BERITA ACARA PENJELASAN DOKUMEN PENGADAAN Nomor : 02/DKP/Perahu-Pokmaswas(u-3)/IV/2018

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SEKRETARIAT DAERAH

Jl. Gajah Mada Nomor 2 Samarinda Kode Pos 75121 Kalimantan Timur

Telepon : (0541) 733333, Fax. (0541) 737762 – 742111 Website : http://kaltim.go.id

BERITA ACARA

PENJELASAN DOKUMEN PENGADAAN

Nomor : 02/DKP/Perahu-Pokmaswas(u-3)/IV/2018

Pekerjaan : Pengadaan Perahu Motor Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Kode Lelang : 9342035

Sumber Dana : APBD Tahun Anggaran 2018

Berita Acara Penjelasan Dokumen Pengadaan ini dibuat pada hari Jumat, tanggal Dua Puluh Tujuh bulan April tahun Dua Ribu Delapan Belas (27-4-2018). Penjelasan Dokumen Pengadaan dilaksanakan sesuai jadwal pada website LPSE Provinsi Kalimantan Timur oleh Pokja ULP. Pokok – pokok penjelasan serta perubahan dan penambahan terhadap Dokumen Pengadaan adalah berdasarkan Perpres 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berserta perubahannya dan aturan turunannya, meliputi :

1.PENJELASAN :

Penjelasan Dokumen pengadaan/pelelangan paket pekerjaan ini yang dilaksanakan secara

online melalui aplikasi SPSE pada website LPSE Prov. Kaltim (http://lpse.kaltimprov.go.id) dan disimpulkan sebagai berikut :

a. Apabila dalam Dokumen Pengadaan paket pekerjaan Pengadaan Perahu Motor Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) terdapat beberapa kata yang salah tulis/ketik, maka harus merujuk kepada Perpres 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berserta perubahannya dan aturan turunannya.

b. Penjelasan dilaksanakan sesuai jadwal pada aplikasi SPSE, yaitu tanggal 27 April 2018 sesuai jadwal pada aplikasi SPSE.

c. Dokumen Pengadaan :

 Dokumen Pengadaan Paket Pekerjaan Pengadaan Perahu Motor Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Nomor : 01/DKP/Perahu-Pokmaswas(u-3)/IV/2018 Tanggal 25 April 2018 yang diupload dalam aplikasi SPSE, terdiri dari file :

d. Nilai total Harga Perkiraan Sendiri (HPS) :

 Rp. 400.000.000,-

(2)

e. Jangka Waktu Pelaksanaan

 90 [Sembilan Puluh] Hari Kalender f. Metode Pemilihan :

 E-Lelang Sederhana Pascakualifikasi Satu File Sistem Gugur. g. Cara penyampaian Dokumen/File Penawaran :

 Metode 1 (satu) file secara elektronik menggunakan aplikasi pada website LPSE Prov. Kaltim (http://lpse.kaltimprov.go.id) sesuai Dokumen Pengadaan, BAB III Instruksi Kepada Peserta (IKP), Huruf D, klausul 21.1;

 Dokumen Asli agar dipersiapkan untuk kepentingan klarifikasi.

h. Pembukaan Penawaran sesuai Dokumen Pengadaan, BAB III Huruf E, klausul 25.

i. Metode evaluasi adalah Sistem Gugur.

j. Jenis kontrak yang akan digunakan adalah Kontrak Gabungan Lum Sum dan Harga Satuan.

k. Persyaratan pajak adalah bukti laporan pajak tahun terakhir berupa SPT Tahunan untuk Tahun 2016.

l. Transkrip tanya-jawab sebagaimana berikut:

No Pertanyaan Penyedia Tanggapan Panitia 1. Bab IV.A.5 Tidak ada Lampiran KAK ?

Dukungan Dana/Bank, tidak dipersyaratkan ?

Untuk penyedia 243439035, KAK akan dilampirkan pada Berita Acara Pemberian Penjelasan, Dukungan Dana/Bank tidak dipersyaratkan.

2.PERUBAHAN DAN PENAMBAHAN :

Penjelasan, perubahan dan penambahan terhadap Dokumen Pengadaan yang dituangkan dalam Berita Acara ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Dokumen Pengadaan paket pekerjaan ini. Apabila terjadi pertentangan ketentuan antara bagian satu dengan bagian yang lain, maka yang berlaku adalah ketentuan yang tercantum pada Berita Acara Penjelasan ini.

Demikian Berita Acara Penjelasan Dokumen Pengadaan ini dibuat pada tanggal sebagaimana tersebut diatas untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui,

Pokja Pengadaan Perahu Motor Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS)

Ttd

(3)

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA

PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

PEKERJAAN : PENGADAAN 2 (DUA) UNIT KAPAL MOTOR ≤ 5 GT

PERLENGKAPAN POKMASWAS PENGAWASAN SUMBER

DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

LOKASI : - BINA LESTARI KEC. MUARA BADAK – KUKAR

-

SUMBER LAUT KEC. MARANGKAYU – KUKAR

BIDANG PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

TAHUN 2018

(4)

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

PEKERJAAN :

PENGADAAN 2 (DUA) UNIT KAPAL MOTOR ≤ 5 GT

PERLENGKAPAN POKMASWAS PENGAWASAN SUMBER

DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN

1. LATAR

BELAKANG

Sesuai dengan Program Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), dukungan sarana dan prasarana yang memadai sangat diperlukan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengawasan SDKP.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam pembangunan adalah program / kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka mendukung kegiatan pengawasan SDKP di Provinsi Kalimantan Timur,perlu dilakukan pembinaan ke pada Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) yang telah dibentuk di Kabupaten/kota. Prasarana pendukung POKMASWAS berupa Paket Perlengkapan POKMASWAS perlu diberikan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pengawasan usaha budidaya ikan, pengolahan hasil perikanan

2. MAKSUD DAN

TUJUAN

Maksud dan Tujuan Pengadaan 2 (Dua) Unit Kapal Motor ≤ 5 GT Perlengkapan POKMASWAS Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan diharapkan dapat menjadi prasarana penunjang, memberikan rasa aman dan memudahkan koordinasi bagi anggota POKMASWAS di dalam melaksanakan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang dilakukan di wilayah kerja masing-masing kelompok.

3. TARGET/

SASARAN

Target / sasaran yang ingin dicapai dalam Pengadaan 2 (Dua) Unit Kapal Motor ≤ 5 GT Perlengkapan POKMASWAS Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan ini adalah:

1. Tersedianya sarana penunjang berupa perahu motor POKMASWAS yang dapat digunakan sebagai kendaraan penunjang operasional di lapangan dalam melaksanakan

(5)

tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan 2. Meningkatkan rasa aman dan keselamatan sekaligus

identitas para anggota POKMASWAS dalam melaksanakan kegiatan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan

3. Meningkatkan efektifitas koordinasi dan komunikasi para anggota POKMASWAS dalam melakukan aktivitas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan

4. Meningkatnya tingkat mobilitas pengawasan sehingga diharapkan dapat menurunkan pelanggaran baik dalam kegiatan pemanfaatan maupun pengolahan sumber daya kelautan dan perikanan

4. NAMA

ORGANISASI

PENGADAAN

BARANG

Nama organisasi yang menyelenggarakan /melaksanakan pengadaan barang :

 K/L/D/I Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

 Satker/SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan

 PPK Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Kelautan.

5. SUMBER DANA

DAN

PERKIRAAN

BIAYA

a. Sumber dana yang diperlukan untuk membiayai Pengadaan Perlengkapan POKMASWAS Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Kalimantan Timur Tahun Anggaran 2018

b. Total perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengadaan 2 (dua) Unit Kapal Motor ≤ 5 GT Perlengkapan POKMASWAS

Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 400.000.000,- ( empat ratus juta Rupiah)

6. JANGKA

WAKTU

PELAKSANAAN

PEKERJAAN

Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan/pengadaan barang (kapan barang yang dimaksud harus sudah ada dilokasi / diserahterimakan) 90 (sembilan puluh) hari terhitung sejak dikeluarkannya Surat Pesanan

7. TENAGA

AHLI/TERAMPIL

-

(6)

8. PERSYARATAN

DAN

SPESIFIKASI

TEKNIS

Perahu Motor untuk POKMASWAS 1) Pengertian

Perahu motor untuk POKWASMAS adalah perahu motor yang diperuntukkan bagi POKMASWAS sebagai penunjang kegiatan operasional di lapangan dalam rangka membantu tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

2) Persyaratan Teknis a) bahan/material

Perahu motor untuk POKMASWAS dibuat dari bahan yang mudah didapatkan didaerah misalnya kayu, dsb. Konstruksi kapal yang akan dibangun mengikuti peraturan klasifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Fiberglass 1996, stabilitas, manuveurability, daya jelajah dan tingkat ketahanan / keawetan memadai sesuai kebutuhan dan kondisi daerah pelayaran setempat. Ukuran perahu motor disesuaikan dengan kondisi daerah sesuai stabilitas perahu dan aspek keselamatan.

b) mesin penggerak

Mesin penggerak utama perahu motor POKMASWAS, dari besar daya (ukuran/kapasitas) dan jenis mesin penggeraknya (inboard) menyesuaikan dengan karakteristik perairan dan kebutuhan daerah, dan harus dapat memenuhi kecepatan yang memadai.

c) alat navigasi dan komunikasi

Perahu motor POKWASMAS dilengkapi dengan alat navigasi sekurang-kurangnya mampu untuk menentukan arah, posisi, serta kedalaman laut yang meliputi kompas, GPS Map. Alat komunikasi standar minimal pada perahu POKWASMAS Portable VHF Radio/handy talky.

d) tanda perahu motor untuk POKMASWAS

Tanda perahu motor untuk POKMASWAS adalah sesuatu yang menunjukan identitas atau ciri khusus Perahu motor untuk POKWASMAS meliputi:

(7)

(1) Nama Perahu diambil dari nama Pokwasmas sendiri. Nama Perahu ditulis dengan huruf kapital jenis arial, ditempatkan pada dinding luar lambung kanan dan kiri buritan kapal, dengan cat warna putih, dengan ketentuan;

(2) Nama Perahu ditulis pada buritan di bawah garis geladak utama dengan jarak 1/10 tinggi permukaan bebas perahu;

(3) Tinggi huruf berukuran minimum 1/20 tinggi permukaan bebas perahu dan maksimum 1/8 tinggi permukaan bebas kapal, disesuaikan dengan besarnya kapal serta keindahan / estetika;

(4) Strip perahu berbentuk dua garis miring sejajar berwarna kuning tua dan putih dan ditempatkan di lambung kanan dan kiri di bagian haluan dengan kemiringan 60° ke arah haluan, dimulai dari garis air ke atas;

(5) Warna perahu motor POKWASMAS:

(a) dinding bangunan bagian luar di atas geladak berwarna putih;

(b) dinding lambung bagian luar kapal di atas garis air berwarna biru tua; dan

(c) dinding lambung bagian luar kapal di bawah garis air atau bot-top area berwarna merah tua sesuai warna cat anti–fouling.

(8)

Samarinda, 5 Januari 2018.

Kuasa Pengguna Anggaran,

Ir. Zuhri Ilianur., MP NIP. 19640826 199203 1 006

Contoh perahu motor POKMASWAS sebagaimana tercantum dalam Gambar 8.

Figur

Memperbarui...

Related subjects :