• Tidak ada hasil yang ditemukan

JENIS JENIS BAHAN KEMEJA pdf

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "JENIS JENIS BAHAN KEMEJA pdf"

Copied!
8
0
0

Teks penuh

(1)

JENIS-JENIS BAHAN KEMEJA

Mata Kuliah:

LITERASI TIK Dibuat oleh:

ANGGARA GAGAH WICAKSONO 1401154288 TEUKU VERBI ALFARABI 1401150036

FARIZ ARDIANSYAH 1401154106

ZARTH ZARSTRZHEMBSKY 1401154148 ADRIAN HANIFATHAN WIDYASTADI 1401154190

TRI ILHAM MAULANA 1401154232

PROGRAM STUDI MBTI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

TELKOM UNIVERSITY

(2)

Bahan-Bahan Kemeja

1. Kemeja bahan denim

Bahan kemeja populer lain ialah denim, atau akrab dengan istilah jeans (jins), atau levis (lepis). Mungkin zaman dulu kita hanya mengenal kain ini digunakan untuk membuat celana dan jaket saja. Dalam perkembangannya, kain denim mulai dipakai untuk membuat pakaian lain seperti kemeja bahkan gamis. Diluar dari ketebalan sebagai kelebihan utamanya, kain jeans bertekstur kasar dan lebih panas saat dipakai, terlebih pada siang hari. Jadi, kemeja bahan denim lebih cocok untuk kondisi malam hari. Harganya sama saja seperti bahan lain yang bervariasi. Untuk kualitas rendah umumnya berkisar antara 20rb hingga 40rb, selebihnya masuk golongan mahal atau kualitas super. Anda bisa mendatangi langsung toko kain grosir terdekat di daerah anda, atau go online pun sudah tersedia seperti kaskus. Kemeja couple bahan denim mulai trending saat ini, selain untuk seragam komunitas.

2. Model kemeja bahan drill

(3)

3. Bahan flanel untuk kemeja

Mendengar kata “flanel”, saya yakin anda akan langsung membayangkan aneka kerajinan tangan kain flanel yang indah. Yah, kain flanel lebih terkenal dengan kecantikannya untuk membuat berbagai kerajinan. Anda bisa belajar langsung bagaimana cara membuat sarung HP dari kain flanel disini. Ternyata, di era modern ini kain flanel juga dipakai untuk membuat baju kemeja. Bahan flanel memang berasal dari benang wol yang tebal. Sebenarnya kurang cocok untuk pakaian karena cenderung panas dikulit. Untuk kemeja, kain flanel lebih sering digunakan untuk kemeja laki-laki bermotif mewah daripada wanita.

Demikian beberapa jenis bahan kemeja yang paling populer saat ini. Untuk menentukan mana yang terbaik, kembali lagi pada kebutuhan pribadi masing-masing; apakah anda butuh untuk kerja lapangan, acara formal malam hari, agau bahkan naik gunung, loh naik gunung pakai kemeja :v ! Selain 4 bahan di atas, ada juga bahan dan merk lainnya seperti bahan akrilik (acrylic), chiffon (sipon), Oxford (Taipan Tropical), tenun, ripstop, slim fit, sogo, songket, spandek, street, poplin, polkadot (pdl), PSD, Nagata, Kanvas, PDH, dan ceruti.

Sumber: http://www.bisniskonfeksi.com/mengenal-bahan-terbaik-bagus-berkualitas-untuk-kemeja/

4. Kain Drill

(4)

[Bahan Kain Drill]

Bahan kain ini juga berciri lembut, kuat, tahan kusut, dan tidak mudah pudar. Kain drill memiliki tekstur garis diagonal dan memiliki sifat tenun yang rapat. Sayangnya kain drill juga sedikit panas, terutama saat cuaca panas.

Kain drill terdapat berbagai macam jenisnya. Paling populer adalah Japan Drill, bahan ini paling kuat dan tebal dibanding jenis drill lainnya karena memiliki serat besar. Jenis kain drill lainnya, ada American Drill yang berserat sedang dengan bahan kombinasi poliyester dan katun.

5. Kain Oxford atau Taipan Tropical

Kain yang banyak digunakan untuk bahan kemeja seragam maupun kemeja santai. Kain Oxford atau yang juga dikenal dengan kain Taipan Tropical memiliki variasi warna yang beragam. Karena itulah banyak digunakan oleh distro atau factory outlet untuk bahan kemeja. Kain Oxford Taipan Tropical

Kain Oxford dibuat dari katun dengan sedikit campuran poliyester, Teksturnya yang lembut dan tidak terlalu tebal sehingga tidak terasa panas saat dipakai. Kain Oxford juga digunakan untuk seragam sekolah.

Sumber: http://www.custombagus.com/blog/27217-aneka-bahan-kain-untuk-kemeja-dan-seragam-kerja

6. ACRYLIC

Acrylic adalah kain dari jenis serat sintetis,dikenal dengan nama dagang Acrilian, Cashmilon, Orlon, Vonnel, Wolacryl, dan lainnya.

(5)

kenyamanan dalam pemakaian. Kelebihannya adalah walaupun seratnya tidak mampu menyerap air namun berasa lembab bila digunakan dan acrylic bersifat lebih cepat kering dibandingkan dengan serat sintetik lainnya.

Pencuciannya dapat digunakan dengan sabun biasa dan tahan terhadap pencucian kimia dry cleaning dan pelarut organic lainnya. Acrylic sangat peka terhadap panas karena menyebabkan bahan terdistorsi, oleh karena itu penyetrikaan hanya dilakukan dengan setrika hangat ataupun tidak langsung di permukaan kainnya (dilapisi kain tipis lain).

Implementasi bahan ini, di pasaran dapat kita lihat di bahan kotak-kotak beragam warna (merah hitam, merah hitam biru, model burberry dll). Atau pada bahan polos untuk keperluan seragam, bahan ini biasanya diaplikasikan dalam bentuk jas formal, jas semi formal ataupun jasket (jas jaket).

7. CASHMERE

Berbeda dengan kain wol, nama cashmere sebenarnya diambil dari nama dataran tinggi Kashmir di India. Di sana banyak terdapat kambing-kambing yang menyumbangkan bulu indahnya untuk bahan kain yang satu ini. Warna dasarnya hitam, cokelat dan putih, namun dengan melalui beberapa proses, saat ini warnanya lebih beragam.

Cashmere yang terkenal berasal dari Mongolia dan China, bahan tersebut pada umumnya dijadikan rajutan yang sangat cantik dan memberikan kehangatan.

Bahan ini tergolong mewah, dengan kualitas prima. Jangan heran bila embel-embel price tagnya pun tergolong menguras kantung. Dipadukan dengan rok yang elegan ataupun dengan jeans saja, cashmere tetap terlihat mewah dan mahal. Semakin sering dicuci, bahan ini akan semakin halus. Tapi perhatikan dulu, tidak sembarang cuci, karena mencucinya pun dilakukan dengan shampoo.

(6)

8. POLY ESTER /PE (jenis serat sintetis)

Bahan dasarnya adalah benang Polyester.Bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan kaos berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik.Kain ini tingkatannya dibawah katun.

Untuk kain kaos yang berbahan dasar PE bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan kain kaos yang berbahan dasar katun (cotton). Cara mudah membedakannya adalah kain PE apabila dibakar maka baunya seperti plastik dibakar, jalan apinya cepat dan akan menjadi arang. Keunggulan: untuk implementasi kaos PE harganya murah

Kelemahan: Pada beberapa jenis PE untuk bahan kaos, kain ini rawan kisut apabila dicuci dan mudah luntur.

Pada jenis PE untuk bahan sweater, biasanya suka berbulu sesudah beberapa kali dicuci.

Dikenal dengan nama dagang Terylene, Dacron, Trivera, Tetoron. Kekuatan, elastisitas yang baik dari serat polyester menghasilkan kain yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap lekukan atau kekusutan sehingga tidak memerlukan penyetrikaan panas. Kekurangan dari kain polyester adalah daya serap lembabnya rendah dan kekakuan yang tinggi sehingga kenyamanan berkurang.

Pewarnaan polyester dilakukan dengan menggunakan zar warna disperse yang kaya warna dan mempunyai ketahanan luntur warna yang sangat baik terhadap pencucian, gosokan dan sinar.

Kain polyester tahan terhadap pelarut organic dan pencucian kimia / dry cleaning, serta mempunyai ketahanan yang sangat baik terhadap bakteri dan jamur.

(7)

diproses lebih lanjut untuk dapat menghasilkan kain berkualitas yang memiliki sifat unggul dalam banyak hal, yang terbaru adalah : anti air (water repellent), anti noda minyak dan sejenisnya, breathable, dan juga tentu saja ketahanan yang tinggi.

9. LIGHTWEIGHT WOOLS

Di kepala Anda, kain wol mungkin langsung identik dengan bahan yang berat.Kain wol terbuat dari bulu domba yang diolah. Bahannya cukup berat, hangat dan halus. Bahan ini biasa digunakan sebagai jaket, mantel, sweater atau syal. Sedangkan lightweight wool, seperti namanya, merupakan wool yang lebih ringan, namun tetap hangat, dan bisa dipadukan dengan apa saja, jatuhnya di badan pun enak dilihat, kelebihannya, kain ini agak ‘bandel’ alias tahan banting (awet).

10.TWILL

Kain Twill Cotton memiliki permukaan kain yang sama dengan drill, yaitu diagonal. Seiring dengan kebutuhan, twill cotton kemudian diproduksi turunannya baik dari ketebalannya maupun kerapatan tenunannya. Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, bahan kain twill banyak digunakan untuk kemeja lapangan, jaket (baik jaket kantor juga jaket lapangan), maupun celana lapangan bentuk kargo.

11.KANVAS

Kanvas masih masuk dalam keluarga cotton, lebih tepatnya katun dan linen. Penggunaan kain kanvas pada awalnya adalah untuk kebutuhan tenda, layar perahu, tas lapangan, ataupun hal-hal lain yang membutuhkan ketahanan yang kuat. Pada perkembangannya kanvas diproduksi juga untuk kebutuhan fashion seperti pakaian ataupun sepatu.

(8)

apakah untuk kemeja ataupun jaket. Tersedia juga jenis kain kanvas ribstop dengan variasi guratan kotak kotak di permukaannya.

12.GABARDINE

Gabardine adalah jenis kain polyester yang secara sepintas mirip dengan Twill dengan garis berbentuk diagonal. Gabardine cukup nyaman dipakai dan mempunyai kerapatan yang lebih renggang daripada Twill. Di pasaran gabardine sering disebut bahan Lea (bahan untuk produk merek “Lea”).

13.LEATHER & SUEDE

Seperti kain pada dasarnya, bahan kulit ini ada yang terbuat dari bahan asli (kulit buaya, kulit kerbau, kulit sapi, kulit katak, kulit ular, dan lain sebagainya) serta ada yang sintetis (buatan). Namun pada dasarnya semua bahan kulit ini membutuhkan perawatan khusus, seperti menyimpan di tempat yang tidak terlalu lembab agar tidak berjamur, menjaga kelembaban bahan agar kulit tidak pecah serta tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari.

Biasanya digunakan celana, tas sampai sepatu . Dua-duanya sebenarnya sama-sama terbuat dari kulit, leather dibuat dari kulit luar, suede dibuat dari bagian kulit dalam. Cari yang halus dan tidak kaku. Untuk leather, pilih yang tidak mengkilap untuk kesan mahal dan elegan.Mengkilap malahan berkesan murahan.

Referensi

Dokumen terkait

Menurut Sugiyono (2012:7), menyatakan bahwa metode penelitian kualitatif merupakan sistem analisis berdasarkan pada prinsip postpositivisme , penggunaanya untuk analisis dalam

Even there was a tendency that communicative students dominate the quantity of interaction in their speaking especially in time of speaking but this research also

Dengan strategi yang baik diharapkan kinerja bidang keuangan dapat lebih optimal untuk mendukung pencapaian kinerja rumah sakit sesuai dengan tugas dan fungsinya.. Kata Kunci

Pada saat kaki kanan melewati kaki kiri maka angkat badan dengan kedua tangan agar kaki kanan dapat berputar kebelakang melewati kaki kiri lalu kemudian kembali ke posisi awal.. 2.4

Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa perlu di tingkatkan upaya preventif dan promotif tentang perilaku kekerasan pada masyarakat, secara khusus

Saio esperimentalek erakutsi izan dute elikadura bikoitzeko sorgailu asinkronoen ezaugarriez baliatuz, goberna daitekeela parke eolikoek sare elektrikoarekin

Masalah lain yang dihadapi dalam penelitian arsitektur adalah ketidakmungkinan melakukan eksperimentasi yang terjadi terhadap masalah" masalah sosial yang ada,

Guru yang mengambil kertas soalan hendaklah mengambil kertas soalan 10 minit lebih awal daripada jadual dan mengisi Borang Pengambilan Soalan9. Kertas jawapan pelajar