Belajar Mengenal Jenis jenis Lampu Led d

Teks penuh

(1)

Belajar Mengenal Jenis-jenis Lampu Led dan

Prinsip Kerjanya.

Ragam jenis lampu LED sangat banyak di pasaran bebas, pilihan jenis led tergantung penggunaannya untuk apa. Misal, Led jenis strawhat sangat baik bila digunakan untuk lampu penerangan.

Cara kerja dan prinsip dasar LED

Sudah kita ketahui LED (light emitting diode) merupakan bagian dari diode yang berbahan semikonduktor. Konduktor positif (P) dan konduktor negatif (N) sebagai penghantar aliran listrik sama halnya seperti diode biasa, tetapi LED dapat menacarkan cahaya ketika dialiri arus dan tegangan pada penampang semikonduktor dari Anoda ke Katoda, seperti gambar di bawah sebab proses itulah diode disebut merubah energi listrik ke energi cahaya.

Tegangan kerja LED

Masing-masing Warna LED (Light Emitting Diode) memerlukan tegangan maju (Forward Bias) untuk dapat menyalakannya. Tegangan Maju untuk LED tersebut tergolong rendah sehingga memerlukan sebuah Resistor untuk membatasi Arus dan Tegangannya agar tidak merusak LED yang bersangkutan. Tegangan Maju biasanya dilambangkan dengan tanda VF.

Tegangan warna sesuai arus @20mA

 Infra Merah, 1,2V

 Merah, 1,8V

(2)

 Kuning, 2,2V

 Hijau, 3,5V

 Biru 3,6V

 Putih 4,0V

Proyek LED

Berkreasi dengan lampu LED tidak akan ada habisnya sangat banyak karya unik dan kreatif hanya dengan berbahan lampu led. Beragam bentuk kerajinan diciptakan mulai dari lampu darurat, lampu penerangan, lampu kerja, lampu hias, lampu mainan, dan sebagainya. Silahkan baca juga kumpulan artikel seputar dunia Led

Kreatifitas Elektronika dan Lampu LED Penerangan

Fungsi dan keuntungan LED

Keuntungan LED yang lebih unggul ketimbang lampu pijar biasa, lampu led lebih hemat, tidak panas, lebih terang, biaya produksi yang murah, teknologi yang ramah lingkungan ini semakin banyak diaplikasikan ke dunia industri dan rumah-rumah. Teknologi LED terus mengalami perkembangan hingga menghasilkan lampu LED yang lebih terang dengan konsumsi daya rendah.

Beberapa penerapan lampu led digunakan antara untuk:

 Lampu Penerangan Rumah

 Lampu Penerangan Jalan

 Papan Iklan (Advertising)

 Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor)

 Lampu Dekorasi Interior maupun Exterior

 Lampu Indikator

 Pemancar Infra Merah pada Remote Control (TV, AC, AV Player) (referensi: teknikelektronika.com dengan beberapa tambahan)

Jenis-jenis lampu led

Ukuran - ukuran led yang terkecil diameter 3mm sampai 10mm

Bentuk - bentuk bulat, oval, kotak, pipih, bening, buram dan flexsibel masing-masing digunakan sesuai kebutuhan dan penggunannya yang berbeda-beda

Kualitas - Lampu led memiliki dua macam kualitas dari pabrikan pertama kualitas biasa (2000-4000 mcd) dan Superbright (15000 - 22000mcd), tentu harganya berbeda tiap grade-nya

Sorot - sinar sorotnya rata-rata memancar dengan sudut 60-90 derajat, banyak digunakan pada jam digital, papan advertising, lampu hias aksesoris ruang yang cantik, lampu merah, lampu indikator dan sebagainya.

(3)

SMD (surface mount device) - yang sering beredar di pasaran SMD type led 5630, 5050, 3528, bentuk pipih menempel ke permukaan papan PCB dengan perlakuan penyolderan khusus. Led ini banyak digunakan pada lampu fleksible 1 rol gulungan panjang 5 meter berbahan epoxy bening,

Strawhat - bentuk hampir mirip dengan lampu sorot namun lebih pendek mirip seperti topi sehingga sinarnya menyebar lebih lebar antara 120-160 derajat, banyak digunakan pada lampu penerangan utama (merakit lampu led 12V untuk segala keperluan), lampu senter dan lampu led emergency.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...