BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (Aanwijzing Lelang Ulang)

Teks penuh

(1)

BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (Aanwijzing Lelang Ulang)

No : B. 1251/SUPM-PRM/PL.410/VII/2011

Nomor : B. /SUPM-PRM/PL.410/VI/201

Pekerjaan : Pembangunan Ruang Makan

Sumber Anggaran : APBN (DIPA) SUPM Negeri Pariaman T.A. 2011

Pada hari ini Senin tanggal Delapan Belas bulan Juli tahun Dua Ribu Sebelas, kami Panitia Pengadaan Barang/Jasa Kegiatan “Pembangunan Ruang Makan” SUPM Negeri Pariaman telah memberikan penjelasan pekerjaan (aanwijzing) kepada rekanan yang telah mengikuti Aanwijzing secara elektronik (LPSE) dengan hasil sebagai berikut :

(2)

Peserta

1.

23397016

Administrasi :

1. Apa lokasi sudah bebas...?

Sudah. Lokasi dibangun dalam area komplek SUPM Negeri Pariaman 2. IMB siapa yang membayar...?

Dana IMB sudah disediakan dalam RAB dan dibayarkan oleh pemenang lelang pekerjaan Pembangunan Ruang Makan

3. Pada LDK hal 36 diminta persyaratan pers yang berpengalaman bangunan Gedung minimal 2 lantai, padahal pek yang dlelangkan cuma 1 lantai lantai, tolong di koreksi.

Terima kasih atas koreksinya. Persyaratan perusahaan yang berpengalaman bangunan gedung, kami koreksi menjadi minimal 1 lantai.

4. PAda bab III (IKP) Hal 7 poin 6.3 jelas tertulis bahwa TKDN utk pekerjaan di atas 5 milyar, jadi tolong dihilangkan pada persyaratan tawaran supaya kami nantinya tidak terjadi keraguan dalam menawar.

Terima kasih atas koreksinya. Pekerjaan lelang pembangunan ruang makan kami koreksi menjadi tidak mempersyaratkan TKDN

5. Pada Hal 11 poin 15 Dokumen Penawaran, pada lampiran penawaran poin e.4 spesifikasi teknis, spesifikasi teknis yang diminta apakan sama dengan brosur...?!

Spesifikasi teknis diminta sesuai dengan spesifikasi teknis dalam dokumen pengadaan 6. Tolong jelaskan lagi kemana Tujuan penawaran, jaminan penawaran.

Penawaran dan Jaminan penawaran ditujukan kepada Panitia Pembangunan Ruang Makan 7. Tolong Uraikan lagi persyaratan dan lampiran penawaran yang diminta.

(3)

No

Kode Pengirim /

Peserta

Pertanyaan dan jawaban Panitia Pembangunan Ruang Makan

Lihat di dokumen pengadaan yang sudah diupload oleh panitia di LPSE

8. Apa saja data yang perlu discan/pindai utk lampiran penawaran, kemudian semua data baik penawaran dan Kualifikasi yang perlu ditandatangani apa cukup ditulis TTD saja.

Berdasarkan Perka e-Tendering nomor 1 tahun 2011 poin V.2.d.4:

Surat penawaran dan atau surat lain bagian dari dokumen penawaran dalam proses pengadaan barang/ jasa pemerintah secara elektronik ini tidak memerlukan tanda tangan basah dan stempel sehingga penyedia barang /jasa tidak perlu mengunggah (upload) hasil pemindaian dokumen asli, kecuali surat lain yang memerlukan tanda tangan basah dari pihak lain, contoh : Surat dukungan bank, surat keterangan fiskal (tax clearance)

Teknis :

1. PAda BAB XII Spesifikasi Teknis Dan Gambar hal 112, pasal 9 pada pekerjaan plafon, Di sana tertulis bahan plafon triplek tbl 9, sementara di RAB bahannya Gypsum, Mana yang dipakai...?

Terima kasih atas koreksinya. Kami koreksi untuk bahan pekerjaan plafon yang dipakai dari Gypsum 2. Over head + fee tertulis 10 % pada ANalisa Pekerjaan, apa bisa dirobah..?

(Over head + fee) = 10 % dan tidak boleh dirubah

2.

23342016

1. Dalam lelang awal pada LDP disebutkan sbb : D. Dokumen Penawaran

1. Daftar Personil Inti yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan:

a. Project Manager, S1 Sipil/Arsitek, Ahli Manajemen Proyek/Ahli Manajemen Konstruksi (5 Tahun) b. Site Manager, S1 Sipil/Arsitek, Ahli Arsitektur/Ahli Konstruksi (3 Tahun)

c. Pelaksana, D3 Sipil, (3 Tahun) d. Logistik, SMK/Sederajat (1 Tahun)

e. Administrasi/Keuangan, SMK/Sederajat (1 Tahun)

(4)

a. Cocrete Mixer (4 Unit) b. Dump Truck (3 Unit) c. Pick Up (2 Unit) d. Stamper (2 Unit) e. Gerobak (8 Unit)

f. Peralatan Tukang (8 Set) lalu pada LDK disebutkan B. Persyaratan Kualifikasi

3. memiliki Tenaga Ahli dengan kualifikasi keahlian Project Manager (1 Orang):

1. S1 Sipil/Arsitek Sertifikat Keahlian : Ahli Manajemen Proyek/Ahli Manajemen Konstruksi Site Manager (3 Orang): 2. S1 Ahli Sipil/Ahli Arsitek : SKA Ahli Konstrusi/ SKA Ahli Arsitektur

4. memiliki Tenaga Teknis dengan kualifikasi kemampuan Pelaksana (1 Orang) : 1. STM/SMK : Jurusan Bangunan Logistik (1 Orang) :

2. 1 . STM/SMK/SMAsederajat Adm/Keuangan (1 Orang) : 3. 1 . STM/SMK/SMA sederajat 6. memiliki kemampuan untuk menyediakan fasilitas/peralatan/perlengkapan untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi ini, yaitu:

a. Cocrete Mixer (4 Unit) b. Dump Truck (3 Unit) c. Pick Up (2 Unit) d. Stamper (2 Unit) e. Gerobak (8 Unit)

f. Peralatan Tukang (8 Set)

Terkait pembatalan lelang tsb oleh Panitia dg alasan tidak ada penawaran yang memenuhi syarat kami agak bingung karena menurut kami penawaran yg kami upload telah memenuhi semua ketentuan dokumen lelang. Sementara Panitia tidak meng-upload berita acara hasil evaluasi penawaran (sebenarnya ini disyaratkan dalam proses LPSE).

Pada Lelang Ulang ini terjadi perubahan pada BAB V LDK huruf B. Persyaratan Kualifikasi sbb :

3. Memiliki Tenaga Ahli dengan kualifikasi keahlian Project Manager (1 Orang) 1. S1 Sipil/Arsitek Keahalian: Ahli Manajemen Proyek Site Manager (1 Orang)

1. S1 Sipil/Arsitek Keahalian: Ahli Manajemen Konstuksi

4. memiliki Tenaga Teknis dengan kualifikasi kemampuan Pelaksana (3 Orang) 1. S1 Sipil (SKA/SKT)

(5)

No

Kode Pengirim /

Peserta

Pertanyaan dan jawaban Panitia Pembangunan Ruang Makan

3. S1 Elektro (SKA/SKT) Juru Gambar (1 Orang)

1. STM (IJAZAH) Logistik(1 Orang)

1. STM/SMK/SMA Sederajat (Ijazah) Adm/Keuangan(1 Orang) 1. STM/SMK/SMA Sederajat (Ijazah

yg ingin kami tanyakan adalah :

1. Apa yang Panitia Yth. maksud dengan Ahli Manajemen Proyek pada Project Manager dan Ahli Manajemen Konstruksi pada Site Manager ? Apakah SKA mereka sesuai keahlian yang diminta ? Sepanjang pengetahuan kami tidak ada satu pun SKA yang diterbitkan lembaga resmi dg kualifikasi Ahli Manajemen Proyek atau Ahlio Manajemen Konstruksi. Mohon penjelasan ?

Dari penjelasan yang peserta berikan sudah sesuai dengan dokumen pengadaan. Iya. SKA dari ahli manajemen proyek dan konstruksi harus sesuai yang diminta.

Ada lembaga resmi yang menerbitkan SKA untuk Ahli Manajemen Proyek atau Ahli Manajemen Konstruksi : HAMKI DAN

IAMPI

2. Untuk tenaga teknis Pelaksana khusus S1 elektro, SKA/SKT apa yang dimintakan ? Terima kasih Panitia. SKA : sertifikat keahlian elektrikal

SKT : sertifikat keterampilan tenaga elektrikal 3.

23414016

1. Yang terhormat Bapak/Ibu Panitia Jaminan Penawaran kapan diserahkan kepada Panitia, apakah sebaiknya dilaksanakan bersamaan saja saat peserta lulus (klarifikasi dokumen?

Sesuai dengan dokumen pengadaan Bab III. Poin 22.3 telah dijelaskan “Jaminan Penawaran asli disampaikan melalui pos tercatat/jasa pengiriman kepada Panitia dan sudah harus diterima sebelum batas akhir pemasukan penawaran”

2. Yang terhormat Bapak/Ibu Panitia : Jaminan Penawaran ditujukan kepada siapa, apakah ke Panitia Lelang atau Ke PPK? Ditujukan kepada Panitia Pembangunan Ruang Makan

(6)

menurut saya hal ini adalah nomor pengumuman pelelangan panitia, bukan nomor Dokumen Pengadaan tolong lebih diperjelas kepada kami untuk penomoran tersebut agar tidak rancu, atau diganti saja sesuai Nomor BA Aanwijzing dari ini nomor yang kita cantumkan dalam surat penawaran tersebut?

Nomor yang tercantum di dokumen pengadaan adalah Nomor Pengumuman Pelelangan Umum untuk pekerjaan pembangunan Ruang Makan (bukan nomor dokumen pengadaan). Jadi, surat penawaran penyedia berdasarkan nomor pengumuman tersebut.

4. Bapak/Ibu Panitia yang dihormati : Khusus untuk peserta yang berada diluar kota padang, apakah surat penawarannya disesuaikan dengan kota asal masing-masing atau tetap dibuat berdasarkan lokasi pelelangan (Padang)?

Iya, Surat Penawaran disesuaikan kota asal perusahan masing-masing.

5. Bapak/Ibu yang terhormat : Bisakah semua peserta mendapatkan BQ dalam bentuk exel, bukan bentuk pdf yang seperti kami terima?

Kami hanya mengupload BQ dalam bentuk PDF. Untuk mempermudah bapak, silahkan mencari software PDF convert ke Excel.

6. Kapan dilakukan aanwijing lapangan, karena anwizjing tersebut sangat penting untuk kami sebagai calon penawaran dan kalau dilaksanakan tolong dibuat BA tinjauan lapangan tersebut?

Hari ini bisa dilakukan aanwizjing lapangan 4.

23346016

kepada panitia yth, Jaminan Penawaran Ditujukan Kemana dan Dukungan BANK Ditujukan Kemana Kami sudah menjawab pertanyaan yang bpk/ibu dari penyedia lain.mohon dicek kembali. 5.

23414016

Bapak/Ibu Panitia yang terhormat Kalau bisa waktu upload dokumen penawaran diperpanjang sampai tgl 25 Juli?

Mengingat keterbatasan waktu pelaksanaan pekerjaan ini, maka kami tidak dapat memperpanjang waktu upload dokumen. 6.

23397016

Panitia Yth, kami menyambung pertanyaan dari rekanan sebelumnya, dlm Informasi lelang jelas tertulis Kualifikas usaha adalah i PERUSAHAAN KECIL, sementara utk persyaratan PERUSAHAAN dengan kualifikasi kecil tidak perlu SKA, tapi cuma SKT, bagaimana jika kita untuk tenaga ahli cukup dengan SKT saja, karena spek pekerjaan tidak ada yang konstruksi tapi standar saja, wass....

Karena tingginya kompleksitas pekerjaan ini, Panitia mempersyaratkan Penyedia memiliki SKA/SKT sesuai yang diminta dalam dokumen pengadaan

(7)

No

Kode Pengirim /

Peserta

Pertanyaan dan jawaban Panitia Pembangunan Ruang Makan

7.

23381016

Untuk dukungan bank, Apakah boleh yang lama dipergunakan?

Khusus untuk dukungan bank, boleh menggunakan surat dukungan yang lama, dengan catatan pekerjaan, alamat dan tujuan benar.

8.

23439016

1. Kepada Pannitia Yth; bagi yang telah mengupload penawaran sebelumnya (sebelum tender ulang) untuk dukungan bank dan jaminan penawaran apa boleh dukungan bank dan jaminan penawaran itu kami lampirkan kembali tanpa menukar atau mengganti jaminan yang baru....????

Pertanyaan ini sudah kami jawab. Mohon dicek jawaban pertanyaan penyedia yang lain.

2. Panitia Yth; Kami mohon kepada panitia untuk melampirkan apa saja dukungan atau persyaratan dilampirkan di addendum dokumen ini (Berita acara aanwijzing) baik teknis maupun adminitrasi ....terima kasih...

Semua persyaratan telah dijelaskan pada dokumen pengadaan. 9.

23464016

1. Seluruh lembaran yg bertanda tangan dan stempel perusahaan, apakah cukup TTD saja atau tetap digunakan dari hasil schan atau pemindaian TTD dan Stampel Perusahaan?

Berdasarkan Perka e-Tendering nomor 1 tahun 2011 poin V.2.d.4:

“Surat penawaran dan atau surat lain bagian dari dokumen penawaran dalam proses pengadaan barang/ jasa pemerintah secara elektronik ini tidak memerlukan tanda tangan basah dan stempel sehingga penyedia barang /jasa tidak perlu mengunggah (upload) hasil pemindaian dokumen asli, kecuali surat lain yang memerlukan tanda tangan basah dari pihak lain, contoh : Surat dukungan bank, surat keterangan fiskal (tax clearance)”

2. Pada Surat Penawaran dan K. Modal Kerja pada Isian Dokumen Kualifikasi, Apakah tetap diperlukan menggunakan materai? Jawaban sama dengan jawaban pertanyaan nomor 1

3. Neraca Perusahaan Apakah dibutuhkan pada Dokumen Kualifikasi? Kami mohon penjelasan dari panitia, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih Kpd Panitia.

Tetap diperlukan

Pengadaan Barang/Jasa TTD Panitia

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...