• Tidak ada hasil yang ditemukan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Game edukasi yang berbasiskan game 3D dengan nama Edu Fun Race

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Game edukasi yang berbasiskan game 3D dengan nama Edu Fun Race"

Copied!
38
0
0

Teks penuh

(1)

115 BAB 4

IMPLEMENTAS I DAN EVALUAS I

Game edukasi yang berbasiskan game 3D dengan nama Edu Fun Race merupakan game yang secara khusus dirancang untuk memotivasi pemain untuk mengetahui / mempelajari pengetahuan umum. Edu Fun Race ditujukan untuk menarik minat semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Disini pemain juga akan dapat melatih syaraf motoriknya dalam mencapai score tertinggi baik dalam segi permainan maupun dalam hal edukasi. Selain itu, diharapkan dengan adanya game ini maka pemain dapat mempunyai minat dan termotivasi dalam hal pembelajaran serta dapat menyeimbangkan koordinasi otak kanan dan kiri baik dalam segi logika maupun dalam hal kreativitas. Oleh karena itu, perancangan soal-soal yang disajikan dalam game Edu Fun Race dilakukan dengan mengacu pada pada beberapa segmen edukasi. Diantaranya adalah:

1. Bahasa (Language)

Bahasa yang digunakan dalam game adalah Bahasa Inggris, untuk melatih kemampuan bahasa inggris pemain/user.

2. Pengetahuan Umum (General Knowledge)

M ateri edukasi yang diberikan berkisar pada pengetahuan umum, mengingat target pengguna/user game adalah orang awam dan bukan pada kalangan spesialis bidang tertentu..

3. Kontrol saraf motorik

Penyeimbangan kontrol antara saraf \motorik dengan otak memiliki peranan yang penting dalam kehidupan dimana tingkat penyeimbangan kedua hal

(2)

116

tersebut akan mempengaruhi daya kreatifitas dan aktifitas user pada dunia nyata.

4.1 Komponen Teknis Aplikasi Game 4.1.1 Komponen Aplikasi Game

Komponen aplikasi game ini adalah komponen utama yang merupakan bagian penyusun dari keseluruhan aplikasi game 3D Edu Fun Race yang nantinya akan digunakan oleh pengguna. Aplikasi ini akan memberikan tampilan user interface dengan menu pendukung yang akan berperan menjadi perantara interaksi antara user dengan game serta sebagai media pembantu bagi user yang berperan dalam menyediakan informasi selama permainan seperti status, kecepatan, dll.

4.1.2 Database

Komponen database berfungsi untuk menyimpan data score, data player serta soal-soal dan materi edukasi yang akan disajikan dalam game, khususnya dalam fitur Edu Challenge.

4.2 Dukungan Perangkat Keras dan Piranti Lunak Dalam Perancangan dan Pengembangan Aplikasi

Dalam proses perancangan dan pengembangan aplikasi game Edu Fun Race dibutuhkan dukungan perangkat keras / hardware dan piranti lunak / softwar e dengan ketentuan dan spesifikasi tertentu.

1. Perangkat Keras / Hardware

(3)

117

Random Access Memory (RAM) dengan kapasitas 512 M b atau lebih. Harddisk dengan spasi kosong 750 M b.

Video Graphic Adapter (VGA) dengan kapasitas 128 M b atau lebih dan mendukung OpenGL

Sound Card Speaker

Mouse dan Keyboard

Koneksi LAN untuk memainakn fitur multiplayer DVD ROM dan CD RW

2. Piranti Lunak / Software

Microsoft Windows XP SP2/Vista SP1 Torque Game Engine 1.5.2

Torque ShowTool Pro Microsoft Visual C++ 2005 Codeweaver / Notepad++/Textpad Milkshape 3D

3D Max 8

MySql database engine Mysql ODBC Connector

4.3 Dukungan Perangkat Keras dan Piranti Lunak Dalam Implementasi Aplikasi Dalam implemtasi dibutuhkan dukungan perangkat keras / hardware dan piranti lunak / software dengan ketentuan dan spesifikasi tertentu.

(4)

118

Central Processing Unit (CPU) dengan kecepatan prosesor 2,4 Ghz atau lebih. Random Access Memory (RAM) dengan kapasitas 512 M b atau lebih.

Harddisk dengan spasi kosong 500 Gb

Video Graphic Adapter (VGA) dengan kapasitas 128 M b atau lebih dan mendukung OpenGL atau Direct3D

Sound Card Speaker

Mouse dan Keyboard

Koneksi LAN untuk memainakn fitur multiplayer DVD ROM dan CD RW

2. Piranti Lunak / Software

Microsoft Windows XP SP2/ Vista SP1 MySql database Engine

Mysql ODBC Connector

4.4 Petunjuk Instalasi Aplikasi Game 4.4.1 Instalasi Game

Pada instalasi game cukup menjalankan file edu_fun_setup.exe yang disediakan di dalam paket game. Pada gambar 4.1 terlihat bahwa installer sudah dijalankan dan menunggu proses selanjutnya untuk menginstal. Untuk menginstallnya lanjutkan dengan menekan tombol next. Untuk membatalkan penginstalan silahkan tekan tombol exit kemudia layar pengintalan EduFunRace akan ditutup.

(5)

119

Gambar 4.1. Instalasi Program EduFunRace

4.4.2 Instalasi Database

Pada instalasi database cukup menjalankan file db_setup.exe yang disediakan, jangan lupa untuk memilih folder instalnya ke folder data didalam direktori instal mysql anda, biasanya terletak mysql/data. Jika tahap ini tidak berhasil dengan baik maka fitur Edu Challenge untuk membuka map-map yang terkunci tidak akan bisa dijalankan.

Pada gambar 4.2 terlihat program instalasi db_setup.exe sudah dijalankan. Untuk memulai instalasi lanjutkan dengan menekan tombol next.

(6)

120

Gambar 4.2 Instalasi database

Yang perlu diperhatikan dalam penginstalan database ini adalah pada folder path pengintalan program. Seperti yang ditampilkan oleh gambar 4.3 tentang penginstalan path database, database harus diinstal di folder mysql/data pada komputer anda. Contoh gambar 4.3 path nya terletak pada C:/Program Files/xampp/mysql. Bila folder penginstalan database mysql anda berbeda dengan yang ditunjukan oleh gambar maka diharuskan untuk mengikuti folder instalasi database mysql anda.

Apabila semua langkah telah dilakukan dengan benar cukup menekan tombol next untuk melanjutkan instalasi sampai instalasi selesai dijalankan.

(7)

121

Gambar 4.3 Instalasi Path Database

4.5 Implementasi Aplikasi

4.5.1 Peteunjuk pengoprasian game

Untuk menjalankan game cukup pilih icon yang muncul setelah proses penginstalan, atau apabila icon tidak muncul maka program game ini bisa ditemukan di tempat Anda menginstal program ini sebelumnya, secara default terdapat pada program files/Edu Fun Race/. Programnya bernama edu_fun_race.exe untuk menjalankannya double click saja program atau icon tersebut.

Setelah game berhasil dijalankan akan ada menu-menu yang disediakan, untuk memulai game silahkan memilih mode game (single player atau multiplayer) lalu pilih map-map yang disediakan lalu klik tombol play.

(8)

122

Untuk pengoprasiannya mobilnya secara default: Tombol w, untuk bergerak ke depan

Tombol s, untuk bergerak ke belakang Tombol a, untuk berbelok ke kiri Tombol d, untuk berbelok ke kanan

Tombol space/spasi, untuk mengerem (brake).

Dalam pemilihan map-map ada map-map yang masih terkunci (locked), untuk membukanya silahkan selesaikan mode Edu Challenge yang ada pada menu utama. Sedangkan menu option berguna untuk merubah setting seperti control keyboad tadi, resolusi layar dan audio control.

Tombol exit pada menu utama berguna untuk langung keluar dari game. 4.5.2 Tampilan Layar

4.5.2.1 Tampilan Layar Pembuka

(9)

123

Tampilan ini akan tampil pertama kali pada saat pengguna menjalankan aplikasi pertama kali. Tidak ada interaksi yang dapat user lakukan pada layar tampilan ini. Setelah 3 detik, layar ini akan beralih ke layar tampilan berikutnya. Layar ini hanya menampilkan tiga buah logo, yaitu logo Binus University, Torque Game Engine dan Logo EduFunRace itu sendiri.

4.5.2.2 Tampilan layar menu-menu utama

Gambar 4.5 ScreenShot menu-menu utama

Tampilan layar ini merupakan tampilan setelah layar pembuka. Pada tampilan layar ini, akan terdapat 5 buah tombol, yang fungsinya akan dijelaskan sebagai berikut:

(10)

124

• Tombol Single Player untuk memulai permainan dengan mode single player dimana player bermain sebagai karakter tunggal.

• Tombol LAN Multiplayer untuk memulai permainan dengan mode multiplayer dimana pemain dapat bermain bersama dengan pemain lainnya dalam satu jaringan LAN (Local Area Network)

• Tombol Edu Challenge untuk memulai permainan edukasi yang bertujuan menguji pengetahuan, kemauan, dan motivasi belajar pemain serta membuka akses terhadap map-map tertentu pada mode Single Player maupun Multiplayer dengan menyelesaikan tingkat kesulitan tertentu yang disediakan.

• Tombol Option untuk menampilkan layar Option yang berisikan fitur kustomisasi terhadap suara, video, dan kontrol game.

(11)

125 4.5.2.3 Tampilan layar pemilihan map

Gambar 4.6 ScreenShot layar pemilihan map

Pada layar tampilan ini, terdapat inputan untuk memasukkan nama pemain, tombol back untuk kembali ke layar sebelumnya (Layar Utama), tombol Launch Mission untuk memulai permainan sesuai dengan map yang dipilih, checkbox Host multiplayer untuk menjadi host pada permainan multiplayer, dan ListBox yang berisikan list map yang dapat dipilih oleh player. Juga terdapat sebuah gambar yang dinamik yang menampilkan gambar preview map yang sedang dipilih yang berubah sesuai dengan map yang sedang dipilih.

(12)

126

4.5.2.4 Tampilan layar multiplayer menu

Gambar 4.7 ScreenShot multiplayer menu

Tampilan ini akan tampil ketika pemain memilih tombol LAN Multiplayer di layar utama. Pada layar ini berisi InputBox untuk memasukkan nama pemain, tombol back, dan beberapa tombol interaksi LAN berupa Query LAN, Query Master, Refresh Server, serta Join Server untuk memulai permainan. Selain itu juga terdapat ListBox untuk menampilkan server yang sedang di-Host oleh pemain lain di LAN.

(13)

127 4.5.2.5 Tampilan layar loading

Gambar 4.8 ScreenShot layar loading

Pada layar tampilan ini akan ditampilkan informasi mengenai proses loading game, nama map, dan deskripsi map yang sedang di load. Pada tampilan ini terdapat tombol Cancel yang berfungsi untuk membatalkan proses loading dan kembali lage ke layar sebelumnya.

(14)

128 4.5.2.6 Tampilan layar menu option

Gambar 4.9 ScreenShot layar menu option

Pada tampilan ini akan terdapat 3 buah tabbed tombol utama, yaitu:

• Tombol Graphics yang berisikan segala kustomisasi mengenai tampilan game berupa Display Driver, resolusi game, kedalaman grafis (16/32 bit), hasil format screenshot, serta checkbox Fullscreen untuk menampilkan game dalam format windows atau satu layar penuh.

• Tombol Audio yang berisikan pengaturan audio game, audio driver, serta volume

• Tombol Controls yang berisikan kustomisasi pengaturan kontrol pada game.

(15)

129

4.5.2.7 Tampilan layar menu EduChallenge

Gambar 4.10 ScreenShot menu EduChallenge

Pada layar ini akan ditampilkan menu-menu EduChallenge. Pada layar ini terdapat lima buah tombol, empat tombol yang pertama merupakan tombol pemilihan level yaitu Beginer, Normal, Clever dan Bookworm, dimana setiap tombol tersebut mengarah ke pertanyaan yang berbeda sesuai dengan level yang dipilih, sedangkan satu tombol terakhir yaitu back to main menu untuk kembali ke menu utama. Di layar ini juga terdapat suatu teks area yang memberitahu detail dari level yang dipilih dan untuk mengunlock map mana saja level-level tersebut.

(16)

130 4.5.2.8 Tampilan layar Edu Challenge

Gambar 4.11 ScreenShot layar EduChallenge

Pada layar tampilan ini, akan disimulasikan sebuah quiz berupa pertanyaan dan pilihan jawaban yang akan dipilih oleh pemain. Pemain diharuskan untuk memilih jawaban yang tersedia untuk menjawab pertanyaan yang ada. Hasil jawaban pemain akan dinilai melalui score edu poin yang akan ditunjukkan pada akhir permainan. Apabila pemain berhasil menyelesaikannya dengan baik, maka akan membuka tambahan map yang sebelumnya tidak dapat diakses di mode Single Player dan Multiplayer pada game.

(17)

131

4.5.2.9 Tampilan layar gameplay di map

Gambar 4.12 ScreenShot layar game map

Pada layar ini terdapat sebuah message box di kiri atas layar yang berfungsi untuk menampilkan pesan pada saat permainan. Di sisi kanan atas layar terdapat indikator yang menentukan jumlah lap yang telah dilalui oleh pemain. Sedangkan sebagai indikator kecepatan, disebelah pojok kanan bawah akan terdapat speedometer yang akan menunjukkan kecepatan kendaraan pada game.

(18)

132 4.6 Pengujian dan Evaluasi

4.6.1 Evaluasi Terhadap Pengguna Game

Untuk evaluasi terhadap pengguna game dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada orang-orang yang telah memainkan game ini sebelumnya. Berikut hasil kuisionernya:

1. Apakah tampilan yang disajikan Edu Fun Race menarik bagi anda? o Sangat menarik

o M enarik o Cukup menarik o Kurang menarik o Tidak menarik

1. Apakah tampilan yang disajikan Edu Fun Race menarik bagi anda?

Jumlah Responden Presentase Sangat menarik 0 0% M enarik 15 50% Cukup M enarik 10 33.33%

Kurang menarik 5 16.67&

Tidak menarik 0 0%

Total 30 100%

(19)

133 Gambar 4.13 Sangat Menarik Menarik Cukup menarik

Data ini dibutuhkan untuk mengetahui pendapat responden tentang keseluruhan tampilan game Edu Fun Race ini.

Berdasarkan data yang ditunjukan gambar 4., sebanyak 15 responden atau 50% dari total keseluruhan responden berpendapat bahwa tampilah yang disajikan dalam Edu Fun Race ini menarik, 10 responden atau setara dengan 33,33% dari total responden berpendapat bahwa tampilan game Edu Fun Race ini cukup menarik, sedangkan 5 responden lainnya atau 16,67% dari total responden berpendapat bahwa tampilan dari game Edu Fun Race ini kurang menarik bagi mereka.

2. Apakah menu-menu yang diberikan mudah untuk dimengerti (user friendly)?

o Sangat mudah o M udah

(20)

134 o Cukup mudah

o Agak membingungkan o M embingungkan

2. Apakah menu-menu yang diberikan mudah untuk dimengerti (user friendly)?

Jumlah Responden Presentase Sangat mudah 7 23,33% M udah 17 56,67% Cukup mudah 6 20% Agak membingungkan 0 0% M embingungkan 0 0% Total 30 100% Tabel 4.2 Gambar 4.14 Sangat mudah Mudah Cukup mudah

(21)

135

Data ini ditujukan untuk mengetahui kemudahan para responden dalam menggunakan menu-menu yang disediakan dalam game Edu Fun Race ini.

Berdasarkan data yang ditujukan oleh gambar 4., sebanyak 7 responden atau 23,33% dari total responden berpendapat bahwa menu-menu yang disediakan sangat mudah dimengerti untuk menggunakannya dalam game Edu Fun Race ini, sebanyak 17 responden atau 56,67% dari total responden berpendapat bahwa menu-menu yang disediakan mudah dimengerti untuk menggunakannya didalam game Edu Fun Race ini bagi mereka sedangkan sebanyak 6 responden atau 20% dari total responden berpendapat bahwa menu-menu yang disediakan mudah dimengerti untuk menggunakannya dalam game Edu Fun Race ini.

3. Apakah gameplay yang diberikan menarik untuk dimainakan menurut anda? o Sangat menarik o M enarik o Cukup menarik o Kurang menarik o Tidak menarik

(22)

136 3. Apakah gameplay yang

diberikan menarik untuk dimainakan menurut anda?

Jumlah Responden Presentase Sangat menarik 0 0% M enarik 7 23,33% Cukup M enarik 14 46,67% Kurang menarik 9 30% Tidak menarik 0 0% Total 30 100% Tabel 4.3 Gambar 4.15 Sangat menarik Menarik Cukup Menarik Kurang mena rik Tidak menarik

Data ini ditujukan untuk mengetahui apakah game Edu Fun Race ini memiliki game play yang menarik atau tidak.

Berdasarkan data yang ditujukan tabel 4., sebanyak 7 responden atau 23,33% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki gameplay yang menarik untuk dimainkan bagi mereka, 14 responden atau 46,67% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki gameplay yang cukup menarik bagi responden,

(23)

137

sedangkan 9 responden atau 30% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki gameplay yang kurang menarik untuk dimainkan bagi mereka.

4. Bagaimana waktu dalam loading game menurut anda? o Sangat cepat

o Cepat o Cukup cepat o Agak lambat o Sangat lambat

4. Bagaimana waktu dalam loading game menurut anda?

Jumlah Responden Presentase Sangat cepat 4 13,33% Cepat 17 56,67% Cukup cepat 5 16,67% Agak lambat 4 13,33% Sangat lambat 0 0 Total 30 100% Tabel 4.4

(24)

138 Gambar 4.16 Sangat Cepat Cepat Cukup cepat

Data ini ditujukan untuk mengetahui tentang performa/kecepatan/respon game pada tiap komputer dari responden apakah sudah cukup bagi mereka.

Berdasarkan data yang ditunjukan tabel 4., sebanyak 4 responden atau 13,33% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki performa yang sangat cepat, 17 responden atau 56,67% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki performa yang cepat bagi mereka, 5 responden atau16,67% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki performa yang cukup cepat, sedangkan 4 responden atau 13,33% dari total responden berpendapat bahwa game Edu Fun Race ini memiliki performa yang agak lambat.

5. Apakah fitur Edu Challenge di dalam Edu Fun race bermanfaat dalam memberikan pengetahuan untuk anda?

(25)

139 o Bermanfaat

o Cukup bermanfaat o Kurang bermanfaat o Tidak bermanfaat

5. Apakah fitur Edu Challenge di dalam Edu Fun race bermanfaat dalam memberikan pengetahuan untuk anda? Jumlah Responden Presentase Sangat bermanfaat 0 0% Bermanfaat 3 10% Cukup bermanfaat 10 33,33% Kurang bermanfaat 15 50% Tidak bermanfaat 2 6,67% Total 30 100% Tabel 4.5 Gambar 4.17 Sangat bermanfaat Bermanfaat Cukup bermanfaat Kurang bermanfaat T idak bermanfaat

(26)

140

Data ini ditujukan untuk mengetahui pendapat responden tentang manfaat dari menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini.

Berdasarkan data yang ditunjukan gambar 4., sebanyak 3 responden atau 10% dari total responden berpendapat bahwa menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini bermanfaat bagi mereka, 10 responden atau 33,33% dari total responden berpendapat bahwa menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini cukup bermanfaat bagi mereka, sedangkan 15 responden atau 50% dari total responden berpendapat bahwa menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini kurang bermanfaat bagi mereka dan 2 responden atau 6,67% dari total responden berpendapat bahwa menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini tidak bermanfaat bagi mereka.

6. Apakah fitur Edu chalenge pada game ini memotifasi Anda untuk belajar dalam mencari jawaban dan pengetahuan dari sumber-sumber lainnya (buku/internet/bertanya ke orang lain)?

o Sangat memotifasi o M emotifasi o Cukup memotifasi o Kurang memotifasi o Tidak memotifasi

(27)

141

6. Apakah fitur Edu chalenge pada game ini memotifasi Anda untuk belajar dalam mencari jawaban dan pengetahuan dari sumber-sumber lainnya (buku/internet/bertanya ke orang lain)? Jumlah Responden Presentase Sangat memotifasi 0 0% M emotifasi 1 3,33% Cukup memotifasi 12 40% Kurang memotifasi 13 43,33% Tidak memotifasi 4 13,33% Total 30 100% Tabel 4.6 Sangat memotifasi Memotifasi Cukup memotifasi Kurang memotifasi Tidak memotifasi

(28)

142

Data ini ditujukan untuk mengetahui tentang pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam menu Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini apakah dapat memotifasi mereka untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, baik itu dari buku, internet ataupun bertanya kepada orang lain.

Berdasarkan data yang ditujukan oleh gambar 4., sebanyak 1 responden atau 3,33% dari total responden berpendapat bahwa fitur Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini memotifasinya untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan, 12 responden atau 40% dari total responden berpendapat bahwa fitur Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini cukup memotifasinya untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan, sedangkan 13 responden atau 43,33% dari total responden berpendapat bahwa fitur Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini kurang memotifasinya untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan dan 4 responden atau 13,33% dari total responden berpendapat bahwa fitur Edu Challenge pada game Edu Fun Race ini tidak memotifasinya untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan.

7. Apakah fitur-fitur permainan (LAN multiplayer/Edu Challenge) yang ada sudah cukup untuk mendukung permainan menurut Anda?

o Sangat cukup o Cukup

(29)

143 o Tidak cukup

7. Apakah fitur-fitur permainan

(LAN multiplayer/Edu Challenge) yang ada sudah

cukup untuk mendukung permainan menurut Anda?

Jumlah Responden Presentase Sangat cukup 0 0% Cukup 9 30% Kurang cukup 21 70% Tidak cukup 0 0% Total 30 100% Tabel 4.7 Sangat cukup Cukup Kurang cukup Tidak cukup

(30)

144

Data ini ditujukan untuk mengetahui apakah game Edu Fun Race ini menurut responden sudah memiliki fitur-fitur permainan yang cukup memadai dalam mendukung permainan.

Berdasarkan data yang ditunjukan oleh gambar4., sebanyak 9 responden atau 30% dari total responden berpendapat bahwa fitur yang diberikan oleh game Edu Fun Race ini cukup memadai dalam mendukung permainan, sedangkan 21 responden atau 70% dari total responden lainnya berpendapat bahwa fitur yang diberikan oleh game Edu Fun Race ini kurang cukup memadai dalam mendukung permainan.

8. Apakah setelah Anda memainkan game ini anda tertarik untuk memainkan game Edu Fun sejenis?

o Sangat tertarik o Tertarik o Agak tertarik o Kurang tertarik o Tidak tertarik

(31)

145

8. Apakah setelah Anda memainkan game ini anda tertarik untuk memainkan game Edu Fun sejenis?

Jumlah Responden Presentase Sangat tertarik 0 0% Tertarik 3 10% Agak tertarik 6 20% Kurang tertarik 18 60% Tidak tertarik 3 10% Total 30 100%

S

T

A

K

T

Data ini ditujukan untuk mengetahui minat responden tentang game Edu Fun sejenis lainnya setelah memainkan game Edu Fun Racing ini.

Berdasarkan data yang ditunjukan oleh gambar 4., sebanyak 3 responden atau 10% dari total responden tertarik terhadap game Edu Fun

(32)

146

sejenis dan 6 responden atau 20% dari menyatakan agak tertarik terhadap game Edu Fun sejenis, sedangkan 18 responden atau 60% dari total responden lainnya menyataan kurang tertarik terhadap game Edu Fun sejenis dan 3 responden atau 10% dari total responden menyatakan tidak tertarik terhadap game Edu Fun sejenis.

4.6.2 Evaluasi Terhadap Unsur-unsur Multimedia 1. Text

Text dalam Edu Fun Race digunakan untuk menjelaskan map-map yang ada, pertanyaan-pertanyaan serta jawabannya pada menu Edu Challenge dan juga sebagai help, credits dalam game ini dan pesan singkat (M essage Box).

2. Gambar

Gambar pada Edu Fun Race digunakan sebagai Button (tombol), gambar pembuka, background dalam GUI dan gambar-gambar pembuka.

3. Suara

Suara dalam Edu Fun Race di implementasikan dalam game berupa efek-efek suara, seperti suara mesin, juga musik ketika di awal menu maupun didalam game

4. Animasi

Animasi dalam game ini merupakan animasi 3D yang ada pada setiap map didalam game.

5. Video

(33)

147

4.6.3 Evaluasi Terhadap Interaksi Manusia Komputer 1. Berusaha untuk konsisten

Konsistensi dalam game Edu Fun Race ini difokuskan pada penggunaan warna dominan yang sama dalam setiap GUI (Graphical User Interface) yaitu Biru. Seperti yang ditunjukan gambar 4.21 M erupakan menu-menu yang ada dengan warna background dan dominan yang sama.

Gambar 4.21 Berusaha untuk konsisten

2. M emungkinkan frequent users menggunakan shortcuts

Shotcuts diimplementasikan dengan keterbatasan untuk shortcut-shortcut yang diberikan tidak ditampilkan pada game, namun kami memberikan buku manual untuk memberi tahu shortcut-shortcut apa yang disediakan.

(34)

148

3. M emberikan umpan balik yang informatif

Penggunaan umpan balik yang informatif terdapat pada saat meload game itu sendiri. Seperti yang terlihat digambar 4.22 , pada saat meload game diberikan penjelasan tentang game yang sedang diload pada saat ini.

Gambar 4.22 Umpan Balik yang Informatif

4. M erancang dialog yang memberikan penutupan (keadaan akhir)

Penutupan dialog terdapat pada menu Edu Challenge yang pada saat setelah selesai menjawab pertanyaan akan diberikan report yang memberitahu score yang sudah didapat serta informasi tentang map yang sudah di unlock.

(35)

149

Gambar 4.23 Penutupan dialog

5. M emberikan pencegahan kesalahan dan penanganan yang sederhana

Pencegahan kesalahan dalam game ini terdapat didalam game pada saat permainan, seperti yang di tunjukan gambar 4.24. apabila user menekan tombol esc maka akan diberikan konfirmasi terlebih dahulu apakah user benar-benar ingin keluar dari game dan memutuskan hubungan dengan server apabila mode yang digunakan adalah multiplayer. Akan diberikan dua tombol pilihan, yang pertama ok apabila user benar-benar ingin keluar dari game dan yang kedua cancel untuk kembali melanjutkan permainan.

(36)

150

Gambar 4.24 Pencegahan kesalahan

6. M emungkinkan pembalkan aksi yang mudah

Pembalikan aksi yang ada pada Edu Fun Race terdapat pada menu-menu GUI (Graphical User Interface), dimana pada setiap dialog yang ada akan diberikan tombol back untuk kembali ke dialog yang sebelumnya. Seperti yang ditunjukan oleh gambar 4.25 tanda bulatan merah itu menunjukan tombol back untuk kembali ke menu utama.

(37)

151

Gambar 4.25 Pembalikan aksi 7. M endukung pusat kendali internal

Game ini sudah menjadikan user bagian dari internal sistem itu sendiri, dengan keterbatasan untuk database harus melalui installer database yang bisa didapatkan oleh pengembang game atau membuatnya sendiri.

8. M engurangi beban ingatan jangka pendek

Struktur menu pada Edu Fun Race sangat mudah untuk di ingat, paling banyak hanya ada dua level menu-menu sebelum masuk pada game ataupun option menu tertentu.

(38)

152

Gambar 4.26 M engurangi beban ingatan M enu utama M enu pemilihan map game

Gambar

Gambar 4.1. Instalasi Program EduFunRace
Gambar 4.2 Instalasi database
Gambar 4.3 Instalasi Path Database
Gambar 4.4 ScreenShot Layar Pembuka
+7

Referensi

Dokumen terkait

Definisi sistem informasi dalam buku yang berjudul Analisis Sistem Informasi menjelaskan bahwa: “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi

Dengan berusaha mencapai optimum-optimum lokal pada saat menyusun deck, menentukan kartu yang dipakai bermain, menentukan option card, dan menentukan serangan, diharapkan

Penanda utama untuk mendiagnosis adanya penyakit asma antara lain: mengi pada saat menghirup napas, riwayat batuk yang memburuk pada malam hari, dada sesak yang terjadi

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 224, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya [4] tentang sifat-sifat suatu sensor induktif yang mempergunakan elemen koil datar sebagai pengindera, diperoleh suatu hubungan yang

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemampuan berpikir kreatif, self efficacy, dan hasil belajar siswa pada materi sistem Koloid

Dengan mempelajari materi pendudukan Jepang siswa mampu menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas kekuatan yang diberikan kepada rakyat Indonesia yang masih bertahan untuk

Hasil : Terdapat 76 subjek penelitian. Prevalensi penyakit kardiovaskular adalah 63,2%. Terdapat hubungan yang bermakna antara status merokok, frekuensi napas dan modifikasi