Simbol dan Makna yang terdapat dalam ikl

10 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Simbol dan Makna yang terdapat dalam iklan Print Ad “Segarkan

Semangat” Coca-cola

Dosen pengampuh : Alexander Beny PramudyantoS.Sos.

Disusun oleh :

Agatha Lorenza Aronggear / 140905339

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

(2)

I. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Secara etimologis istilah “simbol” diserap dari kata symbol dalam bahasa Inggris yang berakar pada kata symbolicum dalam bahasa Latin. Sementara dalam bahasa Yunani kata symbolon dan symballo, yang juga menjadi akar kata symbol, memiliki beberapa makna generik, yakni “memberi kesan”, “berarti”, dan “menarik”.(pengertian, 2014). Selain itu simbol juga merupakan sebuah cerminan atau tanda bagi sebuha istilah, makna, benda, aktivitas. Maka itu sebuah simbol juga penting untuk membantu suatu proses komunikasi.

Pengertian simbol menurut Charles Morris Simbol adalah satu isyarat/sign yang dihasilkan oleh seorang penafsir sebuah signal dan berlaku sebagai pengganti untuk signal itu, dan dengannya ia bersinonim. Sedangkan menurut Pierce Simbol adalah salah satu bagian dari hubungan antara tanda dengan acuannya, yaitu hubungan yang akan menjelaskan makna dari sebuah referen tertentu dalam kehidupan secara umum atau sebuah karya sastra sebagai replika kehidupan.(bakar, 2016). Dapat dikatakan bahwa simbol itu dibuat oleh manusia dan berdasarkan kesepakatan bersama. Dengan kata lain bahwa sesuatu itu dapat kita kenal melalui simbol. Maka penggunaan simbol dalam sebuah iklan juga diperlukan.

(3)

satu iklan yang selalu menarik perhatian publik dan unik adalah iklan dari brand minuman soda yakni Coc-acola. Coca-cola dalam menyampaikan pesan dalam iklan biasanya berdasarkan fakta zaman kini. Selain itu cocacola juga biasanya memkai simbol dalam keterangan iklannya. Untuk itu paper ini akan menganalisis mengenai simbol dan makna yang terdapat dalam iklan “Print Ad” Cocacola.

2. Rumusan Masalah

 Bagaimana pemaknaan simbol dalam “Iklan Print Ad, Segarkan Semangatmu” Coca-cola ?

3. Kerangka Teori/Konsep a. Teori Tanda Cahrless Sanders Pierce

Menurut Charless Sanders Pierce, manusia hanya dapat berfikir dengan medium tanda. Artinya manusia hanya dapat berkomunikasi lewat sarana tanda. Tanda yang dimaksud bisa tanda gerak atau isyarat. Merujuk terori oierce ini, maka tanda-tanda dalam gambar dapat dilihat dari jenis tanda yang digolongkan dalam semiotik. Diantaranya ikon, indeks, dan simbol. Pada fokus kali ini lebih pada simbol. Simbol menurtu Pierce ini adalah tanda berdasarkan komvensi, peraturan, atau perjanjian yang disepakati bersama. Simbol baru dapat dipahami jika seseorang sudah mengerti arti disepakati sebelumnya. ( Tinarbuko, 2004). Berdasarkan teori Pierce ini dapat dikatakan bahwa simbol itu ada ketika kita telah menyepakatinya bersama artinya harus ada beberapa orang atau lebih dari satu orang. Selain itu dikatakan bahwa simbol yang merupakan tanda dapat dicontohkan seperti tanda-tanda lalu lintas dijalan adalah dimbol yang dipahami karena menjadi kesepakatan bersama.

Bagi pierce tanda tidak hanya simbol adapun index, ikon. Sedikit penjelasan Pierce membagi tanda menjadi tiga hal yang saling berkaitan : Representamen, Obyek dan Interpretant.

(4)

o Objek : merupakan apa yang dipresentasikan oleh tanda, disebut juga sebagai refent (referential).

o Interpretant : makna dari tanda sebagai hasil yang dipertalikan dengan obyek.

Berdasarkan penjelasan ini Pierce kemudian menjelaskan hubungan representamen dengan obyek melalui tiga cara yakni :

o Ikonis : ilustrasi, objek yang didasari dengan obyek asli mirip. Misal siluit, foto diri.

o Indeks : contoh dari indeks adalah ketika seseorang mengetuk pintu maka indeksnya adanya kehadiran seseorang. Indeks ini secara fisik terkait dengan objek.

o Simbol : terjadi karena adanya kesepakatan bersama.

b. Pemaknaan Simbol

(5)

chemical weapon.dapat dikatakan hal-hal berbau kimiwi adalah salah sayu contohnya. Dimana kita susah untuk menjelaskan bentuk fisiknya namun berdasarkan kesepakatan bersama kita dapat mengerti simbol tersebut. Maka peran simbol dalam sebuah media begitu membantu dalam penyebaran pesan. Artinya media memiliki peran penting dalam menyampaikan, menyebarkan, mengkonstruksikan makna dari simbol-simbol visual.

c. Iklan Print Ad

Iklan print ad merupakan salah satu iklan dalam kategori konvensional. Iklan print ad biasanya ada di dalam media cetak dan dapat di sentuh. Penegrtian lain dari klan print ad adalah iklan ini merupakan sebuah gabungan antara fotografi editan, tulisan dan grafis. Biasanaya iklan print ad ini bermain pada layout gambar. Istilah print ad lebih pada komposisi gambar desain atau input nya dan cetak merupakan outuputnya. Iklan print ad ini juga sering disebut dengan iklan cetak. Penempatannya biasa di sebuha majalah, Koran, tabloid, bahkan di ruang publik. Maka untuk itu iklan print ad biasanya hanya berupa gambar, foto bukan video.

II. PEMBAHASAN

1. Deskripsi Objek

(6)

packaging, hingga varian rasa. Sekarang ini Coca-Cola lebih menjaga nama baik brand. Coca-cola identik dengan warna merah dan putih. Nama Coca-Cola diambil sebagai gabungan dari dua bahan utama pembuat minuman ini yaitu daun coca dan kacang kola. Huruf ‘k’ pada kacang kola lantas diganti menjadi huruf ‘c’ agar lebih seirama. (Amazine.co. 2017).

Dewasa ini iklan-iklan yang ditampilkan oleh Coca-cola menarik. Mereka mencoba membuat iklan yang sesuai dengan suasana yang paling cocok untukmenikmati kesegaran Coca-Cola. Selain itu, iklan Coca-cola kebanyakan juga menampilkan lifestyle anak muda modern ini. Coca-cola ingin langsung dekat kepada konsumernya maka melalui iklan-iklan mereka mencoba mencari tahu apa yang diinginkan konsumen. 2010 lalu kita sempat di kagetkan dengan iklan tvc Coca-cola yang menjadi jingle Coca-cola di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri video itu diawali dengan gamabran seorang wanita yang berada di Bundara HI. Hal ini menunjukkan lokasi iklan tersebut ada di Jakarta Indonesia yakni Ibu kota negara Indonesia. Tidak hanya iklan tvc yang bervariasi namun, iklan print ad dari Coca-cola itu sendiri bervasiatif dan banyak.

Pada deskripsi objek kali ini yang akan menjadi pembahasan adalah mengenai dua iklan Print Ad dari Coca-cola yang cukup menarik iklan di publish pada tahun 2011. Namun Coca-cola menampilkan iklan yang berbeda yang dapat diakatan sesuai dengan trend tahun itu. Dalam pembahasan nantinya akan dijelaskan mengenai simbol-simbol yang berada dalam iklan-iklan Coca-cola, apa makna yang terdapat dalam iklan dan kaitannya dengan lifestyle.

(7)
(8)

garis-garis. Berdasarkan gambar ini ingin mengatakan bahwa volumenya harus full agar lebih asik.

Berdasarkan analisis diatas dapat dijelaskan bahwa iklan ini menargetkan pasarnya pada anak muda yang menyukai musik dan Coca-cola adalah minuman yang cocok dengan itu, saat dengar musik melalui headset, nonton konser dan karaoke paling cocok dilakukan dengan menikmati Coca-cola. Mengapa demikian karena simbol-simbol yang dipakai dalam iklan Print Ad, ini membantu menjelaskannya. Melalui simbol gitar, headset., jari. Simbol-simbol ini merupakan kesepakatan bersama kita dan kita menyadarinya. Artinya hal-hal ini merupakan barang-barang yang kita pakai ketika sedang mendengarkan lagu. Kemudian simbol bulat di logo Coca-cola menggambarkan itu sebuah tombol volume yang sudah kandas full suaranya. Kemudian simbol-simbol bulatan yang sebagiannya bergambar itu merupakan gambaran soda atau gelembung soda yang keluar dari Botol Coca-cola. Hal ini menunjukkan sebuah kesegaran bahwa bahwa Coca-Cola saat dibuka gelembungnya menambahkan sensasi segar.dalam iklan inipun menunjukkan sebuah identitas warna Coca-cola yakni berwarna merah dan putih.

(9)

III. KESIMPULAN

Simbol tanapa kita sadari merupakan hal yang melekat dengan manusia. Simbol menampilkan komunikasi nonverbal. Artinya kadang manusia tidak dapat menjelaskan sesuatu karena susah untuk di ungkapkan. Simbol membantunya untuk menjelaskan kepada kita untuk mengerti maksud sebuah pesan. Komunikasi nonverbal kadang berisikan hal yang penting dan terkesan cepat. Simbol menurut Pierce merupakan representasi suatu objek berdasarkan kesepakatan bersama. Jadi ketik itu belum disepakati sebelumnya maka itu tidak dapat dikatakan sebuah simbol.

Iklan menjadi salah satu contoh yang banyak menggunakan simbol di dalamnya. Walaupun terkesan singkat namun iklan harus mampu menjelaskan sebuah pesan itu secara cepat namunj jelas. Maka itu simbol sering dipakai dalam pembuatan sebuah iklan. Simbol merupakan objek yang didalamnya terdapat pesan ayng dikomunikasikan secara nonverbal. Salah satu iklan yang menarik dan unik adalah iklan Coca-cola yang di publish pada 2011 lalu. Iklan ini memuat banyak simbol yang kemudian terdapat pesan nonverbal didalamnya. Iklan Coca-cola dengan tagline “segarkan semangatmu” ini secara simbolis menunjukkan target konsumennya adalah anak muda. Dan melalui simbol yang dipakai dapat dimaknai bahwa iklan Coca-cola ini paling segar di minum oleh seorang pemusik, dengar musik, nonton konser, buat musik agar tetap semangat. Ini semua merupakan aktivitas anak muda yang sering dilakukan . dpat dikatakan bahwa merupakan lifestyle anak muda sekarang ini.

IV. DAFTAR PUSTAKA

(10)

Bakar, Abu, Mujahir. (2016). Pengertian simbol menurut para ahli.

http://www.ajiersa.com/2016/10/pengertian-simbol-menurut-para-ahli.html

Kasali, Renald. (1992). Manajemen periklanan konsep dan aplikasi di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

Pengertian simbol? Apa itu simbol?. (2014). Diakses dari : pengertianahli.com. http://www.pengertianahli.com/2014/04/pengertian-simbol-apa-itu-simbol.html

Sejarah Coca-cola. (2017). Diakses dari : coca-cola.co.id. http://www.cocacola.co.id/id/sejarah/

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...