Bab 18 - Jawaban Soal Buku Arens Auditing 2

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

JAWABAN SOAL BUKU LAMA AUDITING 2

18.1 Sebutkan lima buah akun buku besar yang pada kebanyakan audit kemungkinan akan terpengaruh oleh siklus penggajian dan personalia.

lima buah akun buku besar yang pada kebanyakan audit kemungkinan akan terpengaruh oleh siklus penggajian dan personalia yaitu:

1. kas di bank

2. utang pph karyawan dan potongan lainnya 3. biaya tenaga kerja

4. utang beban pph karyawan 5. beban pph karyawan

6. utang upah, gaji, bonus dan komisi

18-2 Sebutkan hubungan antara siklus penggajian dan personalia dengan penilaian persediaan

Jika penggajian merupakan bagian yang signifikan dari persediaan, yang merupakan hal yang umum bagi perusahaan manufaktur dan konstruksi, klasifikasi akun penggajian yang tidak tepat dapat mempengaruhi penilaian aktiva material untuk akun akun seperti barang dalam proses, barang jadi, atau konstruksi dalam proses.Konsistemsi dari period eke periode penting sekali dalam penggolongan dan bisa diuji dengan menelusur kartu jam kerja atau bukti lain dari seseorang pekerja yang telah bekerja untuk suatu job atau proses ke catatan akuntansi yang mempengaruhi penilaian persediaan, auditor harus menekankan pengujian pengendalian pada ketepatan penggolongan transaksi penggajian.

18-3 Sebutkan lima pengujian pengendalian yang dapat dilakukan untuk siklus penggajian dan personalia dan sebutkan tujuan dari setiap pengendalian yang diuji

Pemisahan tugas yang memadai

Pemisahan tugas diterapkan terutama untuk mencegah pembayaran berlebih dan pembayaran kepada karyawan yang tidak ada atau fiktif. Fungsi penggajian harus independen dari bagian SDM yang mengendalikan aktifitas penggajian kunci (seperti penambahan karyawan atau menghapus karyawan), dan terpisah dari penyimpanan cek gaji yang telah ditandatangani.

Otorisasi yang tepat

Hanya bagian SDM yang boleh mengotorisasi untuk menambah atau menghapus karyawan dari daftar penggajian atau mengubah tingkat upah serta potongan. Penyelia karyawan berwenang untuk menentukan jumlah jam kerja, terutama lembur. Persetujuan dapat dibubuhkan dalam timecard atau dikecualikan untuk jam lembur saja.

(2)

Dokumen dan catatan yang memadai

Dokumen dan catatan yang memadai tergantung pada sifat dan sistem penggajian. Kartu waktu atau catatan cocok digunakan untuk karyawan paruh waktu atau yang dibayar per jam, namun tidak untuk karyawan tetap. Untuk karyawan yang dibayar menurut tingkat potongan atau sistem intensif lainnya, diperlukan catatan bentuk lainnya. Karena tujuan kelengkapan tidak terlalu diperhatikan, dokumen yang telah dipranomori tidak terlalu diperlukan untuk sistem penggajian.

Pengendalian fisik terhadap aktiva dan catatan

Akses ke cek gaji yang belum ditandatangani harus dibatasi. Cek harus ditandatangani oleh karyawan yang bertanggungjawab, dan penggajian harus didistribusikan oleh seseorang yang independen dari fungsi penggajian dan pencatatan waktu. Setiap cek yang tidak dicairkan harus langsung disetor kembali. Jika cek ditandatangani oleh mesin, maka akses ke mesin tersebut harus dibatasi.

Pengecekan yang independen terhadap kinerja

Verifikasi terhadap penghitungan penggajian harus independen. Seorang dari manajer atau karyawan lain harus mereview output penggajian untuk melihat salah saji atau jumlah yang tidak biasa. Jika tenaga kerja manufaktur mempengaruhi persediaan, atau jika akumulasi biaya dihitung berdasarkan pekerjaan, maka dibutuhkan pengendalian memadai untuk menghitung memferifikasi pembebanan yang tepat.

