan-hujanan untuk menyelesaikan Proposal dan Manna Haloho yang selalu mendengari celotehan aku.

13. Bang Alfriady Zuliansyah yang sudah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan tugas akhir, yang memberi masukan dan saran kepada penulis. 14. Terimakasih untuk Musik-musik yang selalu menemani sampai larut malam , dan

Film Action yang selalu memberikan semangat dadakan untuk melanjutkan penulis segera menyelesaikan tugas akhir.

15. Dan segenap pihak yang belum penulis sebut di sini atas jasa-jasanya dalam mendukung dan membantu penulis dari segi apapun, sehingga Tugas Akhir ini dapat diselesaikan dengan baik.

Mengingat adanya keterbatasan-keterbatasan yang penulis miliki, maka penulis menyadari bahwa laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca diharapkan untuk penyempurnaan laporan Tugas Akhir ini.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan semoga laporan Tugas Akhir ini bermanfaat bagi para pembaca.

Medan, Januari 2016 Penulis,

(5)

ABSTRAK

Aspal porus adalah salah satu tipe perkerasan yang dikembangkan di Amertika, Eropa dan Australia. Gradasi yang digunakan aspal porus memiliki persentase agregat kasar tidak kurang 85% dari volume campuran. Adanya rongga/pori tersebut menyebabkan campuran memiliki nilai VIM yang lebih tinggi tetapi menghasilkan stabilitas yang lebih rendah. Guna menigkatkan stabilitas pada aspal porus maka diberikan bahan tambahan Crumb Rubber sehingga dapat meningkatkan daya rekat pada agregat.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai campuran aspal konvensioanal pen 60/70 dan pengaruh tambahan Crumb Rubber berupa ban karet bekas yang dicampurkan dengan aspal konvensional pen 60/70. Hal ini akan ditinjau dari nilai Marshall. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan standart gradasi aspal porus spesifikasi Australian Asphalt Pavement Association (AAPA). Nilai karakteristik campuran aspal porus yang ditinjau yaitu, stability, flow, cantabro loss, dan asphalt flow down, dengan menggunakan variasi kadar aspal 4,5%;4,75%;5%;5.25%;5,5% dan juga digunakan variasi kadar Crumb Rubber 3,5%;4,5%;5,5% dan 6,5%.

Penggunaan aspal konvensional penetrasi 60/70 tidak mampu memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan Australian Asphalt Pavement Association (AAPA). Nilai stabilitas maksimum sebesar 327 kg dicapai pada penggunaan kadar aspal 5.5% (tidak memenuhi standar nilai stabilitas minimum yaitu 500 kg). Kadar Aspal Optimum (KAO) didapat sebesar 5.1%. Peningkatan nilai stabilitas berdasarkan penambahan Crumb Rubber sebanyak 3.5%, 4.5%, 5.5%, dan 6.5%, masing-masing adalah 486 kg, 496 kg, 645 kg, dan 533 kg.

Penggunaan Crumb Rubber dapat meningkatkan nilai stabilitas sehingga memenuhi persyaratan yang ada. Proporsi penambahan Crumb Rubber pada nilai 5.5% menghasilkan efek yang paling baik.

(6)

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ... ABSTRAK ... DAFTAR ISI... DAFTAR TABEL ... DAFTAR GAMBAR ... DAFTAR NOTASI...

BAB I. PENDAHULUAN ...

I.1. Umum ... I.2. Latar Belakang ... I.3. Perumusan Batasan Masalah ... I.4. Tujuan Penelitian ... I.5. Manfaat Penelitian ... I.6. Batasan masalah ... I.7. Literatur Review ... I.8. Sistematis Penulisan ...

BAB II. TINJAUANPUSTAKA... ...

II.1. Umum... ... II.2. Dasar Teori... ...

(7)

II.2.5.Bahan Penyusun Lapisan Aspal Porus ... II.2.5.1. Bahan pengikat ... II.2.5.2. Aspal Modifikasi ... II.2.5.1.1 Aspal Polymer Elastomer ... II.2.5.1.1 Aspal Polymer Plastomer ... II.2.5.3. Agregat... ... II.2.5.3.1 Agregat Kasar... ... II.2.5.3.2 Agregat Halus... ... II.2.5.3.3 Gradasi Agregat Campuran Aspal porus ... II.2.5.3.3.1. Gradasi senjang ... II.2.5.3.3.2. Gradasi Rapat... ... II.2.5.3.3.3. Gradasi seragam... II.2.5.4. Bahan Tambahan... ... II.2.5.5. Metode Pencampuran ... II.2.5.6. Karakteristik Campuran Aspal Porus... II.2.5.6.1. Kepadatan... ... II.2.5.6.2. Stabilitas Marshall... ... II.2.5.6.3. Kelelehan... ... II.2.5.6.4. Kekakuan Marshall... ... II.2.5.6.5. Skid Resistance... ... II.2.5.6.6. Rongga Terisi Aspal (VFA atau

VFB)...

(8)

II.2.5.6.8. Rongga Udara dalam Campuran(VIM)...

II.2.5.6.9. Cantabro Loss... ... II.2.5.6.10. Asphalt Flow Down... ... II.3. Penelitian Terdahulu...

BAB III. METODOLOGI PENELITIAN...

III.1.Program Kerja...

III.2.Uraian Tahapan Penelitian ...

III.2.1.Persiapan Alat dan Bahan ...

III.2.2.Pembuatan Crumb Rubber ...

III.2.3.Pengujian Bahan ...

III.2.4.Pemilihan Gradasi Campuran Aspal Porus ...

III.2.5.Pengujian Campuran Aspal Porus ...

