ALAT PENYIRAM TANAMAN HIAS OTOMATIS BERB (1)

Teks penuh

(1)

TUGAS 7

ALAT PENYIRAM TANAMAN HIAS OTOMATIS BERBASIS

KELEMBABAN TANAH

Nama : Ahsan Muzakki

NIM : 157895013

PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

PASCASARJANA

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

(2)

I. PENDAHULUAN

Indonesia adalah Negara agraris, yang berarti Indonesia adalah Negara yang menjadikan pertanian sebagai sumber dayanya. Dari zaman nenek moyang kita, Indonesia sudah terkenal akan rempah – rempahnya. Itulah yang menjadikan Indonesia terkenal hingga mancanegara. Bahkan sampai ada yang mengatakan bahwa Indonesia adalah tanah surga. Kesuburan tanah Indonesia terbukti dari berbagai macam tumbuhan yang tumbuh di Negara ini. Dari tumbuhan hias, buah, sayur, hingga tumbuhan makanan pokok.

Tetapi keberagaman dan kesuburan tanah yang ada di Indonesia tidak sesuai dengan perkembangan teknologi pertanian yang ada. Metode yang digunakan di Indonesia masihlah sangat manual, mungkin ada yang sudah modern tetapi hanya beberapa. Ditambah lagi dengan adanya kelalaian dari para petani yang ada, membuat tanaman menjadi tidak sempurna.

Dalam menghadapi hal tersebut para ilmuwan banyak yang mengembangkan system teknologi pertanian yang lebih modern. Banyak penemuan - penemuan baru yang di perkenalkan oleh para ilmuwan – ilmuwan yang ada. Salah satu dari teknologi yang digunakan adalah teknologi elektronika.

Salah satu dari inofasi teknologi pertanian dalam bidang elektronika adalah “system penyiraman otomatis berbasis kelembaban tanah”. System ini menggunakan taraf kelembaban tanah, jika tanah tersebut kekurangan kelembaban maka alat ini akan otomatis menyiram tanaman, dan jika kelembaban sudah sesuai alat ini akan otomatis menutup.

II. KADAR AIR

Kadar air adalah sejumlah air yang terkandung di dalam suatu benda, seperti tanah (yang disebut juga kelembaban tanah), bebatuan, bahan pertanian, dan sebagainya. Kadar air digunakan secara luas dalam bidang ilmiah dan teknik dan diekspresikan dalam rasio, dari 0 (kering total) hingga nilai jenuh air di mana semua pori terisi air. Nilainya bisa secara volumetrik ataupun gravimetrik (massa), basis basah maupun basis kering.

Air tanah merupakan air dibawah permukaan tanah dimana rongga-rongga di dalam tanah berada pada hekekatnya terdiri dari air. Pergerakan air tanah keatas oleh kapilarisasi oleh permukaan air tanah kedalam daerah akar dapat merupakan sumber air yang utama untuk pertumbuhan tanaman-tanaman.

(3)

dapat ditahan matriks tanah akibat adhesi langsung molekul air ke permukan tanah.

Kadar air tanah dinyatakan dalam persentase volume air terhadap volume tanah. Dua fungsi yang saling berkaitan dengan penyediaan air bagi tanaman yaitu memperoleh air dalam tanah dan pengaliran air yang disimpan pada akar tanaman. Air dalam tanah menurut jumlah dan keadaanya dibagi kedalam tiga keadaan yaitu;

· Air adhesi · Air higrokopis · Air kapiler

Air tanah seperti fase cairan mengisi sebagian atau seluruh rongga-rongga yang terdapat dalam butir-butir tanah atau di dalam agregat tanah, yaitu merupakan larutan dan berbagai senyawa dan garam yang biasa larut dalam tanah.

Air tanah merupakan salah satu bagian penyusun tanah. Air tanh hamper seluruhnya berasal dari udara dan atau atmosfer terutama didaerah tropis air hujan itu dapat mrembes ke dalam tanah yang disebut infiltrasi. Sedangkan sisanya mengalir di permukaan tanah sebagai aliran permukaan tanah (run off). Air infiltrasi tadi bila dalam jumlah banyak dan terus merembes kedalam tanah secara vertical dan meninggalkan daerahnya perakaranya yang disebut perkolasi, yang akhirnya sampai pada lapisan yang kedap air yang kemudian ekumpul disitu menhjadi air tanah atau sering disebut ground water. Mengetahui banyaknya air di dalam tanah yang tersedia bagi tanaman adalah penting sekali terutama dalam hal penentuan pemberian air pada tanaman atau pengairan tanaman agar supaya tidak terjadi kelebihan ataupun kekurangan air.

Banyaknya air yang tersedia bagi tanaman dicari dengan jalan penentuan kandungan air pada tanaman lapang (Pf 2,53) dikurangi dengan persentase keadaan tanah padaa titik layu permanen (Pf 4,2). Dalam hal ini nilai-nilainya sangat ditentukan terutama oleh tekstur tanah. Tekstur tanah yang lebih tinggi mempunyai tekstur yang halus, sebaliknya tekstur yang rendah mempunyai teksttur yang kasar nilainya akan lebih rendah lagi dibandingkan dengan hal yang tadi.

(4)

Pada keadaan ini air tanah ditahan oleh tanah dengan kandunga atau kekuatan Pf =0 atau 0 atm.

Untuk pertumbuhan yang baik atau optimum bagi tanaman diperluakn suatu keadaan taat air yang baik dan seimbang sehingga akar tanaman dengan mudah akan menyerap unsure hara. Tata air dan udara yang baik ini adalah jika pori terisi air minimum 10% dan pori terisi udara minimal 10% atau lebih. Air tanah merupakan salah satu bagian penyusun pada tanaman. Air tanah hamper seluruhnya berada pada udara atau atmotsfer. Tanah mempunyai kapilaritas yang berbeda-beda untuk menyerap dan mempertahankan kelembapannya tergantung kepada struktur, tekstur, dan kandungan bahan organic yang terdapat di dalam tanah.

III. KELEMBABAN PADA TANAMAN HIAS

Kelembaban tanah merupakan faktor penting untuk kehidupan dan sangat menarik untuk dikaji. Fungsi utama dari kelembaban tanah adalah mengontrol pembagian air hujan yang turun ke bumi menjadi run off ataupun infiltrasi. Kelembaban tanah sangat penting untuk studi potensi air dan studi neraca air.

Kelembaban dan suhu sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Kelembaban tanah yang rendah akan berpengaruh terhadap menurunya jasad yang berada di dalam tanah itu sendiri. Apabila hal itu terjadi maka akan mempengaruhi proses-proses kimiawi dan aktivitas jasad-jasad yang dapat merombak unsur hara dalam tanah yang merupakan asupan yang penting bagi proses pertumbuhan pada tanaman.

Menurut Lukman Arifin (2012) tanaman hias membutuh kan kadar air pada tanah yang bervariasi. Ada beberapa tanaman hias yang membutuhkan tanah lembab, kering, atau bahkan berair. Berikut Contoh beberapa tanaman hias beserta tingkat kadar air yang di butuhkan:

1. Euphorbia (Kering) 2. Plumaria/ Kamboja (Lembab)

3. Aglonema (Berair)

(5)

IV. ALAT DAN BAHAN

Dalam perencanaan dan pembuatan Sistem Penyiram Tanaman Otomatis Mengacu pada Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno ini dalam pengerjaanya perancangan perangkat keras.

Perancangan perangkat keras meliputi pembuatan model pemasangan sensor SEN014, peletakan mikrokontroller, relay, penempatan pompa dan sprinkler. Bahan yang digunakan meliputi:

A. Perangkat Keras 1. Arduino Uno R3

2. Soil Mouisture Sensor SEN014 DFRobot 3. Channel Relay

4. Pompa Air 5. Sprinkler

B. Alat yang digunakan untuk pembuatan sistem:

1. Arduino IDE 1.5.4 digunakan untuk membuat program yang akan ditanampan pada Arduino Uno R3

1. ARDUINO UNO R3

Arduino UNO adalah sebuah board mikrokontroler yang didasarkan pada ATmega328. Arduino UNO mempunyai 14 pin digital input/output (6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, sebuah osilator Kristal 16 MHz, sebuah koneksi USB, sebuah power jack, sebuah ICSP header, dan sebuat tombol reset. Arduino UNO memuat semua yang dibutuhkan untuk menunjang mikrokontroler, mudah menghubungkannya ke sebuah computer dengan sebuah kabel USB atau mensuplainya dengan sebuah adaptor AC ke DC atau menggunakan baterai untuk memulainya.

