PERANCANGAN LAYANAN UNTUK KOSTUMISASI ANTAR MUKA SISTEM OPERASI ANDROID BERBASIS WEBSITE

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PERANCANGAN LAYANAN UNTUK KOSTUMISASI ANTAR

MUKA SISTEM OPERASI ANDROID BERBASIS WEBSITE

Anggit Dwi Hartanto1

1

Teknik Informatika, 1STMIK AMIKOM Yogyakarta Jalan Ringroad Utara Depok Sleman Yogyakarta

1

anggit@amikom.ac.id

Abstrak

Android adalah sistem operasi yang biasanya digunakan untuk telepon seluler yang berbasis unix. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi sendiri yang dapat digunakan oleh bermacam perangkat bergerak. Semakin marak dan berkembangnya android di pasar global membuat para pengembang perangkat lunak tertarik untuk mengembangkan aplikasi pada sistem operasi berbasis open platform tersebut. Tentu saja untuk membuat atau mengembangkan aplikasi ataupun sistem pada android OS di perlukan pengetahuan yang dalam tentang seluk beluk android. Sistem yang akan dibangun ini menyediakan sebuah fasilitas layanan untuk memudahkan user melakukan modifikasi pada gadget mereka, sehingga user tidak perlu tahu secara teknis apa yg harus di lakukan untuk memodifikasi isi gadget mereka. Dengan kata lain memudahkan user dalam memodifikasi gadget mulai dari themes, system, dan tweak yang akan di tanam di dalamnya.

Kata Kunci : android, kostumisasi, open source 1 Pendahuluan

Android adalah sebuah sistem operasi pada handphone yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux [1]. Android bisa digunakan oleh setiap orang yang ingin menggunakannya pada perangkat mereka.

Pengguna gadget dengan sistem operasi android di indonesia semakin meningkat, ditunjang dengan sistem yang canggih dan juga bebas untuk dikembangkan, sehingga android menjadi idola masyarakat dunia saat ini khusunya indonesia. Sejalan dengan berkembang pesatnya android para pengguna maupun pengembang juga antusias untuk melakukan modifikasi dari sistem android yang dimiliki. Modifikasi yang dilakukan mulai dari memodifikasi hal-hal kecil sampai ke tingkat yang paling kompleks bahkan ada juga yang menyentuh sisi kernel.

Modifikasi yang dilakukan tersebut tentu saja mempunyai resiko bagi gagdet, sehingga diperlukan pengetahuan dan skill tentang android yang cukup untuk melakukan modifikasi tersebut. Apalagi sudah menyentuh modifikasi dari sisi kernel yang mempunyai resiko tinggi mengakibatkan gadget mati total dan tidak bisa digunakan.

Melihat fenomena yang terjadi pada uraian diatas maka, terbesit pemikian untuk memberikan pelayan bagi para pengguna platform open source khusunya android dalam memodifikasi gadget. Karena pelayanan seperti ini masih sangat kurang dijumpai dan tidak sebanding dengan pengguna android yang setiap tahun bahkan setiap bulannya meningkat. Pelayanan ini

memberikan kemudahan bagi para user yang ingin memodifikasi gadget android dalam hal ini pada sisi rom (framework). Layanan ini meliputi kostumisasi tampilan, packet, sistem dan bisa melakukan proses compile kernel yang dapat mengurangi resiko human error pada sisi user. 2 Tinjauan Pustaka

Dong-Hoon You dan Bong-Nam Noh pada tahun 2011 menulis jurnal dengan judul “Android platform based linux kernel rootkit” diupload pada jurnal online ieee explore yang membahas tentang sistem root kernel linux menjadi platform standar sistem operasi android pada smart phone [2].

Pada makalah yang lain tahun 2011, Shanker juga menulis makalah pada jurnal online ieee explore dengan judul Android porting concepts. Makalah ini membahas tentang kernel dan file system yang digunakan untuk android [3].

Dari dua tema dari penelitian diatas berbeda dengan tema dari penelitian yang akan dibahas. Secara umum tema dari penelitian ini diinspirasi dari website suse studio dengan alamat http://susestudio.com/ [4], dimana web ini adalah penyedia layanan bagi pengguna linux suse untuk membuat kostumisasi linux sendiri, user bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dipakai, jenis dekstop dan fitur fitur yang lain.

Sedangkan pada penelitian ini adalah menyediakan layanan untuk pengguna sistem operasi android untuk smartphone. Untuk referensi penelitian tertulis belum ditemukan, tetapi pada implementasinya sudah terdapat website sejenis

(2)

yaitu pada alamat website berikut http://uot.dakra.lt/kitchen/ [5].

3 Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancanng layanan kostumisasi android yang dapat digunakan dengan mudah sehingga user tidak harus mengetahui proses kostumisasi android.

4 Metode Penelitian

Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah seperangkat komputer dengan dilengkapi tool tweak android dan bahasa pemrograman php dengan menggunakan framework codeigniter (CI) serta smartphone berbasis android. Adapun tool yang digunakan antara lain Apk tools, Dxdia kitchen, dan ADB tools, yang nantinya tools ini yang akan menjadi tool utama disisi server dan melakukan servis yang diinginkan oleh client. Sehingga client tidak perlu mengetahui secara pasti prinsip kerja tools itu secara pasti.

Tahapan penelitian yang akan dilakukan digambarkan pada tabel 1 berikut ini.

Tabel 1. Tahapan penelitian N No Tahapan Penelitian Pencapaian 1 1 Meneliti Struktur Direktori Android Mengetahui struktur Direktori andoid baik untuk sistem ataupun tampilan

2

2 Melakukan uji coba tool tweak andoid

Tool tweak android bisa digunakan untuk melakukan perubahan tampilan 3 3 Melakukan kostumisasi android

Sistem dan tampilan bisa berubah. 4 4 Membangun servis server untuk tool kostumisasi android

Tool telah diletakkan di sisi server.

5 5

Membangun antar muka pengguna

Interface user berhasil dibangun (di sisi client) 6

6 Uji coba sistem

Sistem berhasil digunakan untuk kostumisasi android

Perancangan Layanan Remaster Andorid Pada dasarnya untuk melakukan coustumisasi pada android dalam hal ini tampilan user harus melakukan proses sebagai berikut :

a. Menginsatall Java Development Kit b. Menginstall Android SDK

c. Memasang APK Tool engine

Gambar 1. Kebutuhan Software Agar memudahkan user dalam menggunakan sistem ini, maka sistem dibangun berbasis website, sehingga semua proses berjalan di server.

Berikut ini adalah skema alur proses remastering secara manual yang dilakukan oleh user untuk menghasilkan file apk yang baru. Adapun skema adalah sebagai berikut :

Gambar 2. Skema Remastering Manual [6] Dari gambar di atas dapat kita lihat alur proses remastering manual yang dilakukan oleh user sebagai berikut :

1. User mengambil atau memindahkan Systemui.apk dan frameworkres.apk dari

(3)

android smartphone milik user ke pc linux sebagai media remastering.

2. User masuk ke terminal untuk melakukan proses decompile Systemui.apk dan frameworkres.apk, sebelumnya user masuk ke direktori tempat file Systemui.apk dan frameworkres.apk di simpan dengan perintah cd ( change directory)

3. Decompile systemui dan frameworkres dengan perintah apktool d -f framewoekres.apk atau apktool d -f systemui.apk

4. Setelah proses decompile selesai di direktory path tempat melakukan proses decompile akan tercipta directory frameworkres dan systemUI yang didalamnya terdapat source file dari apk paket yang telah di decompile sebelumnya. Pada tahap ini user akan melakukan modifikasi isi source, mulai dari memindahkan atau merubah keseluruhan isi dari source tersebut. Untuk melakukan hal itu user harus tau secara keselurhan mengenai isi source yang akan dimodifikasi agar tidak terjadi kesalahan dalam proses remaster.

5. Setelah melakukan proses remaster user harus melakukan proses build atau compilasi ulang keseluruhan paket yang telah dimodifikasi menjadi paket systemui.apk dan frameworkres.apk yang baru. Untuk melakukan hal tersebut user harus mengetikan perintah apktool b -f frameworkres atau apktool b -f systemui

6. Setelah proses decompile selesai, paket .apk yang baru akan terbentuk dan user harus memindahkan dan mengganti frameworkres dan systemui pada smartphone milik user dengan frameworkres dan systemui hasil repacked yang baru.

Dari dasar skema alur proses manual untuk menghasilkan apk baru, maka dirancang skema alur proses yang baru untuk memudahkan user dalam melakukan kostumisasi antar muka android, adapun skema digambarkan pada gambar 3 berikut.

Gambar 3. Skema Layanan Remastering Pada service yang akan dibuat, alur

remastering menjadi lebih singkat dan lebih mudah dengan alur seperti berikut :

1. Dalam system ini, terdapat tiga previlage user (admin, member, dan visitor )

2. Setiap member yang melakukan registrasi, akan menunggu aproval dari admin untuk bisa menggunakan layanan kitchen

3. Admin bisa melihat daftar user yang menunggu untuk aproval

4. User yang belum di aprove sudah bisa melakukan login tapi hanya bisa melihat menu home dan welcome page saja

5. Visitor biasa, hanya bisa melihat home page dari kitchen dan sama sekali tidak bisa menggunakan servis

6. Ketika user sudah mendapat aproval dari admin, user sudah bisa mengupload dan mengakses page untuk proses remaster serta mendownload file apk hasil remaster

7. Dalam proses remaster user tidak perlu mengetikan perintah-perintah selayaknya pada

(4)

proses manual, user hanya memilih icon apa saja yang akan di ganti, serta memilih status bar costum yang disediakan di server

8. Setelah proses selesai user siap mendownload hasil remaster dan memasang di device android mereka

Perancangan Database

Adapun rancangan tabel yang digunakan adalah sebagai berikut :

1. Rancangan Tabel VUser

Tabel 2. Tabel VUser

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Username Varchar 50 Password Char 40 Status Enum Privilegeid Varchar 50 Hakakses Varchar 50 Date Date

2. Rancangan Tabel User

Tabel 3. Tabel User

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Username Varchar 50

Password Char 40

Status Enum

Privilegeid Varchar 50

Date Date

3. Rancangan Tabel Icon For Tabel 4. Tabel Icon For

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10

For Varchar 50

4. Rancangan Tabel Log Login Tabel 5. Tabel Log Login

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10 Session_id Char 40 Ip_address Varchar 100 User_agent Text Username Varchar 50 Last_login Timestamp 5. Rancangan Tabel Icon Category

Tabel 6. Tabel Icon Category Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10

Category Varchar 50

6. Rancangan Tabel Icon Type Tabel 7. Tabel Icon Type

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10

Type Varchar 50

7. Rancangan Tabel Priviledge Tabel 8. Tabel Priviledge

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10

Hak akses Varchar 50

8. Rancangan Tabel Icon

Tabel 9. Tabel Icon

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10 Filename Varchar 100 Filetype Varchar 50 Filepath Text Fullpath Text Rawname Text Origname Text Clientname Text Fileext Tinytext Filesize Float Typeid Int 10 Forld Int 10 Categoryid Int 10 Date Timestamp Uploaded Varchar 100

9. Rancangan Tabel File

Table 10. Tabel File

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10 File_name Varchar 100 File_type Varchar 50 File_path Text Full_path Text Raw_name Text Orig_name Text Client_name Text File_ext Tinyint File_size Float Date Timestamp Uploaded Varchar 100 10.Rancangan Tabel VST Tabel 11. Tabel vst

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10 Session_id Varchar 45 Ip_address Varchar 45 User_agent Varchar 120 Last_activity Int 10 User_data Text 11. Rancangan Tabel Vicon

Tabel 12. Tabel VIcon

Nama Kolom Tipe Data Panjang

Id Int 10 Filename Varchar 100 Filetype Varchar 50 Filepath Text Fullpath Text Rawname Text Origname Text

(5)

Clientname Text Fileext Tinytext Filesize Float Typeid Int 10 Type Varchar 50 Forld Int 10 Categoryid Int 10 Date Timestamp Uploaded Varchar 100

Perancangan Antar Muka Sistem 1. Rancangan Halaman Login

Gambar 4. Halaman Login

2.Rancangan Halaman Home Member sebelum disapprove

Gambar 5. Halaman Home Member Non Approve

3.Rancangan Halaman untuk Member setelah di Approve

Gambar 6. Halaman Home Member Approve 4.Rancangan Halaman User Guide

Gambar 7. Halaman User Guide 5.Rancangan Halaman Upload File Apk.

Gambar 8. Halaman Upload File Apk. 6.Rancangan Halaman Daftar Icon yang telah diupload.

Gambar 9. Halaman List File 7.Rancangan Halaman Proses Compile File

(6)

8.Rancangan Halaman Download file apk

Gambar 11. Halaman Download file apk 9.Rancangan Halaman home Admin

Gambar 12. Halaman Home Admin 10.Rancangan Halaman Daftar User yang telah Di Approve

Gambar 13. Halaman List User Aproval 11.Rancangan Halaman Daftar seluruh user yang terdafar.

Gambar 14. Halaman List semua User

5 Kesimpulan dan Saran Kesimpulan

Dari uraian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, adapun kesimpulannya adalah : 1. Untuk merancang layanan kostumisasi android

yang berbasis web dimulai dengan langkah merancang layanan yang letaknya di sisi server (linux), kemudian merancang layanan interface di sisi client (web base), kemudian merancang layanan perantara antara perintah dari user (client) yaitu php terhadap perintah yang berada di sisi server (linux) yaitu command linux.

2. Dibutuhkan setidaknya sebelas tabel untuk menampung data yang digunakan untuk proses remastering.

3. Dibutuhkan setidaknya halaman upload file, kostumisasi atau pengolahan interface dan download file untuk merancang sistem kostumisasi tersebut.

Saran

Agar sistem layanan yang dirancang ini menjadi lebih baik, maka perlu ditambahkan fitur yaitu sebagai berikut :

1. Menyediakan server yang lebih besar space nya, sehingga berapapun user yang menggunakan tidak terjadi RTO pada server. 2. Terdapat dukungan costum room untuk

berbagai jenis vendor smartphone dalam hal ini android sehingga user tidak perlu mengupload file secara manual.

3. Terdapat fitur browse file secara langsung ketika smartphone pengguna terhubung dengan PC atau Notebook user.

Daftar Pustaka

[1] Wei-Meng Lee, 2011, Beginning Android Application Development, English, Wrox [2] Dong-Hoon You, Bong-Nam Noh, 2011,

Android platform based linux kernel rootkit, http://ieeexplore.ieee.org/xpl/articleDetails.js p?tp=&arnumber=6112330&contentType=C onference+Publications&pageNumber%3D2 %26queryText%3Dandroid+smart+phone [3] Shanker, a., 2011, Android porting concepts,

http://ieeexplore.ieee.org/xpl/articleDetails.js p?tp=&arnumber=5941971&contentType=C onference+Publications&queryText%3Dandr oid+kernel [4] http://susestudio.com/ [5] http://uot.dakra.lt/kitchen/ [6] http://forum.xda-developers.com

Figur

Memperbarui...

Related subjects :