III.2.6.Penentuan Kadar Aspal Optimum (KAO) ...

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN...

IV.1.Hasil Penelitian ...

IV.1.1.Hasil Pemeriksaan Sifat-Sifat Fisik Agregat ...

IV.1.2.Hasil Pemeriksaan Sifat-Sifat Fisik Aspal ...

IV.1.3.Hasil Analisis Saringan Agregat ...

IV.1.4.Hasil Pengujian Marshall ...

IV.1.5.Hasil Pengujian Cantabro Loss,dan Asphalt Flow Down ...

IV.2.Penentuan Kadar Aspal Optimum ...

(9)

IV.3.1.Analisis Volumetrik Campuran ...

IV.3.2.Analisis Nilai Empiris Marshall ...

IV.3.3.Analisis Nilai Cantabro Loss, dan Asphalt Flow Down ...

IV.4.Perbandingan Hasil Penelitian ...

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN ...

V.1. Kesimpulan ...

V.2. Saran ...

(10)

DAFTAR TABEL

Tabel II.1 Ketentuan Campuran Aspal Porus... . Tabel II.2 Persyaratan Aspal Penetrasi 60/70 ... Tabel II.3 Persyaratan polimer/modifikasi ... Tabel II.4 Persyaratan Gradasi dan Sifat Teknis Agregat Kasar ... Tabel II.5 Persyaratan Gradasi dan Sifat Teknik Agregat Halus... Tabel II.6 Persyaratan Gradasi Agregat campuran Aspal Porus ... Tabel IV.1 Hasil Pengujian Sifat-Sifat Fisik Agregat... Tabel IV.2 Hasil Pengujian Sifat-Sifat Fisik Aspal Pen. 60/70 dan Crumb Rubber

Asphalt ...

Tabel IV.3 Hasil Pengujian Marshall Menggunakan Aspal Pen. 60/70... Tabel IV.4 Hasil Pengujian Marshall Menggunakan Crumb Rubber Asphalt ...

Tabel IV.5 Hasil Pengujian Cantabro Loss,dan Asphalt Flow Down

Menggunakan Aspal Pen. 60/70 ...

Tabel IV.6 Hasil Pengujian Cantabro Loss,dan Asphalt Flow Down

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar II.1 Perbedaan Antara Gradasi Rapat dan Gradasi Terbuka... . Gambar II.2 Komposisi Susunan Perkerasan Lentur ... Gambar III.1 Diagram Alir Program Kerja ... Gambar III.2 Grafik Penentuan KAO Campuran Aspal Porus ... Gambar IV.1 Gradasi Agregat Campuran Aspal Porus ... Gambar IV.2 Grafik Hubungan Density dengan Penambahan Crumb Rubber ...

Gambar IV.3 Grafik Hubungan VIM dengan Penambahan Crumb Rubber ...

Gambar IV.4 Grafik Hubungan VMA dengan Penambahan Crumb Rubber...

Gambar IV.5 Grafik Hubungan VFB dengan Penambahan Crumb Rubber ...

Gambar IV.6 Grafik Hubungan Stability dengan Penambahan Crumb Rubber ....

Gambar IV.7 Grafik Hubungan Flow dengan Penambahan Crumb Rubber ...

Gambar IV.8 Grafik Hubungan MQ dengan Penambahan Crumb Rubber ...

Gambar IV.9 Grafik Hubungan Cantabro Loss dengan Penambahan

Crumb Rubber ...

(12)

DAFTAR SINGKATAN DAN NOTASI

AAPA = Australian Asphalt Pavement Association AFD = Asphalt Flow Down

AMP = Asphalt Mixing Plant BS = British Standart CA = Coarse Aggregate CL = Cantabro Loss

EVA = Ethylene Vinyl Acetate FA = Fine Aggregate

FT-USU = Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara KAmax = Kadar Aspal Maximum

KAmin = Kadar Aspal Minimum KAO = Kadar Aspal Optimum MA = Medium Aggregate MQ = Marshall Quotient NS = Natural Sand

OACmax = Optimum Asphalt Content Maximum OACmin = Optimum Asphalt Content Minimum RTFOT = Rolling Thin Film Oven Test

(13)

SSD = Saturated Surface Dry VFA = Void Filled with Asphalt VFB = Void Filled with Bitument VIM = Void In Mixture

Referensi

Dokumen terkait

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa harapan pasien BPJS terhadap pelayanan obat di Depo Farmasi BLUD RSUD

Dari hasil wawancara dengan bapak Imam diatas jelas sekali bahwa pandangan kegamaan tentang bermain curang cukup dipahamai, bahwa kebaikan dan kejelekan akan

Berdasarkan data pada tabel 1 diatas dapat dilihat bahwa tingkat pengetahuan paraji tentang peran paraji dalam bermitra dengan bidan lebih dari setengah responden

Berdasarkan data yang didapat bahwasannya pasien yang mengalami hipertensi itu terjadi pada lansia yang berpendidikan tidak tamat sekolah dasar (SD), semakin

Dengan demikian berita, artikel, profil dan cerpen yang seperti ini tetap dimasukkan pada kategori pro diskriminasi, dengan pertimbangan bahwa ada bias gender yang

Agar organisasi memiliki daya saing yang tinggi dalam skala global, maka organisasi tersebut harus mampu melakukan pekerjaan secara lebih baik, efektif dan efisien dalam menghasilkan

Phenotyping of peripheral blood mononuclear cells during acute dengue illness demonstrates infection and increased activation of monocytes in severe cases compared to classic

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas Rahmat dan Karunia- Nya lah penulis dapat diselesaikan skripsi yang berjudul “Seleksi Genotipe Kacang Tanah (Arachis