BERBAGAI KOMPONEN KOMPUTER

Teks penuh

(1)

BERBAGAI KOMPONEN

KOMPUTER

UNIT KOMPUTER

Unit komputer (system unit) adalah suatu rangka yang didalamnya terdapat komponen – komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk memproses data. Sebuah komputer terdiri atas perangkat – perangkat yang digunakan untuk menerima masukan (input), melakukan proses, mengeluarkan hasil (output), menyimpan dan berkomunikasi. Komputer memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang rangkanya terbuat dari logam atau plastic untuk melindungi komponen-komponen elektronik di dalamnnya dari kerusakan.

(Semua computer dalam berbagai ukuran memiliki unitnya)

Rangka komputer terbuat dari logam atau plastik guna untuk melindungi komponen – komponen di dalamnya. Pada titik tertentu, Anda harus mengenal komponen – komponen elektronik dari suatu komputer jika anda ingin mengganti atau memasang komponen elektronik baru, Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah processor, memori, adapter card, port, drive bay, dan tegangan catu (power supply).

(2)

Prosessor tugasnya dalam perangkat computer adalah untuk menerjemahkan dan melaksanakan perintah – perintah dasar yang kemudian mengoperasikan komputer.

Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer yang tugasnya adalah menyimpan data yang menunggu untuk diproses dan perintah – perintah yang menunggu untuk dijalankan (dieksekusi), prosesor dan memori biasanya merupakan bagian dari papan sirkuit yang disebut motherboard.

Adapter card adalah papan sirkuit yang menyediakan koneksi – koneksi dan fungsi -fungsi yang tidak terdapat pada motherboard. Dua adapter tersebut adalah sound card dan video card.

Perangkat – perangkat di luar komputer seperti keyboard, mouse, mikrofon, monitor, printer, pemindai, card reader, kamera digital, kamera video, dan pengeras suara seringnya terhubung dengan port- port pada komputer melalui kabel sambungan. Perangkat-perangkat ini terdiri atas keyboard, mouse, mikrofon, monitor, printer, pemindai, card reader/writer, kamera digital, kamera video, dan pengeras suara. Sebuah drive bay ditempati oleh satu disk drive atau lebih.

Tegangan catu (Power supply) adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) kulit komputer

(3)

MOTHERBOARD

Motherboard yang sering juga disebut system hand adalah papan sirkuit utama dari suatu komputer. Banyak komponen elektronik terhubung ke motherboard seperti adapter card, cip prosesor, modul memori, dll. Cip-cip memori terpasang pada memory card (modul) yang sesuai dengan slot di motherboard.

CIP (chip)

Cip (chip) komputer adalah bagian kecil yang terbuat dari materi semikonduktor, biasanya silikon, dimana sirkuit – sirkuit terintegrasi yang memiliki banyak jalur berukuran mikro yang mampu mengalirkan arus listrik, sirkuit terintegrasi dapat terdiri atas jutaan elemenseperti resistor, kapasitor, dan transistor.

(4)

PROSESOR

Prosesor atau yang bisa disebut juga CPU (Central Processing Unit) adalah komponen komputer yang merupakan otak untuk menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama pada perangkat komputer lainnya. Prosesor sangat mempengaruhi kemampuan komputasi secara keseluruhan dan mengatur hampir semua operasi komputer. Prosesor memiliki sebuah unit control dan arithmetic logic unit. Kedua komponen ini bekerja sama melaksanakan oprasi – oprasi pemrosesan.

Berikut ini gambar yang menjelaskan alur bagaimana perangkat-perangkat lain yang terhubung pada computer berkomunikasi dengan prosesor untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

UNIT KONTROL

Unit kontrol adalah komponen dari prosesor yang mengarahkan dan mengkoordinasikan hampir seluruh oprasi pada komputer. Unit kontrol berperan seperti polisi lalu lintas, Unit kontrol menginterprestasikan setiap perintah yang diperlukan program kemudian memulai aksi yang bersesuaian untuk melaksanakan perintah tersebut.

(5)

ARITHMETIC LOGIC UNIT

Arithmetic logic unit (ALU) adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang memiliki fungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logic. Operasi aritmatika adalah perhitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi perbandingan melibatkan perbandingan sebuah bagian data dengan bagian data lainnya untuk menentukan apakah bagian pertama lebih besar, sama, atau kurang dari bagian lainnya.

SIKLUS MESIN

Siklus mesin adalah arti kata FETCH yang merupakan proses mengambil atau membawa instruksi atau perintah dari memori utama ke CPU. Untuk setiap perintah prosesor mengulangi suatu rangkaian yang terdiri atas 4 operasi dasar yang menyusun sebuah siklus mesin yaitu : (1)pengambilan, (2) penerjemahan,(3) eksekusi, dan (4) penyimpanan.

1. Pengulangan adalah proses menemukan sebuah perintah program atau item data pada memori.

2. Penerjemahan adalah kode yang merujuk pada proses prangkat yang terhubung ke komputer yang berkomunikasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

3. Eksekusi adalah proses pelaksanaan perintah – perintah.

4. Penyimpanan adalah menulis hasil eksekusi pada memori (bukan pada media penyimpanan)

(6)

SYSTEM CLOCK

System clock bertugas untuk mengatur waktu seluruh operasi – operasi komputer. Kecepatan system clock disebut clock speed yang diukur melalui jumlah tik per detik, PC saat ini memiliki clock speed dalam jangkauan gigahertz (GHz) yang setara dengan satu miliar tik per detik.

Kecepatan system clock hanya salah satu factor yang mempengaruhi kinerja komputer, semakin cepat clock speed, semakin banyak perintah yang dapat dieksekusi oleh prosesor setiap detiknya.

Perbandingan Prosesor-prosesor PC

Produsen cip prosesor terdepan untuk PC adalah Intel, AMD (Advence Micro Devices), Transmeta, IBM, dan Motorola. Produsen-produsen ini mengidentifikasikan cip prosesor dengan suatu nama atau nomor model. Nomor-nomor model prosesor tidak dapat dijadikan merek dagang dan tidak dilindungi penggunaannya oleh pesaing.. Oleh karena itu, muncul sederetan prosesor yang di kenal sebagai Pentium.

Dua merek lainnya seperti Xeon dan itanium, ideal digunakan untuk workstation dan server kelas bawah. AMD adalah produsen terdepan dari berbagai prosesor yang kompatibel dengan Intel, rancangan internalnya serupa dengan prosesor intel, melakukan fungsi-fungsi yang sama, dan dapat memiliki kemampuan yang setara tetapi sering kali lebih murah. Transmeta juga merupakan produsen berbagai prosesor yang kompatibel denganIntel, tetapi Transmeta mengkhususkan diri dalam membuat prosesor-prosesor untuk komputer dan perangkat bergerak.

(7)

Pada awalnya, produsen-produsen cip mendaftarkan clock speed prosesor dalam literatur untuk pasar dan iklan. Clock speed merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kecepatan pemrosesan dalam komputer dan untuk membantu konsumen mengevaluasi berbagai prosesor, produsen seperti Intel dan AMD sekarang menggunakan skema penomoran yang menggambarkan kecepatan pemrosesan dari cip-cipnya secara lebih akurat.

Membeli sebuah PC

Untuk membeli sebuah komputer, prosesor yang dipilih harus bergantung pada bagaimana rencana dalam menggunakan komputer tersebut. Kebanyakan pengguna akan mendapatkan kinerja pemprosesan yang lebih baik dengan menggunakan prosesor dual-core/multicore. Sebuah prosesor dual-core adalah cip yang memiliki dua prosesor yang terpisah, dan sebuah prosesor multicore memiliki dua atau lebih prosesor yang terpisah. Setiap prosesor pada cip dual-core/multicore umumnya bekerja pada clock speed yang lebih lambat daripada prosesor single-core, tetapi cip-cip dual-core/multicore biasanya mengurangi konsumsi tenaga dan panas yang dikeluarkan, sehingga meningkatkan kinerja keseluruhan.

Representasi Data

Hampir semua komputer bersifat digital. Artinya, hanya ada dua status diskrit yang dikenali : hidup dan mati. Dua digit 0 dan 1 dengan mudah merepresentasikan kedua status ini. Digit 0 merepresentasikan status elektronik dari mati (ketiadaan aliran listrik). Digit 1 merepresentasikan status elektronik dari menyala (adanya aliran listrik).

Digit Biner , Aliran listrik , Status Elektronik

1 ON

0 OFF

Komputer menggunakan sistem biner karena sistem ini mengenali hanya dua macam status. Sistem biner (binary system) adalah sistem penomoran yang hanya memiliki dua digit unik, yaitu 0 dan 1, yang dikenal sebagai bit. Bit (kependekan dari binary digit atau digit biner) adalah satuan data terkecil yang dapat diproses komputer. Jika hanya berdiri sendiri, suatu bit tidaklah terlalu informatif. Apabila 8 bit dihimpun bersama menjadi satu satuan, maka terbentuklah bita (byte). Sebuah bita cukup untuk menghasilkan kombinasi-kombinasi yang berbeda dari 0 dan 1 untuk mewakili 256 karakter-karakter berbeda. Karakterkarakter ini mencangkup angka, huruf kapital dan huruf kecil dari alfabet, tanda baca, dan lainnya seperti huruf alfabet Yunani.

(8)

Kombinasi 0 dan 1 yang mewakili karakter-karakter didefinisikan oleh pola-pola disebut skema pengodean. Dua skema pengodean yang populer adalah ASCII dan EBCDIC. Skema American Standard Code for Information Interchange (ASCII) adalah sistem pengodean yang paling luas penggunaannya untuk merepresentasikan data. Kebanyakan PC dan server menggunakan skema pengodean ASCII. Skema Extended Binary Coded Decimal Interchange Code (EBCDIC) digunakan pada komputer-komputer mainframe dan server kelas atas.

Skema pengodean seperti ASCII memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer digital yang hanya memproses bit-bit. Apabila tombol keyboard ditekan, sebuah cip pada keyboard mengonversi sinyal elektronik dari tombol tersebut menjadi kode pindai (scan code) yang dikirim ke komputer. Kemudian, komputer mengonversi kode pindai tersebut menjadi bentuk biner yang dapat diproses komputer dan disimpan dalam memori. Setiap karakter dikonversi menjadi bita yang bersesuaian. Komputer kemudian memproses data sebagai bita-bita yang sebenarnya merupakan deretan dari status elektronik hidup/mati.

Apabila pemprosesan selesai, peranti lunak mengonversi bila menjadi angka, huruf alfabet, atau karakter khusus yang dapat dikenali manusia yang ditampilkan pada layar atau dicetak. Semua konversi ini berlangsung dengan cepat sehingga hampir tidak tersadari bahwa proses ini terjadi. Berbagai standar, seperti yang didefinisikan dalam ASCII dan EBCDIC, juga memungkinkan komponen-komponen dalam komputer untuk dapat saling berkomunikasi.

Berikut cara sebuah huruf dikonversi menjadi bentuk biner dan kembali menjadi huruf : Langkah 1 : Pengguna menekan huruf kapital T (SHIFT + tombol T) pada keyboard,

yang kemudian menciptakan kode khusus untuk huruf kapital T Langkah 2 : Kode pindai untuk huruf kapital T dikirim ke komputer

Langkah 3 : Komputer mengonversi kode pindai untuk huruf kapital T menjadi kode biner ASCII (01010100) dan menyimpannya pada memori untuk diproses Langkah 4 : setelah pemprosesan, kode biner untuk huruf kapital T dikonversi menjadi

sebuah gambar dan ditampilkan pada perangkat ouput

MEMORI

Memori (memory) terdiri atas komponen-komponen elektronik yang menyimpan perintah-perintah yang menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang diperlukan oleh intruksi-intrusik-perintah tersebut, dan hasil-hasil dari data yang yang diproses(informasi). Memori biasanya terdiri atas satu cip atau lebih pada motherboard atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam komputer. Memori menyimpan tiga kategori dasar :

(9)

(1)Sistem operasi dan peranti lunak sistem lainnya yang mengendalikan atau memelihara komputer dan perangkat-perangkatnya

(2)Program-program aplikasi yang melaksanakan pekerjaan spesifik seperti pemrosesan kata

(3)Data yang sedang diproses oleh program-program aplikasi dan informasi yang dihasilkannya.

Peran memori untuk menyimpan baik data maupun program-program ini dikenal sebagai konsep program tersimpan (stored program concept)

Bita dan Addressable Memory

Sebuah bita (karakter) adalah satuan penyimpanan dasar pada memori. Ketika perintah-perintah program aplikasi dan data ditransfer ke memori dari media penyimpanan, perintah-perintah dan data hadir sebagai bita-bita. Setiap bita diam secara sementara pada suatu lokasi dalam memori yang memiliki alamat. Sebuah alamat secara sederhana hanyalah sebuah nomor unik yang menentukan lokasi bita dalam memori. Untuk mengakses data atau perintah dari dalam memori, komputer merujuk pada alamat-alamat yang mengandung bita-bita data.

Ukuran Memori

Produsen-produsen menyatakan ukuran dari cip-cip memori dan media-media penyimpanan dalam jumlah bita yang dimiliki oleh cip atau media yang dapat digunakan untuk penyimpanan. Perlu diketahui bahwa media-media penyimpanan seperti menyimpan data, perintah, dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang. Sedangkan memori menyimpan semuanya itu hanya untuk sementara. Satu kilobita (kilobyte-KB/K) sama persis dengan 1.024 bita. Untuk mempermudah definisi memori dan media penyimpanan, pengguna komputer sering kali membulatkan satu kilobita ke bawah, menjadi 1.000 bita. Satu megabita (megabyte-MB) sama dengan kurang kebih 1 juta bita. Satu gigabita (gigabyte-GB) sama dengan kurang lebih 1 miliar bita. Satu terabita (terabyte-TB) sama dengan kurang lebih 1 triliun bita.

UKURAN MEMORI DAN MEDIA PENYIMPANAN Istilah Singkatan Kisaran

Jumlah Bita Jumlah Bita Tepat Kisaran Jumlah Halaman Kilobita KB atau K 1 thousand 1.024 ½

Megabita MB 1 million 1.048.576 500 Gigabita GB 1 billion 1.073.741.824 500.000 Terabita TB 1 trillion 1.099.511.627.776 500.000.000

(10)

Jenis-jenis Memori

Unit komputer memiliki dua jenis memori : volatil dan nonvatil. Apabila daya komputer dimatikan, memori volatil (volatile memory) kehilangan isinya. Sedangkan memory nonvolatile (nonvolatile memory) tidak kehilangan isinya ketika daya dihilangkan dari komputer. Oleh karena itu, memori volatil bersifat sementara sedangkan memori nonvolatil bersifat permanen. Contoh dari memori nonvolatil antara lain adalah ROM, memori flash, dan CMOS.

Random Access Memory

Random Access Memory (RAM), juga disebut memori utama, terdiri atas cip-cip memori yang dapat dibaca dan ditulisi oleh prosesor dan perangkat-perangkat lainnya. Apabila komputer di berikan daya, maka file-file sistem operasi tertentu (file-file yang menentukan bagaimana tampilan Windows XP muncul) dimuat ke dalam RAM dari media penyimpanan seperti hard disk. File-file ini tetap berada dalam RAM selama komputer memiliki daya. Jika program-program tambahan dan data diminta, mereka juga dimasukkan ke dalam RAM dari media penyimpanan. Prosesor menginterpresentasikan dan mengeksekusi perintah-perintah suatu program selama program tersebut berada dalam RAM.

Berikut cara bagaimana perintah-perintah program bergerak masuk dan keluar RAM :

Hard disk RAM Computer

Langkah 1 : Apabila Anda menyalakan komputer, file-file sistem operasi tertentu dimuat ke dalam RAM dari Hard disk. Sistem operasi menampilkan antarmuka pada layar.

Langkah 2 : Apabila Anda mulai menjelajahi Web, perintah-perintah program dimuat ke dalam RAM dari Hard disk. Perintah-perintah program penjelajah Web dan sistem operasi tertentu berada di dalam RAM. Jendela program penjelajah Web ditampilkan pada layar

Langkah 3 : Apabila Anda memulai sebuah program pengolah kata, perintah-perintah dimuat ke dalam RAM dari hard disk. Program pengolah kata, bersama dengan perintah-perintah dari program penjelajah Web dan sistem operasi tertentu berada di dalam RAM. Jendela program pengolah kata ditampilkan pada layar.

(11)

Langkah 4 : Apabila Anda mematikan sebuah program, seperti penjelajah Web, maka perintah-perintah program tersebut dihilangkan dari RAM. Penjelajah Web tidak lagi ditampilkan pada layar.

RAM dapat menyimpan banyak program secara bersamaan, dengan syarat komputer tersebut memiliki RAM yang cukup untuk mengakomodasi semua program. Hampir semua RAM bersifat volatil, yang berarti RAM akan kehilangan isinya apabila tegangan catu dicabut dari komputer. Karena itu, kita harus menyimpan hal-hal yang mungkin dibutuhkan di masa mendatang. Proses penyimpanan adalah proses penyalinan hal-hal yang berada dalam RAM ke dalam media penyimpanan seperti hard disk.

Tiga jenis dasar cip RAM : RAM dinamis, RAM statis, RAM magnetoresistif

 Cip RAM dinamis (DRAM) harus diberi energi berulang kali secara konstan agar tidak kehilangan isinya.

 Cip RAM statis (SRAM) lebih cepat dan andal daripada berbagai cip DRAM. Cip ini tidak perlu dipasok energi berulang sesering cip DRAM, oleh karena itu disebut statis.

 Jenis yang lebih baru dari RAM, disebut RAM magnetoresistif (MRAM) menyimpan data mengguanakan muatan magnet alih-alih muatan listrik. Produsen-produsen mengklaim bahwa MRAM memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, mengonsumsi lebih sedikit daya, dan waktu aksesnya lebih cepat daripada RAM elektronik.

Cip RAM biasanya berada pada modul memori (memory module), sebuah papan sirkuit kecil. Slot memori (memori slot) pada motherboard dapat ditempati oleh modul memori. Konfigurasi RAM (RAM Configuration)

Jumlah RAM yang diperlukan dalam komputer sering kali bergantung pada jenis peranti lunak yang akan digunakan. Komputer mengeksekusi program-program yang terdapat dalam RAM. Semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin cepat respons komputer. Paket peranti lunak biasanya mengidentifikasikan jumlah minimal RAM yang diperlukan. Jika ingin aplikasi bekerja optimal, biasanya memerlukan lebih dari spesifikasi minimal yang tertera pada paket peranti lunak. Umumnya, pengguna-pengguna rumah yang menjalankan Windows XP dan menggunakan aplikasi peranti lunak dasar seperti pemproses kata memerlukan paling sedikit 256 MB RAM. Kebanyakn pengguna-pengguna bisnis yang bekerja dengan program-program pembukuan, keuangan, atau spreadsheet, pengenal suara, dan program-program yang memerlukan kemampuan multimedia harus memiliki setidaknya 512 MB RAM. Pengguna yang membuat situs-situs Web profesional atau menggunakan aplikasi-aplikasi grafis yang intensif membutuhkan paling sedikit 2 GB RAM.

(12)

Cache

Ada dua jenis cache yaitu cache memori dan cache disk. Bagian ini membahas cache memori.

Cache memori (memory cache) berfungsi mempercepat proses proses komputer karena menyimpan perintah dan data yang sering di gunakan. Banyak PC saat ini menggunakan 2 cache memori : cache L1 dan L2

*Cache L1: dipasang langsung pada cip prosesor dan kapasitas sangat kecil.Berkisar 8KB sampai 128 KB

*Cache L2 : Sedikit lebih lambat dari pada cache L1 tetapi kapasitasnya sangat besar, berkisar 64 KB sampai 16 MB. Prosesor saat ini menggunakan advanced transfer cache, jenis cache yang di pasang langsung pada cip prosesor. Prosesor yang menggunkan ini berkinerja lebih cepat .PC saat ini memiliki advanced transfer cache sebesar 512 KB sampai 2 MB.

ROM

Read only Memory (ROM) adalah cip-cip memori yang menyimpan data secara permanen. ROM bersifat nonvolatil berarti isi nya tidak akan hilang walau tegangan di cabut dari komputer. Produsen cip cip ROM menyimpan data dan perintah. Cip cip ROM ini di sebut firmware, memuat data ,perintah,informasi yang di tulis secara permanen.

Memori Flash

Memori flash adalah sejenis memori nonvatil yang dapat di hapus secara elektronika dan di tulisi ulang. Banyak komputer yang menggunakan memori flash untuk menyimpan perintah karena memori flash memungkin komputer memperbaharui isinya dengan mudah

(13)

Cip cip memori flash juga menyimpan data dan program dalam banyak komputer dan perangkat bergerak seperti PDA, smart phone , printer, kamer digital, perangkat-perangkat otomotif ,pemutar audio ,perekam suara digital ,penyeranta dan pemutar mp3 menyimpan musik didalam memori flash.

CMOS

Beberapa cip RAM ,cip memori flas, dan jenis cip lain menggunakan teknologi complementary metaloxide semiconductor (CMOS) karena teknologi ini memberikan kecepatan tinggi dan daya yang kecil. Cip-cip memori CMOS dilengkapi baterai ,misalnya dapat menyimpan kalendar , tanggal dan waktu saat ini walaupun dalam keadaan mati.

Waktu Akses Memori

Waktu akses (acces time) adalah waktu yang di butuhkan prosesor untuk membaca data perintah dan informasi dari memori.Produsen produsen saat ini menggunakan terminologi yang bervariasi untuk menyatakan waktu akses. Waktu akses diukur dalam seperkian detik. Berikut adalah tebel istilah-istilah yang di gunakan untuk mendefinisikan waktu akses :

TERMINOLOGI WAKTU AKSES

ISTILAH SINGKATAN KECEPATAN

Milidetik ms Satu per seribu detik Mikrodetik ps Satu per juta detik Nanodetik ns Satu per semiliar detik Pilodetik ps Satu per setriliun detik

Beberapa menggunakan sepersekian detik ,yang untuk memori berlangsung dalam nanodetik. Satu nonadetik, adalah satu per semiliar detik. Namun ada juga produsen lain yang menyatakan waktu akses dalam MHz.Walaupun waktu akses memori sangat memengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan para produsen dan penjual biasanya mendaftarkan memori komputer berdasarkan ukuran bukan waktu akses

(14)

SLOT EKSPANSI ADAPTER CARD

Slot ekspansi adalah suatu dudukan (socket) pada motherboard yang dapat menyimpan adapter card. Adapter card atau biasa disebut kartu exspansi, adalah papan sirkuit yang meningkatkan fungsi fungsi komputer dan atau sambungan ke periferal. Periferal adalah perangkat yang terhubung ke komputer di atur prosesor dalam komputer. Contoh modem, disk drive , printer, scanner, dan keyboard. Terkadang, semua fungsionalitas dibuat dalam adapter card, dengan menghubungkan adapter card ke perangkat seperti kamera video digital di luar computer. Berikut adalah adapter card yang saat ini digunakan dan fungsi fungsinya :

JENIS JENIS ADAPTER CARD

Adapter Card Fungsi

Disk controller Menghubungkan disk drive

Fire wire Menghubungkan perangkat Firewire Grapichs accelerator Menigkatkan kecepatan tampilan grafis MIDI Menghubungkan instrumen musik

Modem Menghubungkan komputer lain melalui jalur Telepon atau kabel televisi

Jaringan Menghubungkan komputer atau firaperal lain PC-to-Tv converter Menghubungkan televisi

Suara Menghubungkan pengeras suara atau mikrofon Tv tunner Memungkin menonton siaran televisi pada Monitor

USB 2.0 Menghubungkan perangkat USB 2.0 Video Menghubungkan monitor

Perekam video Menghubungkan camcorder

(15)

Berikut ini adalah Adapter card yang sedang dimasukkan ke dalam slot ekspansi pada motherboard sebuah PC :

Tidak semua motherboard memerlukan Adapter card. Karena sebagian Motherboard sudah mencangkup seluruh kemampuan yang diperlukan.

Sound card berfungsi untuk meningkatkan kemampuan keluaran suara dari PC dengan memungkinkan suara dimasukkan melalui mikrofon dan mengeluarkan suara melalui pengeras suara eksternal atau headphone.

Video card (graphic card) berfungsi untuk mengonversi keluaran computer menjadi sinyal video yang bergerak melalui kabel ke monitor yang menampilkan gambar pada layar.

PC Card, Flash memory card , dan USB flash Drive

Notebook dan komputer mobile lainnya memiliki sedikt slot PC CARD ,yaitu sejenis slot exspansi khusus yang dapat menerima PC CARD. PC CARD adalah perangkat yang tipis seukuran kartu kredit yang dapat menambahkan memori, penyimpanan, suara, faks/modem, jaringan dan kemampuan lainnya. Berikut adalah PC card yang di masukkan ke dalam slot PC Card pada sebuah computer notebook :

(16)

semua PC card mengikuti standar yang di kembang oleh Personal Computer Memori Card International Assosiation (PCMCIA). Banyak PC Card yang merupakan jenis dari flash memory card.

Flash memory card adalah perangkat memori flash revomable yang memungkinkan kita memindahkan data dan informasi dengan mudah dari perangkat-perangkat bergerak ke computer-komputer desktop. Perangkat bergerak seperti PDA, smart phone, kamera digital, dan pemutar audio digital menggunakan flash memory card. Kapasitas penyimpanan dari flash memory berkisar 64 MB sampai 5 GB.

USB flash drive adalah media penyimpanan memori flash yang di pasangkan pada port usb komputer atau perangkat portable. Kapasitas penyimpanan USB flash drive berkisar antara 64 MB sampai 5 GB.

PORT DAN KONEKTOR

Port adalah suatu titik periferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer sehingga periferal dapat mengirim data atau menerima dari komputer. Port-port memiliki jenis konektor yang berbeda.

Konektor menghubungkan kabel ke periferal satu ujung kabel menempel pada konektor di komputer dan ujung lainnya menempel pada periferal. Satu ujung kabel menempel pada konektor di kompuer dan ujung lainnya menempel pada konektor di periferal. Komputer pc mungkin memiliki satu port serial , satu port paralel ,satu port paralel .beberapa port usb dan satu port fire wire.

Port serial

Port serial (serial port) adalah jenis antar muka yang menghubungkan sebuah perangkat komputer dengan memindahkan data satu bit demi satu bit. Port serial biasanya menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak memerlukan transmisi data yang cepat, seperti mouse, keyboard, atau modem. Salah satu jenis Port Serial adalah Port COM (communication port).

(17)

Port paralel

Port paralel (parallel port) adalah antar muka yang menghubungkan perangkat perangkat yang memindahkan lebih dari satu bit pada suatu waktu. Port parallel dapat memindahkan delapan bit (satu bita) data secara bersamaan melalui delapan jalur yang terpisah dalam satu kabel.

Port USB

Port USB (USB Port) kependekan dari universal serial bus. Dapat menghubungkan 127 periferal yang berbeda dengan satu jenis konektor. Perangkat-perangkat yang dapat dihubungkan ke port USB diantaranya : mouse, printer, kamera digital, scanner, pengeras suara, pemutar MP3, CD, DVD, dan hard disk removable. Untuk menempelkan banyak port anda dapat menggunakan sebuah hub USB. Hub USB yaitu perangkat yang di pasang pada port usb pada komputer dan memiliki banyak port usb di mana anda memasang kabel dari perangkat perangkat USB.

(18)

Port FireWire

Sebelumnya disebut port IEEE 1394, Port FireWIre serupa dengan port USB dalam hal ini dapat menghubungkan banyak jenis perangakat yang memerlukan transmisi data yang lebih cepat, seperti kamera video digital, VCR digital, printer warna, pemindai, kamera digital, dan DVD drive dalam satu konektor. Hub FireWire dapat menghubungkan hingga 63 perangkat secara bersamaan. Untuk memasangkan banyak perangkat ke sebuah port FireWire dapa menggunakan Hub FireWire. Hub Firewire adalah perangkat yang di pasang pada port fire wire di komputer dan memiliki banyak port fire.

Port-Port Khusus

Empat port khusus adalah MIDI,SCSI,IrDA dan Bluetooth. Port-port ini tidak disertakan pada computer pada umumnya. Sehingga Anda harus mengubah spesifikasi computer terlebih dahulu.

Port MIDI Port serial berjenis khusus yang menghubungkan computer dengan instrument music sepertu keyboard elektronik disebut port MIDI (MIDI port).Kependekan dari Musical Intstrument Digital Interface,MIDI merupakan standar industri music elektronik yang mendefenisikan bagaimana perangkat-perangkat seperti sound card dan synthesizer dapat merepresentasikan suara secara elektronik. Synthesizer yang berupa periferal atau sebuah cip dapat menghasilkan suara dari perintah-perintah digital. Computer dengan part MIDI memiliki kemampuan untuk merekam suara yang telah dibuat oleh synthesizer dan kemudian memproses suara (data) tersebut untuk menghasilkan suara baru.

Port SCSI Port parallel khusus berkecepatan tinggi disebut port SCSI (SCSI port) yang memungkinkan Anda memasang periferal SCSI seperti disk drive dan printer. Beberapa computer mengikutsertakan port SCSI. Lainnya memiliki slot yang mendukung SCSI card. Port IrDA Beberapa perangkat dapat mengirimkan data melalui gelombang cahaya inframerah agar perangkat-perangkat nirkabel dapat mengirim sinyal ke suatu computer baik computer ataupun perangkat tersebut harus memiliki port IrDA.

Port Bluetooth ,Bluetooth menggunakan gelombang radio untuk mengirim data antara dua perangkat. Tidak seperti IrDA, perangkat Bluetooth tidak perlu diluruskan antara satu dengan yang lainnya. Jika memiliki computer yang tidak mendukung Bluetooth, Anda dapat membeli adapter port Bluetooth. Juga dapat diperoleh Bluetooth PC Card untuk computer notebook dan Bluetooth Card untuk PDA dan smart phone.

BUS

Komputer memproses dan menyimpan data sebagai deretan bit elektronik. Bit-bit ini bergerak secara internal dalam sirkuit computer melalui saluran listrik. Setiap saluran, disebut bus, memungkinkan sebagai variasi perangkat,baik yang didalam maupun yang menempel pada computer untuk dapat saling berkomunikasi.Bus-bus mengirim bit-bit dari perangkat masukan ke memori, dari memori ke prosesor, dari prosesor kememori dari

(19)

memori keprangkat keluaran atau media penyimpanan. Bus-bus terdiri atas dua bagian : bus data dan bus alamat. Bus data mengirim data sebenarnya dan bus alamat mengirim informasi tentang dimana data seharusnya berada pada memori.

Ukuran bus,disebut lebar bus,menentukan jumlah bit yang dapat dikirim oleh computer pada suaktu waktu. Semakin besar jumlah bit yang ditangani oleh bus, semakin cepat computer menyampaikan data.

Setiap bus juga memiliki clock speed. Seperti prosesor,produsen-produsen menyatakan clock speed untuk bus dalam satuan hertz. Semakin tinggi clock speed dari bus dari bus, semakin cepat pengiriman data, yang pada akhirnya menyebabkan aplikasi berjalan lebih cepat.

Sebuah computer memiliki dua jenis dasar bus bus system dan bus ekspansi. Bus system(system bus) adalah bagian dari motherboard dan menghubungkan prosesor dengan memori utama. ketika para professional computer menggunakan istilah bus,mereka biasanya merujuk pada bus system.

Bus ekspansi memungkinkan proses untuk berkomunikasi dengan peripheral. Beberapa periferal diluar computer terhubung keport melalui adapter card yang dimasukkan kedalan slot ekspansi pada motherboard slot ekspansi ini terhubung dengan bus ekspansi yang memungkinkan prosesor berkomunikasi dengan peripheral yang menempal pada adapter card.

BAY

Bay adalah sebuah bagian dalam yang terluka dari computer dimana perlengkapan tambahan. Bay berbeda dengan slot yang digunakan untuk memasang adapter card. Daerah terbuka berbentuk persegi panjang disebut drive bay, biasaya menyimpan disk drive. Terdapat dua jenis drive bay : eksternal dan internal. Drive bay

eksternal memungkinkan pengguna untuk

mengakses drive dari luar computer. Perangkat yang dipasang pada drive bay eksternal seperti CD Drive, DVD Drive, Zip Drive, floppy disk drive, dan tape drive. Sedangkan Hard Disk drive dipasang dalam bay internal.

(20)

POWER SUPPLY

Power supply adalah komponen dari computer yang mengubah daya AC dari keluaran ditembok menjadi daya DC.

Beberapa peripheral eksternal, seperti modern eksternal, pengeras suara atau tipe drive memiliki AC adapter, yang merupakan tegangan catu eksternal. Satu ujung dari AC adapter menempel pada keluaran di tembok dan ujung lainnya menempel pada periferal. AC adapter mengubah daya AC menjadi daya DC yang sesuai dengan kebutuhan periferal.

KOMPUTER DAN PERANGKAT BERGERAK

Pengguna-pengguna dengan kebutuhan komputasi bergerak seperti perusahaan dan sekolah menggunakan computer mobile, seperti notebook atau Tablet PC atau sebiah perangkat bergerak, seperti smart phone dan PDA. Computer notebook dapat beroprasi menggunakan baterai atau tegangan catu standar. PDA yang lebih kecil dan smart phone dioperasikan harus dengan menggunakan baterai. Computer desktop, computer dan perangkat bergerak memiliki motherboard yang padanya terpasang komponen-komponen elektronik untuk memproses data. Terdapat dua rancangan dasar dari Tablet PC : slate dan convertible. Pada Tablet PC slate, semua peranti keras berada di belakang layar seperti pada PDA.Layar pada Tablet PC convertible menempel pada keyboard, dapat dirotasikan 180 derajat dan dilipat diatas keyboard. Perangkat-perangkat bergerak ini memiliki port IrDA atau mendukung Bluetooth sehingga kita dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan komputer atau perangkat lainnya seperti printer.

MENGGABUNGKAN SEMUANYA

Banyak komponen dari memengaruhi kecepatan dan daya dari computer, antara lain jenis prosesor, clock speed dari prosesor, jumlah RAM, lebar bus, dan clock speed dari bus. Konfigurasi yang diperlukan bergantung pada tujuan penggunaannya.

KONFIGURASI MINIMAL YANG DISARANKAN BERDASARKAN PENGGUNA

PENGGUNA PROSESOR DAN RAM

Rumahan Intel Celeron D atau AMD Sempron atau Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64

(21)

Intel Pentium D atau AMD Athlon 64 FX RAM minimal : 512 MB Mobilitas Tinggi Intel Celeron M atau

Intel Pentium M atau AMD Turion 64

RAM minimal : 512 MB Kebutuhan Tinggi Intel Itanium 2 atau

AMD Opteron atau

Intel Pentium Extreme Edition atau Intel Xeon MP atau

AMD Athlon MP atau AMD Athlon 64 X2 RAM minimal : 2 GB Perusahaan Besar Intel Pentium D atau

AMD Athlon 64 FX RAM minimal : 1 GB

MENJAGA KOMPUTER ANDA TETAP BERSIH

Komputer akan semakin berdebu walaupun dalam lingkungan yang bersih. Debu yang menumpuk dapat mengalangi aliran udara dalam computer yang dapat menyebabkan kelebihan panas, karat, bahkan membuat computer berhenti bekerja. Dengan membersihkan computer minimal dua kali setahun, dapat menolong memperpanjang usia computer. Perawatan preventif ini memerlukan beberapa produk dasar, seperti :

 Satu kaleng udara terkompresi (untuk menghilangkan debu dan partikel kecil dari daerah yang sulit dijangkau)

 Lap dan kapas antistatis bebas partikel kecil  Satu botol alkohol pembersih

 Penyedot komputer kecil (atau sambungan kecil pada penyedot rumah)

 Gelang tangan antistatis (untuk menghindari kerusakan komponen-komponen internal karena listrik statis

(22)

LANGKAH DAN CARA MEMBERSIHKAN KOMPUTER

Sebelum membersihkan computer, matikan computer terlebih dahulu, lepaskan kabel daya,dan lepaskan semua kabel dari port-port. Hilangkan setiap debu dari semua bagian terbuka pada wadah computer, seperti drive-drive, slot dan port. Sedot kipas tegangan catu pada bagian belakang wadah computer untuk menghilangkan debu yang sudah bertumpuk disana. Selanjutnya semprotkan udara terkompresi sedikit-sedikit pada kipas tegangan catu. Kemudian gunakan lap antistas untuk membersihkan bagian luar dari wadah. Gunakan gelang antistatis pada pergelangan lengan dan tempelkan klipnya pada wadah komputer. Gunakan lap antistatis untuk membersihkan debu dan kotoran di dalam dinding wadah komputer. Selanjutnya, lepaskan semprotan cepat dari udara terkompresi ke daerah yang tidak dapat dijangkau oleh penyedot. Setelah selesai, yakinlah bahwa semua adapter card sudah terpasang kencang pada slot-slot ekspansi. Tutup wadahnya, pasang semua kabel, dan pasang kabel daya.

Perusahaan-perusaan Mutakhir

AMD

(Pemasok Prosesor PC)

Sebagai pemasok global prosesor-prosesor PC, AMD merekayasa teknologi-teknologinya di Submicron Development Center (SDC) di Sunnyvale, California. Teknologi-teknologi ini diproduksi di fasilitas-fasilitas produksi di Amerika Serikat,Eropa, Asia, dan Jepang. Diantara deretan prosesor milik perusahaan ini yang paling berhasil adalah keluarga AMD 64, yang terdiri atas prosesor AMD Athlon 64 untuk PC, prosesor AMD Opteron untuk server dan workstation, dan teknologi bergerak AMD Turion untuk notebook. Perusahaan bekerja sama dengan produsen-produsen multimedia portabel termasuk TiVo, untuk menggunakan prosesor Alchemy dalam menyediakan produk-produk hiburan video berkinerja tinggi.

(23)

Intel

(Pembuat Cip yang Mendominasi Pasar Komputer)

Sasaran Gordon Moore dan Robert Noyce ketika memulai Intel pada tahun 1968 adalah mengganti memori berinti magnet dengan memori semikonduktor. Noyce dan Moore, bersama-sama dengan Andy Grove, memperbaiki proses penempatan ribuan perangkat elektronik kecil ke dalam cip silikon. Pada 1971, perusahaan memperkenalkan Intel 4004, cip mikroprosesor tunggal yang pertama. Ketika IBM memilih cip Intel 8008 untuk PC barunya pada tahun 1980, cip Intel menjadi standar untuk semua komputer yang kompatibel dengan IMB. Saat ini, mikroprosesor Intel adalah blok-blok bangunan pada PC, server, jaringan, dan perangkat komunikasi. Pada 2006 Intel memperkenalkan teknologi Viiv yang didesain untuk meningkatkan pengalaman hiburan pada rumah digital.

(24)

PELOPOR TEKNOLOGI

Jack Kilby

Kilby mulai bekerja dengan komponen-komponen listrik mini di Centralab, di mana ia mengembangkan transistor-transistor untuk membantu pendengaran. Ia kemudian menjadi peneliti di Texas Instruments dan mengambangkan model pertama sirkuit terintegrasi yang dipatenkan pada tahun 1959. Kilby menggunakan penemuan ini pada berbagai aplikasi industri, militer, dan komersial, termasuk kalkulator saku pertama yang disebut Pocketronic. Kilby dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 2000 untuk bagiannya pada penemuan sirkuit terintegrasi, sebuah produk yang diyakininya akan terus mengubah dunia.

Gordon Moore

(Salah satu pendiri Intel)

Gordon Moore memprediksikan bahwa jumlah transistor dan resistor yang ditempatkan pada cip-cip komputer akan meningkat dua kali lipat setiap tahun, dengan peningkatan yang sebanding pada daya komputer serta penurunan harganya. Ramalan tersebut sekarang diketahui sebagai hukum Moore karena terbukti akurat untuk 10 tahun. Kemudian, Moore merevisi perkiraannya menjadi dua kali lipat setiap dua tahun. Yakin akan masa depan cip-cip silikonnya, Moore akhirnya mendirikan Intel pada tahun

1968. Moore berkata bahwa kemajuan industri

semikonduktor akan jauh melebihi hampir semua industri lainnya.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :