TUGAS KEWIRAUSAHAAN

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

PROPOSAL BISNIS BIDANG ARSITEKTUR DESAIN

PROPOSAL BISNIS BIDANG ARSITEKTUR DESAIN

DAN JASA KONTRUKSI

DAN JASA KONTRUKSI

N

NAAMMAA : : EENNGGGGAAR R PPRRIIAAMMBBAADDAA N

NIIMM : : 4411220099111100003355

FTSP JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR FTSP JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR

SEMESTER GANJIL SEMESTER GANJIL

2008/2009 2008/2009

(2)

PROPOSAL USAHA

JASA DESAIN DAN KONTRUKSI BIDANG ARSITEKTUR UNTUK WILAYAH JAKARTA –BANDUNG DAN SEKITARNYA

DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE www.sakaliama.com

(3)

KATA PENGANTAR

Pada era globalisasi saat ini semua sangat erat kaitanya dengan dunia maya atau internet yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakta di seluruh dunia. Internet juga sarana untuk menjaring konsumen atau relasi bisnis baik itu lewat facebook, twitter, atau acount yang lain. Akan tetapi kita harus jeli dalam melihat pasar sebagai seorang arsitek tentunya. Dengan adanya fasilitas internet seharusnya kita dapat mengembangkan usaha semakin mudah dan efisien baik itu waktu, tempat atau yang lainya.

Internet merupakan sarana bisnis saat ini yang paling banyak di gunakan tentunya. Untuk jasa arsitek dan jasa kontruksi juga kita dapat membuat dengan fasilitas website yangdapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat yang merupakan pasar kita dalam kita membuat sebuah usaha yaitu usaha jasa maupun bidang perdagangan. Era globalisasi memang membuatsemau dalam genggaman, yaitu dengan membuat sebuah website yaitu usaha kami www.sakalima.com yang bergerak di bidang jasa desain

dan kontruksi arsitektur untuk wilayah Jakarta sekitarnya dan Bandung sekitarnya kami yakin akan dapat menjaring konsumen.

Usaha ini sangat efisien karena dengan website tersebut kita dapat langsung mendapatkan konsumen dengan cara presentasi langsung apabila konsumen telah mengakses website kami tanpa kita harus mendatangi konsumen satu per satu dan mempersentasikan desain kita dari ruumaha ke rumah. Dengan kata lain banyak waktu yang terbuang apabila masih dengan cara lama. Sedangkan dengan website kita dapat menjawab langsung apabila konsumen ingin membutuhkan jasa kita baik itu untuk desain maupun jasa konstruksi.

Selain itu kadang kita terhambat dengan terbatasnya modal usaha dengan bisnis website setidaknya kita dapat mengurangi modal awal dalam usaha karena awalnya kita dapat membuat website dengan modal 15 jt rupiah dan kita hanya membuat artikel menggunakan blog spot yang sebenarnya gratis dan di masukkan atau link ke website yang kita punya. Berbeda apapbila dengan home to home selain kita membutuhkan banyak relasi juga waktu banyak terbuang karena kita harus mencari alamat. Sedangkan

(4)

dengan website kita dapat langsung persentasi kepada konsumen dan apapbila kita telah di sepakati kedua belah pihak baru kita ajukan penawaran dan lembar pengesahan kerjasama kedua belah pihak. Sehingga semua pekerjaan lebih efisien dan lebih mudah untuk menghandlenya hanya di belakan layar komputer dan apapbila dahsepakat baru ketemu jadi hasil yang tercapai akan maksimal.

Website merupakan cara yang efisien dalam era globalisasi seperti sekarang ini, dengan website kita dapat mendapatkan konsumen yang tanpa harus mencari atau info dari orang ke orang. Akan tetapi hanya membuat artikel dan tampilan proyek-proyek yang pernah kita tangani sudah sangat menarik bagi konsumen. Oleh karena itu sebagaiarsitek kita juga harus bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada dan merupaka akses bagi semua orang dari berbagai lapisan masyarakat.

(5)

2. RINGKASAN PERUSAHAAN a. Profile Perusahaan

Sakalima adalah perusahaan yang melayani jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah. Desain kreatif hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan impian Anda dengan berbagai pilihan gaya rumah seperti minimalis , modern, klasik, art deco, mediteranian, kolonial, tropis, dsb.

Sakalima memberikan layanan – layanan:

• Desain Arsitektur dab Sipil : Rumah Tinggal, Peruamahan,

Perkantoran, Ruko, Pasar, Mall, Apartement, Kolam Renang, Sport Center, Rumah Sakit, Warehouse, dsb.

• Gambar 3d (prespektif)

• Gambar Kerja

• Kontraktor : Bangun Rumah Baru, Renovasi Rumah/Bangunan,

Tukang Gypsum, Baja Ringan, Tukang Furniture, Tukang Taman, Tukang Kanopi/terlis pagar 

• Interior/ Ekterior( Taman/Landscape)

• Kolam Renang

• Furniture

Bangun rumah atau renovasi rumah dengan mengunakan jasa arsitek yang berpengalaman untuk membangun rumah agar anda menjadi lebih menarik , membedakan dengan desain rumah yang lainnya dan dapat menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda berkaitan dengan arsitektural bangunan, desain interior dan taman.

Sakalima melayani jasa lengkap desain, bangun rumah atau renovasi rumah yang dikhususkan bagi personal maupun corporate yang merencanakan proyek menginginkan ketepatan waktu, desain yang kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas dan dengan harga bersaing.

(6)

Layanan lengkap mulai dari nol hingga serah terima kunci yang didukung oleh tenaga- tenaga arsitek, tukang, dan tenaga sipil bangunan berpengalaman dan telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang rancang bangun.

Memberikan solusi kepada Anda bukan hanya disain jasa arsitektur,bongkar rumah,renovasi rumah atau sketsa pelaksanaan proyek, tetapi juga kami memiliki solusi rumah yang dapat di hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai budget keuangan kebutuhan Anda.

Kreatif desain hasil pekerjaan cepat, rapi adalah komitmen kami untuk mewujudkan Rumah impian Anda.

Team sakalima.com menerima jasa Desain Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dan didukung oleh tenaga - tenaga Arsitek , Sipil dan Tukang Bangunan berpengalaman, telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang Rancang Bangun Perumahan ( Perumahan Mewah, Perumahan Sedang, maupun Perumahan Sederhana ) meliputi Bangun rumah, Renovasi rumah.

Berbagai macam pertimbangkan mungkin sudah banyak tertampung dipikiran Anda. Mulai dari mempertimbangkan berapa banyak Biaya Pembangunan Rumah dan Team kita akan mengunakan Rencana Anggaran Biaya Anda dapat mengetahui berapakah Dana (budget) Anda yang harus dikeluarkan, berapa luas bangunan yang akan dibangun, ruang apa saja yang akan dibutuhkan, Gaya Bangunan, dan Model Bangunan apa yang sesuai dengan selera Anda. Mungkin Anda  juga sudah berusaha mencoba merencanakan Tata Ruang Bangunan’

yang menurut Anda layak dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Kami siap memberikan SOLUSI kepada Anda bukan hanya dalam Desain Rumah saja, melainkan siap Membangun Rumah, Merenovasi Rumah maupun Membongkar Rumah anda dengan pengerjaan secara professional dan terencana.

(7)

Sebagai ‘Jasa Arsitektur’ berpengalaman, kami berikan solusi pembiayaan yang jelas, system pembayaran serta pelaksanaan bangunan secara flesibel sesuai dengan budget keuangan dan kebutuhan anda. Team Bangun bangunan baru siap melaksanakan Bangun Rumah, Renovasi Rumah, dan Bongkar Rumah untuk merubah tampilan rumah anda menjadi semakin baik. Bukan hanya Rumah’dengan team Bangunan kita juga melayani Bangun Ruko, Renovasi ruko, Bongkar ruko, Bangun Kantor, Renovasi Kantor, Bongkar kantor dan segala hal yang menyangkut Bidang Arsitektur dan ‘Struktur Bangunan .untuk merubah tampilan Rumah, Ruko, Kantor  anda menjadi semakin baik.

Setelah melalui proses pemikiran diatas, mungkin akhirnya Anda berpikir untuk mencari seorang Arsitek yang akan memberikan solusi dalam merencanakan sebuah bangunan sesuai dengan keinginan Anda.Team bangun bangunan baru memiliki ‘Arsitek’, ‘Sipil’, Tukang Bangunan, Mandor, Konsultan dan Pengawas kerja terampil dan berpengalaman.

Sebagai team Arsitek rumah tinggal dan Jasa Renovasi serta Kontraktor Proyek terkini sebagai Kontraktor Arsitek, Kontraktor  Rumah, Kontraktor Bangunan, Konsultan Arsitek, Konsultan Rumah, Kontraktor Ruko, Kontraktor Kantor, Konsultan Ruko, Konsultan Kantor  dan Konsultan Bangunanberpengalaman di Jakarta, Bandung, Yogjakarta.

Dengan konsepsi Rancangan yang matang, perwujudan Arsitektur  Bangunan, Arsitektur interior, maupun Arsitektur Landscape/Taman, selain dapat memaksimalkan fungsi-fungsi ruang yang proporsional   juga dapat menghadirkan tempat yang nyaman bagi Anda dan juga

akan memberikan citra khusus untuk Anda.

b. Total Pinjaman : Rp. 75.000.000,-c. Jangka Waktu : 1 tahun

(8)

d. Tenggang Waktu : 3 bulan

e. Agunan jaminan : Rumah Type 45 dengan nilai Rp.

150.000.000,-d. Klasifikasi Perusahaan : Perusahaan menengah ke atas

3. INFORMASI UMUM PERUSAHAAN

Layanan Jasa Arsitek dan Konstruksi Bangunan

Sakalima Jasa Arsitek dan Konstruksi Bangunan telah sukses dalam menyelesaikan berbagai macam proyek arsitek dan konstruksi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti: Jabotabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Palembang, Manado, dll., dan konsisten dalam pemanfaatan internet sebagai sarana komunikasi dan promosi.

Sakalima Jasa Arsitek dan Konstruksi Bangunan didukung oleh tim yang ahli dibidangnya; ahli arsitek, ahli sipil, IT beserta tukang bangunan berpengalaman yang lama bekerja dan berkarya di bidang rancang bangun baik bangunan skala kecil sampai bangunan skala besar.

Sakalima Jasa Arsitek dan Konstruksi Bangunan memberikan solusi  jasa desain arsitektur , bongkar rumah dan renovasi rumah, desain rumah, sket gambar rumah (misal; rumah mewah, rumah standard, rumah sederhana), pelaksanaan proyek, hingga layanan konsultasi biaya yang tepat-hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai anggaran keuangan dan kebutuhan Anda.

Sakalima Jasa Arsitek dan Konstruksi Bangunan memiliki tukang bangunan, mandor, konsultan arsitek dan pengawas kerja berpengalaman.

Layanan Sakalima Arsitek

• Desain Arsitektur dan Sipil : Rumah Tinggal, Peruamahan,

Perkantoran, Ruko, Pasar, Mall, Apartement, Kolam Renang, Sport Center, Rumah Sakit, Warehouse, dsb.

(9)

• Gambar 3d (prespektif)

• Gambar Kerja

• Kontraktor : Bangun Rumah Baru, Renovasi Rumah/Bangunan,

Tukang Gypsum, Baja Ringan, Tukang Furniture, Tukang Taman, Tukang Kanopi/terlis pagar 

• Interior/ Ekterior( Taman/Landscape)

• Kolam Renang

• Furniture

Biaya Desain

Perhitungan biaya dihitung berdasarkan luas lantai bangunan yang akan direncanakan dikalikan dengan biaya permeter persegi desain arsitektur  bangunan.

Biaya mulai Rp. 15000,- / m². Minimum order Rp. 1 juta. Contoh :

Rumah Anda terdiri dari dua lantai, lantai pertama luas 70 m2, lantai ke dua 60 m2, maka biaya disain adalah : 130 x Rp 15.000 = Rp 1950.000,- yang nantinya dibayarkan dalam 2 termin pembayaran :

* Termin I. Pertemuan pertama ketika pengukuran dan konsultasi awal, pembayaran 50 % dari total biaya

* Termin II. Ketika gambar telah selesai 100%

Anda akan mendapatkan gambar lengkap dengan format A3 terdiri dari : Denah dan tata Ruang bangunan

• Gambar Tampak Bangunan

• Gambar Potongan bangunan

• Gambar Rencana Struktur, Pondasi dan Atap

• Gambar Rencana Mekanikal & Elektrikal

(10)

• Detail Penunjang

• Gambar 3 Dimensi Exterior Tampilan Bangunan

Keterangan Layanan

GRATIS BIAYA DESAIN DAN PERHITUNGAN RAB bila proyek pembangunan dapat dikerjakan oleh tim Sakalima Arsitek.

Konsultasi 2 atau 3 kali pertemuan atau menyesuaikan dengan desain sampai dengan finishing desain dan perhitungan.

Anda dapat konsultasi langsung via ym (Yahoo Messanger) : sakalima@ymail.com (gratis).

Arsitek kami akan datang ke rumah Anda untuk konsultasi sekaligus survey lokasi minimum jika Anda telah setuju dengan harga desain (Rp 25.000,00). Kami tidak memilih - milih pekerjaan, pekerjaan kecil maupun besar akan kami tangani. Kami siap membantu Anda memberikan solusi terbaik.

Tim Sakalima Bandung Arsitek

Ir. Djoko Siswanto Rinduan Iman, ST

Jakarta Arsitek

Abdul Malik, ST Rian Prianto, ST

(11)

4. ANALISA ASPEK PEMASARAN

a. Target Pasar : Seluruh lapisan masyarakat yang membtuhkan jasa kontruksi dan desain bidang Arsitektur.

b. Trend Pasar  : Dengan memilih harga pasar yang terjangkau yaitu untuk desai Rp. 15.000,- per m2

c. Situasi Persaingan Pasar : Saat ini sangat banyak website yang banyak berkembang tetapi di Bandung sakalima menempati urutan pertam di indeks google dan di Jakarta sudah mulai di kenal dan masuk halaman 2 pada indeks google.

d. Perkiraan Bagian Pasar : Untuk tahun 2010 akan segera di resmikan kantor sakalima Bandung yaitu di jalan Lumbung komp. Parmindo Bandung No. 3 dan selanjutnya di Jakarta Timur, Pangkalan Jati no. 36, Jati Waringin Jakarta Timur.

5. Penelitian dan Pengebangan a. Hasil penelitian

Selama 5 bulan di buat Website ini telah menjaring sekitar 15 untuk desain arsitektur baik di Jakarta maupun di Bandung dan untuk pekerjaan yaitu 2 rumah di Lipo Cikarang , Di bandung sebuah vila di Cipaku, dan ada 3 renovasi rumah di daerah buah batu Bandung. Sehingga tanggapan konsomen cukup bagus dan juga dapat di lihatdalam indeks kami di google untuk jasa arsitek.

(12)

Untuk desain yaitu Pandiga sportcentre di Cimahi Bandung, rumah Bpk Yusuf di Lipo Cikarang, Rumah Bapak Taufik di Buah batu Bandung.

6. Aspek Produksi dan Operasi

Untuk kedua aspek tersebut akan di kembangkan sebuah kantor  yang relevan dan lebih kopentitif dengan membuat bolgspot yang lebih besar untuk akses pelayanan tanpa batas atau om line selama 24 jam dan akan di tambah sumber daya manuasia yang lebih kopentitif untuk menghadapi perusahaan lain.

7. Aspek Manajemen

Sakalima mempunyai Direktur yaitu Ir. Djoko Siswanto yang di bantu oleh 3 enginer yaitu Rinduan Iman ST., Abdul Malik ST, Rian Prianto ST, dan Saya Enggar Priambada sebagai Drafter. Untuk manajemen di pegan dengan sistem satu rekening untuk semua kases pembayaran. Sehingga akan terjamin dan sama tahu satusama lain.

8. Aspek Resiko Kerja

Untuk resiko usaha menanggung kerugian sangat kecil karena bergerak di bidang desain tetapi kalau untuk fisik juga sangat riskan untuk kerugianya karena tergantung bahan yang akan di pakai dan ketidakpuasan pihak owner yang kadang menuntut lebih.

9. Aspek Lainya

a. Permasalahan yang di hadapi

Untuk permasalahan yaitu pada dsain yang berhubungan dengan fengsui. Karena kami belum ada yang ahli di bidang Feng sui untuk itu merupakan permasalahna buat kami dalam desain yang harus kita laksanakan nantinya.

(13)

b. Bentuk kerjasama yang di harapkan

Kerjasama dalam bidang pendanaan finansial proyek yang bergerak dalam bidang jasa kontruksi kaena dalam bidang itu membutuhkan banyak dana untuk tahp awal dan untuk laba akan menggunkan sitem bagi hasil nantinya.

(14)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :