LEKAS PULIH INDONESIA

23  Download (0)

Teks penuh

(1)

BAZNASBAZ NAS

Bada nBa da n Am ilAm il Za katZakat Na sionalNa sional

KABUPATEN PASURUAN

PROFIL BAZNAS

KABUPATEN PASURUAN

Bersama kita bisa tingkatkan kesejahteraan umat

Sekretariat:

Jl. Hayam Wuruk No. 14 Pasuruan

Email : baznaskab.pasuruan@baznas.go.id 0853 3346 0046

LEKAS PULIH

INDONESIA

(2)

BUPATI PASURUAN

Pengantar

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas karunia dan i'nayah-Nya sehingga kita bisa

mengambil peran untuk kemajuan dalam perzakatan.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rasul Muhammad SAW, keluarganya dan para sahabat.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, yang menjelaskan bahwa pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat;

bahwa pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) berasaskan syariat Islam dan bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah membentuk BAZNAS sebagai Lembaga resmi dan berwenang melakukan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) pada wilayah Kabupaten Pasuruan, dengan menyelenggarakan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pertanggungjawaban dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat.

Zakat, infaq dan sedekah (ZIS) merupakan pranata keagamaan yang berfungsi untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat manusia dengan memperhatikan dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat yang

#ZakatKitaKebahagiaanMereka#ZakatKitaKebahagiaanMereka

(3)

kurang mampu. Zakat, infaq dan sedekah (ZIS) sebagai instrumen ekonomi yang diperuntukkan sebagai pengurang kesenjangan ekonomi yang terjadi.

Profil BAZNAS Kabupaten Pasuruan ini merupakan informasi praktis tentang program program BAZNAS Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai Lembaga yang berwenang dalam pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) terutama kepada kalangan Muzakki (yang berkewajiban berzakat).

Selain itu melalui buku profil ini diharapkan dapat mendorong dan memperkuat, mempercepat pengumpulan dan pendistribusiannya.

Kami sangat menyambut baik atas terbitnya profil BAZNAS ini.

Semoga semua upaya yang dilakukan oleh semua pihak dalam suksesnya pengelolaan Zakat di Kabupaten Pasuruan senantiasa mendapat i'nayah dan ridha dari Allah swt. Amin.

Pasuruan, 30 Juli 2021 Bupati Pasuruan

H.M. Irsyad Yusuf, S.E., M.MA.

#PasuruanCerdas#PasuruanCerdas

(4)

BAZNAS

KABUPATEN PASURUAN

Sambutan

Alhamdulillahi rabbil alamin..

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sekalian. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, tabi'in,

tabi'it tabi'in, dan para ulama serta pecinta ulama semuanya. Amin

Hadirnya buku profil ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan eksistensi sekaligus meningkatkan peran Baznas Kabupaten Pasuruan dalam optimalisasi pengumpulan,

pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) secara amanah, profesional, transparan dan akuntabel. Upaya optimalisasi ini sebagai ikhtiar Baznas Kabupaten Pasuruan dalam turut serta bersama pemerintah dan komponen bangsa yang lain untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian umat.

Baznas Kabupaten Pasuruan memandang ZIS sebagai pranata keagamaan di bidang perekonomian dan sudah seharusnya mampu menjawab problematika ekonomi dengan menjalankan fungsi sosial dari ZIS. Sebagai Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan, saya bersama pengurus yang lain bertekad akan berupaya seoptimal mungkin dalam pengelolaan ZIS sehingga memiliki peran penting dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan umat.

#PasuruanPeduli#PasuruanPeduli

(5)

Tentu menjadi harapan dan kebahagiaan bersama apabila Baznas dalam pengelolaan ZIS mampu mengantarkan mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) berubah dan berkembang menjadi muzakki (orang yang berzakat).

Semangat untuk menjadikan mustahiq berubah status dan berkembang sebagai muzakki akan senantiasa kami gelorakan kepada semua pihak sehingga menjadi kekuatan bersama yang besar untuk mewujudkannya.

Menjadikan ZIS sebagai instrumen penting dalam peningkatan

kesejahteraan dan perekonomian umat. Dalam sejarah Islam, dapat kita contoh pengelolaan ZIS pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Pemerintahan Umar bin Abdul Aziz melalui Baitul Mal yang dibentuk untuk mengelola ZIS berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyatnya sehingga tidak ada lagi warga yang mau menerima zakat.

Itulah gambaran keinginan kami sehingga kami terus bersemangat untuk menjadikan Baznas Kabupaten Pasuruan dalam pengelolaan ZIS menjadi lebih baik lagi, lebih baik lagi dan lebih baik lagi. Terlebih lagi, motivasi Bapak Bupati Pasuruan yang disampaikan kepada kami “kalau Baznas optimal, maka saya juga akan optimal men-support”.

Bismillahirrahmanirrahim. Dengan tegas, semangat dan penuh keyakinan kami Baznas Kabupaten Pasuruan insya Allah mampu berupaya

semaksimal mungkin mengelola ZIS di Kabupaten Pasuruan, sehingga dapat menjadi instrumen penting dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian serta pemberdayaan ummat.

Pasuruan, 1 Muharram 1443 H 11 Juli 2021 M Ketua Baznas Kab. Pasuruan

H. Abdullah Nasih Nashor

#PasuruanSejahtera#PasuruanSejahtera

(6)

BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional KABUPATEN PASURUAN

dengan REZEKI yang BERKAH urusan

menjadi MUDAH

2,5% dari

penghasilan

yang kita terima ada hak orang lain yang membutuhkan

Zakat

10 3437 0229

Badan Amil Zakat

02 3311 8508

Baznas Zakat Kab Pasuruan

Infaq & Sedekah

10 3251 3747

Badan Amil Zakat

02 3311 8516

Baznas Infaq Kab Pasuruan

Call Center : 0853.3346.0046

(7)

Baznas Kab Pasuruan

(8)

BAZNAS

KABUPATEN PASURUAN

Sekapur Sirih

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat disyariatkan oleh Allah SWT pada tahun kedua hijriyah. Untuk mengefektifkan pelaksanaan syariat zakat tersebut, Rasulullah SAW mengangkat beberapa sahabat sebagai amil zakat yang bertugas menarik zakat dari muzakki , melakukan pendataan di Baitul Mal, dan menyalurkannya kepada mustahiq zakat. Pelaksanaan syariat zakat yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ini dilanjutkan oleh para Khulafaur Rasyidin.

Selanjutnya pada masa Khalifah Mu'awiyah, zakat dikelola dan dipergunakan oleh negara melalui Baitul Mal untuk mendanai kaum Muslimin di wilayah perbatasan dengan Byzantium agar lebih berdaya dalam menghadapi tantangan ekonomi. Mereka sering mendapatkan tawaran bantuan ekonomi asal mereka mau pindah agama dan kewarganegaraan. Pengelolaan zakat pada masa itu juga digunakan untuk menjaga stabilitas perekonomian dan harga kebutuhan pokok penduduk.

Dalam sejarah Islam, prestasi pengelolaan zakat terjadi pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz yang melakukan ijtihad untuk memberlakukan zakat profesi yang bersifat wajib. Sehingga pada masa itu, baitul mal menerima dana yang melimpah yang dipergunakan oleh pemerintah untuk

mengentaskan kemiskinan. Dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, yakni dalam dua tahun pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, dengan dana zakat tersebut berhasil meningkatkan kesejahteraan penduduk sehingga tidak ada lagi warga yang mau menerima zakat (berstatus mustahiq karena fakir atau miskin).

Memperhatikan sejarah pengelolaan zakat di atas, dapat dipahami bahwa zakat merupakan salah satu rukun Islam yang di samping sebagai salah satu bentuk ibadah juga memiliki dimensi sosial

#PasuruanSehat#PasuruanSehat

(9)

ekonomi. Pembahasan zakat sekalipun masuk dalam kelompok ibadah, juga merupakan bagian dari sistem sosial ekonomi Islam dan karena itu, banyak dibahas dalam buku-buku tentang pengembangan ekonomi Islam. Artinya, zakat merupakan salah satu potensi untuk mengembangkan sistem ekonomi ummat yang pada saat ini belum didayagunakan secara maksimal.

Secara nasional, potensi zakat yang dapat didayagunakan untuk pengembangan sistem ekonomi ummat demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan adalah sangat besar. Berdasarkan Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ), per tahun 2019 tercatat potensi zakat Indonesia senilai Rp.

233,8 triliun. Bahkan data Outlook Zakat Indonesia 2021 menyebutkan potensi zakat Indonesia pada tahun 2020 mencapai Rp. 327,6 triliun. Namun realisasinya baru mencapai Rp. 71,4 triliun atau sekitar 21,7 persen.

Potensi terbesar tahun 2020 adalah zakat perusahaan (Rp. 144,5 triliun), kemudian ada zakat penghasilan dan jasa (Rp. 139,07 triliun), zakat uang (Rp. 58,76 triliun), zakat pertanian (Rp. 19,79 triliun), dan zakat peternakan (Rp. 9,52 triliun).

Besarnya gap atau perbedaan antara potensi dan realisasi zakat di tingkat nasional tersebut juga tergambar di Kabupaten Pasuruan. Kabupaten Pasuruan dengan 24 kecamatan dan banyaknya pabrik atau perusahaan di dalamnya, realisasi zakat yang berhasil dihimpun oleh Baznas Kabupaten Pasuruan hanya sekitar 1,3 M (2020). Tentu ini adalah jumlah realisasi yang jauh dari potensi zakat yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Guna meningkatkan realisasi zakat sehingga tidak terlalu jauh berbeda dengan potensi yang ada, maka pemberdayaan dan peningkatan peran Baznas adalah suatu yang sangat penting. Pemberdayaan tersebut dapat dilakukan dengan optimalisasi pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat secara amanah, profesional, transparan dan akuntabel. Untuk itulah, buku profil ini dibuat sebagai salah satu media ikhtiar Baznas Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan perannya dalam menjalankan amanah pemerintah dan agama yang muara akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ummat.

#SedekahOnline#SedekahOnline

(10)

Visi

Menjadi pengelola ZIS (Zakat , Infak dan Sedekah) yang amanah, profesional dan memberdayakan umat

Misi

1 Meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat.

2 Melaksanakan manajemen pengelolaan zakat secara professional, amanah dan transparan.

3 Meningkatkan penghimpunan dan pendayagunaan zakat sesuai dengan ketentuan syariah dan prinsip manajemen modern.

4 Meningkatkan status mustahiq menjadi muzaki melalui pemberdayaan peningkatan kualitas SDM dan pengembangan ekonomi masyarakat.

5 Memaksimalkan peran zakat dalam menaggulangi kemiskinan di Kabupaten Pasuruan.

#PasuruanTaqwa#PasuruanTaqwa

(11)

BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional KABUPATEN PASURUAN

Gema Muharr

BEASISWA

ANAKANAK YATIMYATIM AKIBATAKIBAT PANDEMIPANDEMI COVIDCOVID--1919

Ditakdirkan menjadi anak yatim karena orangtuanya meninggal akibat Covid-19, ada kasih sayang yang kurang

bahkan hilang pada diri si yatim. Mari salurkan perhatian, semangat, simpati, kasih dan cinta kita pada mereka.

Open D asi:

Rekening Infaq Baznas Kab Pasuruan:

10 3251 3747 02 3311 8516

Badan Amil Zakat Baznas Infaq Kab Pasuruan

Layanan Informasi & Konfirmasi :

BAZNAS INFAQ KAB PASURUAN

0853 3346 0046

#ZakatFromHome#ZakatFromHome

LEKAS PULIH

INDONESIA Baznas Kab Pasuruan

(12)

Pimpinan

H. Abdullah Nasih Nashor, S.Pd.I Ketua

Moh. Mundzir, S.Ag., M.M.Pd.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan

Ketua Pelaksana:

Akhmad Farid, S.Ag., M.Pd.I

Anggota:

Waladi Imaduddin, SE., MM. | Zamroni | Hadi Mustofa Joko Maryatin, SH. | Muhammad Nawawi Misbakhul Munir, ST.,MM.

Muhammad Khudori, S.Pd.I Wakil Ketua II

Bidang Pendistribusian & Pendayagunaan Ketua Pelaksana:

H. Muhammad Nawawi AR

Anggota:

Muhammad Junaidi | H. M. Nawawi | Heri Istanto Agus Suyanto, SE. | Sugianto | Muhammad Dhofir .

#GerakanSadarZakat#GerakanSadarZakat

(13)

H. Moh. Abas Fathoni, S.Pd.

Wakil Ketua III Bidang Perencanaan Anggaran

Keuangan dan Pelaporan Ketua Pelaksana:

Samsul Arifin

Anggota:

M. Machrus Ali | Subhani | Fathulloh M.

Zuhdi Hasan | Munadi, SH.,MM.

H. Mahfud Ali Ridlo, S.Ag.,M.Ag.

Wakil Ketua IV

Bidang Administrasi, SDM, Komunikasi & Umum Ketua Pelaksana:

Suadi, S.Ag., M.Pd.I

Anggota:

Hasbulloh | Sugiono, SHI. | Ari Suprayogi Farhan

| Ilmi Zamzam Firdaus | Galang Surya

Satuan Audit Internal

Koordinator : Dwi Atmaji, SE.,M.Si.

Anggota : 1. KH. Muhibbul Aman Ali 2. H. Dumairi Nor

#GerakanCintaZakat#GerakanCintaZakat

(14)

Program

Pemberdayaan

PasuruanPasuruan TaqwaTaqwa

Merupakan program pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) untuk menunjang kegiatan keagamaan :

a. Wakaf Al Qur'an dan Buku Keislaman b. Bantuan Pengembangan Masjid / Musholla,

seperti: genset listrik, pengeras suara dsb.

c. Penyembelihan Qurban di daerah minoritas muslim

d. Peduli Guru Ngaji Kampung, Guru TPQ/Madin dan Marbot

e. Takjil On The Road di bulan Ramadhan f.

Penguatan Syiar Dakwah Islam

#ZakatKitaKebahagiaanMereka#ZakatKitaKebahagiaanMereka

(15)

PasuruanPasuruan CerdasCerdas

Merupakan program pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) untuk menunjang kegiatan pendidikan :

a. Beasiswa siswa/santri kurang mampu & berke- butuhan khusus

b. Beasiswa untuk siswa/santri dengan keadaan khusus, seperti : beasiswa untuk yatim akibat pandemi Covid-19

c. Beasiswa Produktif

d. Insentif Guru Pembimbing Khusus (ABK) dan Non PNS

#BerinfakSampaiKaya#BerinfakSampaiKaya

(16)

Program

Pemberdayaan

PasuruanPasuruan SejahteraSejahtera

Merupakan program pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) berbentuk bantuan pemberdayaan ekonomi produktif:

a. Bantuan Pemberdayaan Ekonomi

b. Bantuan untuk Pelaku Usaha Terdampak Pandemi c.

Pendampingan UKM Binaan Baznas

d. Program pemberdayaan bagi guru, ustadz, pendakwah di daerah terpencil

e. Pelatihan & Pendampingan Kewirausahaan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif

#SucikanHartaDgZakat#SucikanHartaDgZakat

(17)

PasuruanPasuruan SehatSehat

Merupakan program pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) untuk menunjang kegiatan kesehatan masyarakat :

a. Pengobatan Gratis b. Khitan Massal

c. Bantuan Operasi Katarak

d. Bantuan Pengadaan Alat Bantu untuk disabilitas, seperti : kaki palsu, alat dengar dsb.

PasuruanPasuruan PeduliPeduli

Merupakan program pendistribusian ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) untuk bantuan sosial kemanusiaan :

a. Bantuan Bencana Alam b.

Santunan Anak Yatim

c. Santunan untuk Anak Berkebutuhan Khusus d.

Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) e. Bantuan Paket Logistik Keluarga / sembako f.

Bantuan kepada Panti Asuhan g. Bantuan Biaya Hidup

(Difabel)

#GerakanCintaZakat#GerakanCintaZakat

(18)

Program

Penguatan

Manajemen

1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik anggota BAZNAS sampai pada unit di Masyarakat.

Bentuk Kegiatan:

a. Workshop kompetensi bagi Anggota Baznas Kab Pasuruan b.

Peingkatan dan Mendampingan bagi UPZ

2. Membangun kesadaran masyarakat (Mustahiq) tentang Zakat dan lembaga BAZNAS.

Bentuk Kegiatan:

a. Sosialisai tentang BAZNAS kepada ASN

b. Sosialisasi tentang BAZNAS kepada dunia industri c. Sosialisasi BAZNAS kepada pengusaha dan Aghniya’

3. Mensosialisasikan Program BAZNAS pada semua Bidang, baik bidang 1, 2 dan 3.

Bentuk Kegiatan:

a. Menstrukturisasi program program kerja BAZNAS b. Sosialisasi program kerja BAZNAS Pasuraun

4. Membangun & mengembangkan media online sebagai media sosialisasi.

Bentuk Kegiatan:

a. Mengembangkan Web Baznas

b. Optimasi platform social media (Facebook, Instagram, Twitter dsb) c.

Sinergi Media dengan Kominfo, PCNU dan lainnya

#SemestaKebajikanZakat#SemestaKebajikanZakat

(19)

BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional KABUPATEN PASURUAN

NISHAB DAN HAUL ZAKAT PERUSAHAAN

Berapa nishab zakat perusahaan?

nishab zakat perusahaan senilai:

85 gram Emas setelah mencapai

dengan tarif zakat satu tahun (haul)

sebesar 2,5 %

2 Syarat yang apabila sudah tercapai, maka semua jenis komoditas perdagangan wajib dibayarkan zakatnya:

1

Nilainya telah mencapai nishab baik nilai nishab-nya secara mandiri atau diakumulasikan dengan aset lain seperti uang atau komoditas lain.

2

Telah mencapai haul

apabila terdapat hutang, biaya sewa, pajak, dan lainnya tidak

menggugurkan kewajiban zakat.

Ayo Tunaikan ....

Zakat Perusahaan Anda

Zakat Infaq & Sedekah

10 3437 0229

Badan Amil Zakat

02 3311 8508

Baznas Zakat Kab Pasuruan

10 3251 3747

Badan Amil Zakat

02 3311 8516

Baznas Infaq Kab Pasuruan

Call Center : 0853.3346.0046

Baznas Kab Pasuruan #ZakatTumbuhBermanfaat#ZakatTumbuhBermanfaat

(20)

Program

Penguatan

Jaringan

1. SOSIALISASI

a. Pertemuan dengan Lembaga dalam bentuk sosialisasi, Bimtek, Pelatihan Zakat

b. CetakBrosur, Spanduk, Baliho c. Media Sosial

d. Media Cetak (Buletin, Koran)

2. PEMBENTUKAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) Membentuk Unit Pengumpul Zakat di :

- Masjid, Musholla, Desa - Lembaga Pendidikan

- Instansi Pemerintah / Dinas - Kantor Krcamatan

- Polsek - Perusahaan

3. PEMBENTUKAN JARINGAN / NETWORKING a. Memiliki data Lembaga Pengumpul Zakat

b. Mengkondisikan jaringan komunikasi dan bentuk Group/ WA Group

4. PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH

a. Pengumpulan Zakat Tahunan (Zakat Fitrah, Perdagangan, dll) b. Pengumpulan Zakat Musiman (Pertanian)

c. Pengumpulan Zakat Bulanan (Zakat Profesi)

#ZakatKitaKebahagiaanMereka#ZakatKitaKebahagiaanMereka

(21)

BA ZN AS

Badan Amil Zakat Nasional KABUPATEN PASURUAN

Sekarang ...

Zakat Infaq dan Sedekah

SEMAKIN MUDAH

AndaAnda cukupcukup

#dirumahsaja

Layanan Jemput Zakat Call center: 0853 3346 0046

Scan QRIS

Bayar zakat, infaq dan sedekah sangat mudah dan cepat hanya dengan scan kode QRIS pada aplikasi mobile banking atau dompet digital Anda

(seperti : OVO, GoPay, LinkAja, DANA dsb).

Transfer Bank Rekening Zakat : BSI : 10 3437 0229 An. Badan Amil Zakat

Bank Jatim : 02 3311 8508 An. Baznas Zakat Kab Pasuruan Rekening Infaq & Sedekah :

BSI : 10 3251 3747 Bank Jatim : 02 3311 8516 An. Baznas Infaq Kab Pasuruan An. Badan Amil Zakat

Website

Kunjungi : www.baznaskabpasuruan.org

Crowdfunding

Salurkan zakat, infaq dan sedekah via website penyedia layanan donasi online. Kunjungi : kitabisa.com/baznaskabpasuruan

(22)

Program

Akuntabilitas &

Transparansi

1. Pengembangan SDM

a. Pendidikan dan pelatihan cara membuat dan penerapan Laporan sesuai dengan PSAK 109.

b. Perbaikan dan peninjauan SOP keuangan

2. Setoran Zakat Infaq dan Sedekah melalui via Transfer Sosialisasi via pamflet dan medsos

3. Digitalisasi/cashless

Menjalin Kerjasama dengan isntansi pengembang aplikasi

4. Pengembangan Sarana dan Prasarana a. Renovasi gedung

b. Pengadaan sarana prasarana kerja c. Pemeliharaan Gedung BAZNAS

d. Pemeliharaan sarana dan prasarana aset kelolaan

5. Perbaikan pelaporan dan administrasi keuangan a. Menyusun satuan biaya

b. Menyusun laporan keuangan

c. Menyusun posisi keuangan dan penggunaan anggaran per tri- wulan ke setiap unit kerja

d. Menyusun Laporan Keuangan Semesteran e. Audit

f. Peningkatan layanan transaksi dan informasi keuangan g. Membuat Laporan ZIS Kab. Pasuruan

h. Menerbitkan Buku Annual Report ZIS Kab. Pasuruan i. Pengarsipan Laporan ZIS Kab. Pasuruan

j. Rapat Koordinasi k. penyusunan RKAT

#ZakatUntukKemaslahatan#ZakatUntukKemaslahatan

(23)

BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional KABUPATEN PASURUAN

Baznas Kab Pasuruan Baznas Kab Pasuruan Baznas Kab Pasuruan baznaskabpasuruan.org 0853 3346 0046

Figur

Memperbarui...

Referensi

Related subjects :

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di