LP2M UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

35 

Teks penuh

(1)

SISTEM DAN PROSEDUR

PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN

PADA PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN

(PUSLITBIT) LP2M UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA

APBN/BOPTN TAHUN ANGGARAN 2014

Oleh :

LP2M UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI

SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA

2014

(2)

BAB I

PENDAHULUAN

Bantuan program dana penelitian LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu program penunjang guna mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi yakni pemberdayaan penelitian yang menjadi tanggung jawab Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M. Program bantuan dana penelitian merupakan wujud komitmen universitas untuk memberikan akses yang luas bagi dosen dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity

building) di ranah akademik khususnya dalam bidang penelitian.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi rencana strategis (Renstra) Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M , yaitu peningkatan mutu relevansi, dan daya saing penelitian Islamic

Studies berbasis Integrasi Interkoneksi. Sebagai salah satu Pusat di LP2M yang memiliki

tugas dan fungsi antara lain di bidang penyusunan kegiatan, koordinasi, fasilitasi, monitoring, dan evaluasi di bidang penelitian dan publikasi ilmiah, Puslitbit secara periodik menyelenggarakan program peningkatan mutu ketiga bidang tersebut melalui pemberian bantuan dana penelitian, dan publikasi ilmiah yang diselenggarakan berdasarkan asas kompetisi, transparansi kualitas, dan akuntabilitas.

Sebagai bukti penerapan beberapa asas tersebut, seluruh usulan program bantuan penelitian dan publikasi ilmiah yang telah didaftarkan akan dinilai oleh Tim Reviewer yang kompeten di bidangnya, serta memiliki track record maupun reputasi akademik. Program bantuan dana penelitian ilmiah ini dilaksanakan setiap tahun dan dialokasikan pendanaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/BOPTN melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) UIN SUNAN Kalijaga Yogyakarta. Bantuan dana ini diperuntukkan untuk seluruh dosen UIN Sunan Kalijaga.

A. Tujuan Program

Sebagaimana telah disebut pada bagian pendahuluan, Bantuan Program Dana Penelitian LP2M merupakan salah satu wujud implementasi upaya pembangunan pendidikan Islam, khususnya di bidang penelitian pada level universitas . Di samping untuk perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan Islam di bidang penelitian, Program bantuan peningkatan mutu penelitian ini lebih spesifik bertujuan untuk:

1. Meningkatkan kualitas kajian studi Islam (Islamic Studies) berbasis Paradigma keilmuan Integrasi-interkoneksi yang menjadi core dan spesifikasi kajian UIN Sunan Kalijaga ;

2. Mengembangkan kajian ilmu-ilmu umum, seperti cabang ilmu sains, teknik, ilmu sosial, maupun humaniora yang juga telah menjadi fokus kajian di UIN Sunan Kalijaga berbasis Integrasi-interkoneksi

(3)

3. Memberikan deskripsi, ekplorasi, eksplanasi, dan pemaknaan ulang berbagai fenomena/konstruksi sosial dan kebudayaan yang terkait dengan masalah-masalah keagamaan, khususnya yang terkait dengan pembangunan bidang agama dan keagamaan;

4. Memberikan alternatif solusi melalui penelitian terhadap peningkatan mutu layanan, peningkatan taraf hidup masyarakat, dan good gavernance dalam sektor pendidikan dan kelembagaan Islam.

5. Mengkonservasi khazanah Islam Nusantara dalam berbagai bentuk dan aplikasinya di kehidupan lokal maupun internasional.

B. Tema

“Penelitian Berparadigma Integrasi-Interkoneksi Studi Islam dengan Ilmu sosial, Humaniora,Sains dan Teknologi”. Melalui tema tersebut, pada tahun 2014 bantuan peningkatan mutu penelitian akan diprioritaskan pada:

1. Penelitian dengan perspektif integrasi dan/atau keterhubungan antara disiplin ilmu dalam rumpun ilmu berbeda (rumpun Ilmu agama, ilmu sosial, humaniora, sains dan teknologi) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan kolaborasi berbagai disiplin ilmu dan/atau bekerjasama dengan instansi/lembaga negeri dan/atau swasta;

2. Penelitian dilaksanakan dengan perspektif integrasi dan/atau keterhubungan antara disiplin ilmu dalam satu rumpun ilmu agama yang dikembangkan pada PTAI. Program ini diimplementasikan dengan menghubungkan disiplin ilmu dalam satu rumpun ilmu (Ilmu Agama) yang sesuai dengan aspek penelitian.

C. Sasaran dan Keluaran

Bantuan program peningkatan mutu penelitian merupakan dana hibah penelitian yang disediakan untuk meningkatkan kualitas kajian disiplin ilmu menurut konsorsium keilmuan, program ini diperuntukkan bagi para dosen di lingkungan UIN Sunan Kalijaga.

Program ini diharapkan menghasilkan hasil riset (dasar/aplikasi/eksplorasi) yang dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah sesuai degan core competence rumpun ilmu masing-masing prodi maupun dalam jurnal ilmiah internasional.

(4)

BAB II

MEKANISME PENGAJUAN PROPOSAL

A. Klaster Penelitian

Untuk memaksimalkan pencapaian keluaran (output) maupun hasil (outcome), bantuan program peningkatan mutu penelitian Tahun Anggaran 2014 mengembangkan berbagai kluster program penelitian yang didasarkan pada pembidangan ilmu maupun metodologi riset, maka bantuan program penelitian ini dibagi dengan mangacu pada KMA No.36 Tahun 2009 tentang penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik Di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama, yang terdiri dari beberapa kluster sebagai berikut:

1. Penelitian Kompetitif:

a. Penelitian Studi Keagamaan (PSKg) b. Penelitian Sosial dan Humaniora (PSH) c. Penelitian Sains dan Teknologi (PST)

2. Penelitian Unggulan Kolaboratif Internasional (KI)

Penelitian Studi Keagamaan (PSKg)

Kluster penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kajian Penelitian Studi Keagamaan (PSKg). Agar rancangan penelitian yang diusulkan lebih fokus pada eksistensi dan pendalaman studi PSKg , maka tema kajian riset untuk program Penelitian Kompetitif difokuskan pada kajian konsorsium studi Islam sebagai berikut ini:

a. Ushuluddin, yang meliputi kajian: - Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir; - Ilmu Hadis;

- Ilmu Aqidah;

- Akhlak dan Tasawuf; - Perbandingan Agama; - Filsafat Agama.

b. Syari’ah, yang meliputi kajian:

- Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah); - Hukum Pidana Islam (Jinayah);

- Hukum Tata Negara (Siyasah ); - Perbandingan Madzhab;

- Hukum Ekonomi dan Syariah (Mu’amalah); - Zakat dan Wakaf;

(5)

c. Adab, yang meliputi kajian :

- Sejarah dan Kebudayaan Islam; - Bahasa dan Sastra Arab.

d. Dakwah, yang meliputi kajian : - Manajemen Dakwah;

- Pengembangan Masyarakat Islam; - Bimbingan dan Konseling Islam; - Komunikasi dan Penyiaran Islam. e. Tarbiyah, yang meliputi kajian:

- Pendidikan Agama Islam; - Pendidikan Bahasa Arab; - Manajemen Pendidikan Islam;

- Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah; - Pendidikan Guru Raudlatul Athfal; - Ilmu Pendidikan Dasar Islam;

- Ilmu Pendidikan Anak usia Dini Islam.

Penelitian Sosial dan Humaniora (PSH)

Kluster Pengembnagan Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora (PSH) dimaksudkan agar para dosen memiliki kepedulian dan tanggungjawab sosial dan akademik untuk memahami menjelaskan, mendeskripsikan, menggali, menjajagi, atau memaknai ulang fenomena/konstruksi sosial dan kebudayaan yang terjadi di masyarakat dengan melalui pendekatan ilmu-ilmu sosial. Agar rancangan penelitian yang diusulkan lebih fokus pada eksistensi dan pendalaman studi PSH , maka tema kajian riset untuk program PSH difokuskan pada kajian konsorsium studi imu-ilmu sosial sebagai berikut ini:

a. Pendidikan, yang meliputi kajian pendidikan disiplin ilmu umum; b. Ekonomi, yang meliputi kajian:

- Manajemen (Perusahaan , Keuangan); - Akuntansi; - Ilmu Ekonomi; - Studi Pembangunan; - Ekonomi Syariah; - Perbankan Syariah; - Asuransi Syariah.

(6)

c. Psikologi, yang meliputi kajian : - Psikologi;

- Psikologi Terapan

d. Komunikasi, yang meliputi kajian: - Ilmu Komunikasi;

- Jurnalistik;

- Ilmu Komunikasi Jurnalistik. e. Sosiologi, yang meliputi kajian:

- Sosiologi;

- Sosiologi Agama; - Kesejahteraan Sosiologi f. Politik, yang meliputi kajian:

- Ilmu Politik;

- Administrasi Negara; - Hubungan International. g. Perpustakaan, yang meliputi kajian :

- Ilmu Perpustkaan. h. Hukum, yang meliputi kajian :

- Ilmu Hukum

Penelitian Sains dan Teknologi (PST)

Jenis penelitian ini dimaksudkan untuk merespon perkembangan bidang kajian ilmu non

Islamic studies di lingkungan UIN Sunan Kalijaga yang tidak hanya mengkaji studi-studi

Islam, namun juga mengembangkan bidang kajian ilmu sains dan teknologi (PST). Agar rancangan penelitian yang diusulkan mudah diklasifikasi, tema kajian riset untuk Kluster Penelitian (PST) difokuskan pada cabang-cabang keilmuan Sains dan Teknologi yang meliputi bidang kajian :

1. Sains yang meliputi kajian : Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Farmasi, Ilmu Kedokteran (Ilmu Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Dokter, dan Kebidanan), Pertanian (Ilmu Pertanian, Agribisnis, Teknologi Pertanian), Peternakan (Ilmu Peternakan, Teknologi Produksi Ternak, Teknologi Hasil Ternak, Teknologi Pakan dan Nutrisi Ternak), Komputer (Ilmu Komputer).

2. Teknik yang meliputi bidang pengembangan Industri Halal, pengembangnan Sistem manajemen islami, teknologi informasi berbasis integrasi-interkoneksi, dan Teknologi berpotensi HAKI.

(7)

B. JENIS PENELITIAN

1. Penelitian pengembangan Keilmuan Studi Islam berbasis kompetensi Integrasi-interkoneksi :

a. Penelitian Individu b. Penelitian Kelompok c. Penelitian Professor

d. Penelitian Rintisan bagi Dosen Muda (Individu) e. Penelitian Potensi HAKI (Kelompok dan Individu)

2. Penelitian Unggulan-Kolaboratif berparadigma Integrasi-interkoneksi : a. Individu

b. Kelompok c. Professor

d. Tematik (tema-tema khusus sesuai dengan bidang pengembangan insitusi) 3. Penelitian Kolaboratif Internarnational (Individu) dengan perguruan tinggi atau

lembaga riset di Malaysia atau Singapore C. FOKUS PENELITIAN

1. Penelitian Pengembangan Keilmuan Studi Islam berbasis Kompentensi Integrasi

Secara khusus fokus penelitian pengembangan ini diarahkan untuk menemukan karakter paradigma integrasi-interkeneksi pada ranah kajian disiplin keilmuan yang dikembangkan dalam PTAIN Kontemporer. Tema penelitian Pengembangan Keilmuan Studi Islam saat ini diarahkan pada:

a. Pengembangan studi keagamaan berbasis kompetensi keilmuan atau program studi dengan menerapkan paradigma Integrasi-Interkoneksi

b. Pengkajian pada fenomena Islam Lokal, klasik maupun kontemporer c. Pengembangan sain dan Teknologi berparadigma Integrasi-Interkoneksi d. Pengembangan inovatif keilmuwan berpotensi HAKI

e. Pengkajian rintisan atas pengembangan cabang keilmuan kontemporer f. Penelitian pengembangan studi profesorship

g. Konservasi khazanah Islam Nusantara dalam berbagai manifestasinya yang pernah dan masih terjaga dalam kehidupan berbudaya di Nusantara.

2. Penelitian Unggulan Kolaboratif Berparadigma Integrasi-Interkoneksi

Penelitian Unggulan Kolaboratif Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dimaksudkan untuk mengkaji tema-tema riset strategis sebagai konsekuensi atas core study yang dikembangkan di UIN Sunan Kalijaga dengan jangkauan tema dan wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan penelitian pengembangan keilmuan Studi Islam. Adapun focus kajian dari Penelitian Unggulan Kolaboratif, yakni

(8)

a. Pengembangan Studi Keislamam Nusantara dengan menekankan pada semua aspek kajian mulai dari pemikiran, tafsir, artefak, implementasi, historistas, hingga dampaknya dalam kehidupan kontempoer

b. Pengembangan Studi keislaman kontemporer dengan menekan pada tema inovasi-implementatif dalam bidang ekonomi, teknologi, komunikasi dakwah, sistem hukum, tata negara, gerakan aktivisme Islam klasik dan kontemporer Nusantara c. Penelitian ini mensyaratkan adanya kerjasama antara lembaga riset atau Perguruan

Tinggi di luar UIN Sunan Kalijaga (dalam negeri maupun PT di Singapore atau Malaysia) sebagai host. yang dibangun sesama peneliti. Dengan wilayah penggalian data di Indonesia, Singapore atau Malaysia

3. Penelitian Kolaboratif Internarnational Individu

Penelitian Kolaboratif dengan perguruan tinggi atau lembaga riset Internasional (Malaysia atau Singapore). Penelitian ini menekan pada tema-tema riset yang strategis bagi pengembangan Islamic Studies di Asia Tenggara. Adapun fokus riset penelitian kolaboratif Internasional ini sebagai berikut

a. Pengembangan Studi Keislaman Asia Tenggara dengan menekankan pada semua aspek kajian, mulai dari pemikiran, tafsir, artefak, implementasi, historisistas, sains dan teknologi hingga dampaknya bagi kehidupan kontemporer bagi negara-negara ASEAN

b. Pengembangan Studi Keislaman Asia Tenggara dengan menekankan pada potensi kerja sama dalam bidang ekonomi, pendidikan, hubungan internasional, sosial budaya, sains dan teknologi kontemporer melalui kajian bidang Islamic

Studies, sain dan teknologi dan Sosial Humaniora

c. Penelitian ini mensyaratkan adanya kerjasama antara lembaga riset atau Perguruan Tinggi di Singapore atau Malaysia sebagai host. yang dibangun sesama peneliti. Dengan wilayah penggalian data di Indonesia dan Singapore atau Malaysia

D. PERSYARATAN UMUM 1. Pengusul :

Persyaratan Pengusul penelitian Individu atau kolektif Program Bantuan Dana Peningkatan Mutu Penelitian APBN/BOPTN LP2M UIN Sunan Kalijaga Tahun Anggaran 2014 adalah:

a. Dosen tetap

b. Memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP), Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan/atau Nomor Registrasi Dosen (NRD) yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang;

c. Jumlah Anggota kelompok

1. Pengusul Kelompok jumlah minimal 3 orang

(9)

d. Disarankan melibatkan mahasiswa (S1,S2, S3) sebagai pembantu peneliti atau petugas lapangan

e. Ketua peneliti atau peneliti utama tidak sedang dalam tugas belajar

f. Proposal yang tidak memenuhi ketentuan persyaratan, tidak akan diikutsertakan dalam seleksi

g. Peneliti yang tidak menyelesaikan laporan akhir pada waktu yang telah ditentukan, maka:

1. Akan dicabut SK keterlibatan dalam penelitian program Bantuan Penelitian Tahun 2014

2. Tidak diperkenankan mengajukan proposal penelitian pada tahun berikutnya. 2. Administratif

a. Menyerahkan proposal pada Kantor LP2M, Gedung Rektorat Lama LT, II b. Waktu penyerahan proposal mulai, 21 April 2014 – 16 Mei 2014

c. Pengusul diperkenankan mengajukan lebih dari 1 judul proposal penelitian. d. Ketua Tim adalah dosen yang mempunyai background pendidikan dan

kompetensi keilmuan yang sesuai dengan kluster penelitian;

e. Ketua Tim atau Peneliti Utama adalah dosen tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dekan/Ketua Prodi/Jurusan;

f. Setiap anggota penelitian kelompok, disyaratkan membuat surat pernyataan keikut sertaan dalam penelitian.

g. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Ketua Program Studi, yang menyatakan bahwa proposal yang bersangkutan layak diajukan .

h. Melampirkan Surat Pernyataan Ketua Tim di atas materai Rp. 6,000; (enam ribu rupiah) yang menyatakan: proposal belum pernah/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi, proposal yang diajukan belum pernah/tidak sedang didanai oleh pihak lain, baik bantuan penelitian di lingkungan

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam maupun dari lembaga lain

i. Pengusul proposal (sebagai ketua ataupun anggota) dibatasi hanya untuk 2 kegiatan penelitian saja,

j. Dana yang diberikan akan disesuaikan dengan kelayakan hasil penilaian proposal oleh Reviewer dengan batas maksimal sesuai dengan peruntukannya. k. Bersedia mengikuti segala ketentuan dan kebijakan tentang penelitian dari

LP2M l.

E. MEKANISME SELEKSI DAN PENILAIAN Mekanisme seleksi dilakukan dalam 2 tahap:

(1) Seleksi administrasi , seleksi ini dimaksudkan untuk menjaring usulan para dosen yang memenuhi persyaratan administratif maupun substnasi.

(2) Presentasi, dimaksudkan untuk melakukan penilaian pada konten proposal penelitian yang diajukan.

(10)

F. ANGGARAN

Program Bantuan Dana Penelitian Tahun 2014 diperuntukkan untuk penelitian yang dilakukan secara individu dan kelompok, Penelitian Kelompok dilakukan oleh sejumlah dosen dalam satu tim/kelompok. Jumlah tim peneliti terdiri dari :

1. Jumlah Tim Peneliti

a. Minimum 3 (tiga) orang yaitu : 1 (satu) orang sebagai Ketua Tim, dan 2 (dua) orang sebagai Anggota Tim,

b. Minimum 5 (empat) orang yaitu : 1 (satu) orang sebagai Ketua Tim, dan 4( (tiga) orang sebagai Anggota Tim;

2. Anggota kelompok penelitian dapat berasal dari perpaduan dosen lintas jurusan/fakultas dalam cabang disiplin ilmu terkait. Bagi Penelitian Kolaboratif Internasional atau Penelitian Unggulan anggota/pembantu peneliti disarankan ada yang berasal dari lembaga atau perguruan tinggi Singapore atau Malaysia yang akan dijadikan host. 3. Besaran dana bantuan penelitian sangat ditentukan oleh kelayakan hasil penilaian .

Reviewer akan melihat dan menakar beberapa aspek terkait ruang lingkup

penelitian, lokasi penelitian, dan sumber data penelitian (pustaka atau lapangan) dalam merekomendasikan jumlah dana penelitian yang akan diberikan.

4. Pagu dana yang dialokasikan untuk Program Penelitian LP2M APBN/BOPTN Tahun 2014 berkisar antara Rp. 10.000.000; (sepuluh juta rupiah) sampai dengan pagu maksimum Rp 100.000.000; (seratus juta rupiah) (lihat tabel).

(11)

BAB III

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL DAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN

A. Proposal Penelitian 1. Jumlah Halaman

Minimum 10 (sepuluh) halaman, maksimum 15 (lima belas) halaman, di luar daftar pustaka dan lampiran-lampiran, diketik pada kertas ukuran A4; spasi 1,5 lines; huruf Times New Roman, size 12 point; margin atas dan kiri 4 cm. Margin bawah dan kanan 3 cm

2. Sampul Muka/Cover

Memuat nama program bantuan penelitian kompetitif kolektif, logo UIN Sunan Kalijaga yang Baru, judul proposal, nama pengusul/nama tim pengusul, nama lembaga asal pengusul/tim pengusul. Adapun ketentuan warna cover adalah sbb:

Warna Sampul Proposal:

- Penelitian Studi Keagamaan (PSKg), cover berwarna hijau;

- Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Humaniora (PSH), cover berwarna merah; - Penelitian Sains dan Teknik (PST), cover berwarna biru;

- Penelitian Tematik, cover berwarna Kuning

- Penelitian Kolaboratif Internasional, cover transparant/putih 3. Judul

Kalimat judul merupakan rumusan dari topik atau masalah yang diteliti, padat, lugas (to

the point), dan bukan kalimat berita ataupun kalimat tanya serta ditulis dengan huruf

kapital.

4. Latar Belakang

Dalam latar belakang mencakup:

- Fakta-fakta yang menunjukkan adanya masalah; - Pentingnya masalah untuk dipecahkan;

- Fakta-fakta penentu yang memberikan harapan pemecahan masalah melalui penelitian yang akan dilakukan;

- Nilai tambah yang diperoleh, dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu; - Semuanya mengacu pada referensi yang jelas.

(12)

5. Perumusan Masalah

Masalah dirumuskan dalam bentuk kalimat pertanyaan. 6. Tujuan

Memuat hal-hal yang ingin dicapai dalam penelitian, tujuan harus ringkas dan jelas. 7. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka merupakan hasil-hasil penelitian atau kajian sebelumnya, berkaitan dengan topik atau kajian teoritis.

8. Metode

Urutan atau tata cara pelaksanaan penelitian mulai dari jenis penelitian, lokasi, pengumpulan, pengolahan dan analisis data, dalam rangka mencari jawaban atas permasalahan penelitian.

9. Jadwal Pelaksanaan

Rincian jadwal setiap kegiatan yang akan dilakukan (dalam bulan), jadwal ditampilkan dalam bentuk tabel.

10. Personalia

Daftar personalia yang terlibat dalam penelitian ditulis lengkap dengan keahlian yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan penelitian.

11. Anggaran

Memuat rencana anggaran dan belanja penelitian (RAB), kebutuhan anggaran harus ditulis dengan rinci, meliputi komponen-komponen

JENIS ANGGARAN KOMPONEN

1. Honor : honorarium ketua, anggota, pembantu peneliti/petugas lapangan

2. Belanja Bahan : ATK, foto copy, penggandaan, dokumentasi, pelaporan, perlengkapan peneliti, dll.

3. Belanja Barang Non Operasional Lainnya: Biaya rapat/pertemuan full board di luar kantor

4. Belanja Jasa Profesi : Honor Narasumber, Moderator

5. Belanja Perjalanan Lainnya : Transport dalam/luar negeri dan Penginapan 12. Daftar Pustaka

Memuat daftar buku, jurnal, dll yang dipakai sebagai referensi. Daftar pustaka harus mencantumkan nama penulis, judul tulisan, kota penerbit, penerbit, dan tahun penerbitan.

(13)

13. Eksemplar

Jumlah proposal yang dikirim adalah sebagi berikut :

- 1 (satu) eksemplar proposal yang covernya memuat judul dan pengusul,

- 3 (tiga) eksemplar proposal yang covernya hanya memuat: judul penelitian, tanpa mencantumkan nama tim peneliti, dan lembaga pengusul.

- Hard Copy proposal dikirim ke Kantor Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M, Gedung Rektorat Lama Lt II, Sayap Selatan

14. Lampiran-lampiran Lampiran terdiri dari :

a) Surat Keterangan dari Dekan/Ketua Prodi yang menerangkan peneliti adalah personel yang mempunyai kapabelitas keilmuan, dan background pendidikan yang sesuai terkait bidang kajian yang akan dijadikan sebagai obyek dalam penelitian, ditandatangani oleh Dekan/Ketua Prodi;

b) Surat Pernyataan Pengusul bahwa proposal belum pernah/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi dan Surat Pernyataan proposal belum pernah/tidak sedang didanai oleh pihak manapun dalam maupun luar negeri. Surat Pernyataan ini ditandatangani oleh pengusul/ketua tim yang bersangkutan dan dibubuhi materai Rp. 6,000,00 (enam ribu rupiah);

c) Surat Pernyataan keterlibatan anggota peneliti d) Rencana Anggaran Belanja

(14)

B. Pedoman Penulisan Laporan Akhir Penelitian

Setelah selesai melaksanakan kegiatan riset peneliti diwajibkan untuk membuat laporan akhir yang terdiri dari :

1. Laporan Penelitian Lengkap

a. Laporan Akademik (2 eksemplar);

b. Laporan Keuangan (2 eksemplar); lihat catatan dibawah

c. Laporan dalam format artikel siap publish jumlah halaman minimal 15 halaman (2 eksemplar);

Catatan:

 Penelitian Unggulan Kolaboratif Kelompok, jumlah artikal siap publish dari 1 riset adalah 5 artikel yang dibuat oleh masing-masing anggota peneliti

 Penulisan artikel siap publish bagi jenis Penelitian Unggulan kolaboratif dan Penelitian Kolaboratif Internasional artikel dibuat dalam bahasa Asing (Arab/Inggris).

d. Soft Copy dalam format microsoft word (non PDF) Laporan Akademik dalam bentuk Flashdisk (1 buah).

2. Penulisan Laporan Akhir diketik pada kertas ukuran A4; spasi 1,5 lines; huruf Times New Roman size 12 point; margin atas Kiri, 4 cm.margin bawah kanan 3 cm

3. Jumlah halaman laporan Akhir

a. Penelitian Individu minimal 80 halaman diluar lampiran b. Penelitian kelompok minimal 150 halaman diluar lampiran Penulisan dan Penyusunan Laporan Akhir :

1. Sampul Muka/Cover

Memuat nama program bantuan penelitian kompetitif, tahun anggaran, logo Kementerian Agama, judul riset, nama pengusul/nama tim pengusul, nama lembaga asal pengusul/tim pengusul, dengan ketentuan warna cover mengacu pada Pedoman Penulisan Proposal pada point 2 di atas.

2. Abstraksi 3. Daftar Isi

4. Bab I Pendahuluan

Menjelaskan latar belakang pemilihan topik, masalah, tujuan penelitian, manfaat/urgensi penelitian, batasan, ruang lingkup penelitian.

5. Bab II kerangka Teori

(15)

6. Bab III Metodologi Penelitian

Menjelaskan metodologi yang dipakai, sumber data, jumlah sample, teknik pengumpulan data, metode analisa data.

7. Bab IV Hasil dan Pembahasan

Menjelaskan hasil analisis dan pembahasan penelitian. 8. Bab V Kesimpulan dan Saran

Berisi kesimpulan dari analisis dan pembahasan atau jawaban yang diperoleh dari analisis dan pembahasan terhadap masalah yang dipertanyakan dalam penelitian. Saran dapat berupa sumbangan pemikiran untuk mengembangkan penelitian.

9. Daftar Pustaka 10. Daftar Gambar 11. Daftar Tabel 12. Daftar Lampiran

Catatan : Penyusunan Laporan Keuangan, memuat komponen-komponen sebagai berikut :

LAPORAN KEUANGAN DAN KOMPONEN PAJAK

1. Honor : honorarium peneliti (ketua, anggota, pembantu peneliti/petugas lapangan). Gol IV : 15%, Gol III: 5 %

2. Belanja Bahan : ATK, foto copy, penggandaan, dokumentasi, pelaporan, perlengkapan peneliti, dll. (11,5 % (> 1 juta rupiah)

3. Belanja Barang Non Operasional Lainnya : Biaya rapat/pertemuan full board di luar kampus

4. Belanja Jasa Profesi : Honor Narasumber, Moderator Gol IV : 15%, Gol III: 5 % 5. Belanja Perjalanan Lainnya : Transport dalam/luar negeri dan Penginapan

(16)

Pagu Dana Bantuan Penelitian

Tahun 2014, Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Sunan Kalijaga telah menyusun program kerja dan anggaran untuk kegiatan APBN/BOPTN selama tahun anggaran 2014-2015, yakni :

PENELITIAN

A. Penelitian Pengembangan Islamic Studies Berbasis Kompetensi Integrasi-interkoneksi Maksimal dana 1. Penelitian individu 10.000.000 2. Penelitian kelompok 20.000.000 3. Penelitian professor 15.000.000 4. Penelitian rintisan 10.000.000

5. Penelitian potensi HAKI 20.000.000 B. Penelitian Unggulan-Kolaboratif Berparadigma

Integrasi-interkoneksi 1. Individu 50.000.000 2. Kelompok 100.000.000 3. Professor 50.000.000 4. Tematik (kelompok) 20.000.000 C. Penelitian Kolaboratif Internasional Individu Rp. 25.000.000

(17)

Tahapan Penelitian

ALUR PENELITIAN PUSLIT

APBN/BOPTN 2014

Pengumuman (Penawaran Penelitian) Penerimaan Proposal (21 April 2014 – 16 Mei 2014) Seleksi Administrasi (12- 22 <ei 2014) Penilaian Substansi oleh para Ahli

(22-24 Mei 2014) Pengumuman Nominator 31 Mei 2014 Sidang Yudisium 29 Mei 2014 Sosialisasi 31 Mei 2014 Pelaksanaan Penelitian Dan Monitoring 13 Juni - 31 Oktober 2014 Kontrak Kerja

9-13 Juni 2014 Seminar Hasil Penelitian

10-13 November 2014

Penerbitan Hasil Penelitian

(Jurnal PENAGAMA/jurnal Aljamiah/dll

Laporan Hasil Penelitian 15-20 November 2014 Seminar Proposal

(18)

FORMAT PROPOSAL DAN

LAPORAN AKHIR

(19)

LEMBAGA PENELITIAN DAN

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (LP2M) UIN SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA 2014

(20)

CONTOH FORMAT COVER PROPOSAL

PROPOSAL RISET

PROGRAM PENELITIAN APBN/BOPTN TAHUN ANGGARAN 2014

<kluster

riset>

(21)

Peneliti Utama:

<gelar dan nama lengkap>

Nama KK/P/PP: <Nama KK/P/PP>

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

2014

PROPOSAL RISET

PROGRAM PENELITIAN APBN/BOPTN TAHUN ANGGARAN 2014

(22)

<Judul lengkap>

(23)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA 2014

(24)

I. HALAMAN IDENTITAS

1. Judul : ”...”

2. Kluster Riset :

3. Waktu Pelaksanaan : Juni – September 2014 4. Tim Riset

a. Nama Lengkap Ketua Tim :

b. N I P :

c. Pangkat/Golongan :

d. Jabatan :

e. Fakultas/Sekolah & Prodi :

f. Kelompok Keahlian :

g. Alamat Kantor/Telp/Fax/E-mail : h. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5.1 Anggota Tim Riset:

No Nama dan Gelar Akademik

Bidang Keahlian Instansi

Alokasi Waktu Jam/Mg Bulan 1. 2. 3. 4 5.2 Asisten Peneliti/Mahasiswa:

No Nama dan Gelar Akademik

Bidang Keahlian Instansi

Alokasi Waktu

Jam/Mg Bulan

1. 2.

(25)

Mengetahui, Yogyakarta, <tanggal> 2014

Ketua Program Studi/ Ketua Tim Riset,

(………) (………)

NIP: NIP:

Dekan <fakultas/sekolah>, UIN Sunan Kalijaga ,

(……….) NIP:

(26)

II. EXECUTIVE SUMMARY

<Ditulis dalam Bahasa Inggris > 1. TITLE OF RESEARCH :

2. HEAD OF RESEARCH TEAM :

3. TEAM MEMBERS :

4. OFFICIAL ADDRESS :

<Sebutkan unit-unit di mana kegiatan riset dilakukan dan cantumkan alamat email peneliti

utama>

5. EXTENDED ABSTRACT :

<Pendahuluan, Metodologi, Hasil - Hasil, Diskusi dan Kesimpulan. Maksimum 2 halaman> 6. LIST OF RESEARCH OUTPUT <Daftarkan artikel yang sudah ditulis, HAKI yang dihasilkan,

foto prototype atau judul kebijakan yang dihasilkan >

III. EVALUASI DIRI

< 1 halaman>

1. CAPAIAN:

a. TUJUAN YANG TERTULIS DI PROPOSAL: <Sebutkan tujuan awal>

b. TUJUAN YANG TELAH DICAPAI: <Sebutkan bagian dari tujuan awal yang sudah

dicapai>

c. TUJUAN YANG BELUM DICAPAI: <Jika ada, sebutkan tujuan awal yang belum dicapai

dan berikan alasan> 2. PRODUK RISET

Yang Dijanjikan Pada Proposal Yang Dihasilkan Pada Penelitian

Publikasi <Sebutkan jenis dan

jumlah> Publikasi

<Sebutkan jenis, jumlah, penulis, judul, nama jurnal/proceeding, status (tanggal perkiraan submit, submitted, accepted, published) dan lampirkan pada bagian IV> Propototipe <Sebutkan jenis dan

jumlah> Propototipe

<Sebutkan nama prototipe, jumlah dan lampirkan bukti foto pada bagian IV>

HAKI <Sebutkan jenis dan

jumlah> HAKI

<Sebutkan jenis, jumlah dan lampirkan surat penyerahan aplikasi pada bagian IV> Teknologi

Tepat Guna

<Sebutkan jenis dan deskripsi>

Teknologi Tepat Guna

<Sebutkan jenis, deskripsi dan keterangan dimanfaatkan dimana>

(27)

Kebijakan <Sebutkan jenis dan

deskripsi> Kebijakan <Sebutkan jenis dan deskripsi>

3. ALAMAT HOMEPAGE KK YANG BERISI HASIL PENELITIAN: <Mohon dicantumkan alamat homepage KK yang berisi hasil penelitian tersebut>

4. KEGIATAN DISEMINASI HASIL RISET: <Seminar, konferensi, workshop, kursus, dll.> 5. SINERGI DENGAN KEGIATAN DAN PROYEK RISET LAIN: <Jika ada, sebutkan dana

pendukung dan kegiatan-kegiatan lain yang bersinergi dengan riset ini, bila ada>

6. KEMANFAATAN PROYEK RISET: <Sebutkan banyaknya dan daftar nama mahasiswa sarjana, magister, dan doktor yang ikut terlibat aktif dalam riset ini, jumlah TA, Tesis, Disertasi yang bersumber pada riset ini, dan keterlibatan Kelompok-Keahlian (KK) yang mendukung riset ini. Jika ada, sebutkan outcome lain yang diharapkan.>

7. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DAN SARAN PERBAIKAN: <Sebutkan permasalahan yang menghambat pelaksanaan kegiatan riset. Berikan komentar yang terkait untuk evaluasi dan perbaikan program Riset-UIN Sunan Kalijaga>

8. RENCANA KELANJUTAN PENELITIAN: <Berikan rencana kelanjutan dari penelitian ini di masa yang akan datang>

III. JENIS ANGGARAN KOMPONEN DALAM PROPOSAL

6. Honor : honorarium ketua, anggota, pembantu peneliti/petugas lapangan

7. Belanja Bahan : ATK, foto copy, penggandaan, dokumentasi, pelaporan, perlengkapan peneliti, dll.

8. Belanja Barang Non Operasional Lainnya: Biaya rapat/pertemuan full board di luar kantor

9. Belanja Jasa Profesi : Honor Narasumber, Moderator

(28)

CONTOH FORMAT LAPORAN AKHIR

LAPORAN AKHIR RISET

PROGRAM PENELITIAN APBN/BOPTN TAHUN ANGGARAN 2014

< klastur riset>

(29)

Peneliti Utama:

<gelar dan nama lengkap>

Nama KK/P/PP: <Nama KK/P/PP>

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

(30)

30

I. HALAMAN IDENTITAS

1. Judul : ”...”

2. Kluster Riset :

3. Waktu Pelaksanaan : Juli 2010 – April 2011 4. Tim Riset

a. Nama Lengkap Ketua Tim :

b. N I P :

c. Pangkat/Golongan :

d. Jabatan :

e. Fakultas/Sekolah & Prodi :

f. Kelompok Keahlian :

g. Alamat Kantor/Telp/Fax/E-mail : h. Alamat Rumah/Telp/Fax/E-mail :

5.3 Anggota Tim Riset:

No

Nama dan Gelar Akademik

Bidang Keahlian Instansi

Alokasi Waktu Jam/Mg Bulan 1. 2. 3. 4 5.4 Asisten Peneliti/Mahasiswa:

No Nama dan Gelar Akademik

Bidang Keahlian Instansi

Alokasi Waktu

Jam/Mg Bulan

1. 2.

(31)

31

Mengetahui, Yogyakarta, <tanggal> 2014

Ketua Program Studi/ Ketua Tim Riset,

(………) (………)

NIP: NIP:

Dekan <fakultas/sekolah>, UIN Sunan Kalijaga ,

(……….) NIP:

(32)

32

II. EXECUTIVE SUMMARY

<Ditulis dalam Bahasa Inggris >

7. TITLE OF RESEARCH :

8. HEAD OF RESEARCH TEAM :

9. TEAM MEMBERS :

10. OFFICIAL ADDRESS :

<Sebutkan unit-unit di mana kegiatan riset dilakukan dan cantumkan alamat email

peneliti utama>

11. EXTENDED ABSTRACT :

<Pendahuluan, Metodologi, Hasil - Hasil, Diskusi dan Kesimpulan. Maksimum 2 halaman> 12. LIST OF RESEARCH OUTPUT <Daftarkan artikel yang sudah ditulis, HAKI yang

dihasilkan, foto prototype atau judul kebijakan yang dihasilkan >

III. EVALUASI DIRI

< 1 halaman>

9. CAPAIAN:

a. TUJUAN YANG TERTULIS DI PROPOSAL: <Sebutkan tujuan awal>

b. TUJUAN YANG TELAH DICAPAI: <Sebutkan bagian dari tujuan awal yang sudah

dicapai>

c. TUJUAN YANG BELUM DICAPAI: <Jika ada, sebutkan tujuan awal yang belum

dicapai dan berikan alasan> 10. PRODUK RISET

Yang Dijanjikan Pada Proposal Yang Dihasilkan Pada Penelitian

Publikasi <Sebutkan jenis dan

jumlah> Publikasi

<Sebutkan jenis, jumlah, penulis, judul, nama jurnal/proceeding, status (tanggal perkiraan submit, submitted, accepted, published) dan lampirkan pada bagian IV> Propototipe <Sebutkan jenis dan

jumlah> Propototipe

<Sebutkan nama prototipe, jumlah dan lampirkan bukti foto pada bagian IV>

HAKI <Sebutkan jenis dan

jumlah> HAKI

<Sebutkan jenis, jumlah dan lampirkan surat penyerahan aplikasi pada bagian IV> Teknologi

Tepat Guna

<Sebutkan jenis dan deskripsi>

Teknologi Tepat Guna

<Sebutkan jenis, deskripsi dan keterangan dimanfaatkan dimana>

(33)

33 Kebijakan <Sebutkan jenis dan

deskripsi> Kebijakan <Sebutkan jenis dan deskripsi>

11. ALAMAT HOMEPAGE KK YANG BERISI HASIL PENELITIAN: <Mohon dicantumkan alamat homepage KK yang berisi hasil penelitian tersebut>

12. KEGIATAN DISEMINASI HASIL RISET: <Seminar, konferensi, workshop, kursus, dll.> 13. SINERGI DENGAN KEGIATAN DAN PROYEK RISET LAIN: <Jika ada, sebutkan dana

pendukung dan kegiatan-kegiatan lain yang bersinergi dengan riset ini, bila ada> 14. KEMANFAATAN PROYEK RISET: <Sebutkan banyaknya dan daftar nama mahasiswa

sarjana, magister, dan doktor yang ikut terlibat aktif dalam riset ini, jumlah TA, Tesis, Disertasi yang bersumber pada riset ini, dan keterlibatan Kelompok-Keahlian (KK) yang mendukung riset ini. Jika ada, sebutkan outcome lain yang diharapkan.>

15. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DAN SARAN PERBAIKAN: <Sebutkan permasalahan yang menghambat pelaksanaan kegiatan riset. Berikan komentar yang terkait untuk evaluasi dan perbaikan program Riset-UIN Sunan Kalijaga>

16. RENCANA KELANJUTAN PENELITIAN: <Berikan rencana kelanjutan dari penelitian ini di masa yang akan datang>

IV. LAMPIRAN OUTPUT PENELITIAN

<Lampirkan output penelitian sesuai yang tercantum dalam III.2, draft publikasi,

dokumen HaKI, foto prototype dan/atau brosur produk. Bila belum dipublikasikan, buat draft publikasi dengan article style maksimum 20 halaman per article>

V. atan

LAPORAN KEUANGAN DAN KOMPONEN PAJAK

6. Honor : honorarium peneliti (ketua, anggota, pembantu peneliti/petugas lapangan). Gol IV : 15%, Gol III: 5 %

7. Belanja Bahan : ATK, foto copy, penggandaan, dokumentasi, pelaporan, perlengkapan peneliti, dll. (11,5 % (> 1 juta rupiah)

8. Belanja Barang Non Operasional Lainnya : Biaya rapat/pertemuan full board di luar kampus

9. Belanja Jasa Profesi : Honor Narasumber, Moderator Gol IV : 15%, Gol III: 5 % 10. Belanja Perjalanan Lainnya : Transport dalam/luar negeri dan Penginapan

(34)

34

LEMBAR PENILAIAN PROPOSAL PROGRAM PENELITIAN DANA APBN/BOPTN PUSLITBIT LP2M UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2014

No.Reg. :

Judul : ………...

NO ASPEK YANG DINILAI NILAI (N) (1-5)*

BOBOT NILAI x BOBOT

TOTAL

A. Masalah yang Diteliti 1. Kejelasan tujuan dan

manfaat penelitian 2. Relevansi dengan

kebutuhan pengguna 3. Terdapat unsur “inovasi”

penelitian (memilikikonstribusi untuk pengembangan ilmu) 10 10 10 SUB TOTAL B. Teori yang Digunakan

1. Memakai sumber

referensi yang sesuai dan up to date

2. Penyusunan sistematis 3. Terarah dan Komprehensif

(mempertimbangkan beberapa aspek) 10 5 5 SUBTOTAL C. Hipotesis dan/atau Eksperiman

1. Hipotesis jelas dan singkat 2. Menggunakan sampel

yang tepat

3. Hasil Eksperimen dapat dievaluasi secara kualitatif/kuantitatif 5 5 10 SUBTOTAL D. Desain dan Metode

1. Prosedur sinkron dengan tujuan

2. Diskripsi jelas

menggunakan metodologi ilmiah

3. Ditemukan out put yang

5 10

(35)

35 diharapkan

SUBTOTAL E. Alokasi Biaya dan Waktu 1. Rasionaliasi antara biaya

yang diusulkan dengan objek, tempat dan waktu penelitian yang dibutuhkan 5 SUBTOTAL TOTAL (A+B+C+D+E) .. ………... ………... ...,...-2014 Penilai ______________________

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :