• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pengaruh Struktur Governance dan Internal Audit Terhadap Fee Eksternal Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Pengaruh Struktur Governance dan Internal Audit Terhadap Fee Eksternal Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)"

Copied!
11
0
0

Teks penuh

(1)

SKRIPSI

PENGARUH STRUKTUR GOVERNANCE DAN INTERNAL AUDIT TERHADAP FEE EKSTERNAL AUDIT ( STUDI EMPIRIS

PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK

INDONESIA TAHUN 2012-2014)

OLEH :

CRISTIN YENRO SARI DEBATARAJA

140522153

PROGRAM STUDI STRATA 1 DEPARTEMEN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul “Pengaruh Struktur Governance dan Internal Audit Terhadap Fee Eksternal Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)” adalah benar hasil karya tulis saya sendiri yang disusun sebagai tugas akademik guna menyelesaikan beban akademik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Bagian atau data tertentu yang saya peroleh dari perusahaan atau lembaga, dan/atau saya kutip dari karya orang lain telah mendapat izin, dan/atau dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.

Apabila kemudian hari ditemukan adanya kecurangan dan plagiat dalam skripsi saya ini, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Medan, Juni 2016 Yang Membuat Pernyataan,

140522153

(3)

ABSTRAK

PENGARUH STRUKTUR GOVERNANCE DAN INTERNAL AUDIT TERHADAP FEE EKSTERNAL AUDIT ( STUDI EMPIRIS

PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK

INDONESIA TAHUN 2012-2014)

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh karakteristik struktur governance dan audit internal terhadap fee audit. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan alat analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji regresi, data lebih dahulu diuji menggunakan uji asumsi klasik.

Perusahaan yang dikelola harus diawasi dan dikendalikan untuk memastikan pengelolaan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di perusahaan. Keberadaan struktur governance dan internal audit sebagai mekanisme pengawasan dan pengendalian diharapkan dapat mengurangi dan mengontrol risiko, sehingga fee audit eksternal yang rendah dapat dicapai oleh perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan return on

asset perusahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap fee audit eksternal.,

jumlah dewan komisaris, jumlah komite audit, rasio hutang perusahaan, ukuran kantor akuntan publik dan internal audit tidak signifikan terhadap feeeksternal audit.

(4)

ABSTRACT

THE EFFECT OF GOVERNANCE STRUCTURES AND INTERNAL AUDIT OF THE EXTERNAL AUDIT FEE(AN EMPIRICAL

STUDY ON COMPANIES LISTED ON STOCK EXCHANGES

IN INDONESIA FROM 2012-2014)

The purpose of this study was to test the effect of the structural characteristics of governance and internal audit to the audit fee. This study uses secondary data derived from the financial statements of companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2012-2014. This study using purposive sampling method and multiple linear regression analysis. Prior to the regression test, data is first tested using classic assumption test.

Companies that managed to be monitored and controlled to ensure that management made in accordance with rules and regulations in force in the company. The existence of governance structures and internal audit as a mechanism of supervision and control are expected to reduce and control the risk, so that external audit fees were lower can be achieved by the company.

The results of this study indicate that the size of the company and return on assets of companies with significant influence on the external audit fee., The number of commissioners, the number of audit committee, the ratio of corporate debt, the size of the public accounting firms and internal audit is not significant to the external audit fee.

(5)

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas segala berkat, karunia dan kasih setia-Nya yang begitu melimpah, sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Skripsi ini berjudul : “Pengaruh Struktur Governance dan Internal Audit Terhadap Fee Eksternal Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)” disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Departemen Akuntansi Universitas Sumatera Utara.

Selama penelitian skripsi ini, peneliti telah banyak menerima bimbingan, saran, motivasi serta dukungan doa dari berbagai pihak. Oleh karena itu, peneliti ingin menyampaikan terima kasih kepada yang teristimewa kedua orang tua peneliti Bapak Parbuhitan Debataraja dan Ibu Mariani Sagala atas segala kasih sayang, motivasi dan doa bagi peneliti. Peneliti juga menyampaikan terima kasih kepada kakak, abang dan adik tercinta Wixles, Lerwixs dan Bio atas segala saran dan motivasi yang tak pernah lelah diberikan kepada peneliti serta menjadi

penyemangat bagi peneliti sehingga akhirnya dapat menyelesaikan perkuliahan ini.

Selain itu, peneliti juga ingin mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Ramli, SE, MS selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Bapak Dr. Syafiruddin Ginting Sugihen, S.E, MAFIS, Ak, CPA.

selaku Ketua Departemen Akuntansi dan Drs. Hotmal Ja’far, MM, Ak, CA. Selaku Sekretaris Departemen Akuntansi.

3. Bapak Drs. Firman Syarif, M.Si, Ak. selaku ketua Program Studi S1

Akuntansi yang telah memberikan waktu, saran dan masukan untuk kesempurnaan skripsi ini.

4. Bapak Drs. Rustam, M.Si.,Ak, CA selaku Dosen Pembimbing yang

(6)

5. Ibu Drs. Mutia Ismail, MM, Ak, CA selaku Dosen Penguji yang telah

memberikan waktu, saran dan masukan untuk kesempurnaan skripsi ini.

6. Bapak Drs. Zainul Bahri Torong, M.Si.,Ak selaku Dosen Pembanding

yang telah memberikan waktu, saran dan masukan untuk kesempurnaan skripsi ini.

7. Seluruh Pegawai dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sumatera Utara.

8. Sahabat- sahabat peneliti Noni, Jenita, Trian, Riris, Elisabet dan Ari

Fitri yang telah memotivasi, mendoakan dan menjadi penyemangat bagi peneliti sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini.

9. Teman- teman seperjuangan peneliti Lia, Iyen dan Martin yang selalu menemani, memotivasi dan membantu peneliti dalam perkuliahan serta teman-teman seperjuangan lainnya Widya, Prima, Wike, Etha, dan Enzel yang telah mendukung saya dan juga berbagai pihak yang terlibat dalam penyelesaian skripsi ini. Peneliti menyampaikan terima

kasih yang sebesar-besarnya untuk kebersamaan, sukacita, bantuan, motivasi, dukungan, maupun inspirasi yang telah diberikan kepada

peneliti hingga sampai saat ini.

Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih memiliki ketidaksempurnaan, untuk itu peneliti sangat mengharapkan masukan dan saran untuk kesempurnaan skripsi ini. Akhir kata, peneliti berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Medan, Juni 2016

NIM : 140522153

(7)

DAFTAR ISI

(8)
(9)

DAFTAR TABEL

No. Tabel Judul Halaman

2.1 Tinjauan Penelitian Terdahulu……….. 32

3.1 Waktu Penelitian………... 39

3.2 Definisi Operasional dan Skala Pengukuran Variabel….. 48

3.3 Daftar Populasi dan Sampel………. 51

4.1 Analisis Statistik Deskriptif Tahun 2012-2014………… 63

4.2 One-Sample Kolmograv Smirnov Test……… 67

4.3 Hasil Uji Multikolonieritas………... 68

4.3 Uji Autokorelasi……… 71

4.4 Uji Koefisen Determinasi………. 72

4.5 Hasil Uji Signifikansi Simultan (Uji F)……… 73

(10)

DAFTAR GAMBAR

No. Gambar Judul Halaman

2.1 Kerangka Konseptual………... 35 4.1 Hasil Uji Normalitas Menggunakan Grafik

Histogram………... 65 4.2 Hasil Uji Normalitas Menggunakan Grafik

P-plot………... 66

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Judul Halaman

Referensi

Dokumen terkait

Hasil penelitian diperoleh bahwa Subyek I dapat dikatakan mempunyai pemantauan diri tinggi karena subyek sebagai PE mampu menunjukkan perilaku yang sesuai dengan tugas-tugas

Perjanjian Kontrak Kerja adalah perjanjian antara pegawai baru dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya yang memuat hak dan kewajiban di kedua belah

103056 Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Dinamika Bangsa 1 103075 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Jambi 1. Kab.Bungo 103069 Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih

Baku  mutu  emisi  sumber  tidak  bergerak  adalah  batas  kadar  maksimum  dan/atau  beban 

Pada tahun 2016 Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan membuka program Insentif Sentra HKI melalui mekanisme seleksi.. Program

374.605.000,- (Tiga ratus tujuh puluh empat juta enam ratus lima ribu rupiah), sumber Pembiayaan APBN Tahun Anggaran 2016, dengan ini diumumkan hasil kualifikasi sebagai berikut :.

saat ini SBU kami sedang perpanjangan di LPJK..kira kira bukti surat keterangan bahwa sedang penguurusan SBU bisa ndak dijadikan sebagai bukti

135 diantaranya; adat nan ampek (adat yang empat), kata nan ampek (kata yang empat) dan urang nan ampek jinih (orang yang empat jenis). Dalam upacara batagak penghulu orang