Organisasi dan Arsitektur Komputer docx

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

Organisasi dan Arsitektur Komputer

A. Pengertian

 Arsitektur Komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik

pengalamatan, mekanisme I/0.

 Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

B.Perbedaan

 Arsitektur komputer adalah perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.

 Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

C.Tujuan Belajar Organisasi dan Arsitektur Komputer  Mengetahui tentang matakuliah CPU Arsitektur

 Mengetahui hubungan antara CPU Arsitektur dengan matakuliah lain  Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU

 Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU Arsitektur  Mendapatkan 5 point penting, yaitu: user, system analyst, programmer, system

administrator/manager, web designer.

D.Fungsional Dasar Komputer

Fungsional dasar komputer terdiri dari: Input Device (Alat Masukan), Output Device (Alat Keluaran), I/O Ports, CPU (Central Processing Unit), Memori, Data Bus, Address Bus, Control Bus.

Secara singkat Unit masukan menerima informasi yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-alat elektromekanik seperti papan ketik pada suatu terminal video, atau dari komputer- komputer lain lewat jalur komunikasi digital atau biasa kita sebut alat inputan. Informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan logika untuk melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah pengolahan ditentukan oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.

E. Struktur Dasar Komputer

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...