Arduino Uno berbeda dari semua board Arduino sebelumnya, Arduino UNO tidak menggunakan chip driver FTDI USB-to-serial. Sebaliknya, fitur-fitur Atmega16U2 (Atmega8U2 sampai ke versi R2) diprogram sebagai sebuah pengubah USB ke serial. Revisi 2 dari board Arduino Uno mempunyai sebuah resistor yang menarik garis 8U2 HWB ke ground, yang membuatnya lebih mudah untuk diletakkan ke dalam DFU mode. Revisi 3 dari board Arduino UNO memiliki fitur-fitur baru sebagai berikut:

(6)

tegangan 3.3V. Yang ke-dua ini merupakan sebuah pin yang tak terhubung, yang disediakan untuk tujuan kedepannya.

- Sirkit RESET yang lebih kuat. - Atmega 16U2 menggantikan 8U2.

“Uno” berarti satu dalam bahasa Italia dan dinamai untuk menandakan keluaran (produk) Arduino 1.0 selanjutnya. Arduino UNO dan versi 1.0 akan menjadi referensi untuk versi-versi Arduino selanjutnya. Arduino UNO adalah sebuah seri terakhir dari board Arduino USB dan model referensi untuk papan Arduino, untuk suatu perbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks dari board Arduino.

Jumlah pin I/O digital 14 (6 di antaranya menyediakan keluaran PWM) Jumlah pin input analog 6

Arus DC tiap pin I/O 20 mA

Arus DC untuk pin 3.3V 50 mA

Memori Flash 32 KB (ATmega328), sekitar 0.5 KB digunakan oleh

Arduino UNO dapat disuplai melalui koneksi USB atau dengan sebuah power suplai eksternal. Sumber daya dipilih secara otomatis. Suplai eksternal (non-USB) dapat diperoleh dari sebuah adaptor AC ke DC atau battery. Adaptor dapat dihubungkan dengan mencolokkan sebuah center-positive plug yang panjangnya 2,1 mm ke power jack dari board. Kabel lead dari sebuah battery dapat dimasukkan dalam header/kepala pin Ground (Gnd) dan pin Vin dari konektor POWER.

(7)

kelebihan panas dan membahayakan board Arduino UNO. Range yang direkomendasikan adalah 7 sampai 12 Volt.

Pin-pin dayanya adalah sebagai berikut:

- VIN. Tegangan input ke Arduino board ketika board sedang menggunakan sumber suplai eksternal (seperti 5 Volt dari koneksi USB atau sumber tenaga lainnya yang diatur). Kita dapat menyuplai tegangan melalui pin ini, atau jika penyuplaian tegangan melalui power jack, aksesnya melalui pin ini.

- 5V. Pin output ini merupakan tegangan 5 Volt yang diatur dari regulator pada board. Board dapat disuplai dengan salah satu suplai dari DC power jack (7-12V), USB connector (5V), atau pin VIN dari board (7-12). Penyuplaian tegangan melalui pin 5V atau 3,3V membypass regulator, dan dapat membahayakan board. Hal itu tidak dianjurkan.

- 3V3. Sebuah suplai 3,3 Volt dihasilkan oleh regulator pada board. Arus maksimum yang dapat dilalui adalah 50 mA.

- GND. Pin ground.

Memori

ATmega328 mempunyai 32 KB (dengan 0,5 KB digunakan untuk bootloader). ATmega 328 juga mempunyai 2 KB SRAM dan 1 KB EEPROM (yang dapat dibaca dan ditulis (RW/read and written) dengan EEPROM library).

Input dan Output

Setiap 14 pin digital pada Arduino Uno dapat digunakan sebagai input dan output, menggunakan fungsi pinMode(), digitalWrite(), dan digitalRead(). Fungsi-fungsi tersebut beroperasi di tegangan 5 Volt. Setiap pin dapat memberikan atau menerima suatu arus maksimum 40 mA dan mempunyai sebuah resistor pull-up (terputus secara default) 20-50 kOhm. Selain itu, beberapa pin mempunyai fungsi-fungsi spesial:

- Serial: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan memancarkan (TX) serial data TTL (Transistor-Transistor Logic). Kedua pin ini dihubungkan ke pin-pin yang sesuai dari chip Serial Atmega8U2 USB-ke-TTL.

(8)

kenaikan atau penurunan yang besar, atau suatu perubahan nilai. Lihat fungsi attachInterrupt() untuk lebih jelasnya.

- PWM: 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Memberikan 8-bit PWM output dengan fungsi analogWrite().

- SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). Pin-pin ini mensupport komunikasi SPI menggunakan SPI library.

- LED: 13. Ada sebuah LED yang terpasang, terhubung ke pin digital 13. Ketika pin bernilai HIGH LED menyala, ketika pin bernilai LOW LED mati.

- Arduino UNO mempunyai 6 input analog, diberi label A0 sampai A5, setiapnya memberikan 10 bit resolusi (contohnya 1024 nilai yang berbeda). Secara default, 6 input analog tersebut mengukur dari ground sampai tegangan 5 Volt, dengan itu mungkin untuk mengganti batas atas dari rangenya dengan menggunakan pin AREF dan fungsi analogReference(). Di sisi lain, beberapa pin mempunyai fungsi spesial: - TWI: pin A4 atau SDA dan pin A5 atau SCL. Mensupport komunikasi

TWI dengan menggunakan Wire library

Ada sepasang pin lainnya pada board:

- AREF. Referensi tegangan untuk input analog. Digunakan dengan analogReference().

- Reset. Membawa saluran ini LOW untuk mereset mikrokontroler. Secara khusus, digunakan untuk menambahkan sebuah tombol reset untuk melindungi yang memblock sesuatu pada board.

Komunikasi

(9)

USB-to-serial dan koneksi USB pada komputer (tapi tidak untuk komunikasi USB-to-serial pada pin 0 dan 1).

Sebuah SoftwareSerial library memungkinkan untuk komunikasi serial pada beberapa pin digital UNO.

Atmega328 juga mensupport komunikasi I2C (TWI) dan SPI. Software Arduino mencakup sebuah Wire library untuk memudahkan menggunakan bus I2C, lihat dokumentasi untuk lebih jelas. Untuk komunikasi SPI, gunakan SPI library.

Programming

Arduino UNO dapat diprogram dengan software Arduino. Pilih “Arduino Uno dari menu Tools > Board (termasuk mikrokontroler pada board). Untuk lebih jelas, lihat referensi dan tutorial.

ATmega328 pada Arduino Uno hadir dengan sebuah bootloader yang memungkinkan kita untuk mengupload kode baru ke ATmega328 tanpa menggunakan pemrogram hardware eksternal. ATmega328 berkomunikasi menggunakan protokol STK500 asli (referensi, file C header)

Kita juga dapat membypass bootloader dan program mikrokontroler melalui kepala/header ICSP (In-Circuit Serial Programming); lihat instruksi untuk lebih jelas

Sumber kode firmware ATmega16U2 (atau 8U2 pada board revisi 1 dan revisi 2) tersedia. ATmega16U2/8U2 diload dengan sebuah bootloader DFU, yang dapat diaktifkan dengan:

- Pada board Revisi 1: Dengan menghubungkan jumper solder pada belakang board (dekat peta Italy) dan kemudian mereset 8U2

- Pada board Revisi 2 atau setelahnya: Ada sebuah resistor yang menarik garis HWB 8U2/16U2 ke ground, dengan itu dapat lebih mudah untuk meletakkan ke dalam mode DFU. Kita dapat menggunakan software Atmel’s FLIP (Windows) atau pemrogram DFU (Mac OS X dan Linux) untuk meload sebuah firmware baru. Atau kita dapat menggunakan header ISP dengan sebuah pemrogram eksternal (mengoverwrite bootloader DFU). Lihat tutorial user-contributed ini untuk informasi selengkapnya. - Reset Otomatis (Software)

(10)

memungkinkannya untuk direset dengan software yang sedang berjalan pada pada komputer yang sedang terhubung. Salah satu garis kontrol aliran hardware (DTR) dari ATmega8U2/16U2 sihubungkan ke garis reset dari ATmega328 melalui sebuah kapasitor 100 nanofarad. Ketika saluran ini dipaksakan (diambil rendah), garis reset jatuh cukup panjang untuk mereset chip. Software Arduino menggunakan kemampuan ini untuk memungkinkan kita untuk mengupload kode dengan mudah menekan tombol upload di software Arduino. Ini berarti bahwa bootloader dapat mempunyai sebuah batas waktu yang lebih singkat, sebagai penurunan dari DTR yang dapat menjadi koordinasi yang baik dengan memulai penguploadan.

Pengaturan ini mempunyai implikasi. Ketika Arduino Uno dihubungkan ke sebuah komputer lain yang sedang running menggunakan OS Mac X atau Linux, Arduino Uno mereset setiap kali sebuah koneksi dibuat dari software (melalui USB). Untuk berikutnya, setengah-detik atau lebih, bootloader sedang berjalan pada Arduino UNO. Ketika Arduino UNO diprogram untuk mengabaikan data yang cacat/salah (contohnya apa saja selain sebuah penguploadan kode baru) untuk menahan beberapa bit pertama dari data yang dikirim ke board setelah sebuah koneksi dibuka. Jika sebuah sketch sedang berjalan pada board menerima satu kali konfigurasi atau data lain ketika sketch pertama mulai, memastikan bahwa software yang berkomunikasi menunggu satu detik setelah membuka koneksi dan sebelum mengirim data ini.

Arduino Uno berisikan sebuah jejak yang dapat dihapus untuk mencegah reset otomatis. Pad pada salah satu sisi dari jejak dapat disolder bersama untuk mengaktifkan kembali. Pad itu diberi label “RESET-RN” Kita juga dapat menonaktifkan reset otomatis dengan menghubungkan sebuah resistor 110 ohm dari tegangan 5V ke garis reset; lihat thread forum ini untuk lebih jelasnya.

Proteksi Aruslebih USB

(11)

Karakteristik Fisik

Panjang dan lebar maksimum dari PCB Arduino UNO masing-masingnya adalah 2.7 dan 2.1 inci, dengan konektor USB dan power jack yang memperluas dimensinya. Empat lubang sekrup memungkinkan board untuk dipasangkan ke sebuah permukaan atau kotak. Sebagai catatan, bahwa jarak antara pin digital 7 dan 8 adalah 160 mil. (0.16"), bukan sebuah kelipatan genap dari jarak 100 mil dari pin lainnya.

Gambar 1. Arduino uno R3.

V. Soil Moisture Sensor SEN014 DFRobot

Sensor kelembaban tanah baru menggunakan pelapisan Emas yang melindungi nikel dari oksidasi. Electroless perendaman nikel emas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih konvensional (dan lebih murah) permukaan platings seperti HASL (solder), termasuk planarity baik permukaan (sangat membantu untuk PCB dengan paket BGA besar), ketahanan oksidasi yang baik, dan kegunaan untuk kontak yang tidak diobati permukaan seperti switch membran dan titik kontak.

Sebuah sensor kelembaban tanah dapat membaca jumlah uap air yang ada di tanah sekitarnya. Ini adalah sensor berteknologi rendah, tetapi ideal untuk memantau taman kota, atau tingkat air tanaman Anda.

(12)

Sensor ini akan membantu mengingatkan Anda untuk air tanaman indoor atau untuk memantau kelembaban tanah di kebun Anda. IO Ekspansi Shield adalah perisai yang sempurna untuk menghubungkan senor ini untuk Arduino.

Spesifikasi:

- Power supply: 3.3v or 5v.

- Sinyal tegangan keluaran: 0~4.2v. - Arus: 35mA.

Definisi PIN:

- Analog output(kabel biru). - GND(kabel hitam).

- Power(kabel merah).

ukuran: 60x20x5mm.

permukaan akhir: lapisan emas.

Gambar 2. Soil Moisture Sensor SEN014 DFRobot.

VI. SPRINKLER

Ada banyak sekali sistem irigasi yang dapat diterapkan di lahan pertanian di Indonesia. Irigasi yang umumnya digunakan adalah sistem irigasi permukaan (surface irigation). Sistem irigasi permukaan sudah lama dikenal dan di terapkan di Indonesia. Jika dulu sistem irigasi ini diterapkan karena jumlah air di lahan pertanian masih banyak, sedangkan sekarang air yang ada di lahan pertanian sudah semakin berkurang. Jika tetap menggunakan sistem irigasi permukaan maka penggunaan air akan banyak sementara jumlah air sedikit sehingga lahan tidak bisa produktif. Untuk mengatasi hal itu maka perlu diterapkan sistem irigasi yang efektif dan efisien salah satunya adalah sistem irigasi sprinkler.

(13)

permanent (Fixed/solid set), portable dan semi portable (hand move atau mechanical move), traveling irrigator (gun atau boom), center pivot atau linear move.

Irigasi Sprinkler adalah suatu system irigasi yang fleksibel dimana selain dapat digunakan untuk menyiram tanaman juga dapat digunakan untuk pemupukan dan pengobatan dan untuk menjaga kelembaban tanah dan mengontrol kondisi iklim agar sesuai bagi pertumbuhan tanaman.

Adopsi dari system sprinkler ini tergantung pada keuntungan ekonomis dan lingkungan yang akan didapatkan dibandingkan dengan system irigasi yang lain. Sistem sprinkler sekarang ini digunakan untuk berbagai jenis tanaman terutama komoditas yang bernilai tinggi seperti buah-buahan, sayuran dan digunakan pada berbagai jenis lahan dan topografi.

Sistem irigasi sprinkler cocok untuk semua jenis tanah apabila application ratenya sesuai dengan kapasitas inflitrasi tanahnya. Termasuk juga pada lahan marginal yang memiliki kapasitas infitrasi atau kapasitas menyimpan air yang rendah. Kelebihan penggunaan sprinkler adalah:

- Dapat mengontrol pemberian air pada tanaman sehingga dapat mengurangi tingkat pertumbuhan tanaman yang vegetatif dan memperbesar peluang tanaman untuk tumbuh secara generatif dimana akan meningkatkan produktivitas hasil panen.

- Desain dapat dirancang secara fleksibel sesuai dengan jenis tanaman, tenaga kerja yang tersedia dan penghematan energy.

- Dapat dilakukan fertigation atau pemberian nutrisi tanaman melalui system irigasi.

- Dapat digunakan untuk mengontrol iklim bagi pertumbuhan tanaman. - Dapat menjaga tanah tetap lembut agar cocok bagi pertumbuhan seedling

(persemaian).

- Mempercepat perkecambahan dan penentuan panen.

Sistem Irigasi Sprinkler ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya:

- Memerlukan biaya investasi yang tinggi.

- Keseragaman distribusi air dapat terus menurun seiring dengan waktu. - Angin sangat berpengaruh atas keseragaman distribusi air.

- Dapat mengakibatkan kanopi tanaman lembab dan mendatangkan penyakit tanaman.

(14)

Gambar 3. Sprinkler.

VII. DIAGRAM BLOK & RANGKAIAN

Gambar 4. Diagram blok.

(15)

VIII. CARA KERJA

(16)

Gambar 6. Skema kerja. IX. KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

- Perangkat yang digunakan adalah 1. Arduino Uno R3

2. Soil Mouisture Sensor SEN014 DFRobot 3. Channel Relay

4. Pompa Air 5. Sprinkler

- Data yang diterima sensor akan di proses mikrokontroler. Apabila bit kelembaban kurang dari ambang atas maka pompa akan hidup. Pompa akan hidup seterusnya hingga mencapai ambang atas. Ketika Mencapai ambang atas pompa otomatis mati.

B. Saran

Alat ini hanya mendukung untuk penyiraman air saja, sedangkan permasalahan tanaman sangatlah banyak, maka dari itu penulis menginginkan agar teknologi – teknologi yang ada sekarang selalu dikembangkan.

X. DAFTAR PUSTAKA

Hardy, El. Sistem Penyiram Tanaman Otomatis Mengacu pada Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno. UPB. Bogor.

http://fitrikusumawaty.blogspot.co.id/p/kadar-air-tanah-ddit.html.

http://fumiyonishimuraya.blogspot.co.id/2012/12/pengaruh-kelembaban-terhadap-pertumbuhan.html.

http://www.sahabat-informasi.com/2012/07/mengenal-arduino-uno.html.

(17)

http://kabar-agro.blogspot.co.id/2013/04/sistem-irigasi-sprinkler.html.

Figur

Gambar 1. Arduino uno R3.

Gambar 1.

Arduino uno R3. p.11
Gambar 2. Soil Moisture Sensor SEN014 DFRobot.

Gambar 2.

Soil Moisture Sensor SEN014 DFRobot. p.12
Gambar 4. Diagram blok.

Gambar 4.

Diagram blok. p.14
Gambar 5. Skema rangkaian.

Gambar 5.

Skema rangkaian. p.14
Gambar 6. Skema kerja.

Gambar 6.

Skema kerja. p.16

Referensi

Memperbarui...