Proposal Metodologi Penelitian Literatur

16 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS DATABASE DI

SEKOLAH DASAR SDN BOJONG KONENG III

PROPOSAL PENELITIAN

Oleh :

Fitri Yani Silvia Manela

Satria Chahyo Nugroho

10111590 10111595 10111606

Kelas IF-13

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2014

(2)

1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, hampir di semua aspek kegiatan masyarakat telah menggunakan sistem informasi sebagai penunjang pekerjaan atau kegiatan manusia baik di bidang sosial, budaya, ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Tidak hanya dalam pekerjaannya saja tetapi dalam segala aspek kehidupan manusia, seperti pada saat pencarian informasi, pengambilan keputusan, membuat penilaian dan perkiraan yang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Dengan dukungan teknologi informasi saat ini telah terbukti bahwa penggunaan komputer memegang peranan penting dalam menunjang kelancaran aktifitas pekerjaan di dalam sebuah lembaga, khususnya lembaga pendidikan. Kebutuhan akan informasi dalam sebuah lembaga pendidikan begitu penting sehingga informasi harus dapat diakses maupun diolah secara akurat dan cepat.

Sekolah Dasar Negeri Bojong Koneng III adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Sekolah ini juga merupakan sekolah unggulan karena banyak siswanya yang berprestasi dan banyak mengadakan program beasiswa. Oleh karena itu SDN Bojong Koneng III ini pun menjadi salah satu tujuan utama bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Semakin berkembangnya sekolah ini dari tiap tahunnya, maka kebutuhan sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan semakin bertambah serta harus diimbangi dengan peningkatan segi pelayanannya. Namun pelayanan yang ada di SDN Bojong Koneng III masih mempunyai kendala di dalam proses pelayanan informasinya.Pada pengolahan data siswa dan guru mengalami kendala berupa lamanya dalam pencarian data, dikarenakan data tersebut berada dalam beberapa buku yang belum terintegrasi dengan baik. Selain itu Wali kelas sering mengalami kesulitan dalam merekapitulasi raport dikarenakan banyak sekali data yang diperlukan sehingga proses pengerjaannya menjadi lama. Lamanya pembuatan jadwal pelajaran di SMPN 2 Cisarua menjadi penghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Lamanya pembuatan jadwal pelajaran dikarenakan banyaknya guru serta kelas yang ada sehingga sulit untuk mengatur dan membagi jam pelajaran yang tersedia. Akibat dari sulitnya dalam membuat jadwal pelajaran, sering kali satu guru mata pelajaran mengajar di dua kelas pada jam pelajaran yang sama. Selain itu ada juga guru mata pelajaran yang tidak mendapatkan jadwal mengajar, sedangkan slot jam pelajaran sudah terisi semua.

Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka penerapan teknologi informasi dapat dijadikan dasar mengatasi permasalahan tersebut. Sistem yang akan dibangun dapat berfungsi sebagai media penyimpanan dan pengolahan data administrasi sekolah, dan data akademik lainnya sehingga pencarian data akan lebih mudah dan akurat, , pembuatan jadwal mata pelajaran danperekapitulasian raport Pembuatan aplikasi Sistem Informasi Akademik ini bertujuan untuk dapat memberikan kemudahan bagi setiap pengguna baik itu, guru , serta pegawai SDN Bojong Koneng III dalam mengakses data dan informasi. Solusi tersebut akan penulis realisasikan dalam bentuk penelitian dengan judul “SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS DATABASE DI SEKOLAH DASAR SDN BOJONG KONENG III”.

(3)

2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan dari penjelasan yang dipaparkan dalam latar belakang sebelumnya, maka dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan di atas sebagai berikut:

1. Belum terintegrasinya data-data akademik sehingga mempunyai kendala dalam pengolahan dan pencarian data.

2. Sulitnya dalam pembuatan jadwal pelajaran yang memakan waktu yang lama sehingga menghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

3. Sulitnya wali kelas untuk merekapitulasi raport.

3. Maksud dan Tujuan

Berdasarkan masalah yang telah diuraikan pada bagian latar belakang dan identifikasi masalah, maka maksud dari penelitian tugas ini adalah untuk membangun sistem informasi yang akan membantu dalam memperlancar berbagai proses yang menunjang sistem akademik dan pelaksanaan proses belajar mengajar di SDN Bojong Koneng III

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pembangunan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :

1. Membangun sistem informasi yang dapat mengintegrasikan data-data akademik sehingga mempermudah dalam pengolahan dan pencarian data secara cepat dan teliti. 2. Membangun sistem informasi yang memudahkan pembuatan jadwal pelajaran secara

otomatis sehingga lebih cepat dalam pembuatannya agar tidak menghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

3. Membangun sistem informasi yang memfasilitasi wali kelas terhadap pengolahan yang akan memudahkan dalam perekapitulasian raport.

4. Batasan Masalah

Sistem yang akan dibangun merupakan sebuah sistem dengan batasan masalah dari pengembangan sistem sebagai berikut.

1. Sistem yang dibangun mengolah data user, data siswa, data karyawan, data kelas, data pelajaran, data tahun ajaran, data jadwal dan data nilai.

2. Secara umum sistem ini digunakan oleh lima user, yaitu : a. Admin,

b. Staf Kesiswaan, c. Staf Kurikulum, d. Wali Kelas.

(4)

3. Pendataan siswa , kelas dan pembagian kelas pada sistem yang akan dibangun akan dikelola oleh staf kesiswaan.

4. Pendataan guru dan mata pelajaran pada sistem yang akan dibangun akan dikelola oleh staf kurikulum.

5. Pembuatan jadwal secara otomatis pada sistem yang akan dibangun akan dikelola oleh staf kurikulum.

6. Pengolahan nilai siswa pada sistem yang akan dibangun akan dikelola oleh guru mata pelajaran dengan bobot penilaan 10% tugas harian, 20% tugas atau ulangan, 20% praktek, 50% UTS ditambah UAS.

7. Sistem yang dibangun menghasilkan tampilan berupa info siswa, info karyawan, info kelas, info jadwal dan info nilai.

5. Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut : 1. Tahap pengumpulan data

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

a. Studi Literatur.

Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.

b. Observasi.

Teknik pengumpulan data dengan mengadakan penelitian dan peninjauan langsung terhadap permasalahan yang diambil.

c. Interview.

Teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung yang ada kaitannya dengan topik yang diambil.

2. Tahap pembuatan perangkat lunak.

Model pengembangan dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan model waterfall menurut referensi Sommerville, yang meliputi beberapa proses diantaranya:

(5)

Karena perangkat lunak adalah bagian darisistem yang lebih besar, pekerjaan dimulai dari pembentukan kebutuhan-kebutuhan untuk seluruh elemen sistem dan kemudian memilah mana yang untuk pengembangan perangkat lunak. Hal ini penting, ketika perangkat lunak harus berkomunikasi dengan hardware, orang dan basis data

2. Analisis kebutuhan perangkat lunak (Software Requirements Analysis) Pengumpulan kebutuhan dengan fokus pada perangkat lunak, yang meliputi : Domain informasi, fungsi yang dibutuhkan, unjuk kerja/performansi dan antarmuka. Hasilnya harus didokumentasi dan direviewke pelanggan

3. Perancangan (Design)

Ada 4 atribut untuk program yaitu : Struktur Data, Arsitekturperangkat lunak, Prosedur detil dan Karakteristik Antarmuka. Proses desain mengubah kebutuhankebutuhan menjadi bentuk karakteristik yang dimengerti perangkat lunak sebelum dimulai penulisan program. Desain ini harus terdokumentasi dengan baik dan menjadi bagian konfigurasi perangkat lunak.

4. Pembuatan kode (Coding)

Penterjemahan perancangan ke bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, dengan menggunakan bahasa pemrograman.

5. Pengujian (Testing)

Setelah kode program selesai testing dapat dilakukan. Testing memfokuskan pada logika internal dari perangkat lunak, fungsi eksternal dan mencari segala kemungkinan kesalahan dan memeriksa apakah sesuai dengan hasil yang diinginkan.

6. Pemeliharaan (Maintenance)

Merupakan bagian paling akhir dari siklus pengembangan dan dilakukan setelah perangkat lunak dipergunakan. Kegiatan :

 Corrective Maintenance : Mengoreksi kesalahan pada perangkat lunak, yang baru terdeteksi pada saatperangkat lunak dipergunakan

 Adaptive Maintenance : Penyesuaian dengan lingkungan baru, misalnya sistem operasi atau sebagai tuntutan atas perkembangan sistem komputer, misalnya penambahan printer driver

(6)

 Perfektive Maintenance : Bila perangkat lunak sukses dipergunakan oleh pemakai. Pemeliharaan ditujukan untuk menambah kemampuannya seperti memberikan fungsi-fungsi tambahan, peningkatan kinerja dan sebagainya.

(7)

6. Literatur Review

(8)

SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAJADI 9 BANDUNG

Penulis Imelda ST., MT

Muhammad Erik., S.Kom Judul Jurnal/ Proceeding

& tahun penerbitan

Jurnal Teknologi dan Informasi UNIKOM, Volume 3

http://jati.is.unikom.ac.id/jurnal/perancangan-sistem-informasi.1i diakses pada 19 Oktober 2013

Masalah utama yang diangkat

Terdapat kesulitan dalam pengolahan data, beberapa diantaranya adalah dalam proses pencarian data dan pembuatan laporan yang memakan waktu yang lama karena penyimpanan data masih disimpan dalam bentuk arsip.

Belum efektifnya pengolahan data nilai siswa sehingga mengakibatkan keterlambatan penyerahan nilai kepada siswa. Kontribusi Penulis Data akademik sebaiknya diolah secara terkomputerisasi dengan

aplikasi yang media penyimpanannya menggunakan database agar lebih efektif dan efisien

Adapun variabel yang diteliti adalah sebagai berikut : Data siswa, data guru, data nilai, data kelas, dan data jadwal pelajaran.

Pembuatan laporan data siswa, pembagian kelas, jadwal pelajaran dan data nilai.

Metodologi Metode pendekatan sistem menggunakan pendekatan terstruktur, dimana dalam menganalisis sistem menggunakan Flow Map, Diagram Konteks (DK), Data Flow Diagram (DFD), Kamus Data, Normalisasi, Entity Relational Diagram (ERD) dan Rancangan Input/ Output.

Metode pengembangan sistem menggunakan metode

prototyping. Dimana metode ini merupakan suatu model proses yang dapat diterapkan pada model apapun. Model ini tidak memerlukan data yang lengkap dari sisi client dan banyaknya keraguan dari pembuat software karena kondisi yang belum diketahui (seberapa besar software, bagaimana sistem

(9)

penerapannya).

Ikhtisar Artikel Mengolah data akademik secara manual sangat tidak efisien dan efektif sehingga akan menimbulkan masalah karena menghambat pengolahan data. Oleh karena itu pengolahan data akademik secara terkomputerisasi sangat dibutuhkan agar pengolahan data dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Hasil penelitian, Kesimpulan & Saran

Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi dengan media penyimpanan menggunakan database yang berguna untuk mengolah data-data akademik yang berada di SDN Sukajadi 9 Bandung sehingga proses pengolahan data akan lebih mudah, cepat dan akurat.

Kesimpulan

Setelah merancang dan membuat aplikasi Sistem Informasi Akademik untuk SDN Sukajadi 9 Bandung, pengolahan data akademik sudah terkomputerisasi sehingga pengolahan data dan pembuatan laporan menjadi lebih efisien dan efektif.

Saran

Setelah melakukan penelitian dapat diketahui kebutuhan – kebutuhan dalam proses pengolahan data akademik di SDN Sukajadi 9 Bandung. Diharapkan aplikasi Sistem Informasi Akademik dapat di kembangkan lagi baik oleh peneliti dan pihak sekolah. Dan akan lebih baik jika sekolah mengembangkan sistem informasi akademik dengan berbasis web.

Persamaan & Perbedaan dengan penelitian skripsi

Persamaan

(10)

Judul Artikel SISTEM INFORMASI AKADEMIK YANG DIDUKUNG DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PADA SD NEGERI NO.81/II MUARA BUNGO –JAMBI

Penulis Agung Ramadhanu

Sri Rahmawati, S.Kom, M.Kom Rini Sovia, S.Kom, M.Kom Judul Jurnal /

Proceeding & tahun penerbitan

Jurnal Sistem Informasi UPI-YPTK Padang, Volume 1, Nomor 1, ISBN 1011-5261

http://upi- yptk.ac.id/ejournal/File_Jurnal/09101152610717_AGUNG-data nilai, yptk.ac.id/ejournal/File_Jurnal/09101152610717_AGUNG-data kelas, dan yptk.ac.id/ejournal/File_Jurnal/09101152610717_AGUNG-data jadwal pelajaran. Pembuatan laporan yaitu laporan data siswa, pembagian kelas, jadwal pelajaran dan data nilai.

Dalam proses pendekatan sistem akan menggunakan pendekatan terstruktur.

Perbedaan

Dalam proses pengembangan sistem akan menggunakan metode Spiral karena dalam model proses ini tepat untuk aplikasi besar, focus pada analisis masalah, mengeluarkan produk secara bertahap dan disesuaikan dengan keinginan user.

Menggunakan topologi star karena jika terjadi kerusakan pada salah satu kabel penyambung ke node, maka hanya node tersebut yang terganggu sehingga akan mudah diperbaiki.

Komentar Artikel ini berguna untuk menjadi acuan dalam penelitian yang akan kami lakukan karena terdapat gambaran mengenai

pendekatan sistem dan pengembangan sistem yang akan

dilakukan. Namun sebaiknya bahasa pemrograman dan database server yang digunakan dalam membangun aplikasi diterangkan lagi agar menjadi lebih jelas.

(11)

RAMADHANU_SISTEM-INFORMASI.pdf diakses pada 19 Oktober 2013

Masalah utama yang diangkat

Data akademik yang diolah menggunakan Microsoft Office masih belum efisien dan efektif sehingga masih menggunakan waktu yang relatif lama.

Kontribusi Penulis Variabel yang diteliti adalah biodata siswa, guru dan pegawai, serta pengolahan data nilai siswa.

Hipotesis :

Dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik yang dibuat penulis akan meminimalisir kesalahan dalam pengolahan data.

Data akan mudah dicari karena data disimpan dalam database yang diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Akademik.

Penulis menggunakan bahasa pemrograman Java karena merupakan bahasa yang berbasis objek dan sudah banyak didukung oleh sistem operasi, menggunakan MySQL sebagai database server karena MySQL merupakan database server yang unggul dibandingkan dengan database server lainnya karena lebih cepat, selain open source juga banyak pengguna yang sudah menggunakan database server ini dan banyak didukung oleh aplikasi-aplikasi browser.

Metodologi Metode pendekatan sistem menggunakan dua pendekatan yaitu menekankan pada prosedur dan menekankan pada elemen atau komponen.

Metode pengembangan sistem menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) yaitu model proses yang merupakan siklus hidup pengembangan system. Dalam rekayasa system dan rekayasa perangkat lunak, SDLC berupa suatu proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk

(12)

Ikhtisar Artikel Mengolah data akademik menggukanan Microsoft Office masih belum efektif dan efisien karena masih menggunakan waktu yang relatif lama saat data diakses. Seharusnya data akademik diolah menggunakan aplikasi khusus untuk mengolahnya dan data disimpan kedalam database.

Hasil penelitian, Kesimpulan & Saran

Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Akademik yang berguna untuk mengolah data-data akademik sehingga pengolahan data menjadi efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, permasalahan yang diakibatkan oleh kurang efektif dan efisiennya pengolahan data menggunakan Microsoft Office dapat diatasi dengan

aplikasi Sistem Informasi Akademik yang telah dibuat. Sehingga pengolahan data akademik dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien karena aplikasi ini memberikan beberapa keuntungan diantaranya yaitu informasi yang dihasilkan lebih akurat, penyimpanan data dan kemanan data yang terjamin, tidak munculnya redudansi pada data, dan pencarian data dapat dengan cepat dilakukan.

Persamaan & Perbedaan dengan penelitian skripsi

Persamaan

Menggunakan MySQL sebagai database server karena lebih cepat, open source dan sudah banyak dipakai oleh pengguna lainnya.

Perbedaan

Variabel yang akan diteliti adalah data siswa, data guru, data wali kelas, data kelas, dan data nilai.

Metode pendekatan sistem menggunakan pendekatan terstruktur agar prosedur dapat terlihat dengan jelas dan memudahkan kedalam proses pengembangan sistem.

Metode pengembangan sistem menggunakan model proses spiral karena model proses ini tepat digunakan untuk perangkat

(13)

lunak yang besar, kelebihan model proses ini adalah fokus pada analisis resiko yang ada sehingga meminimalisir kesalahan yang akan ada pada aplikasi yang dibuat. Dan mengeluarkan aplikasi secara bertahap yang disesuaikan dengan keinginan user. Komentar Artikel ini menjadi acuan yang cukup bagus untuk penelitian

kami karena terdapat penerangan mengenai bahasa

pemrograman dan database server yang dapat dipakai untuk membangun aplikasi.

Judul Artikel SMIS: A Web-Based School Management Information System Penulis Mihal Brumbulli, Blerina Topçiu, Arbora Dalaçi

Judul Jurnal / Proceeding & tahun penerbitan

International Scientific Conference Computer Science’2008

http://csconf.org/Volume2/page564.pdf diakses pada 25 Oktober 2013

Masalah utama yang diangkat

Pelayanan akademik akan memakan waktu lama jika pengguna dilayani satu persatu. Maka akan mengakibatkan antrian pelayanan.

Kontribusi Penulis Variabel yang di teliti adalah data organisasi, proses pengajaran dan pendaftaran siswa.

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah

Windows-Apache-MySQL-PHP untuk membangun web dinamis.

Tujuan pembangunan perangkat lunak dengan database adalah Menyimpan data ke dalam database

Memodifikasi data yang telah disimpan dalam database Mengakses data

Aplikasi ditujukan untuk Direktur

(14)

Sekretaris

Metodologi Tahapan yang digunakan adalah menganalisis dan

mendefinisikan sistem, mendesain perangkat lunak dengan Entity Relational Diagram (ERD), memodelkan perangkat lunak

menggunakan model yang berorientasi objek, dan implementasi perangkat lunak yang berinteraksi dengan database.

Ikhtisar Artikel Untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam mengkases informasi dan prosedur manajemen yang berkaitan dengan kegiatan akademik maka dibangun Sistem Informasi Akademik berbasis Web. Tiap pengguna mempunyai akun berbeda untuk mengakses web ini sehingga data tetap aman.

Hasil penelitian, Kesimpulan & Saran

Penelitian ini menghasilkan suatu perangkat lunak sistem informasi akademik berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dan mempersingkat waktu yang

dibutuhkan pengguna dalam mengakses data yang berhubungan dengan kegiatan akademik. Dengan mengakses web, data dapat diakses oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan data dapat mudah dicari, dan laporan dapat dengan mudah dihasilkan.

Kesimpulan

Pengelolaan suatu sistem informasi yang baik sangat penting, karena dianggap penting dalam pembangunan Negara. Maka Manajemen sistem informasi akademik berbasis web dianggap tepat sebagai langkah awal dalam mengembangkan sistem berbasis web ini.

Persamaan & Perbedaan dengan penelitian skripsi

Persamaan :

Membangun web dinamis.

Menggunakan Windows-Apache-MySQL-PHP dalam membangun web.

Perbedaan :

Variabel tambahan yang diteliti adalah data siswa, data guru, data nilai, data kelas, data jadwal.

(15)

Metode pengembangan sistem menggunakan model proses spiral karena model proses ini tepat digunakan untuk perangkat lunak yang besar, kelebihan model proses ini adalah fokus pada analisis resiko yang ada sehingga meminimalisir kesalahan yang akan ada pada aplikasi yang dibuat. Dan mengeluarkan aplikasi secara bertahap yang disesuaikan dengan keinginan user.

Aplikasi ditujukan juga untuk siswa.

Komentar Artikel ini kurang membantu, karena sistem yang akan

dikembangkan adalah sebuah aplikasi desktop bukan sebuah web. Namun, artikel ini memberi pengetahuan mengenai manajemen sistem informasi akademik.

Seharusnya aplikasi web ini ditujukan untuk siswa juga, bukan hanya untuk pendaftaran saja tetapi untuk mengakses data siswa, data nilai dan data akademik lainnya.

7. Jadwal Kegiatan

No Tahap Oktober November Desember Januari I II III IV I II III IV I II III IV I II III IV 1 Pengumpulan Data 2 Pengolahan Data 3 Pengumpulan Referensi 4 Pembuatan Proposal 5 Responsi Proposal 6 Perbaikan Proposal 7 Pengumpulan Proposal 8. Daftar Pustaka

(16)

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Penerbit Alfabeta, Bandung, 2013.

Figur

Memperbarui...

Related subjects :