Anak Peradaban yang Tidak akan Hilang (1)

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

Anak Peradaban yang Tidak akan Hilang

Peradaban di Dunia terus saja berkembang tiada henti. Diawali dari munculnya manusia, hingga saat ini peradaban terus berubah dari zaman ke zaman. Kurun waktu terakhir muncul sebuah inovasi canggih yaitu gadget pintar. Sebelumnya ada sebuah kejutan yang besar yaitu pesawat terbang. Bahkan beribu-ribu tahun yang lalu muncul sebuah teknologi meriam. Bom kapasitas kecil sudah ditemukan terlebih dahulu. Namun dari segala hasil peradaban tersebut tentu ada sebuah peranan penting dari sebuah alat yang mencatat cara pembuatan ataupun sejarah terciptanya benda-benda canggih tersebut, yaitu alat tulis. Sehingga melalui adanya alat tulis maka di masa depan dapat mengetahui awal adanya peradaban tersebut.

Alat tulis yang sangat berperan dalam perjalanan peradaban Dunia, tentunya berkembang mengikuti zaman yang berubah-ubah. Dimulai dari pahatan pada batu, lukisan pada dinding gua, hingga terciptanya sebuah Kertas. Semua itu merupakan media untuk mencatat segala ilmu dari setiap peradaban yang terjadi pada masa lalu, sekarang, hingga sebuah rancangan besar untuk masa depan. Seiring berjalannya waktu, beberapa media diatas telah tertelan oleh kemajuan zaman, yang hanya menyisakan kertas sebagai media penulisan yang tetap eksis dalam berbagai zaman.

Kertas merupakan sebuah benda yang secara umum penggunaannya untuk kegiatan tulis menulis atau sebuah media untuk kegiatan pencatatan pada mulanya. Namun, seiring zaman kertas juga mengalami resolusi yang signifikan. Dimulai dari kertas mesir yang untuk mencatat sejarah dan ilmu pengetahuan, hingga munculnya tisu sebagai kertas pembersih kotoran ataupun kardus sebagai kertas pelindung, bahkan kertas uang sebagai alat pembayaran juga sudah ada beberapa abad yang lalu. Banyaknya jenis kertas yang memiliki fungsi berbeda-beda menyebabkan kertas tetap eksis hingga sekarang, meskipun secara fungsionalis kertas sudah mulai meninggalkan fungsi aslinya yang mulai tergantikan oleh adanya gadged pintar ataupun komputer.

Sejarah panjang mengenai kertas sungguh mengagumkan, dimana banyak orang yang mulai mengubah kertas dari funsi aslinya untuk berbagai hal. Bahkan sejarah telah mengatakan, bahwasannya kertas merupakan alat penggerak ekonomi modern. Dimana kertas yang mulfungsi inilah membuat sangat berpengaruh dalam kegiatan manusia sehari-hari, hingga seecara tidak disadari kertas sangat berperan dalam kegitan ekonomi. Pantaslah sang kertas meraih gelar anak peradaban yang tidak akan hilang tertelan zaman.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...