18-5 Evaluasilah komentar seorang auditor berikut :’ tugas saya adalah menentukan apakah catatan penggajian telah di tetapkan dengan tetap sesuai dengan standar akuntansi keuangan ,tidak untuk menentukan apakah mereka telah mengikuti prosedur pengangkatan dan pemberhentian pegawai yang tepat .ketika saya melakukan audit atas penggajian , saya mendatangi bagian sumber daya manuasia dan langsung meminta kartu waktu ,jurnal,dan daftar gaji. Saya tidak peduli siapa yang mereka angkat dan siapa yang mereka pecat ,sepanjang klien telah membanyar dengan tepat sebagaimana seharusnya

Menurut saya mengenai komentar seorang auditor itu saya setuju dengan menentukan catatan penggajian telah ditetapkan dengan tepat dengan sesuai standar akuntansi keuangan, dan tetapi saya tidak setuju itu pendapat diatas kita sebagai auditor harus melihat siapa yang mereka angkat dan melihat siapa yang mereka pecat supaya terhindar dari kecurangan.

(3)

18-6 Bedakan prosedur –prosedur audit penggajian berikut dan sebutkan tujuannya masing- masing :1. Telusur suatu sampel kartu waktu yang ditetapkan secara acak kepembanyaran nya dalam regrister gaji dan di bandingkan jam kerja dengan jam yang dibanyar , dan 2. Telusur suatu sampel pembanyaran yang di tetapkan secara acak dari regrister gaji kartu waktu yang bersangkutan dan dibandingkan jam kerja dengan jam yang dibayar. Manakah dari kedua prosedurini yang biasanya lebih penting pengauditan penggajian. Mengapa?

menurut pendapat saya prosedur yang paling penting dalam pengauditan penggajian adalah telusur suatu sampel kartu waktu yang di terapkan secara acak kepembayaran dalam register gaji dan bandingkan jam kerja dengan jam yang di bayar . karena prosedur ini sangat lengkap digunakan saat mengaudit.

18-6 Jelaskan mengapa persentase waktu dari total waktu audit yang digunakan untuk pengujian pengendalian dan pengujian substantive transaksi biasanya jauh lebih besar untuk siklus penggajian dan personalia dibandingkan dengan untuk siklus penjualan dan pengumpulan piutang.

Siklus penggajian dan personalia memerlukan banyak waktu karena siklus penggajian dan personalia melibatkan pekerjaan dan pembayaran kepada semua karyawan , ketidaktepatan dalam penilaian dan pengalokasian biaya tenaga kerja dapat mengakibatkan salah saji laba bersih yang material jadi pengauditan siklus penggajian dan personalia memerlukan waktu yang lebih besar dari total waktu yang digunakan.

18-8 Sebutkan beberapa prosedur analitis untuk siklus penggajian dan personalia dan jelaskan tipekesalahan penyajian yang bisa ditunjukkan apabila terdapat perbedaan signifikan dalam perbandingan hasil pengujian setiap tahun antara tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Prosedur Analitis Kemungkinan Kesalah

Penyajian Membandingkan saldo akun beban

tenaga kerja (gaji/upah, dan lain-lain) dengan tahun sebelumnya (dengan penyesuian untuk kenaikan tarif dan kenaikan volume)

Keslahan penyajian akun beban tenaga kerja

(4)

tenaga kerja langsung terhadap penjualan dengan tahun tahun sebelumnya

kerja langsung dan persediaan

Membandingkan presentase beban komisi terhadap penjualan tahun tahun sebelumnya

Kesalahan penyajian beban komisi dan utang beban komisi

Membandingkan presentase beban pajak penghasilan karyawan terhadap beban gaji dan upah dengan tahun-tahun sebelumnya

