• Tidak ada hasil yang ditemukan

BAB V SIMPULAN DAN SARAN. pengungkapan corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan dan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BAB V SIMPULAN DAN SARAN. pengungkapan corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan dan"

Copied!
7
0
0

Teks penuh

(1)

68 A. Simpulan

Berdasarkan hasil analisa dan pengujian mengenai analisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut.

1. Pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

2. Ukuran perusahaan berpengaruh postitif dan signifikan terhadap niilai perusahaan.

3. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. B. Saran

Untuk penelitian selanjutnya, peneliti memberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut:

1. Sebaiknya dapat menggunakan atau menambah variabel penelitian lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajemen, profitabilitas, kebijakan dividen (dividen yield) dan lain sebagainya.

2. Agar mengumpulkan informasi lebih lengkap tentang CSR dengan melihat website perusahaan tentang kegiatan tanggung jawab sosialnya, karena tidak semua perusahaan mengungkapkan kegiatan CSRnya dalam laporan

(2)

tahunan (annual report), tetapi ada yang mengungkapkan dalam sustainability reportnya.

(3)

Daftar pustaka

Almilia, L. S. dan Wijayanto D. 2007. Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclousure terhadap Economic Performance. Proceedings the 1st Accounting Conference.

Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI tahun 2006-2008). Skripsi UNDIP semarang.

Arthur, J Keown, dkk. 2004. Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Manajemen Keuangan, Penerbit Indeks, Jakarta.

Budiartha, Ketut. 2008. Cara pandang Undang-Undang RI No. 40 tahun 2007 dan Undang-Undang RI No. 17 tahun 2000 Terhadap Corporate Social

Responsibility (CSR). Diakses dari website :

http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/budiartha.pdf, Januari 2011.

Crowther, David dan Martinez. 2007. Current Debates in Corporate Social Responsbility: An Agenda for Research. ISSN: 1978-0591. A publication of Indonesia Center for Social and Environmental Accounting Research and Development: Sebelas Maret University. Vol. 1: 26-39

Daniri, Achmad (2006). Konsep Dan Penerapan Good Corporate Governance Dalam Konteks Indonesia. Jakarta : Ray Indonesia

Daniri, Mas Achmad. 2008. Standarisasi Tanggung jawab Sosial Perusahaan (BAB II). http://madani-ri.com /2008/02/11/standarisasi-tanggung-jawabsosial-perusahaan-bag-iii-finish

Darmawati, D., Komsiyah 2003. Hubungan Corporate Governance Kinerja Perusahaan: Suatu Studi Empiris, Jurnal Bisnis dan Akuntansi

Evans, Thomas G. 2003. Accounting Theory Contemporary Accounting Issues. Australia: Thomson, Shouth-Whestern

Febrina, nica. 2010. Pengaruh komisaris Independen dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Studi empiris pada Perusahaan Wholesale yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Gunadarma. Fakultas Ekonomi.

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis 2001. Teori Akuntansi. Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro Semarang

(4)

H. Malayu S.P. Hasibuan. Drs, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2001, edisi revisi, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Hackstone, David dan Milne, Marcus J. 1996. Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal.

Hadi, Nur (2011). Corporate Social Responsbility edisi Pertama. Yogyakarta : Graha ilmu

Halim, johan, 2005, Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Dividen terhadap Price Earning Ratio pada Indusri Manufaktur di BEJ, Skripsi. Fakultas ekonomi, Unika atma jaya, Yogyakarta.

Haruman, Tendy. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan (survey pada perusahaan manufaktur di PT.Bursa Efek Indonesia). Symposium nasional akuntansi XI. Pontianak. Hilmi, Utari dan Ali, Syaiful. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi

Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2007. Manajemen keuangan, edisi Kelima, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Husnan, Suad. Suwarsono, Muhammad. 2000. Studi Kelayakan Proyek edisi ke -4, Yogyakarta : UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Irwanti, Marlinda. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclousure, Institutional Ownership, Leverage dan Asset Growth terhadap Nilai eprusahaan (studi kasus pada seluruh perusahaan property dan real estate yang go public yang terdaftar di BEI tahun 2007-2008). Skripsi UNDIP semarang.

Jensen, m. (1986) agency cost of free cash flow, corporate finance, and take overs. American Economic Review, 76 : 323-329.

Juniarti. 2009. Penggunaan Economic Value Added (EVA) dan Tobin’S Q Sebagai Alat Ukur Kinerja Finansial Perusahaan di Industri Food And Beverage Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kusumadilaga, Rimba 2010. Pengaruh Corporate Social Responsiility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi, UNDIP Semarang.

(5)

Lako, Andreas. (2007). Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansu. Erlangga, Jakarta

Lindrawati, Felicia dan Budianto, 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang terdaftar sebagai 100 Best Corporate Citizens oleh KLD Research and Analitycs, Majalah ekonomi. Tahun XVIII, no. 1 april : 66-83

Mahendra, DJ, Alfredo, 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Martalina, Lifessy, 2011. Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Akuntansi Ekonomi Universitas Negeri Padang

Martono dan D Agus Harjito. 2008. Manajemen keuangan. Cetakan ketujuh Yogyakarta: EKONISIA

Nugraheni, Shinta. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Nilai Perusahaan (studi empiris pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi, UNDIP Semarang Pratiwi, Natassia. Louise. E. A. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Likuiditas,

Growth, Size dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur terdaftar di BEI tahun 2006-2008). Skripsi UNDIP semarang .

Saidi, 2004. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ “Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 11, No. 1, Maret 2004, hal 44-58.

Salvatore, Dominick, 2005 Managerial Economic : Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Edisi keempat, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Sembiring, Eddy. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VIII Solo.

Smithers, Andrew dan Wright, Stephen, 2008, Valuing Wall Street, McGraw Hill. Sudarmadji, Ardi M. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,

Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, Proceeding PESAT

(6)

Suhardjanto, Djoko dan Miranti, Laras. 2008. Indonesian Environmental Reporting Index dan Karakteristik Perusahaan. Makalah Akuntansi Universitas Sebelas maret .

Suranta, Eddy Dan Pranata, Puspa Midiastuty. 2003. analisis hubungan struktur kepemilikan manajerial nilai perusahaan dan investasi dengan model persamaan linier simultan. Jurnal riset akuntansi Indonesia Vol. 6, No 1 H 54-68.

Susanti, Rika. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Publik yang Listed Tahun 2005-2008), Skripsi, 2010

Sutopoyudo, 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan.(wordpress.com, diakses November 2010)

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi. BPFE: Yogyakarta

Syamsudin, lukman. 2002. Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tandelilin, Eduardus, 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi pertama. Yogyakarta : BPFE

Wahyudi, Untung dan pawestri, P. Hartini, 2006. Implikasi Struktur Kepemilikan, Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening Simposium Nasional Akuntansi IX padang.

Waryanti, 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sosial Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1 Akuntansi UNDIP

Wijanti, Ayu W. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dan Volume Perdagangan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang tedaftar di BEI tahun 2010-2011). Skripsi Fakultas Ekonomi UNHAS Makassar.

William. 2012. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Resonsibility berdasarkan Pedoman Global Reporting Initiative terhadap Nilai Perusahaan. Tesis Fakultas Ekonomi Program Studi Magister Manajemen Kekhususan Manajemen Keuangan Universitas Indonesia.

Yuniasih, Ni Wayan dan Made Gede Wirakusuma. 2009. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Media AUDI. Vol. 4. No.1

(7)

Yusuf, Muhammad dan Soraya. 2004. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Asing dan Non Asing di Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol 7 no.1.

Zuhroh, Diana dan I Putu Pande Heri Sukmawati. 2003. Analisis Pengaruh Luas Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan terhadap Reaksi Investor. SNA VI. Surabaya

http://www.idx.co.id

Referensi

Dokumen terkait

Studio Konsep Perancangan Arsitektur (SKPA) ini disusun guna melengkapi persyaratan untuk menyelesaikan program studi S-1 pada Progam Studi Arsitektur Fakultas Teknik

Tuturan ini mengandung maksud lain yaitu niat si A bertanya adalah meminta, dengan pemahaman konteks yang dimiliki oleh mitra tutur maka dia langsung merespon baik

Penulisan skripsi dengan mengambil judu PERAN WARGA DAN LEMBAGA NON PROFIT DALAM MEWUJUDKAN KAMPUNG RAMAH ANAK DI KAMPUNG LEDOK TUKANGAN YOGYAKARTA.. Skripsi ini

Cara guru mengajar merupakan hal yang baru dari biasanya karena guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk proses diskusi yang mampu membuat siswa lebih

Contoh-contoh yang menggambarkan bahwa para Nabi berijtihad dalam urusan duniawiy adalah ijtihad yang dilakukan Nabi Yunus yang memutuskan untuk lari dari kaummnya

Ensiklopedi adalah buku yang menghimpun uraian tentang berbagai bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah... Berikut ini contoh cara mencari arti atau penjelasan suatu

Dan berdasarkan pengamatan awal dari penyebaran angket yang dilakukan oleh peneliti terhadap beberapa siswa siswi SMAN 08 Surakarta dengan jumlah 30 subjek dari 4 aspek dan

Kalo ada produk baru dari masjid, speaker buat masjid, jadi yang kita undang orang-orang masjid kayak pengurus-pengurus masjid gitu.. Terus kalo TOA mengadakan