SAMBUTAN BUPATI lomba perpus nagari sei pua 2014 FIX

Teks penuh

(1)

SAMBUTAN BUPATI AGAM

PADA ACARA LOMBA PERPUSTAKAAN NAGARI TINGKAT NASIONAL

JUM’AT, 5 SEPTEMBER 2014

Assalamualaikaum Wr. Wb

1. Yth. Tim Penilai Lomba Perpustakaan Nagari Tingkat Nasional beserta rombongan.

2. Yth. Kepala Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan.

3. Yth. Bapak/Ibu Kepala Badan/Dinas/Kantor/Bagian dan Camat se Kabupaten Agam.

4. Yth. Wali Nagari Sungai Pua beserta pimpinan Lembaga Nagari beserta jajaran

(2)

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir bersama-sama pada acara "Penilaian Lomba Perpustakaan Nagari Tingkat Nasional Tahun 2014". Semoga acara kita ini diberkahi oleh Allah dan dicatat sebagai ibadah, Aamiin yaa robbal’alamin.

Salawat dan salam tak henti-hentinya kita hadiahkan untuk junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, suritauladan umat manusia, semoga syafaat tercurah kepada kita di yaummil akhir nantinya, Aamiin yaa rabbal’alamin.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Agam, mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai beserta rombongan di Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan tugas-tugas yang dilaksanakan berjalan lancar sesuai dengan harapan.

(3)

Nagari Sungai Pua mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam penilaian tingkat nasional. Prestasi ini mengingatkan kita kembali pada peristiwa tahun 2009 dimana Nagari Sungai Pua ditetapkan sebagai Nagari Terbaik I tingkat nasional.

Oleh karena itu pada penilaian ini kami dan seluruh masyarakat Kabupaten Agam berharap perpustakaan Nagari Sungai Pua kembali mengukir prestasi yang fenomenal tersebut menjadi terbaik I tingkat nasional.

Kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada Perpustakaan Nagari Sungai Pua sebagai peringkat pertama tingkat Provinsi Sumatera Barat.

(4)

Ketua Tim dan hadirin hadirat yang berbahagia

Dalam hal pengembangan dan peningkatan mutu serta kualitas perpustakaan, Pemerintah Daerah telah memberikan perhatian dan komitmen yang tinggi antara lain dengan melakukan pembinaan dan bimbingan teknis sampai kepada pemberian bantuan sarana dan prasarana perpustakaan seperti buku dan rak.

Pemerintah Daerah juga menjalin kerjasamanya dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan perpustakaan. Hal ini dapat dilihat dari tumbuh dan berkembangnya berbagai perpustakaan baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun partisipasi masyarakat, mulai dari perpustakaan nagari, rumah ibadah/mesjid, pondok pesantren, sekolah sampai rumah baca, dan taman baca.

(5)

bawah atau masyarakat, bersama-sama menggerakkan dan mendorong berkembangnya minat dan budaya membaca ditengah-tengah masyarakat sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan yang tertuang dalam agenda prioritas pembangunan Kabupaten Agam.

Pemerintah Daerah sendiri juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyukseskan program ini diantaranya, penyelenggaraan Lomba Baca Puisi, Lomba bercerita, Lomba Perpustakaaan Nagari, Logo Agam Membaca.

Hadirin hadirat yang berbahagia

(6)

Terdapat 23 kegiatan yang direncanakan untuk mendukung program ini, dan separuhnya telah berhasil dilaksanakan sebagaimana yang telah disebutkan diatas, bahkan pemerintah daerah telah berhasil mendirikan perpustakaan di seluruh nagari yang ada di Kabupaten Agam yakni sebanyak 82 nagari dan lima taman baca kecamatan serta tujuh perpustakaan mesjid.

Program pendirian dan pengembangan perpustakaan Nagari yang menjadi program nasional telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Untuk Kabupaten Agam telah sukses dilaksanakan dan kami pemerintah daerah siap mendukung dan memajukan perpustakaan lainnya melalui penganggaran, pembinaan dan peningkatan SDM melalui diklat dan bimbingan teknis.

Ketua Tim dan Hadirin hadirat yang berbahagia

(7)

Nagari Sungai Pua memiliki perpustakaan terbaik di tingkat Sumatera Barat.

Banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Nagari beserta lembaga-lembaga nagari, masyarakat dan perantau untuk memajukan Nagari Sungai Pua khususnya kemajuan perpustakaan.

Perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Nagari dan lembaga-lembaga Nagari serta dukungan dari tokoh masyarakat dan perantau Sungai Pua telah memberikan warna tersendiri bagi berkembang dan majunya perpustakaan. Oleh sebab itu pantaslah kiranya Perpustakaan Nagari Sungai Pua menjadi perpustakaan nagari terbaik dan memiliki prestasi yang membanggakan.

Keunggulan Perpustakaan Nagari Sungai Pua disamping letaknya yang strategis, yaitu berada diantara komplek perkantoran, sekolah dan pasar, juga lebih maju karena :

1. Memiliki sarana prasarana dibidang Teknologi Informasi berupa fasilitas WiFi.

(8)

Psutaka Kabupaten Agam, Pondok Pesanteren V Juarai, SMA Negeri 1 Sungai Pua, SMP Negeri 1 Sungai Pua dan beberapa sekolah yang ada dilingkungan Nagari Sungai Pua berupa “pinjam pakai buku perpustakaan” (koleksi silang layan).

3. Adanya Buletin IKSP (Ikatan Keluarga Sungai Pua) bekerjasama dengan perantau nagari Sungai Pua yang terbit setiap triwulan dan isinya memuat tentang perkembangan informasi nagari Sungai Pua yang terkenal dengan kebersamaan masyarakat dengan perantaunya serta menjadikan Nagari Sungai Pua sebagai nagari percontohan dan panutan di Kabupaten Agam maupun Sumatera Barat.

4. Memiliki koleksi buku fiksi yang lengkap dan menarik sehingga para pemustaka mendapatkan informasi, ilmu pengetahuan, referensi yang lebih banyak dan variatif.

(9)

bersama pengelola perpustakaan berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan melengkapi berbagai kebutuhan buku serta fasilitas perpustakaan demi kemajuan dan perkembangan perpustakaan nagari.

Ketua Tim dan Hadirin hadirat yang berbahagia. Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Mohon maaf kepada Tim sekiranya mulai dari penyambutan tadi sampai selesainya kegiatan nanti terdapat hal-hal yang kurang berkenan, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungannya dan selamat melaksanakan penilaian.

Semoga Allah SWT memberkati dan meredhoi apa yang kita kerjakan, Aamiin yaa rabbal aalamin, Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb

BUPATI AGAM

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...