• Tidak ada hasil yang ditemukan

Analisis Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian Terkait Penyalahgunaan Izin Tinggal Oleh Warga Negara Asing Di Indonesia (Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta) - UNS Institutional Repository

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "Analisis Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian Terkait Penyalahgunaan Izin Tinggal Oleh Warga Negara Asing Di Indonesia (Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta) - UNS Institutional Repository"

Copied!
13
0
0

Teks penuh

(1)

ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG

KEIMIGRASIAN TERKAIT PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL

OLEH WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA

(Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta)

Penulisan Hukum

(Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Meraih Gelar Sarjana dalam Ilmu Hukum

pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Disusun oleh:

Yazizein Quenda K. A.

E0014425

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(2)

PERSETUJUAN PEMBIMBING

Penulisan Hukum (Skripsi)

ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG

KEIMIGRASIAN TERKAIT PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL

OLEH WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA (Studi Kasus di Kantor

Imigrasi Kelas I Surakarta)

Disusunoleh:

YAZIZEIN QUENDA K. A.

NIM : E0014425

Disetujui untuk dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Surakarta, Juli 2018

Dosen Pembimbing I Dosen Pembimbing II

Dr. Agus Riwanto, S.H.,S.Ag.,M.Ag.Jadmiko Anom Husodo, S.H.,M.H. NIP. 197308042000121001

(3)

PENGESAHAN PENGUJI Penelitian Hukum (Skripsi)

ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG KEIMIGRASIAN TERKAIT PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL OLEH WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA (Studi Kasus di Kantor

Imigrasi Kelas I Surakarta)

Disusun Oleh:

YAZIZEIN QUENDA K. A. NIM. E001425

Telah diterima dan disahkan oleh Tim Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

(4)

SURAT PERNYATAAN

(KEASLIAN PENULISAN HUKUM SKRIPSI)

Yang Bertanda Tangan di bawah ini :

Nama : Yazizein Quenda K. A.

NIM : E0014425

Fakultas : Hukum

Program Studi : S-1 Hukum

Tempat/Tgl Lahir : Wonogiri, 02 April 1995

No Telp/HP : 081227107310

Judul Penulisan Hukum : Analisis Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terkait Penyalahgunaan Izin Tinggal oleh Warga Negara Asing di Indonesia (Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta)

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa :

1. Penulisan Hukum yang saya susun merupakan hasil karya murni saya sendiri.

2. Apabila dikemudian hari terbukti Penulisan Hukum yang saya susun tersebut merupakan hasil jiblakan/salinan/saduran karya orang lain, maka saya bersedia menerima hukuman/sanksi berupa :

a. Sebelum dinyatakan lulus : Menyusun ulang Penulisan Hukum dan diuji kembali.

b. Setelah dinyatakan lulus : Pencabutan gelar dan penarikan ijazah kesarjanaan yang telah diperoleh.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dengan kesadaran sendiri dan tanpa tekanan atau paksaan orang lain.

Surakarta, 9 Juli 2018 Yang membuat pernyataan,

(5)

MOTTO

“Bekerja keras dan bersikap baiklah.Hal luar biasa akan terjadi.”

(Conan O’Brien)

“Agar sukses, kemauanmu untuk berhasil harus lebih besar dari ketakutanmu untuk gagal.”

(Bill Cosby)

“Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.”

(6)

PERSEMBAHAN

Karya Penulisan Hukum (Skripsi) ini penyusun persembahkan untuk:

 Tuhan Yang Maha Esa

 Bapak dan ibu yang selalu memberikan dukungan dan motivasi dalam penyusunan penulisan hukum (skripsi)

 Keluarga yang selalu

memberikan semangat dan dukungan;

 Seluruh dosen yang telah membimbingku;

 Teman-teman seperjuanganku;

 Keluarga besar Fakultas Hukum UNS;

(7)

ABSTRAK

Yazizein Quenda K. A. 2018. E0014425. ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG KEIMIGRASIAN TERKAIT PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL OLEH WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA (Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka tegaknya kedaulatan negara. Penyalahgunaan izin tinggal merupakan salah satu bentuk pelanggaran keimigrasian. Meskipun Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan peraturan perundang-undangan lain terkait keimigrasian telah mengatur mengenai prosedur pemberian izin tinggal, pengawasan dan penindakan keimigrasian terkait izin tinggal, tetapi pada kenyataannya masih saja terjadi kasus penyalahgunaan izin tinggal oleh warga Negara asing di Indoneisa khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta serta untuk mengetahui bagaimana pengawasan dan penindakan keimigrasian terkait penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa sebenarnya pemberian izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait. Namun demikian masih saja terjadi penyalahgunaan izin tinggal oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta khusunya yang terjadi pada tahun 2017.

Dalam pelaksanaan pengawasan keimigrasian yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta menggunakan 2 (dua) cara yaitu pengawasan administratif dan pengawasan lapangan. Sedangkan dalam penyelesaian kasus penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing ada 2 (dua) jenis Tindakan Keimigrasian yang dapat dilakukan yaitu tindakan administratif (di luar sistem peradilan pidana) dan tindakan projustisia (proses peradilan).

(8)

ABSTRACT

Yazizein Quenda K. A. 2018. E0014425. AN ANALYSIS ON LAW NUMBER 6 OF 2011 ABOUT IMMIGRATION RELATED TO RESIDENT PERMIT sovereignty. Resident permit abuse is an infringement of immigration. Although Law Number 6 of 2011 about Immigration and other legislation related to immigration has governed the procedure of giving resident permit, supervision and action on immigration related to resident permit, in fact resident permit abuse case is still committed by foreigners in Indonesia particularly in the 1st

class-Immigration Office of Surakarta’s work area.

The objective of research was to find out the practice of visit resident permit and temporary resident permit by foreigners in the 1st class-Immigration Office of related legislation. Nevertheless, resident permit abuse case is still committed by foreigners in Indonesia in the 1st class-Immigration Office of Surakarta’s work area particularly in 2017.

In implementing the immigration supervision, the 1st class-Immigration Office of Surakarta employed 2 (two) methods: administrative and field supervisions. Meanwhile in resolving the cases of visit resident permit and temporary resident permit abuses committed by foreigners, two immigration measures could be taken: administrative (out of criminal court system) and projusticia measures (trial process).

(9)

KATA PENGANTAR

Segala Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayatnya, serta rasa syukur Alhamdulillah karena penulisan hukum (skripsi)

yang berjudul “ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011

TENTANG KEIMIGRASIAN TERKAIT PENYALAHGUNAAN IZIN

TINGGAL OLEH WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA (Studi Kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta)” dapat terselesaikan.

Penulisan hukum ini diajukan untuk melengkapi tugas-tugas serta untuk memenuhi salah satu persyaratan guna mencapai gelar sarjana strata-1 (S-1) Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret. Oleh sebab itu, penulisan hukum ini dikerjakan dengan segala kemampuan yang ada, namun karya ilmiah ini masih sangat sederhana. Apabila dalam penulisan hukum ini masih banyak kekurangan, penulis mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Hal yang dibahas di dalam penulisan hukum (skripsi) ini adalah praktek penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta serta pengawasan dan penindakan keimigrasian terkait penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dalam penulisan hukum ini penyusun berusaha untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi tentang bagaimana praktek penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta serta bagaimana pengawasan dan penindakan keimigrasian terkait penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan juga banyak literature kepustakaan yang membahas tentang penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing yang penyusun jadikan referensi untuk penulisan hukum ini.

Penulis menyadari bahwa penulisan hukum (skripsi) ini tidak akan dapat terwujud tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dengan ketulusan hati yang mendalam, penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak sebagai berikut:

(10)

2. Bapak Suranto, S.H.,M.H., selaku Ketua Bagian Hukum Tata Negara yang telah memberikan dukungan sehingga penulisan hukum ini dapat terselesaiakan.

3. Bapak Dr. Agus Riwanto, S.H.,S.Ag.,M.Ag., selaku pembimbing pertama yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam penulisan hukum ini.

4. Bapak Jadmiko Anom Husodo, S.H.,M.H., selaku pembimbing kedua yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam penulisan hukum ini.

5. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan selama perkuliahan yang sangat berharga bagi penyusun.

6. Karyawan dan staf Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

7. Kedua orang tuaku yang tiada henti mendoakan dan memberikan perhatian penuh, dukungan, serta semangat selama proses pembuatan penulisan hukum ini.

8. Adik-adikku Kunjanuar Olif Syawalivio dan Al Fateh Kunzeghonanda yang selalu memberikan semangat dalam proses penyusunan penulisan hukum ini.

9. Sepupu-sepupuku Yessyca Tressey Laksita, Steffano Puma Raulano, dan Erlita Vanila yang selalu memberikan semangat dalam proses penyusunan penulisan hukum ini.

10.Teman-temanku Melliya, Riko, Diandra, Dewa, Habian, Chintya, Allysa, Rizma yang selalu memberikan semangat dan dukungan dalam proses penyusunan penulisan hukum ini.

11.Teman-temanku semua yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu, yang selalu memberikan motivasi dan semangat dalam proses penyusunan penulisan hukum ini.

12.Bapak Yudhistira Yudha P. selaku Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penyusun untuk melakukan wawancara serta memberikan motivasi, dorongan dan nasihat kepada penyusun untuk menyelesaikan penulisan hukum ini.

13.Bapak Ardian P. Putro selaku Kepala Sub Seksi Penentuan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada penyusun untuk melakukan wawancara untuk menyelesaikan penulisan hukum ini.

(11)

15.Seluruh pihak yang telah membantu kelancaran peenelitian dan penyusunan penulisan hukum ini.

Semoga penulisan hukum (Skripsi) ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama bagi perkembangan Hukum Tata Negara pada umumnya dan Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian pada khususnya, kalangan akademisi, praktisi serta masyarakat umum.

Surakarta, 9 Juli 208

(12)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... iii

HALAMAN SURAT PERNYATAAN ... iv

HALAMAN MOTTO ... v

F. Sistematika Penulisan Hukum ... 12

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kerangka Teori ... 14

1. Teori tentang Keimigrasian ... 14

2. Teori tentang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian ... 19

3. Teori tentang Izin Tinggal ... 20

4. Teori tentang Warga Negara Asing... 23

B. Kerangka Berpikir ... 25

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Praktek Penyalahgunaan Izin Tinggal Kunjungan dan Izin Tinggal Terbatas oleh Warga Negara Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta ... 27

(13)

2. Pemberian Izin Tinggal Terbatas kepada Warga Negara Asing ... 38 3. Praktek Penyalahgunaan Izin Tinggal Kunjungan dan Izin Tinggal

Terbatas oleh Warga Negara Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta ... 48 B. Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian terkait Penyalahgunaan Izin

Tinggal Kunjungan dan Izin Tinggal Terbatas oleh Warga Negara Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian ... 57 1. Pengawasan Keimigrasian terkait Penyalahgunaan Izin Tinggal

Kunjungan dan Izin Tinggal Terbatas oleh Warga Negara Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian ... 57 2. Penindakan Keimigrasian terkait Penyalahgunaan Izin Tinggal

Kunjungan dan Izin Tinggal Terbatas oleh Warga Negara Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian ... 68 BAB IV PENUTUP

A. Simpulan ... 78 B. Saran ... 81 DAFTAR PUSTAKA

Referensi

Dokumen terkait

(1) Dalam hal Pantarlih menemukan Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak terdaftar dalam data pemilih disebabkan tidak

www.journal.uniga.ac.id 11 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan enzim fitase dalam ransum 1000 FTU/kg pakan memberikan hasil terbaik dalam menurunkan

Gambar Tanaman Jagung Pada 6 MST. Universitas

I bahan eksport yang penting II sumber pendapatan penting negara III sumber kuasa dan bahan api yang utama IV bahan eksport mineral yang paling sedikit. A I, II dan III B

[ 1 markah] Crucible lid Penutup mangkuk pijar Chemical substance Bahan kimia Dry hydrogen gas Gas hidrogen ker ing Heat Panaskan Heat Panaskan Chemical substance Bahan kimia M ethod

Dipterocarpaceae is a dominant family and most of them are emergent particularly on the heat forest zone, meanwhile Myrtaceae family was represented by Tristaniopsis; which is

Adapun permasalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana keberadaan (eksistensi) profesi akuntan publik dalam hukum di Indonesia, kemudian bagaimana aspek hukum

Dari 17 jenis asam lemak yang terdapat pada daging ikan sidat sungai Palu dan danau Poso terdapat perbedaan kadar yang signifikan antara 16 jenis asam lemak