7. BAB VII RKPD 2016 BAB VII RKPD

Teks penuh

(1)

RKPD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016 VII.1

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016, merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2005 – 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2010-2015. Dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2016 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016 serta hasil analisis, pemantauan serta evaluasi pelaksanaan RKPD Tahun 2015.

RKPD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016 ini merupakan dasar Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2015 yang akan dilaksanakan pada Tahun 2015. Seluruh kebijakan dan program yang tercantum dalam RKPD Tahun 2015 ini selanjutnya akan dilaksanakan oleh SKPD melalui penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) SKPD dengan menerapkan sistem perencanaan dan penganggaran yang terpadu, perencanaan berbasis kinerja dan penganggaran jangka menengah

RKPD juga disusun sebagai pedoman SKPD dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan umum, tugas-tugas pembangunan dan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat dengan menjalankan fungsi manajemen yang terintegrasi dan selalu mengutamakan koordinasi demi terlaksananya pembangunan yang menyeluruh, berkesinambungan dan berkelanjutan serta tepat sasaran. Koordinasi pembangunan tersebut dilakukan secara lintas sektor dan lintas daerah baik antar Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Pusat dengan berpihak pada pemangku kepentingan pembangunan serta berlandaskan pada prinsip untuk mencapai kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Selain itu perencanaan pembangunan secara hirarki telah disusun dengan melibatkan berbagai pihak yang berintikan proses komunikasi antar lembaga perencana dan antar lembaga perencana dengan pemangku kepentingan pembangunan dilakukan melalui forum reguler yang telah terprogram dari tingkat Desa (Musrenbang Desa) hingga tingkat Kabupaten (Musrenbang Kabupaten). Apabila dalam pelaksanaan terjadi ketidaksesuaian terhadap target dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam RKPD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016 dapat dilakukan Perubahan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

(2)

RKPD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016 VII.1

Keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Musi Rawas Tahun 2016 tergantung pada sikap mental, tekad, semangat, ketaatan, dan disiplin aparat Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, aparat Pemerintah Kabupaten/Kota serta peran aktif masyarakat dan dunia usaha. Dalam kaitan ini, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, dan Lembaga Pemerintahan lainnya, bersama-sama masyarakat termasuk sektor swasta dan dunia pendidikan perlu dengan sungguh-sungguh melaksanakan dan saling mendukung program-program pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RKPD Musi Rawas Tahun 2016 agar lebih bersinergi dan mampu memberikan hasil pembangunan yang dapat dinikmati secara lebih adil dan merata oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Lebih lanjut lagi, dokumen ini diharapkan mampu mengkomunikasikan dan mensinergikan secara berkelanjutan antar pelaku pembangunan baik dari pemerintah, dunia usaha dan stakeholder lain yang terkait, dan dapat pula dipergunakan sebagai media evaluasi pelaksanaan kegiatan agar tetap sesuai dengan rencana.

Demikian RKPD Tahun 2016 ini disusun, sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Musi Rawas pada tahun 2016.

Musi Rawas, Mei 2016 BUPATI MUSI RAWAS,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...