Keslahan beban pajak penghasilan karyawan dan utang pajak penghasialn karyawan

Membandingkan utang pajak penghasilan karyawan dengan tahun sebelumnya

Kesalahan penyajian utang pajak penghasialn karyawan dengan beban pajak penghasialn karyawan 18.8 Jelaskan keadaan-keadaan dimana auditor harus melakukan

pengujian audit yang terutama dirancang untuk menemukan kecurangan dalam siklus pengajian dan personalia. Sebutkan tiga prosedur audit yang terutama untuk mendeteksi kecurangan dan tipe prosedur audit yang digunakan untuk menemukannya

 Hanya ada satu kelas transaksi untuk penggajian

Penggajian hanya memiliki satu kelas karena penerimaan jasa dari karyawan dan pembayaran jasa tersebut melalui penggajian biasanya terjadi dalam periode waktu yang singkat.

 Transaksi pada umumnya jauh lebih signifikan daripada akun neraca terkait

Akun-akun yang terkait dengan penggajian seperti penggajian akrual dan potongan pajak biasanya bernilai kecil dibandingkan dengan total transaksi selama tahun bersangkutan.

 Pengendalian internal terhadap penggajian sudah efektif bagi hampir semua perusahaan, bahkan perusahaan yang kecil sekalipun Keefektifan dari pengendalian atas pemotongan dan pembayaran pajak penggajian diatur oleh pemerintah. Adanya ketidakadilan dalam pembahian gaji karyawan dapat menimbulkan masalah moral.

18-11 Sebutkan dokumen dan catatan pendukung yang diperiksa auditor pada suatu tipikal audit penggajian yang tujuan utamanya adalah mendeteksi kecurangan.

Catatan personalia (personel records) meliputi data seperti tanggal mulai bekerja, investigasi personil, tingkat pembayaran,

(5)

pengurangan yang diotorisasi, evaluasi kinerja dan tanggal berhenti bekerja.

Formulir otorisasi pengurangan. Formulir ini digunakan untuk mengotorisasi pengurangan gaji, termasuk jumblah pembebasan untuk pemotongan pajak pengasilan, 401(K) dan program tabungan pension lainnya, obligasi tabungan A.S. serta iuran serikat pekerja.  Formulir otorisasi tingkat pembayaran. Formulir ini digunakan

untk mengotorisasi tingkat pembayaran. Sumber informasinya adalah kontrak tenaga kerja, otorisasi oleh manajemen, atau dlam kasus pejabat perusahaan, otorisasi dari dewan direksi.

Pencatatan waktu (timekeeping) dan persiapan penggajian merupakan hal yang penting dalam audit penggajian karena mempengaruhi secara langsung beban peggajian dalam setiap periode. Untuk mencegah salah saji dalam epat aktivitas berikut diperlukan pengendalian yang memadai :

1. Penyiapan kartu waktu oleh karyawan

2. Pengikhtisaran dan penghitungan pembayaran kotor, pengurangan dan pembayaran bersih

3. Penyiapan cek gaji 4. Penyiapan catatan gaji

Kartu waktu (time card). Adalah dokumen yang mengidentifikasi waktu per jam karyawan mulai dan berhenti bekerja setiap hari serta jumlah jam kerja karyawa. Kartu waktu ini dapat berupa formulir kertas atau electronic, dan dapat disiapkan secara otomatis oleh jam waktu atau pembaca kartu identifikasi. Kartu waktu ini biasanya diserahkan setiap minggu.Karyawan yang menerima gaji tetap atau pembebasan biasanya tidak mengisi kartu waktu. Mereka hanya diharuskan mengisi laporan waktu untuk mengklaim upah lembur, cutih libur atau sakit.

Tiket waktu pekerjaan. Tiket waktu pekerjan adalah formulir yang menunjukkan pekerjaan mana yang dikerjakan karyawan selama periode waktu tertentu. Formulir ini hanya digunakan oleh seorang karyawanmelakukan pekerjaan berbeda atau bekerja dalam departemen yang berbeda. Tiket waktu pekerjan seringkali diakukan secra electronic dengan system pelaporan waktu dan beban.

File transaksi penggajian. File yang dibuat oleh computer ini mencantumkan semua transaksi penggajian yang diproses aoleh system akuntansi selama satu periode, seperti satu hari, satu minggu, satu bulan, satu tahun. File tersebut berisi semua informasi yang dimasukkan kedalam system dan informasi tentang setiap transaksi seperti nama karyawan, dan nomer identifikasi, tanggal, pembayaran kotor dan bersih, berbagai jumlah pemotongan pajak dan klasifikasi akun atau klasifikasi. Tergantung pada kebutuhan

(6)

perusahaan, informasi mengenai penggajian digunakan untuk berbagai catatan, daftar dan laporan, seperti jurnal penggajian file induk penggajian, dan rekonsiliasi bank penggajian.

Jurnal atau data penggajian. Laporan inidibuat dari file transaksi penggajian dan umumnya mencantumkan nama karyawan, jumlah penggajian kotor dan bersih, jumlsh pemotongan, serta klasifikasi akun atau klasifikasi transaksi. Transaksi yang sama dimasukkan kedalam jurnal atau daftar juga diposting secara simultan kebuku besar umum dank e file besar induk penggajian.

File induk penggajian (payroll master file) adalah file komputer yang digunakan untuk mencatat transaksi penggajian bagisetiap karyawan dan mempertahankan total upah karyawan yang dibayar selama tahun tersebut hingga tanggal saat ini. Catatan setiap karyawan mencantumkan pembayaran kotor selama setiap periode penggajian, pengurangan dari pembayaran kotor, pembayaran bersih, nomer cek, dan tanggal. File induk ini diperbaharui dari file transaksi peggajian. Total penghasilan setiap karyawan dalam file induk sama dengan saldo penggajian kotor dalam berbagai akun buku besar umum.

Cek gaji. Cek gaji ditulis untuk selanjutnya diserahkan kepada karyawan sebagai pertukaran atas jasa yang dilakasanakannya. Jumlah cek tersebut merupakan pembayaran kotor dikurangi pajak dan potongan lainnya. Cek itu disimpan sebagai bagian dari fungsi penyiapan penggajian, tetapi tanda tangan yang diotorisasi telahmembuat cek tersebut sebagai aktiva. Setelah cek gaji dicairkanoleh karyawan, cek yang dibatalkan lalu dikembalikan keperusahaan dari bank. Cek gaji seringkali disetorkan secara langsung dari rekening bank setiap karyawan.

Rekonsiliasi rekening bank penggajian. Rekonsiliasi bank independen merupakan hal yang penting bagi semua akun kas, termasuk penggajian, untuk menemukan kesalahan dan kecurangan. Akun penggajian impress (imprest payroll account) adalah akun penggajian terpisah dimana saldo bernilai kecil dipertahankan. Jumlah setiap gaji bersih yang ditransfer berdasarkan cek atau transfer dana elektronik dari akun umum ke akun impress segera sebelum distribusi penggajian.

Formulir W-2 adalah formulir yang dikirim kesetiap karyawan untuk mengikhtisarkan setiap menghasilan karyawan slama tahun kalender, termasuk pembayaran kotor, dan potongan FICA (jaminan sosial). Informasi yang sama juga diserahkan kepada internal revenue service dan komisi pajak Negara bagian serta local jika dapat diberlakukan. Informasi ini disiapkan dari file induk penggajian dan biasanya dibuat oleh koputer.

(7)

SPT pajak penghasilan. Adalah formulir yang diserahkan ke unit pemerintah local, Negara bagian, dan federal untuk menunjukkan pembayaran pajak yang dipotong dan pajak perusahaan. Sifat dan tanggal jatuh tempo formulir tersebut bervariasi tergantung pada jenis pajaknya. Formulir trsebut disiapkan dari informasi yang ada pada induk file penggajian dan biasanya dibuat oleh computer.pembayaran pemotongan pajak federal dan jaminan social akan jatuh tempo secara setengah mingguan atau bulanan, tergantung pada julah pemotongan pajaknya.sebagian besar pajak pengangguran negaara bagian jatuh tempo secara kuartalan.

18-12 sebutkan lima jenis pengotorisasian dalam siklus penggajian dan personalia dan sebutkan jenis kesalahan penyajian yang mungkin akan terjadi seandainya tidak dilakukan otorisasi.

Jenis otorisasi dalam siklus penggajian dan personil:

- Pengurangan otorisasi, tanpa jumlah yang salah (atau tidak ada pemotongan) dapat dipotong dari gaji karyawan.

- Otorisasi Rate, tanpa dimana karyawan dapat dibayar pada tingkat yang salah.

- Otorisasi kartu waktu, tanpa dimana karyawan dapat dibayar untuk kuantitas yang salah jam kerja.

- Payroll pemeriksaan otorisasi, yang tanpa dana yang tidak sah dapat dibayarkan.

- Otorisasi tingkat komisi, tanpa yang penjual mungkin akan benar kompensasi untuk usaha penjualan mereka.

- Otorisasi untuk merekrut pegawai baru, tanpa mana personil ada atau wajar tanpa pengecualian dapat ditambahkan ke daftar gaji.

18-14 Jelaskan apa yang dimaksud dengan akun imprest penggajian. Apakah tujuannya dalam pengawasan atas penggajian?

Akun penggajian imprest adalah suatu akun penggajian terpisah dengan menyediakan sejumlah kas yang tidak begitu besar. Jumlah yang pasti untuk setiap pendapatan bersih pegawai ditransfer dengan check atau electronic fund transfer dari kas besar kea kun imperest segera sebelum pembayaran gaji/upah dilakukan.

Tujuan pengawasan atau penggajian : pada akun imprest ini akan membatasi terjadinya kecurangan atas pembayaran gaji/upah pegawai, dan pembayaran ini dilakukan secara terpisah dari pembayaran pembayaran lainnya. Agar tujuan ini juga menyederhanakan pembuatan rekonsiliasi akun bank untuk penggajian

(8)

18-16 Jelaskan bagaimana sampling audit bisa digunakan untuk pengujian siklus penggajian dan personalia

Tujuan dari perencanaan sampel adalah memastikan bahwa pengujian audit dilakukan dengan cara yang memberikan risiko sampling yang diinginkan dan meminimalkan kemungkinan kesalahan nonsampling. Pemilihan sampel melibatkan keputusan bagaimana sampel dipilih dari populasi. Auditor baru dapat melksanakan pengujian audit hanya setelah item sampel dipilih. Pengevaluasian hasil adalah penarikan kesimpulan berdasarkan pengujian audit.

JAWABAN SOAL BUKU BARU AUDITING 2

18-14 Perbedaan antara faktur vendor, laporan vendor. Dokumen mana yang ideal yang harus digunakan sbg bukti ketika mengaudit transaksi akuisisi dan yang mana untuk memverivikasi saldo utang usaha?

Faktur vendor: berisikan rincian dari transaksi yang dilakukan saat akuisisi (rincian akusisi)

Laporan vendor: disipkan oleh vendor dan diberikan kepada perusahaan yang berisikan total jumlah transaksi tanpa mencantumkan unit yang diperoleh, harga, ongkos angkut dan data lainnya yang tidak dicantumkan.

Ketika menerima konfirmasi atau memeriksa laporan vendor auditor harus melakukan rekonsiliasi laporan atau konfirmasi daftar utang usaha, dokumen yang umumnya digunakan termasuk laporan penerimaan, faktur vendor, dan cek yang dibatalkan.

18-17

FOB destination, hak akan berpindah ke pembeli ketika persediaan diterima, sehingga hanya persediaan yang diterima pada atau sebelum tanggal neraca yang harus dimasukan dalam persediaan dan utang usaha pada akhir tahun.

Jika akuisisi dilakukan atas dasar FOB origin, perusahaan harus mencatat persediaan dan utang yang terkait pada periode berjalan jika pengiriman dilakukan pada atau setelah tanggal neraca.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :