• Tidak ada hasil yang ditemukan

Uji Efek Antidiabetes Nanopartikel Daun Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav.) pada Mencit Jantan yang Diinduksi Aloksan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Uji Efek Antidiabetes Nanopartikel Daun Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav.) pada Mencit Jantan yang Diinduksi Aloksan"

Copied!
5
0
0

Teks penuh

(1)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Diabetes melitus (DM) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin yang cukup, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif. Hiperglikemia, atau tingginya kadar glukosa darah adalah efek yang normal dari tidak terkontrolnya diabetes dan dapat memicu terjadinya kerusakan yang serius pada banyak sistem tubuh terutama pada saraf dan pembuluh darah (WHO, 2012). Secara klinis, diabetes mellitus dibagi menjadi dua tipe yaitu diabetes tipe 1 atau insulin-dependent diabetes mellitus (IDDM), dan diabetes tipe 2 atau non-insulin-dependent diabetes mellitus (NIDDM) juga disebut sebagai diabetes resistensi insulin. Diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang disebabkan oleh defisiensi insulin dan ketidakmampuan sel-β pankreas memproduksi insulin sehingga membutuhkan terapi insulin secara rutin. Diabetes tipe 2 terjadi karena rusaknya sistem pengaturan aktivitas insulin yang mampu memproduksi insulin tetapi ada kerusakan pada reseptor insulinnya sehingga terjadi resistensi insulin (Nelson dan Michael, 2004).

(2)

Penatalaksanaan DM pada dasarnya dengan cara pengaturan makanan dan olah raga yang teratur. Penggunaan insulin dan obat antidiabetes oral seperti golongan sulfonil urea dan biguanida dalam jangka waktu lama memiliki efek samping yang cukup besar seperti hipoglikemik, mual, muntah dan diare. Oleh karena itu masyarakat selalu berupaya mencari pengobatan alternatif, misalnya dengan bahan alam (Yuniarti, 2008).

Salah satu bahan alam yang memiliki aktivitas antidiabetes adalah daun sirih merah. Selain memiliki aktivitas antidiabetes, daun sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan dan nyeri sendi (Sudewo, 2010).

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa skrining fitokimia dari daun sirih merah mengandung golongan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, tanin dan triterpenoid (Ria, 2012). Dan penelitian lainnya mengatakan bahwa Ekstrak daun sirih merah (Piper crocatum) dengan dosis 50, 100 dan 200 mg/kg bb dapat menurunkan kadar glukosa darah tikus, dari hasil analisis statistik ekstrak etanol daun sirih merah dengan dosis 100 mg/kg bb sebanding dengan pemberian glibenklamid dosis 1 ml/kg bb (Sitepu, 2010). Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap ekstrak etanol daun sirih merah mengandung senyawa flavonol yang bersifat antioksidan. Antioksidan dapat mengikat radikal hidroksil yang merusak sel β pulau langerhans pankreas. Sehingga produksi insulin akan menjadi maksimal.

(3)

nanopartikel terutama untuk herbal masih dikembangkan. Nanopartikel adalah partikel padat dengan ukuran 1-1000 nm (Fernandez, 2011). Bentuk dan ukuran partikel merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi efektifitas obat, karena ukuran partikel sangat berpengaruh dalam proses kelarutan, absorbsi dan distribusi obat (Prasetyorini, et al., 2011).

Menurut Mohanraj dan Chen (2006), penelitian tentang pengubahan bentuk mikropartikel menjadi nanopartikel saat ini sedang berkembang yang memiliki ukuran 10-1000 nm. Nanopartikel memiliki luas permukaan yang besar serta jumlah atom yang banyak di permukaan, sehingga memiliki energi permukaan dan tegangan permukaan yang rendah yang memudahkan partikel menembus ke dalam membran sel. Sifat-sifat tersebut dapat diubah-ubah dengan mengatur ukuran material, komposisi kimiawi, memodifikasi permukaan, dan mengatur interaksi antarpartikel (Greco, 2002).

Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menguji efek antidiabetes daun sirih merah dalam bentuk nanopartikel, karena belum ada penelitian yang menggunakan daun sirih merah bentuk nanopartikel sebagai antidiabetes. Daun sirih merah bentuk nanopartikel diharapkan mampu memberikan efek lebih baik dibandingkan ekstrak etanol daun sirih merah.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian ini, maka perumusan masalah penelitian ini adalah:

(4)

b. Apakah terdapat pengaruh perbedaan nanopartikel daun sirih merah dan ekstrak etanol daun sirih merah dengan menggunakan metode uji toleransi glukosa dan induksi aloksan terhadap efek antidiabetes?

1.3 Hipotesis

Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut:

a. Terdapat pengaruh ukuran partikel daun sirih merah berukuran nano terhadap efek antidiabetes.

b. Terdapat pengaruh perbedaan Nanopartikel daun sirih merah dan ekstrak etanol daun sirih merah dengan menggunakan metode uji toleransi glukosa dan induksi aloksan terhadap efek antidiabetes.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah:

a. Untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel daun sirih merah berukuran nano terhadap efek antidiabetes.

b. Untuk mengetahui pengaruh perbedaan nanopartikel daun sirih merah dan ekstrak etanol daun sirih merah dengan menggunakan metode uji toleransi glukosa dan induksi aloksan terhadap efek antidiabetes.

1.5 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah:

a. Memberikan informasi tentang efek nanopartikel daun sirih merah.

(5)

1.6 Kerangka Pikir Penelitian

Penelitian dilakukan terhadap mencit jantan dengan dua metode pengujian yaitu metode uji toleransi glukosa dan induksi aloksan. Terdapat empat variabel bebas yaitu suspensi Na CMC 0,5%, variasi dosis nanopartikel daun sirih merah, variasi dosis ekstrak etanol daun sirih merah dan obat pembanding yaitu Glibenklamid dan Metformin. Kadar glukosa darah mencit (mg/dL) sebagai variabel terikat, dapat dilihat pada Gambar 1.1.

Variabel Bebas Variabel Terikat Parameter

Gambar 1.1 Kerangka pikir penelitian Serbuk

Simplisia daun sirih merah

Ekstrak etanol daun sirih

merah (EEDSM) dosis 100,

150 d 200 /k bb

Metformin 65 mg/kg bb Suspensi Na CMC 0,5%

Gambar

Gambar 1.1 Kerangka pikir penelitian

Referensi

Dokumen terkait

[r]

[r]

[r]

Dengan perancangan Tabel Sistem Periodik Unsur yang terkomputerisasi, para pelajar akan tertarik dan tentu saja menumbuhkan minat atau mungkin melahirkan bakat baru tidak hanya

Untuk itu diminta agar Saudara membawa semua asli dokumen persyaratan kualifikasi. Demikian surat ini disampaikan untuk menjadi perhatian dan kami ucapkan

Informasi yang diberikan berupa data seperti : spesifikasi, gambar, harga, dan garansi yang diberikan sesuai dengan kategori yang dipilih. Selain itu user dapat memesan langsung

Apabila ruang tidak cukup supaya dibuat pada lembar lain 3.. Harap melampirkan

Pasal 28 Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 1999 tentang Pedoman Umum Pengaturan Mengenai Desa, maka sebagai pedoman dalam menetapkan Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan