Proposal Pendirian Usaha Fitness Center

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA FITNESS CENTER

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA

FITNESS CENTER

Fitness & Manfaatnya

Gaya hidup sehat adalah suatu cara yang paling penting dan efektif dalam

meningkatkan kualitas hidup manusia dan untuk menjalankan pola hidup sehat diperlukan 3 elemen penting yaitu olahraga teratur, makan teratur, dan istirahat teratur. Olahraga fitness sebagai salah satu alternative olahraga yang bersifat mendasar seperti halnya atletik, hal ini dikarenakan olahraga fitness adalah kombinasi berbagai aktivitas. Aktivitas itu antara lain latihan beban, cardio vascular exercise atau aktivitas aerobic, pengaturan pola makan yang bergizi serta pengaturan pola istirahat yang cukup yang satu dengan lainnya saling berkaitan dengan seimbang. Sehat itu indah dan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu banyak sekali manfaat serta keuntungan yang dapat diambil oleh masyarakat dengan melakukan fitness sebagai pilihan olahraga untuk mendapatkan gaya hidup sehat. Manfaat yang dapat kita dapatkan antara lain adalah:

a. Pembentukan tubuh

Dengan melakukan olahraga fitness tubuh akan terbentuk lebih proporsional, hal ini dikarenakan fitness merupakan olahraga yang salah satu tujuannya adalah untuk

meningkatkan kualitas dan kuantitas otot dan pada saat yang sama menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

b. Membantu menjaga kesehatan

Dengan melakukan olahraga fitness akan membantu menjaga kesehatan dan menguatkan organ tubuh vital seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan sampai pada proses sirkulasi darah dalam peredaran darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan fitness juga merupakan aktivitas cardio vascular atau aerobic yang menggunakan banyak oksigen

sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar yang pads akhirnya kinerja organ vital dapat terjaga dengan baik.

Fitness & Manfaatnya

- Membantu mengurangi stress

Untuk sebagian masyarakat yang terjebak pada rutinitas yang padat, fitness dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengurangi stress.

- Sebagai peluang bisnis

Gym dan fitness center sebagai salah satu sarana untuk melakukan olahraga fitness adalah sebuah komunitas yang di dalamnya berkumpul orang-orang dari berbagai kalangan, baik usia, status sosial, dan budaya. Hal ini dapat menciptakan suatu interaksi antara mereka sehingga dapat memberikan suatu peluang bisnis diantara mereka.

Faktor Pendukung

Dalam rencana pendirian gym & fitness center ini ada beberapa faktor yang dapat dijadikan faktor

pendukung, antara lain:

• Pengalaman mengelola gym & fitness center selama beberapa tahun

(2)

Penguasaan teknis mulai dari pengadaan program latihan, pentarifan, pemeliharaan, sampai manajemen pengelolaan

• Pemahaman karakteristik pasar, lokasi, dan trend yang sedang berkembang selama beberapa tahun terakhir

• Pengetahuan dan pemahaman mengenai market pasar tertentu, khususnya untuk kalangan mahasiswa dan pelajar

Nama Usaha

Nama yang akan digunakan dalam usaha pendirian fitness center ini adalah Healthy Gym digunakan sebagai nama sebuah usaha pusat kebugaran.

Lokasi Usaha

Lokasi usaha fitness center ini rencananya terletak didaerah Jl.Pb Soedirman. Hal ini

dikarenakan letaknya yang sangat strategic dan berada di daerah perkotaan yang di sekitarnya terdapat dekat dengan daerah alun-alun, kampus, perkantoran dan pemukiman masyarakat sehingga menciptakan dua potensi pasar yaitu mahasiswa atau pelajar dan masyarakat umum.

Target Market

Berdasarkan hasil Survey,lokasi mempunyai market tetap dari kalangan menengah kebawah.Tetapi tidak menuntut kemungkinan dapat menarik market dari semua kalangan baik itu menengah kebawah ataupun menengah keatas.Adapun Target Market yang akan kita dapatkan terdiri dari :

• Para Mahasiswa dan Pelajar SMU

• Para Pekerja Perkantoran ataupun Pekerja lainnya

• Para Member Ship Tetap yang dibawa beberapa trainer rekanan baik member fitness atau aerobik

• Para member tetap

Promosi

Untuk mempermudah pengenalan Lokasi dan Fasilitas yang tersedia di kita akan membuat Promosi melalui media cetak dan media elektronik

Pelaksanaan tersebut dilakukan dengan cara:

• Brosur Khusus mengenai Grand opening Healthy Gym yang menawarkan membership harga yang sangat spesial dan disebarkan kebeberapa tempat. Seperti misalnya di dekat pujasera, daerah kampus UNEJ, daerah perkantoran, alun-alun, dan tempat-tempat lain. • Spanduk

• Iklan lewat Radio Lokal Bandung • Iklan lewat internet berupa blog • Iklan lewat media cetak seperti Koran

(3)

Pelaksanaan strategi pemasaran akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

• Pada tahap awal pembukaan fitness center, kami akan melakukan Free Training Program. Maksudnya yaitu progam latihan gratis bagi siapa saja yang datang untuk berlatih tanpa dikenakan biaya apapun selama satu minggu pertama sebagai suatu bentuk promosi.

• Disamping itu kami juga akan melakukan promosi dengan cara membuat brosur yang akan kami sebar ke kampus-kampus yang berada disekitar lokasi, spanduk, dan papan nama. • Menyediakan jasa Personal Trainer untuk melatih member secara personal. Hal ini dimaksudkan agar secara tidak langsung personal trainer juga aktif untuk melakukan perekrutan member yang pada akhirnya juga berdampak pada profit.

• Menyediakan kelas Aerobik. Menyedikan fasilitas paket member untuk jangka waktu satu bulan tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun serta incidental.

• Memberikan latihan gratis kepada member yang merekomendasikan minimal lima orang selama member yang direkomendasikannya aktif menjadi member.

• Memberikan layanan Happy Hours, yaitu layanan pemberian tariff khusus pads jam-jam tertentu yaitu pada jam sebelas sampai jam dua siang.

• Mengadakan Even setiap satu tahun dengan melibatkan semua anggota member sehingga dapat mempererat hubungan antara member dan pengelola.

• Memberikan motivasi yang secara tidak langsung memberi kewajiban kepada anggota team work baik dari devisi fitness dan devisi lain untuk ikut aktif dalam melakukan marketing action.

Opening Hours

Fitness center akan buka setiap hari dari jam delapan pagi sampai jam Sembilan malam (08.00 21.00), kecuali hari sabtu dari jam delapan pagi sampai jam tujuh malam (08.00-19.00). Fitness center libur pada hari minggu dan hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Waysak, Nyepi, dan ditambah perayaan tahun baru.

Khusus untuk kelas aerobic akan dilakukan pada hari yang akan ditentukan oleh instruktur aerobik dan akan dikonfirmasikan kepada pihak pengelola.

Management Team

Karyawan terdiri dari 4 orang yang kedua orang tersebut selain sebagai instruktur fitness, juga sebagai pengelola. Untuk meningkatkan pendapatan kami juga menyediakan karyawan lepas seperti Personal Trainer, dan InstrukturAerobik.

Instruktur Fitness

Bertugas memberikan jasa pelayanan kepada member regular, baik memberikan pelatihan dan memberikan informasi mengenai semua hal yang berhubungan dengan pelatihan fitness. Merapihkan fasilitas fitness dan melakukan pengecekan kelengkapan fasilitas fitness. Dalam sehari instruktur dibagi menjadi 2 shift. Hari senin –jum'at shift pagi dari jam delapan pagi sampai jam sembilan malam (08.00-21.00) dan shift sore dari jam dua siang sampai jam sembilan malam (14.00-21.00) sedangkan untuk hari sabtu shift pagi jam (08.00-19.00) dan shift sore jam (12.00-19.00). Instruktur dapat mengambil kelas privat dengan ketentuan provit yang diterima adalah 70 % dari harga kelas privat.

(4)

Bertugas mencatat semua hal yang berhubungan dengan proses kegiatan operasional setiap hari kerja secara manual dalam buku laporan harian dan meng-edit data tersebut ke dalam komputer. Khusus untuk tenaga administrasi jam kerja dimulai dari jam delapan pagi sampai jam sembilan malam (08.00-21.00).

Management Team Personal Trainner

Khusus untuk personal trainer bertanggung jawab kepada member yang bersangkutan dengan tetap mematuhi peraturan yang telah ditentukan oleh manajemen. Profit yang didapat oleh seorang personal trainer tetap adalah 70% dari harga kelas privat dan 30% untuk pihak managemen dan untuk personal trainer lepas adalah 60% dari harga kelas privat dan 40% untuk management.

Instruktur Aerobik

Bertanggung jawab kepada member yang bersangkutan dengan tetap mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh manajemen. Profit yang didapat oleh instruktur aerobic adalah 60% dan pihak manajemen akan mendapat 40 %.

Sistem Pengawasan

Dalam pelaksanaan operasional sehari-hari, kami akan melakukan pencatatan semua kegiatan operasional, baik absen karyawan, jumlah member yang datang berlatih, pendaftaran member baru, member incidental, member keluar, jumlah pengeluaran uang, dan jumlah pemasukan dalam satu hari. Pencatatan ini dilakukan setiap satu hari kerja secara manual dalam buku laporan harian yang kemudian akan di-edit ke dalam komputer. Laporan harian inilah yang nantinya akan digunakan sebagai rujukan jumlah uang yang masuk dalam satu hari kerja.

Setiap orang yang ingin menjadi member harus menyertakan fotocopy identitas diri dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Setiap member akan mendapat kartu anggota yang harus di bawa pada saat akan berlatih sebagai bukti keanggotaannya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengawasan terhadap member yang belum melakukan registrasi keanggotaannya.

Dalam hal pengawasan terhadap fasilitas gym akan dilakukan oleh instruktur yang akan melakukan dua kali pengecekan, yaitu pada saat gym tutup dan buka. Instruktur shift malam harus melakukan pengecekan sebelum tutup gym dan instruktur shift pagi melakukan pengecekan pada saat gym buka. Masing masing harus melakukan koordinasi sehingga mengurangi resiko kehilangan.

Layanan Tambahan

Selain menyediakan fasilitas Fitness, kami juga akan menyediakan fasilitas lain yang menunjang untuk meningkatkan nilai tambah (Value Added) di mata member dan calon member kami. Fasilitas tambahan tersebut antara lain:

• Kelas Privat • Kelas Aerobik • Konsultasi kesehatan • Cafe & free Wi-fi

(5)

• Papan pengumuman

Layanan Tambahan

Kelas privat disediakan untuk member yang ingin mendapatkan latihan secara personal. Kelas aerobic tampaknya sudah merupakan fasilitas wajib yang harus disediakan sebagai alternative pilihan dalam melakukan aktivitas olahraga selain fitness dan untuk menghindari kejenuhan.

Khusus untuk fasilitas konsultasi kesehatan dan produk suplemen, kami akan melakukan kerja sama dengan pihak tertentu yang mau bekerja sama dengan kami. Penyediaan fasilitas ini bertujuan untuk lebih memudahkan member mendapatkan faktor-faktor yang mendukung program latihan mereka seperti informasi mengenai kesehatan, nutrisi dan komposisi makanan seimbang serta suplemen tambahan. Sedangkan cafe & free wifi dimaksudkan untuk mempermudah member dalam memperoleh nutrisi yang dibutuhkan selain sebagai tempat bersantai dan beristirahat sejenak sambil ber-online.

Papan pengumuman diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri, karena di papan ini akan dirnuat pengumuman-pengumuman yang ditempel kalangan umum, dengan persetujuan dari pengelola di samping kegiatan intern gym.

Inventarisasi/Asset Inventory

Pendirian fitness center tidak jauh berbeda dengan pendirian bentuk usaha lain yang didalamnya terdapat asset asset yang harus tersedia sebagai sarana yang akan digunakan dalam menjalankan usaha tersebut. Untuk menjaga asset-asset tersebut harus dilakukan pendataan sehingga akan memudahkan kita dalam melakukan proses perawatan atau maintening dan pengawasan keutuhan asset.

Alat Aerobic

NO. NAMA ITEM JUMLAH UNIT KETERANGAN 1. Treadmill 2 Unit tersedia

2. Sepeda Statis 2 Unit Tersedia 3 Stepper 1 Unit Tersedia

Alat Unaerobic

NO. NAMA ITEM JUMLAH UNIT BERAT KETERANGAN 1. Smith Machine 1 Unit - Tersedia

2. Leg Press and Hack Squat 1 Unit - Tersedia 3. Leg Extentiton 1 Unit - Tersedia

4. Lat Pull Down 1 Unit - Tersedia 5. Seated Row 1 Unit - Tersedia 6. Bench Press 1 Unit - Tersedia 7. Pecktoral Deck 1 Unit - Tersedia 8. Cable Cross Over 1 Unit - Tersedia 9. Shoulder Press Machine 1 Unit - Tersedia 10. Dipping and Chinning 1 Unit - Tersedia 11. Preached Curl 1 Unit - Tersedia

(6)

13. Twisting 1 Unit - Tersedia 14. Flat Chair 1 Unit - Tersedia

15. Incline Decline Chair 1 Unit - Tersedia

16. Barbell Set 1 Set 2,5 kg 8 Pc, 5 dan 10 Kg 10 Pc, 20 Kg 8 Pc Total = 330 Kg Tersedia

17. Dumble Set 1 Set 1-5 Kg @ 1 Psg, 7,5 Kg,10 Kg, 12,5 Kg, 15 Kg @ 1 Psg

Total= 240 Kg Tersedia

18. Rack Dumble 1 Unit - Tersedia 19, Rack Barbell 1 Unit - Tersedia

20. Stick MZ, Stick 80 cm @ 1 Unit - Tersedia Perangkat Lain

NO. NAMA ITEM JUMLAH UNIT KETERANGAN 1. Komputer + Printer 1 Set Tersedia

2. Televisi 1 Unit Tersedia 3. Speacker 2 Unit Tersedia 4. Dispenser 1 Unit Tersedia 5. Galon 1 Unit Tersedia

6. Vacum Cleaner 1 Unit Tersedia 7. Timbangan 1 Unit Tersedia

8. Gelas Dan Rack 1 Lusin dan 1 Unit Tersedia 9. Kaca Cermin 10 Lembar Tersedia

10. Karpet 100 Meter Tersedia 11. Matras 10 unit Tersedia 12. Locker 2 Set Tersedia Modal

Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan di lapangan, modal awal yang kami butuhkan untuk pendirian usaha gym & fitness center ini adalah sebesar Rp. 100.000.000 ( Seratus Juta Rupiah ) dengan perincian terlampir.

Break Even Point

Melihat dari jumlah modal awal yang dibutuhkan dan potensi market pasar yang cukup menjanjikan serta target yang telah kami tetapkan, kami dapat memperkirakan untuk Break Even Point dapat dipenuhi selama tenggang waktu 30 bulan atau 2,5 tahun. Dengan Estimasi Pendapatan Kapasitas Maksimal dan Proyeksi Laba terlampir.

(7)

Lampiran 1 Modal Awal

NO ITEM JUMLAH HARGA SATUAN SUB TOTAL TOTAL 1 . Alat Fitness 1 Set Rp. 55.000.000 Rp. 55.000.000 Rp. 55.000.000

2. SettingTempat 1 Set Rp. 10.000.000 Rp. 10.000.000 Rp. 10.000.000 3. Treadmil 1 Unit Rp. 1.500.000 Rp. 1.500.000 Rp. 1.500.000

4. Stepper 1 Unit Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000

5. Kaca Cermin 10 Lembar Rp. 500.000 Rp. 5.000.000 Rp. 5.000.000 6. Karpet Tebal 2 Rol Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000 7. Komputer + Printer 1 Set Rp. 2.000.000 Rp. 4.000.000 Rp. 4.000.000 8. Sound system 1 Set Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 9. Televisi 1 Unit Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000

10. Dispenser dan Galon 1 Unit Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 11. Telephon 1 Unit Rp. 500.000 Rp. 500.000 Rp. 500.000

Modal Awal

12, Matras 10 Unit Rp. 100.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000

13. Sepeda Statis 1 Unit Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 14. Vacum cleaner 1 Unit Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 15. Loker 1 Unit Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000

16. Gelas, Rak 1 Set Rp. 250.000 Rp. 250.000 Rp. 250.000 17. Timbangan 1 Unit Rp. 250.000 Rp. 250.000 Rp. 250.000 18. Fat detector 1 Unit Rp. 500.000 Rp. 500.000 Rp. 500.000

19. Sabuk N Strapps 2 Pasang Rp. 250.000 Rp. 500.000 Rp. 500.000 20. Peralatan ATK 1 Set Rp. 250.000 Rp. 250.000 Rp. 250.000 21. Promosi 1 Paket Rp. 5.000.000 Rp. 5.000.000 Rp. 5.000.000

22. Perizinan PABBSI 1 Paket Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000 23. Peralatan KCK 1 set Rp. 250 000 Rp. 250.000 Rp. 250.000

24. Lain-Lain Rp. 5.000.000 TOTAL Rp. 100.000.000,-

(8)

Lampiran 2 Daftar Harga

NO ITEM JUMLAH HARGA SATUAN SUB TTL Sharing Fee

Trainer TOTAL

1. Member Insidentil 1 Orang Rp. 15.000 Rp. 15.000 2. Member Tetap 1 Orang Rp. 100.000 Rp. 100.000

3. Member Aerobik 1 Orang Rp. 75.000 Rp. 75.000 40% Rp. 30.000 4. Pendaftaran 1 Orang Rp. 15.000 Rp. 15.000 5. Member Privat 1 X Seminggu Rp 37.500,00 2 X Seminngu 4 Pertemuan 8 Pertemuan Rp. 37.500 Rp. 30.000 Rp. 150.000 Rp. 240.000 30% 30% Rp. 45.000 Rp. 72.000 3 X Seminggu 12 Pertemuan Rp. 25.000 Rp. 300.000 30% Rp. 90.000 4 X Seminggu 16 Pertemuan Rp. 22.500 Rp. 360.000 30% Rp. 108.000 5 X Seminggu 20 Pertemuan Rp. 20.000 Rp. 400.000 30% Rp. 120.000 6 X Seminggu 24 Pertemuan Rp. 17.500 Rp. 420.000 30% Rp. 126.000 6. Member Paket 3 Bulan 1 Orang Rp. 250.000 Rp. 250.000 6 Bulan 1 Orang Rp. 500.000 Rp. 500.000 1 Tahun 1 Orang Rp, 1.000.000 Rp. 1.000.000

BIAYA OPERASIONAL BULANAN DAN TAHUNAN NO ITEM SUB TOTAL TOTAL

1 Operasional Bulanan Listrik Rp. 200.000 Telepon Rp. 50.000

Kabel Sling Baja + 4 Pelumas 4WD Rp. 100.000 Gaji Karyawan Rp. 2.000.000

Air Galon Isi Ulang Rp. 200.000 Lain-lain Rp. 200.000

Total Rp. 2.750.000 2 Operasional Tahunan

Pengeluaran Operasional Pertahun Rp. 2.750.000 X 12 Bulan Rp. 33.000.000 Pengeluaran Luar Biasa (THR) Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000

Total Rp. 35.000.000

(9)

Estimasi Pendapatan Kapasitas Maksimal • Pendapatan Kotor per Hari

Target Jumlah Rata-rata Insidental Fitness: 5 orang X Rp. 15.000,- = Rp. 75.000, • Pendapatan Kotor per Bulan:

Pendapatan Kotor per hari: Rp. 75.000 X 20 Hari = Rp 1.500.000, Member Fitness Tetap: 40 orang X Rp. 100. 000 = Rp. 4.000.000,-

Member Aerobik : 10 orang X Rp. 15.000 X 16 Perdtg X 40% (Sharing Fee Trainer) = Rp. 960.000,

Member Aerobik Tetap: 10 orang X Rp. 75.000 x 40% (Sharing Fee Trainer) = Rp. 300.000, Member Privat Fitness: 15 orang X Rp. 300.000 X 30% (Sharing Fee Trainer) = Rp.

1.360.000,-

Pendaftaran Member Fitness: 40 Orang X Rp. 15.000 = Rp. 600.000,- Pendaftaran Member Aerobik: 5 orang X Rp. 15.000 = Rp. 75.000,- Total Pendapatan Kotor per Bulan = Rp. 8.785.000,

• Pendapatan Kotor per Tahun:

12 bulan X Rp.8.785.000 (pendapatan kotor per bulan) = Rp. 105.420.000, • Pendapatan bersih per tahun

Total Pendapatan Kotor pertahun = Rp. 105.420.000, Total Pengeluaran Operational pertahun = Rp. 33.000.000, Total pengeluaran Luar Biasa(THR) = Rp. 2.000.000,- Total Pendapatan Bersih pertahun = Rp. 70.420.000,-

Sharring Profit dengan Pengelola Gedung Karang Setra 30% X Rp. 70.420.000 = Rp. 21.126.000,-

TOTAL PENDAPATAN BERSIH PER TAHUN = Rp. 49.294.000,- STRUKTUR MANAJEMEN FITNESS CENTER

Penutup

Demikian proposal pendirian usaha Fitness Center ini kami buat dengan harapan dapat dijadikan sebagai landasan dan acuan bagi pembaca untuk mau dan ikut bekerja sama dengan kami dalam usaha pendirian fitness center ini.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam

menyelesaikan proposal ini, baik secara mated, moril, maupun spiritual.Tentunya kami sadar bahwa proposal

ini masih jauh dari sempurna, terlepas dari apa yang telah kami lakukan. Oleh karena itu kami mohon maaf

atas kekurangan yang ada. Segala kritik dan saran yang kami terima adalah ungkapan perhatian yang harus

kami terima untuk kemajuan bersama dan sebagai motivasi bagi kami untuk memberikan yang terbaik. Kami yakin segala yang diawali dengan niat yang baik akan memberikan hasil yang baik pula. Kami berharap apa yang kami tawarkan dapat diterima dan dapat tercipta suatu kerja sama yang baik diantara kita.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :