MAKALAH PENYERTAAN

19 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB I BAB I PENDAHULUAN PENDAHULUAN Latar Belakang Latar Belakang Penempa

Penempatan dana perbankan dapat dilakutan dana perbankan dapat dilakukan pada aset kan pada aset jangka pendek jangka pendek misalmisalnya padanya pada Sertifikat Bank Indonesia (SBI),

Sertifikat Bank Indonesia (SBI),commercial paper commercial paper , kredit jangka pendek atau pada aset jangka, kredit jangka pendek atau pada aset jangka  panjang.

 panjang. Penempatan Penempatan dana dana pada pada aset aset jangka jangka pendek pendek umumnya umumnya mempunyai mempunyai tujuan tujuan yang yang sangatsangat seder

sederhana hana yaitu untuk yaitu untuk mempermemperoleh oleh pendapatpendapatan an dan dan memelimemelihara likuiditas bank. hara likuiditas bank. SedangkSedangkanan  penempatan

 penempatan jangka jangka panjang panjang tidak tidak sekedar sekedar untuk untuk memperoleh memperoleh pendapatan pendapatan tapi tapi bisa bisa jadi jadi untuk untuk  me

menyinyisisihkhkan an atatau au memembmbenentutuk k dandana a khkhusususus, , ununtutuk k memengengendandalilikakan n peperurusasahahaan an lalain in yayangng sahamnya dibeli, untuk mengurangi persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang sejenis, sahamnya dibeli, untuk mengurangi persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang sejenis, untuk menguas

untuk menguasai pangsa pasar ai pangsa pasar produk atau jasa perbankaproduk atau jasa perbankan tertentu atau mempunyai tujun tertentu atau mempunyai tujuanan untuk menyelamatkan dana perbankan yang telah tertanam dalam bentuk kredit di perusahaan untuk menyelamatkan dana perbankan yang telah tertanam dalam bentuk kredit di perusahaan lain.

lain.

Rumusan Masalah Rumusan Masalah

1.

1. eellasaskakan an apa pa yayang ng didimmakakssud ud dedengngan an pepenynyererttaaaan!n!

"

".. eellaasskkaan mn meettoode de pepenn##aattaattaan pn peennyyeerrttaaaann!!

$.

$. eelalaskskan an babagagaimimanana a peperlrlakakuauan n akakununtatansnsi i pepenynyerertataanan!!

T

Tujuan dan ujuan dan manfaatmanfaat

1.

1. %e%engengetatahuhui pi penentitingnngnya ya memempmpelelajajarari pi penenyeyertrtaaaan dn dalalam am akakuntuntanansi si peperbrbanankankan

".

". %e%embmbererikikan an &a&a&a&asasan kn kepepadada ma mahaahasisis&s&a aa atatau pu pihihak ak yanyang bg bererkekepenpentitingangan dn dalalamam hal mempelajari lebih dalam mengenai penyertaan.

hal mempelajari lebih dalam mengenai penyertaan.

$.

$. %e%engngajajak ak mamahahasisis&s&a a ununttuk uk lelebibih h babanynyak ak pepengngetetahahuauan n memengngenenai ai pepenynyerertataanan karena dapat dijadikan a#uan dalam dunia kerja.

(2)

BAB II PEMBAHASAN

Definis Penertaan

Penyertaan adalah penanaman dana bank dalam bentuk saham baik dalam rupiah maupun 'aluta asing pada bank atau perusahaan lembaga keuangan bukan bank untuk tujuan in'estasi  jangka panjang dan tidak untuk diperjualbelikan. ermasuk dalam #akupan penyertaan adalah  penyertaan modal sementara.

Penyertaan %odal Sementara adalah penyertaan oleh bank dalam perusahaan debitur  untuk mengatasi kegagalan kredit (debt to equity swap) sebagaimana yang dimaksud dalam ketentuan Bank Indonesia yang berlaku, termasuk dalam bentuk surat utang kon'ersi (converti ble bonds) dengan opsi saham (equity opti on) atau jenis transaksi tertentu yang berakibat bank  memiliki atau akan memiliki saham pada perusahaan debitur.

Perusahaan Induk ( parent company) adalah perusahaan yang memiliki satu atau lebih  perusahaan anak.

 Investee adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan tempat bank melakukan  penyertaan yang dapat men#akup

a. Perusahaan *nak ( subsidiaries) adalah perusahaan yang dikendalikan oleh bank  (yang disebut perusahaan induk)

 b. Perusahaan asosiasi adalah suatu perusahaan dimana bank sebagai in'estor  mempunyai pengaruh yang signifikan dan bukan merupakan perusahaan anak maupun  joint venturedari bank.

Pengaruh signifikan adalah &e&enang untuk berparti sipasi dalam keputusan yang menyangkut kebijakan keuangan serta operasi investee, tapi bukan merupakan pengendalian terhadap kebijakan tersebut.

!lasifikasi Penertaan

+ang ermasuk dalam penyertaan antara lain

a. Penyertaan modal sementara dalam rangka restrukturisasi kredit  b. Penyertaan yang diperoleh melalui donasi

#. Penyertaan yang diperoleh melalui penyerahan aset diluar kas (inbreng ), Met"de Pen#atatan Penertaan

(3)

Setiap penyertaan di#atat dengan salah satu dari dua metode pen#atatan, yaitu metode biaya dan metode ekuitas.

 %etode Biaya (Cost Method ) adalah metode akuntansi yang men#atat in'estasi sebesar biaya perolehan. %etode biaya digunakan bila penyertaan bank dalam bentuk  saham pada lembaga keuangan lain dengan pangsa pasar sampai dengan ".

 %etode /kuitas ( Equity Method ) merupakan metode akuntansi yang men#atat in'estasi a&al sebesar biaya perolehan dan selanjutnya disesuaikan dengan perubahan dalam bagian pemilikan in'estor atas akti'a bersih in'estee yang terjadi setelah  perolehan. %etode biaya digunakan bila penyertaan bank dalam bentuk saham pada

lembaga keuangan lain dengan pangsa pasar lebih dari ". %etode pen#atatan penyertaan dibagi menjadi

a. ika bank tidak memiliki pengaruh signifikan menggunakan

1) 0ilai &ajar, dimana perubahannya diakui se#ara langsung dalam ekuitas atau

") Biaya perolehan, apabila tidak memiliki kuotasi di pasar aktif atau nilai &ajarnya tidak dapat diukur se#ara andal.

 b. ika bank mempunyai pengaruh signifikan menggunakan metode ekuitas.

#. ika bank mempunyai pengendalian menggunakan metode ekuitas dan dikonsolidasikan.

Penurunan nilai

a. /'aluasi penurunan nilai dilakukan terhadap seluruh penyertaan.

 b. /'aluasi penurunan nilai untuk penyertaan pada butir ".a dapat menga#u pada  penurunan nilai sebagaimana dalam Bab mengenai redit.

#. /'aluasi penurunan nilai untuk penyertaan pada butir ".b dan ".# dapat menga#u  pada penurunan nilai sebagaimana dalam Bab mengenai *set etap.

Penyertaan saham pada perusahaan anak &ajib dikonsolidasikan apabila

a. Bank memiliki hak suara lebih dari 2 pada suatu perusahaan, baik se#ara langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaan.

 b. Bank memiliki hak suara 2 atau kurang pada suatu perusahaan, namun bank  memiliki pengendalian. Pengendalian dianggap ada apabila dapat dibuktikan adanya salah satu kondisi berikut

1) %empunyai hak suara lebih dari 2 berdasarkan suatu perjanjian dengan in'estor lainnya

(4)

") %empunyai hak untuk mengatur dan menentukan kebijakan finansial dan operasional perusahaan berdasarkan anggaran dasar atau perjanjian

$) %ampu menunjuk atau memberhentikan mayoritas pengurus perusahaan atau

3) %ampu menguasai suara mayoritas dalam rapat pengurus.

Perlakuan Akuntansi

Pengakuan dan Pengukuran

Penyertaan yang di#atat dengan biaya perolehan

a. Pada saat pengakuan a&al dan pengakuan selanjutnya, penyertaan diakui sebesar  nilai &ajar yaitu biaya perolehan (cost ) termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan se#ara langsung.

 b. Pendapatan diakui pada saat diumumkan pembagian di'iden tunai. 4i'iden saham tidak boleh diakui sebagai pendapatan atau penambahan nilai penyertaan.

#. Penyertaan akan berkurang apabila terdapat penurunan nilai penyertaan. Penyertaan yang di#atat dengan nilai &ajar melalui ekuitas

a. Pada saat pengakuan a&al, penyertaan diakui sebesar nilai &ajar yaitu biaya  perolehan (cost ) termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan se#ara langsung.

 b. Pengukuran setelah pengakuan a&al dilakukan sebesar nilai &ajar dengan  perubahan nilai &ajar diakui melalui ekuitas.

#. Pendapatan diakui pada saat diumumkan pembagian di'iden tunai. Pembagian di'iden saham akan ter#ermin pada nilai &ajar penyertaan.

d. Penyertaan akan berkurang apabila terdapat penurunan nilai penyertaan. Penyertaan yang di#atat dengan metode ekuitas

a. Pada saat pengakuan a&al, penyertaan diakui sebesar nilai &ajar yaitu biaya  perolehan (cost ) termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan se#ara langsung.

 b. Pengukuran setelah pengakuan a&al diakui sebesar biaya perolehan (cost ) termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan se#ara langsung ditambah atau dikurangi dengan bagian in'estor atas laba atau rugi investee setelah tanggal perolehan. Pendapatan dari penyertaan yang dinilai dengan metode ekuitas diakui pada saat  perusahaan investee mengumumkan labanya. 4istribusi laba (ke#uali di'iden saham)

yang diterima dari investee mengurangi nilai ter#atat (carrying amount ) in'estasi, sedangkan penerimaan di'iden dalam bentuk saham tidak mempengaruhi nilai  penyertaan tersebut.

(5)

#. Penyesuaian terhadap nilai ter#atat tersebut juga diperlukan untuk mengubah hak  kepemilikan proporsional bank padainvestee yang timbul dari perubahan dalam ekuitas investee yang belum diperhitungkan ke dalam laporan laba rugi (lihat penjelasan bab ekuitas pada pos selisih transaksi perubahan ekuitas perusahaan anak5perusahaan asosiasi).

d. ika bagian bank atas kerugian padainvestee sama atau melebihi nilai ter#atat dari in'estasi, maka penyertaan dilaporkan nihil. ika selanjutnyainvesteememperoleh laba, maka bank mengakui pendapatan apabila bagian bank atas labainvesteetelah menyamai  bagian bank atas kerugian bersih yang belum diakui.

e. Penyertaan akan berkurang apabila terdapat penurunan nilai penyertaan. Bank menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal dimana

a. idak lagi memiliki pengaruh signifikan atasinvestee

 b. erdapat pembatasan operasi perusahaan investeedalam jangka panjang sehingga se#ara signifikan mempengaruhi kemampuan untuk mengalihkan dana kepada bank. Penyertaan yang berasal dari restrukturisasi kredit

a. Pada saat pengakuan a&al, penyertaan diakui sebesar nilai &ajar yaitu biaya  perolehan (cost ) termasuk biaya transaksi yang dapat diatribusikan se#ara langsung.

 b. Pengukuran setelah pengakuan a&al diakui sebesar

1) 0ilai &ajar, dimana perubahannya diakui se#ara langsung dalam ekuitas atau

") Biaya perolehan, apabila tidak memiliki kuotasi dipasar aktif atau nilai &ajarnya tidak dapat diukur se#ara andal.

#. Bila terdapat penurunan nilai maka nilai ter#atat penyertaan tersebut harus disesuaikan sebesar penurunan nilai tersebut.

d. Penyertaan ini disajikan terpisah dari penyertaan lainnya dan tidak perlu dilakukan konsolidasi laporan keuangan karena penyertaan bersifat sementara.

e. Pengalihan kredit menjadi penyertaan saham diakui sebesar nilai &ajar dari saham yang diterima pada saat pengalihan, maksimum sebesar ke&ajiban debitur yang akan dikon'ersi.

Penajian

1. Penyertaan yang di#atat dengan biaya perolehan, harga &ajar melalui ekuitas maupun metode ekuitas disajikan pada pos penyertaan sedangkan penyertaan yang  berasal dari restrukturisasi kredit disajikan terpisah.

(6)

$. Penyertaan saham diba&ah " yang memiliki harga pasar disajikan sebesar nilai &ajar pada pos penyertaan.

3. Penyertaan dengan metode ekuitas disajikan sebesar biaya perolehan ditambah5 dikurang dengan bagian dari laba atau rugi perusahaaninvesteedan distribusi laba serta  perubahan dalam ekuitasinvestee yang belum diperhitungkan ke dalam laporan laba rugi. 2. 6adangan kerugian penurunan nilai yang dibentuk untuk menutup kemungkinan kerugian atas penyertaan disajikan sebagai pos pengurang (off seti ng acount ) dari  penyertaan.

Ilustrasi $urnal

1. Pada saat melakukan penyertaan, dengan metode biaya maupun metode ekuitas 4b. Penyertaan saham

r. as57ekening859iro BI

". Pada saatinvestee mengumumkan laba atau rugi a. %etode biaya

idak ada jurnal

 b. 4i#atat dengan nilai &ajar melalui ekuitas idak ada jurnal

#. %etode ekuitas

1) ika mendapat keuntungan 4b. Penyertaan saham

r. Pendapatan dari penyertaan saham ") ika mengalami kerugian

4b. erugian dari penyertaan saham r. Penyertaan saham

$. Pada saatinvestee mengumumkan di'iden a. 4i#atat dengan biaya perolehan

1) 4i'iden tunai. 4b. Piutang di'iden

r. Pendapatan di'iden ") 4i'iden saham

idak ada jurnal

 b. 4i#atat dengan nilai &ajar melalui ekuitas 1) 4i'iden tunai.

(7)

4b. Piutang di'iden

r. Pendapatan di'iden ") 4i'iden saham

idak ada jurnal

#. 4i#atat dengan metode ekuitas 1) 4i'iden tunai.

4b. Piutang di'iden

r. Penyertaan saham ") 4i'iden saham

idak ada jurnal

3. Pada saat terdapat perubahan nilai &ajar saham a. 4i#atat dengan biaya perolehan

idak ada jurnal

 b. 4i#atat dengan nilai &ajar melalui ekuitas 4b5r. Penyertaan saham

r54b. euntungan5(kerugian) penyesuaian nilai &ajar penyertaan saham yang belum direalisasikan

#. 4i#atat dengan metode ekuitas idak ada jurnal

2. ika terdapat penurunan permanen terhadap penyertaan saham 4b. erugian karena penurunan nilai penyertaan saham

r. Penyertaan saham

:. *pabila pada saat konsolidasi laporan keuangan (metode ekuitas) terdapat selisih lebih antara biaya perolehan dan bagian perusahaan pengakuisisi atas nilai &ajar aset dan ke&ajiban yang dapat diidenti fi kasi pada tanggal transaksi pertukaran, maka selisih tersebut diakui sebagai goodwilldan akan diamorti sasi dengan jurnal

4b. *mortisasi goodwill  r.Goodwill 

;. Pada saat pelepasan saham, baik sebagian atau keseluruhan 4b. as57ekening859iro BI

4b5r. euntungan (kerugian) penjualan saham r. Penyertaan saham

(8)

<. Penjualan penyertaan modal sementara bank 

a. Penebusan5 Redemption penyertaan modal sementara bank  4b. as57ekening859iro BI

r. Penyertaan modal sementara bank 

 b. Penjualan penyertaan modal sementara bank 

1) ika hasil penjualan lebih rendah dari nilai ter#atat 4b. as57ekening859iro BI

4b. erugian penjualan penyertaan modal sementara bank  r. Penyertaan modal sementara bank 

") ika hasil penjualan lebih tinggi dari nilai ter#atat 4b. as57ekening859iro BI

r. Penyertaan modal sementara bank 

r. euntungan penjualan penyertaan modal sementara bank  Pengungka%an

=al-hal yang harus diungkapkan antara lain

1. Ihtisar kebijakan akuntansi yang signifi kan yang terkait dengan penyertaan

". 4aftar dan penjelasan dari perusahaan anak dan perusahaan asosiasi yang meliputi  nama, tempat, kedudukan, persentase kepemilikan dan persentase hak suara (apabila  berbeda dengan persentase kepemilikan).

$. umlah dan jenis penyertaan berdasarkan metode pen#atatan. 3. %etode dan teknik penilaian ('aluasi) yang antara lain men#akup

a. Penggunaan kuotasi harga di pasar aktif atau teknik penilaian

 b. *sumsi penetapan nilai &ajar penyertaan (dalam hal bank menggunakan nilai &ajar dalam pengukuran penyertaan) serta perubahan asumsi yang dapat mempengaruhi laporan keuangan se#ara signifikan dan

#. Penetapan tingkat diskonto (discount rate).

2. Perubahan nilai &ajar atas penyertaan yang diukur pada nilai &ajar melalui ekuitas.

:. Sifat hubungan antara perusahaan induk dan perusahaan anak yang menyebabkan  perusahaan induk dapat melakukan pengendalian terhadap perusahaan anak meskipun

hak suara perusahaan induk baik langsung maupun ti dak langsung 2 atau kurang ;. umlah keuntungan atau kerugian periode berjalan dan akumulasinya bagi  penyertaan yang di#atat dengan metode biaya

(9)

<. Pengaruh dari akuisisi dan penjualan atau pengalihan penyertaan pada perusahaan anak terhadap posisi keuangan dan hasil usaha konsolidasi tahun berjalan dan tahun sebelumnya

>. Bagian bank atas pos luar biasa atau pos masa lalu ( prior period items) yang  berasal dariinvesteeharus diungkapkan se#ara terpisah.

1. Informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangan menge'aluasi jenis dan besarnya risiko yang ti mbul dari akti 'itas pernyertaan

&"nt"h Akuntansi Penertaan

Pen#atatan Penertaan M"dal %ada Perusahaan Lain di Bidang !euangan dengan Met"de Biaa 'Cost (

%isalkan Bank B7I membeli 1. lembar saham P. ?+@ A 7p 2. yang dibayarkan melalui kliring dan penyertaan tersebut men#erminkan penyertaan Bank B7I dengan pangsa 1;. Biaya-biaya untuk pembelian saham tersebut dikeluarkan sebesar 7p 2.. yang dibayarkan melalui kliring. ransaksi ini akan di#atat dengan menggunakan metode biaya sebagai berikut

(10)

Pada saat melakukan penyertaan dilakukan pembukuan dengan jurnal 4ebit redit 1$$-1-- 12;-;--3 Penyertaan

as liring C eluar 

2.2.. 2.2..

*pabila P.?+@ membagi di'iden se#ara tunai sebesar 2 per lembar, maka pada saat  penerimaan di'iden tunai dilakukan pembukuan dengan jurnal pembukuan sebagai  berikut 4ebit redit 12;-;--2 312-1--

as liring C %asuk 

Pendapatan di'iden penyertaan

2.. 2..

Sedangkan penerimaan di'iden dalam bentuk saham tidak dilakukan jurnal pembukuan. ika terdapat penurunan atas nilai penyertaan, misalkan harga saham menjadi sebesar 7p 3.2 per lembar saham, maka dilakukan pembukuan dengan jurnal

4ebit redit --- 1$$-1--

erugian penurunan nilai  penyertan

Penyertaan

2.. 2..

Pada saat pelepasan penyertaan sebagian atau seluruhnya, harga jual pelepasan  penyertaan di atas nilai peneyrtaan yang ter#atat (laba). %isalkan saham dilepas semua

dengan harga 7p 2.2 per lembar akan di#atat dengan jurnal pembukuan 4ebit redit redit 12;-;--2 312-1-- ---

as liring C masuk 

Pendapatan di'iden penyertaan Daba atas penjualan penyertaan

2.2.. 2... 2..

Pada saat pelepasan penyertaan sebagian atau seluruhnya, harga jual pelepasan  penyertaan di ba&ah nilai peneyrtaan yang ter#atat (rugi). %isalkan saham dilepas

semua dengan harga 7p 3.2 per lembar akan di#atat dengan jurnal pembukuan 4ebit redit redit 12;-;--2 --- 312-1--

as liring C masuk 

7ugi atas penjualan penyertaan Pendapatan di'iden penyertaan

3.2..   2.. 2...

(11)

Pen#atatan Penertaan M"dal %ada Perusahaan Lain di Bidang !euangan dengan Met"de Ekuitas ' Equity Method (

%isalkan Bank B7I membeli 1. lembar saham P.EiFka A 7p 12. yang dibayarkan se#ara tunai melalui kliring dan penyertaan tersebut men#erminkan penyertaan Bank B7I dengan  pangsa 2. Biaya-biaya untuk pembelian saham tersebut dikeluarkan sebesar 7p 2.. yang dibayarkan se#ara tunai melalui kliring. ransaksi ini akan di#atat dengan menggunakan ,etode ekuitas sebagai berikut

Pada saat melakukan penyertaan dilakukan pembukuan dengan jurnal 4ebit redit 1$$-1-- 12;-;--3 Penyertaan

as liring C eluar 

12.2.. 12.2..

Pada saat perusahaan investee mengumumkan laba sebesar 7p 1... maka di#atat sebesar 2  7p 1... G 7p 2.. dengan jurnal pembukuan 4ebit redit 1$$-1-- 312-1-- Penyertaan

Pendapatan di'iden penyertaan

2.. 2..

Pada saat perusahaaninvesteemengumumkan rugi sebesar 7p ".. maka di#atat sebesar 2  7p ".. dengan jurnal pembukuan

4ebit redit --- 1$$-1--

7ugi atas penyertaan Penyertaan

1.. 1..

*pabila sebulan kemudian P EIH* membagi de'iden tunai sebesar 7p 1  perlembar saham, maka diperoleh di'iden sebesar 7p 1..  7p 1 G 7p

1.. 4ebit redit 12;-;--2 1$$-1--

as liring C masuk  Penyertaan

1.. 1..

Sedangkan penerimaan di'iden saham tidak dilakukan jurnal pembukuan

(12)

sebesar 7p 13.2 perlembar saham, maka dilakuka pembukuan dengan jurnal 4ebit redit --- 1$$-1--

erugian penurunan nilai  penyertaan

Penyertaan

2.. 2..

Pada saat pelepasan penyertaan sebagian atau seluruhnya, harga jual pelepasan  penyertaan di atas nilai peneyrtaan yang ter#atat (laba). %isalkan saham dilepas semua

dengan harga 7p 12.2 per lembar akan di#atat dengan jurnal pembukuan 4ebit redit redit 12;-;--2 312-1-- ---

as liring C masuk 

Pendapatan di'iden penyertaan Daba atas penjualan penyertaan

12.2.. 12...   2..

Pada saat pelepasan penyertaan sebagian atau seluruhnya, harga jual pelepasan  penyertaan di ba&ah nilai peneyrtaan yang ter#atat (rugi). %isalkan saham dilepas

semua dengan harga 7p 13.2 per lembar akan di#atat dengan jurnal pembukuan 4ebit redit redit 12;-;--2 --- 312-1--

as liring C masuk 

7ugi atas penjualan penyertaan Pendapatan di'iden penyertaan

13.2..   2.. 12...

Pen#atatan Penertaan M"dal dalam Rangka Restruksturisasi !redit

%isalkan P EIH* mempunyai kredit kepada Bank B7i dengan pokok kredit sebesar 7p 1... dan bunga kredit sebesar 7p 2... kredit tersebut diarahkan menjadi  penyertaan modal dalam rangka restrukturisasi kredit.

Pada saat melakukan penyertaan sementara dilakukan pembukuan dengan jurnal 4ebit redit redit 1$$-1-$-" 12;-;-$3-

"";-111-$3-Penyertaan modal sementara redit modal kerja5in'estasi

Pendapatan bungan ditangguhkan (sebesar kapitalisasi tunggakan  bunga)

1.2.. 1...   2..

(13)



arena tunggakan bunga sudah kapitalisasi sebagai penyertaan, maka tunggakan bunga dinihilkan. 4ebit redit <11-"1-$3-1 <1-"1-$3-1

ontrak pendapatan bunga dalam  penyertan

agihan kontijen pendapatan bunga dalam penyertaan

2.. 2..

Pada saat dilakukan penebusan pembukuan atas pendapatan bunga yang ditangguhkan dengan jurnal. 4ebit redit 12;-;--2 1$$-1-$-"

as kliring C masuk 

Penyertaan modal sementara

1... 1...

Selanjutnya dilakukan pembukuan atas pendapatan bunga yang ditangguhkan dan menihilkan rekening administrasinya.

4ebit redit 4ebit redit "";-111-$3- $3-15 3-31-$3-" <1-"1-$3-1 <11-"1-$3-1

Pendapatan bunga ditangguhkan (sebesar kapitalisasi tunggakan  bunga)

Pendapatan bunga kredit modal5  pendapatan bunga kredit in'estasi

agihan kontinjen pendapatan  bunga dalam penyelesaian

ontra pendapatan bunga dalam  penyelesaian

2.. 2.. 2.. 2..

Pada saat pelepasan penyertaan sebagian atau seluruhnya, harga jual pelepasan penyertaan di atas nilai peneyertaan yang ter#atat (laba). %isalkan saham dilepas semua dengan harga 7p 1"..., maka dilakukan pembukuan dengan jurnal

4ebit redit redit 12;-;--2 1$$-1-$-" ---

as liring C masuk 

Penyertaan modal sementara Daba atas penjualan penyertaan

1"... 1...   "...

(14)

di ba&ah nilai penyertaan yang ter#atat (rugi). %isalkan saham dilepas semua dengan harga 7p >.2.., maka akan dilakukan pembukuan dengan jurnal

4ebit redit redit 12;-;--2 --- 1$$-1-$-"

as liring C masuk 

7ugi atas penjualan penyertaan Penyertaan modal sementara

>.2..   2.. 1...

*pabila penyertaan sementara telah dijual atau dilepas seluruhnya, selanjutnya dilakukan  pembukuan atas pendapatan bunga yang ditangguhkan dan nihilkan rekening

administratifnya 4ebit redit 4ebit redit "";-111-$3- $3-15 3-31-$3-" <1-"1-$3-1 <11-"1-$3-1

Pendapatan bunga ditangguhkan (sebesar kapitalisasi tunggakan  bunga)

Pendapatan bunga kredit modal5  pendapatan bunga kredit in'estasi

agihan kontinjen pendapatan  bunga dalam penyelesaian

ontra pendapatan bunga dalam  penyelesaian

2.. 2.. 2.. 2..

*pabila penyertaan telah melebihi jangka &aktu 2 tahun, maka penyertaan sementara dari restrukturisasi kredit dihapuskan dari nera#a bank 

4ebit redit 1$:-"-$-1 1$$-1-$-"

PP*P khusus penyertaan modal sementara

Penyertaan modal sementara

1... 1...

(15)

Pen#atatan Penertaan M"dal Pada Perusahaan Lain Di Bidang !euangan

%isal B0I membeli 1.. lembar saham P 64/ AI47 2. yang dibayar melalui kliring.

- ntuk metode biaya, informasi yang diperoleh men#erminkan penyertaan B0I dengan pangsa pasar 1;. - ntuk metode ekuitas, informasi yang diperoleh men#erminkan penyertaan B0I dengan pangsa pasar 2. Biaya-biaya yang dieluarkan sebesar I47 2.. yang dibayarkanmelalui kliring. *kan dilakukan pen#atatan dengan jurnal

eterangan %etode Biaya %etode /kuitas

Saat melakukan penyertaan

4 Penyertaan

 as kliring keluar 

4 Penyertaan

 as kliring keluar  P 64/ membagikan di'iden tunai I47 2 per

lembar saham

4 as kliring masuk 

 Pendapatan di'iden penyertaan

4 as kliring masuk   Penyertaan

Saat terjadi pembagian di'iden dalam bentuk

saham (tidak dilakukan jurnal) (tidak dilakukan jurnal) erjadi penurunan atas nilai penyertaan, menjadi

I47 3.2 per lembar saham

4 erugian penurunan nilai  penyertaan

 Penyertaan

4 erugian penurunan nilai penyertaan  Penyertaan

Saat pelepasan penyertaan, dengan harga jual I47 2.2 per lembar saham

4 as kliring masuk   Penyertaan

 Daba atas penjualan penyertaan

4 as kliring masuk   Penyertaan

 Daba atas penjualan penyertaan Saat pelepasan penyertaan, dengan harga jual I47

2.2 per lembar saham

4 as kliring masuk 

4 7ugi atas penjualan penyertaan  Penyertaan

4 as kliring masuk 

4 7ugi atas penjualan penyertaan  Penyertaan

(16)

Saat P 64/ mengumumkan laba sebesar - 4 Penyertaan

 Pendapatan di'iden penyertaan Saat P 64/ mengumumkan rugi I47 - 4 7ugi atas penyertaan

 Penyertaan

Pen#atatan Penertaan M"dal Dalam Rangka Restrukturisasi !redit

%isal P 6akra&ala mempunyai kredit ke B0I dengan pokok kredit I47 1... dan bunga kredit I47 2... redit tersebut dialihkan menjadi penyertaan modal dalam rangka restrukturisasi kredit

Saat melakukan penyertaan sementara

4 Penyertaan modal sementara 1.2..  redit modal kerja 1...  Pendapatan bungan ditangguhkan 2.. Pada saat tunggakan bunga dikapitalisasi sebagai

 penyertaan, maka tunggakan bunga dinihilkan

4 ontra pendapatan bunga dalam penyelesaian 2..  agihan kontinjen pendapatan bunga dalam penyelesaian

2..

Saat dilakukan penebusan atas penyertaan sementara 4 as kliring masuk 1...  Penyertaan modal sementara 1...

Pembukuan pendapatan bunga yang ditangguhkan dan menihilkan rekening administratifnya

4 Pendapatan bunga ditangguhkan 2..  Pendapatan bunga kredit modal kerja 2.. 4 agihan kontinjen pendapatan bunga dalam penyelesaian

2..

 ontra pendapatan bunga dalam penyelesaian 2..

(17)

I47 1"...  Penyertaan modal sementara 1...  Daba atas penjualan penyertaan "... Saat pelepasan penyertaan sementara, misal harga jual

I47 >.2..

4 as kliring masuk >.2.. 4 7ugi atas penjualan penyertaan 2..  Penyertaan modal sementara 1...

*pabila penyertaan sementara telah dijual, maka perlu dilakukan pembukuan atas pendapatan bunga yang ditangguhkan

4 Pendapatan bunga ditangguhkan 2..  Pendapatan bunga kredit modal kerja 2.. 4 agihan kontinjen pendapatan bunga dalam penyelesaian

2..

 ontra pendapatan bunga dalam penyelesaian 2..

Bila penyertaan sementara telah melebihi jangka &aktu 2 tahun, maka penyertaan sementara harus dihapuskan dari nera#a bank 

4 PP*P khusus penyertaan modal sementara 1...  Penyertaan modal sementara 1...

Pen#atatan Penisihan Pengha%usan Akti)a Pr"duktif 'PPAP(

Pembentukan PP*P dimaksudkan untuk mengurangi risiko tidak kembalinya dana yang ditempatkan tersebut. Berdasarkan S BI 0o.$1513<5/P54I7 tgl 1" 4esember 1>>< pembentukan PP*P minimal sebesar

 6adangan mum sebesar 1  *ktifa Produktif Dan#ar  7isiko Bank ()  6adangan husus sebesar

(18)

o 2  *kti'a Produktif 4alam Perhatian husus (4P)  7isiko Bank 

o 12  (*kti'a Poduktif urang Da#ar C 0ilai *gunan)  7isiko Bank 

o 2  (*kti'a Produktif 4iragukan C 0ilai *gunan)  7isiko Bank 

(19)

Daftar Pustaka Pedoman *kuntasi Perbankan Indonesia "< buku "

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :