TRAINING KONSELOR. Tujuan konseling Kristen adalah memimpin setiap orang memiliki gambar Allah dan hidup berkemenangan (Jeff Hammond).

11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1 TRAINING KONSELOR

Tujuan konseling Kristen adalah memimpin setiap orang memiliki gambar Allah dan hidup berkemenangan (Jeff Hammond).

Tujuan konseling bukan sekedar berfokus kepada “apakah akar permasalahannya?” atau “hal apakah yang membuat problemnya tetap bertahan?”, tetapi kepada pendekatan, “bagaimana kita menciptakan solusi bersama dengan konseli?” (Charles Allen Kollar).

Charles Allen Kollar percaya bahwa perubahan yang sebenarnya terjadi apabila proses pembentukan Roh Kudus diijinkan berlangsung. Tugas konselor adalah menolong konseli menemukan potensi solusi yang telah diberikan dalam dirinya. Sebab setiap Orang Kristen memiliki potensi (benih) untuk bertumbuh serupa gambar Allah (I Yoh 3:9).

CIRI-CIRI KONSELOR YANG EFEKTIF

1. Bersikap hangat; sikap menunjukkan kepedulian, menghargai dan memiliki perhatian yang tulus tanpa memandang sikap atau tingkah laku orang yang di konseling. (baca Yohanes 4, mengenai perempuan Samaria).

2. Bersikap murni; sikap “sungguh-sungguh”, terbuka, tulus dan tidak memainkan peranan secara berlebihan. Jujur dan menjadi diri sendiri (tidak meniru orang lain).

3. Bersikap empati / peka; menempatkan diri di posisi orang tersebut. Sensitif / peka terhadap perasaan, nilai, kepercayaan, konflik dan luka-luka dalam kliennya.

4. Mempunyai kasih yang tidak bersyarat; “mengasihi orang yang tidak pantas dikasihi”, mengasihi karena Allah telah mengasihi lebih dahulu.

5. Belas kasihan.

6. Bersikap menyenangkan. 7. Bersikap netral.

(2)

2 PRAKTEK MENDOAKAN DALAM BERBAGAI ASPEK

DOA MENERIMA YESUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT:

Langkah 1: Sebagai konselor kita meminta orang yang akan menerima Yesus untuk mengikuti doa kita. Jika belum dilakukan kita bisa minta orang tersebut mengulang sekali lagi dengan jelas.

Contoh: Tuhan Yesus. Aku adalah orang berdosa. Ampunilah aku atas segala dosa-dosaku. Aku percaya Engkau telah mati dikayu salib dan bangkit untuk menebus dosa-dosaku. Saat ini aku mengundang Engkau masuk dalam hatiku menjadi Tuhan dan Juruselamat pribadi dalam hidupku.Terimakasih Tuhan Yesus. Amin

Langkah 2: Setelah itu kita bisa mendoakan orang tersebut tanpa dia harus mengikuti doa kita.

Contoh: Bapa didalam nama Tuhan Yesus aku berdoa meteraikan keselamatanmu dalam hidupnya. Ampuni segala dosa-dosanya. Aku berdoa berkat dan kasih Allah mengalir dalam hidupnya. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin

(3)

3 DOA KESEMBUHAN:

Langkah 1: Kita menanyakan penyakit yang diderita orang tersebut atau dibagian mana yang mengalami sakit.

Langkah 2: Kita dapat melakukan penumpangan tangan di bagian yang sakit, atau dibagian kepala atau pundak atau dada. Hindari melakukan ini dengan lawan jenis.

Contoh: Saat ini aku berdoa, aku melepaskan kuasa kesembuhan Allah mengalir di tubuhnya menyembuhkan dia dari segala penyakit __________ di dalam nama Tuhan Yesus. Aku perintahkan segala sakit penyakit pergi / keluar dan menjadi sembuh di dalam nama Tuhan Yesus. Aku berdoa pemulihan yang sempurna terjadi sekarang juga. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin

Langkah 3: Kita dapat mendoakan juga untuk penghiburan, kekuatan dan iman pengharapan dari Tuhan bagi orang yang sakit ataupun untuk penanganan medis yang akan dilaksanakan.

(4)

4 DOA PEMULIHAN HATI BAPA:

Langkah 1: Untuk mendoakan orang yang akan dipulihkan hati Bapa sebaiknya kita merangkulnya (sejenis) sambil mendoakan, agar orang tersebut mengalami kasih Tuhan disalurkan melalui kita.

Contoh:

Aku berdoa dalam nama Tuhan Yesus kasih Bapa mengalir dalam hidupnya, kasih Bapa menjamah hatinya, memulihkan setiap luka, kepahitan, kekecewaan di hidupnya. Saat ini terima kasih Allah Bapa didalam nama Tuhan Yesus. Amin Langkah 2: Selanjutnya jika diperlukan kita dapat bimbing dia mengampuni keluarga, atau orang-orang yang pernah melukai hatinya sehingga dia mengalami kepahitan, kekecewaan atau kebencian. Minta agar orang tersebut mengikuti doa kita.

Contoh: Saat ini aku mau mengambil keputusan untuk mengampuni orang-orang yang pernah melukai hatiku dan mengecewakan aku yaitu ________ (sebut satu persatu), aku mau mengampuni mereka dan melepaskan berkat. Aku minta kasih Tuhan memenuhi hatiku dan menyembuhkan luka-luka di batinku.

Langkah 3: Konselor bisa lanjut mendoakan orang tersebut untuk pemulihan lebih lanjut.

(5)

5 DOA BAPTISAN ROH KUDUS:

Langkah 1: Doakan terlebih dahulu orang-orang yang kelihatan siap dan sudah mulai alami manifestasi.

Langkah 2: Lakukan penumpangan tangan di dahi sambil berjaga-jaga jika orang yang didoakan rebah.

Contoh: Tuhan Yesus baptis dia dengan baptisan Roh Kudusmu. Terima Baptisan Roh Kudus saat ini juga di dalam nama Tuhan Yesus, dengan tanda berbahasa roh. Roh Kudus penuhi hidupnya saat ini di dalam nama Tuhan Yesus. Terima karunia-karunia Roh Kudus di dalam nama Tuhan Yesus.

Langkah 3: Kita bisa juga berdoa sambil berbahasa roh mendampingi orang yang didoakan. Dan bantu arahkan mereka untuk mengeluarkan suara. Jika mereka sudah menerima karunia bahasa roh, kita dapat teguhkan dengan menyampaikan ke orang tersebut agar teruskan berdoa dalam roh.

(6)

6 DOA PELEPASAN:

Langkah 1: Kita doa untuk mematahkan / memutuskan setiap (keturunan, sakit penyakit, kemiskinan, perceraian) di dalam nama Tuhan Yesus.

Langkah 2: Kita doakan dari form list dosa untuk mengikat dan mengusir setiap kuasa roh jahat keluar di dalam nama Tuhan Yesus. Kita bisa doakan secara satu persatu dan mengajak orang tersebut mengikuti.

Contoh: Saat ini aku berdoa, aku mematahkan / memutuskan setiap kutuk (keturunan, sakit penyakit, kemiskinan, perceraian) di dalam nama Tuhan Yesus. Aku mengikat dan mengusir setiap kuasa roh jahat keluar di dalam nama Tuhan Yesus. Aku mematahkan setiap belenggu kuasa kegelapan dan kuasa dosa yang telah mengikat hidupnya selama ini di dalam nama Yesus. Aku minta kasih dan kuasa Tuhan di dalam nama Yesus memulihkan roh, jiwa dan tubuhnya. Basuh dirinya dengan kuasa darahmu Tuhan Yesus. Amin

(7)

7 LAMPIRAN PELAYANAN PELEPASAN

Memulai doa pelepasan

- Permulaan pelayanan lihat dan perhatikan siapa saja yang siap untuk dilayani pelepasan, yaitu roh-roh yang sudah mulai bermanifestasi.

- Apabila yang didoakan mulai memberontak atau menunjukkan sikap kasar, segera pegang kendali untuk apa yang terjadi supaya orang yang didoakan tersebut tidak jatuh menimpa orang lain atau melukai sekelilingnya.

- Ikatan adalah seperti kuk atau hubungan yang harus diputuskan sebelum roh jahat diusir keluar. Patahkan semua sumpah pribadi atau kutuk keturunan dari nenek moyang atau perjanjian yang pernah dibuat dengan dewa-dewa atau kuasa gelap.

- Waktu kita mematahkan ikatan tersebut, perhatikan reaksi dari kuasa gelap saat kata-kata kuasa doa sedang diucapkan, sebab hal tersebut akan memberikan petunjuk kepada kita di area mana keterikatan itu ada.

Memerintahkan roh jahat keluar

- Anda berbicara kepada roh jahat secara langsung, agresif, dan tegas.

- Langsung melihat kepada mata orang tersebut. Biarkan otoritas didalam diri anda bermanifestasi lewat kata-kata, intonasi suara mata anda.

- Secara langsung bicara kepada kuasa gelap dengan pemerintah yang diulang sbb:

Keluar dalam nama Tuhan Yesus ! Roh ________ Keluar

Keluar ! Keluar ! Sekarang, dalam nama Tuhan Yesus!

- Apabila ada latar belakang suara orang lain yang juga sedang dilepaskan membuat suara anda kurang terdengar, berbicaralah langsung dekat telinga orang tersebut dengan menjaga volume agar pendengaran orang yang sedang didoakan tidak menjadi rusak.

(8)

8 Bila roh jahat menolak untuk keluar

- Dalam beberapa kasus pelepasan kuasa gelap akan bermanifestasi dan akan mulai menyorotkan pandangan kebencian menantang untuk berdebat dan melawan pelepasan ini.

- Roh jahat mungkin berkata: “Tidak ! Aku tidak ingin pergi” “Dia adalah milikku”

“Aku sudah disini begitu lamanya”

"Kuasa gelap / iblis juga bisa mentertawakan dan menghujat"

- Jangan gentar / takut, tetapi nyatakan kebenaran Firman Allah dengan kuat dan tantang kembali si roh jahat kembali.

Contoh:

Fil 2:10 Supaya dalam nama Yesus bertekuk dan penguasa-penguasa dan mejadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

Ef 1: 21 Jauh lebih tinggi dari segala pemerintah edan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut. Bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

Ef 1:7 Sebab didalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karuniaNya.

Luk 10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak Ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

- Terus menerus berdoa dalam bahasa roh sambil memaksa roh jahat untuk tunduk dan menyerah kepada perintah kita dan kepada nama dan otoritas Yesus Kristus. Bisa juga dengan menaikkan puji-pujian bersama mengelilingi orang tersebut.

(9)

9 - Setelah beberapa waktu kita memandang mata orang tersebut sepertinya sedang mencari jalan keluar, atau mata yang mulai menutup. Roh jahat kehilangan pijakan! Saat itu, kita perintahkan roh jahat tersebut untuk keluar. - Pada saat orang tersebut bermanifestasi (Mis: dengan batuk-batuk) kita

usahakan untuk membuat orang tersebut dalam keadaan duduk atau berbaring supaya ia dapat batuk dengan lebih leluasa.

Kemungkinan manifestasi

- Ada orang yang dilepaskan tanpa atau sama sekali tidak bermanifestasi. Untuk itu kita tidak boleh membuat manifestasi sebagai fokus yang harus diproses.

- Di bawah ini adalah daftar isi dari kemungkinan-kemungkinan manifestasi dari kuasa gelap / iblis:

o Mengigil.

o Jatuh ke tanah. o Gemetaran.

o Gerakan yang tidak teratur pada kaki, lengan atau sekujur tubuh. o Perubahan seperti berputar pada sekujur tubuh atau tangan.

o Reaksi kekerasan yang mendadak diikuti kejang-kejang pada lengan. o Teriakan atau raungan atau berteriak membuat gaduh.

o Desisan cemoohan. o Bentakan, hadirkan.

o Kata-kata kasar atau ancaman.

o Ejekan atau hinaan dalam warna tawanya.

o Kebencian yang amat sangat, ditambah dengan sorotan mata yang tajam. o Mata yang berputar-putar tanpa tujuan.

o Lidah yang bergerak-gerak kedalam dan keluar. o Meludah, batuk-batuk atau muntah.

(10)

10 Mengendalikan manifestasi

- Kita harus mencegah orang yang bermanifestasi untuk tidak melukai diri sendiri, memukul, menendang atau jatuh menimpa seseorang.

- Kita harus berdiri didekat orang tersebut dan memegang tangannya dengan baik.

- Kita harus dapat mencegah timbulnya segala hal-hal yang membahayakan. - Kepekaan dibutuhkan terutama kita berdoa untuk seseorang yang pernah

mengalami kekerasan seksual atau mereka yang pernah mengalami trauma dan shock. Berkomunikasilah dengan orang tersebut dan meminta kerjasama dengan mereka.

- Manifestasi dapat menjadi suatu kekerasan jika:

o Orang tersebut masih punya sumpah yang belum dipatahkan atau pernah dipersembahkan kepada roh jahat.atau punya jimat-jimat.

o Orang terebut memakai aji-ajian.

o Orang tersebut masih memegang kebencian yang mendalam atau kepahitan.

- Jika pelepasan tidak terjadi, berhentilah mengusir roh jahat tersebut dan berbicara dengan orang tersebut!

o Misalnya: John! John! Dengarkanlah saya ingin anda bicara kepada saya! o Katakanlah, bahwa mereka perlu bekerjasama untuk secara tegas menolak

roh jahat tersebut.

o Jelaskan bahwa perlu bertobat dari dosa, menolak segala bentuk roh jahat dan melepaskan pengampunan untuk orang-orang yang menyakiti.

o Pimpinlah orang tersebut untuk mengakui Yesus Kristus sebagai Juru selamat dan Tuhan, bertobat dari dosa-dosa, memutuskan segala hubungan dengan roh jahat dan berseru kepada nama tuhan untuk menyelamatkan mereka.

(11)

11 Mengetahui kalau pelepasan sudah terjadi

- Pelepasan adalah suatu yang terjadi berkelanjutan. Jadi tidak semua dapat diselesaikan dalam satu session.

- Kita dapat mangatakan sudah terjadi pelepasan atau suatu tingkat pelepasan sudah terjadi apabila: Setelah manifestasi ada suatu kelegaan dalam orang tersebut. Bahkan kita juga dapat merasakan hal yang sama dalam batin kita atau orang tersebut mengatakan bahwa ‘sudah bebas sekarang’.

Mengapa ada orang yang tidak bisa dilepaskan.

- Kadang-kadang roh jahat bersembunyi dan menipu. Teruslah berdoa dalam berdoa dalam roh dan lihatlah apa yang terjadi.

- Selalu ada alasan mengapa orang tidak dapat dilepaskan, tanyalah kepada Roh Kudus. Namun ada beberapa kemungkinan:

o Dosa yang belum diakui. o Tidak mengampuni. o Kurang beriman. o Masih dikendalikan.

o Orang tersebut masih terikat dengan menyembah berhala. o Orang tersebut kurang siap - tidak haus dan rindu dilepaskan. o Orang tersebut pasif - tidak berusaha menolak.

Setelah pelepasan

- Pelepasan yang hebat dapat menyebabkan kering, emosi dan sedikit tidak terarah.

- Setelah pelepasan, doakan dan minta Tuhan untuk menutup semua pintu yang dapat dipakai roh-roh jahat, dan meteraikan Darah Yesus.

- Doakan supaya Roh Kudus untuk membersihkan dan mengisi setiap yang telah ditinggalkan roh jahat. Impartasikan kasih dan sukacita.

- Tinggallah sebentar bersama dia dan pastikan dia menyadari kasih yang anda berikan untuk dia dan kasih yang Tuhan berikan.

- Motivasi orang tersebut untuk mengisi hidupnya dengan doa, firman dan ibadah rutin.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :