• Tidak ada hasil yang ditemukan

HUBUNGAN ANTARA PERIODONTITIS DENGAN KELAHIRAN BAYI PREMATUR BERBERAT BADAN LAHIR RENDAH DITINJAU DARI ASPEK KEPARAHAN INFLAMASI GINGIVA

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "HUBUNGAN ANTARA PERIODONTITIS DENGAN KELAHIRAN BAYI PREMATUR BERBERAT BADAN LAHIR RENDAH DITINJAU DARI ASPEK KEPARAHAN INFLAMASI GINGIVA"

Copied!
13
0
0

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN ANTARA PERIODONTITIS DENGAN

KELAHIRAN BAYI PREMATUR BERBERAT BADAN

LAHIR RENDAH DITINJAU DARI ASPEK KEPARAHAN

INFLAMASI GINGIVA

SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat guna memperoleh gelar Sarjana Kedokteran Gigi

Oleh:

ADE APRILIANI

NIM : 070600017

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

2011

(2)

Fakultas Kedokteran Gigi

Departemen Periodonsia

Tahun 2011

Ade Apriliani

Penelitian Hubungan Antara Periodontitis Dengan Kelahiran Bayi Prematur Berberat Badan Lahir Rendah Ditinjau Dari Aspek Keparahan Inflamasi Gingiva. xi+36 halaman

Kelahiran bayi prematur berberat badan lahir rendah merupakan masalah sosial ekonomi kesehatan masyarakat yang utama di negara maju maupun berkembang. Penelitian Dwi Retnoningrum menyatakan bahwa kejadian bayi prematur BBLR di Indonesia tahun 2003 sebesar 90 per 1000 kelahiran dan menemukan bahwa inflamasi gingiva pada ibu hamil mempunyai risiko 8,75 kali mengalami kelahiran bayi prematur BBLR dibandingkan dengan ibu yang tidak mengalami inflamasi gingiva. Bayi prematur BBLR memiliki tingkat kematian 40 kali lebih rentan selama periode neonatal dibanding bayi berberat badan lahir normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara periodontitis dengan kelahiran bayi prematur BBLR khususnya ditinjau dari aspek keparahan inflamasi gingiva dan perbedaan keparahan inflamasi gingiva antara ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dengan ibu yang melahirkan bayi normal.

Penelitian yang dilakukan adalah analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 45 orang yang diperoleh dari Rumah Sakit Umum Haji Adam Malik, Rumah Sakit Umum Pirngadi,

(3)

Rumah Sakit Haji, Klinik bersalin Tri putri dan Klinik bersalin Yakin Sehat. Sampel terdiri dari ibu yang melahirkan bayi normal sebanyak 28 orang dan ibu yang melahirkan bayi prematur berberat badan lahir rendah sebanyak 17 orang.

Rerata Indeks Gingiva ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR lebih tinggi dibandingkan ibu yang melahirkan bayi normal. Perbedaan tersebut bermakna secara statistik. Rerata Indeks Pendarahan Papila Dimodifikasi (IPPD) ibu yang melahirkan prematur BBLR lebih tinggi dibanding ibu yang melahirkan bayi normal. Perbedaan tersebut bermakna secara statistik.

Tidak terdapat hubungan antara periodontitis terhadap kelahiran bayi prematur BBLR namun terdapat perbedaan keparahan inflamasi gingiva antara ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dengan ibu yang melahirkan bayi normal. Keparahan inflamasi gingiva ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang melahirkan bayi normal. Program kebersihan rongga mulut yang sifatnya pencegahan dapat membantu dalam menjaga kesehatan gingiva dan mencegah perkembangan penyakit periodontal sehingga menurunkan risiko terjadinya kelahiran bayi prematur BBLR.

(4)

PERNYATAAN PERSETUJUAN

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan tim penguji skripsi

Medan, 27 Januari 2011

Pembimbing: Tanda tangan

1. Irma Ervina, drg., Sp. Perio (K) ……… NIP: 19710702 199601 2 001

2. S.Hamzah Daliemunthe,drg., Sp.Perio (K)

(5)

TIM PENGUJI SKRIPSI

Skripsi ini telah dipertahankan di hadapan tim penguji Pada tanggal 27 Januari 2011

TIM PENGUJI

KETUA : Irma Ervina, drg., Sp. Perio (K) ……….. ANGGOTA : 1. S. Hamzah Daliemunthe, drg., Sp.Perio (K) .……….

2. Zulkarnain, drg., M. Kes ……….. 3. Pitu Wulandari, drg., S.Psi., Sp Perio ………..

Mengetahui: KETUA DEPARTEMEN

Irmansyah R., drg., Ph.D ………...

(6)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya yang telah memberikan kekuatan dan kemudahan sehingga skripsi ini dapat diselesaikan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi.

Rasa terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada kedua orang tua tersayang Ibunda Syahriani Lubis dan Ayahanda Irwansyah yang senantiasa menyayangi, mendoakan, dan mendukung penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

Dalam penulisan skripsi ini penulis juga banyak mendapat bimbingan, motivasi, saran-saran serta bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan terima kasih kepada :

1. Prof. H. Nazruddin, drg.,C.Ort.,Sp.Ort.,Ph.D selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

2. Irmansyah, drg., Ph.D selaku Ketua Depatermen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

3. Irma Ervina, drg., Sp.Perio (K) selaku dosen pembimbing I yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran serta dengan sabar memberikan bimbingan, arahan, motivasi, nasehat, dan semangat selama penulisan skripsi ini.

4. S. Hamzah Daliemunthe, drg., Sp. Perio (K) selaku dosen pembimbing II atas keluangan waktu, arahan dan bimbingan yang diberikan kepada penulis selama penyelesaian skripsi ini.

5. Olivia Avriyanti Hanafiah, drg., Sp. BM selaku penasehat akademik yang telah memberikan bimbingan kepada penulis selama menjalani pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

(7)

6. Seluruh staf pengajar dan pegawai Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan saran dan masukan dalam penyelesaian skripsi ini.

7. Seluruh staf pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara yang telah mendidik, membimbing, dan membantu selama menuntun ilmu di masa pendidikan.

8. Drs. Abdul Jalil A.A., M.Kes selaku Pembantu Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan bimbingan dalam melakukan analisis statistik hasil penelitian.

9. Dr. Irsan N. H. N Lubis SpS selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan.

10. Kepala SMF Obgyn RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan yang telah memberikan izin dan membantu penulis selama melakukan penelitian di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan.

11. Dr. Yulinda Elvi Nasution selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Penelitian RS. Haji Medan yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian di RS. Haji Medan.

12. Drs. Palas Tarigan, Apt selaku Kepala Instalasi Litbang RSUP. H. Adam Malik Medan yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melakukan penelitian di RSUP. H. Adam Malik Medan.

(8)

13. Pimpinan dan seluruh pegawai di Klinik Bersalin Tri Putri, Klinik Bersalin Yakin Sehat Kuala Tanjung yang telah memberikan izin dan membantu penulis selama melakukan penelitian.

14. Prof. Dr. Sutomo Kasiman, Sp.PD., Sp.JP(K) selaku Ketua Komite Etik Penelitian Bidang Kesehatan yang telah menerbitkan Ethical Clearance sebagai syarat untuk melakukan penelitian sehingga penelitian ini dapat terlaksana.

15. Semua Ibu yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi sampel dalam penelitian ini.

16. Keluarga tersayang, Drs. H. M. Nasir Hrp, Ibu Juliawati, Ibu Ita, Ibu Syahlela, Ibu Syahrianum, Nenek Syahrida, Ibu Mila atas doa, dukungan dan kasih sayang yang telah diberikan kepada penulis.

17. Teman-teman seperjuangan di Departemen Periodonsia, Ulfa, Iwa, Shadia, Ulipe, Ayu, Lavania, Nuria dan Ona yang telah saling mendukung, membantu, dan memberi motivasi selama penulisan skripsi dilakukan. Sahabat-sahabat tersayang, Kakak Eki, Febby, Elin, Yaya, Emil, Rena, Uwi, Shinta, Evi, Rani, Febri, Adel, Yua yang telah banyak membantu dan senantiasa memberikan semangat serta kasih sayang kepada penulis dan kepada teman-teman angkatan 2007 yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu.

(9)

Akhirnya penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan sumbangan pikiran yang berguna bagi pengembangan disiplin ilmu di Fakultas Kedokteran Gigi, khususnya Departemen Periodonsia.

Medan, 27 Januari 2011

Penulis

( Ade Apriliani )

(10)

DAFTAR ISI

Halaman HALAMAN JUDUL ... HALAMAN PERSETUJUAN ... HALAMAN TIM PENGUJI SKRIPSI ...

KATA PENGANTAR ... iv

DAFTAR ISI ... vii

DAFTAR TABEL ... ix

DAFTAR GAMBAR ... x

DAFTAR LAMPIRAN ... xi

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 3

1.3 Tujuan Penelitian ... 3

1.4 Manfaat Penelitian ... 4

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Defenisi Kelahiran Bayi Prematur Berberat Badan Lahir Rendah . 5

2.2 Faktor Risiko Kelahiran Bayi Prematur Berberat Badan Lahir Rendah ... 7

2.3 Mekanisme Periodontitis Sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kelahiran Bayi Prematur Berberat Badan Lahir Rendah ... 10

2.4 Kerangka Teori ... 13

2.5 Kerangka Konsep ... 14

2.6 Hipotesis ... 14

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Rancangan Penelitian ... 15

3.2 Tempat dan Waktu Penelitian ... 15

3.2.1 Tempat ... 15

(11)

3.3 Populasi, Sampel dan Besar Sampel ... 15

3.3.1 Populasi ... 15

3.3.2 Sampel ... 16

3.3.3 Besar Sampel ... 16

3.4 Defenisi Operasional ... 17

3.5 Alat dan Bahan Penelitian ... 18

3.5.1 Alat Penelitian ... 18

3.5.2 Bahan Penelitian ... 18

3.6 Prosedur Penelitian ... 19

3.7 Analisis Data ... 22

BAB 4 HASIL PENELITIAN ... 23

4.1 Data Demografis Sampel Penelitian ... 26

4.2 Kondisi Periodonsium ... 26

4.3 Indeks Gingiva ... 27

4.4 Indeks Perdarahan Papila Dimodifikasi (IPPD)……… .. 28

BAB 5 PEMBAHASAN ... 30

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN ... 32

DAFTAR RUJUKAN ... 34 LAMPIRAN

(12)

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman 1 Kriteria Skor Indeks Gingiva ... 20 2 Data demografis ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu yang

melahirkan bayi normal berdasarkan usia ... 23 3 Data demografis ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu yang

melahirkan bayi normal berdasarkan tingkat pendidikan ... 24 4 Data demografis berat badan lahir bayi prematur BBLR dan bayi

normal……….. .. 25

5 Data demografis jenis kelamin bayi prematur BBLR dan bayi normal… ... 25 6 Data demografis ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu

yang melahirkan bayi normal berdasarkan usia kehamilan………. ... 26 7 Kondisi periodonsium ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu

yang melahirkan bayi normal ... 26 8 Indeks Gingiva ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu

yang melahirkan bayi normal ... 27 9 Rerata Indeks Gingiva ibu yang melahirkan bayi prematur BBLR dan ibu

yang melahirkan bayi normal……… . . 28 10 Indeks Perdarahan Papila Dimodifikasi (IPPD) ibu yang melahirkan bayi

prematur BBLR dan ibu yang melahirkan bayi normal ... 28 11 Rerata Indeks Perdarahan Papila Dimodifikasi (IPPD) ibu yang melahirkan bayi

(13)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

1 Kategori usia kehamilan pada saat kelahiran dalam hitungan minggu... 6 2 Indeks perdarahan papilla dimodifikasi menurut Saxer dan Muhlemen .. 21

Gambar

Tabel                                                                                                        Halaman  1    Kriteria Skor Indeks Gingiva  ......................................................................

Referensi

Dokumen terkait

Tidak hanya itu saja, ancaman teroris juga menjadi isu yang sangat serius di kawasan ASEAN jadi diharapkan dengan adanya Komunitas Politik dan Keamanan

Pengolahan tumpahan minyak bumi ke lahan yang dilakukan teknik bioremediasi secara kombinasi insitu lagooning dan composting dapat menurunkan konsentrasi Total Petroleum

[r]

Penelitian mengenai Online Consumer Reviews terhadap Keputusan Menggunakan dilakukan untuk mengetahui apakah antara Online Consumer Reviews (X) memiliki pengaruh

Dengan segala puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas rahmat dan karunianya, sehingga penulisan skripsi dengan judul: TOKSISITAS NEMATODA ENTOMOPATOGEN (Steinernema

Dari beberapa teori dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematika awal adalah kepekaan terhadap cara berpikir ilmiah dan membangun konsep yang ditunjukkan dengan

Target dari strategi biaya rendah adalah biaya rendah dibandingkan dengan para kompetitornya, tidak secara mutlak memiliki biaya yang rendah untuk semua kemungkinan yang ada;

Studi penelitian ini diberi judul “ Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank ter- hadap Pertumbuhan Laba pada Peru- sahaan Sektor Perbankan,” Penelitian ini merupakan replikasi dari