Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Presence dalam Pendampingan Pastoral Terhadap Pasien Terminal Illness di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang

17  Download (0)

Full text

(1)

PRESENCE DALAM PENDAMPINGAN PASTORAL TERHADAP

PASIEN TERMINAL ILLNESS DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA

CITARUM SEMARANG

SKRIPSI

Diajukan Kepada Fakultas Teologi

Untuk Memenuhi Persayaratan

Memperoleh Gelar

Sarjana Sains Teologi (S.Si Teol)

Oleh:

Axamina Layan

712006038

FAKULTAS TEOLOGI

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA

(2)

Pengesahan Penguji Skripsi

PRESENCE DALAM PENDAMPINGAN PASTORAL TERHADAP PASIEN

TERMINAL ILLNESS DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM

SEMARANG

Oleh :

AXAMINA LAYAN

712006038

Skirpsi ini telah diuji oleh tim penguji skripsi

Dan telah dinyatakan

Pada tanggal 21 Oktober 2011

Penguji 1 Penguji 2

Dr. David Samiyono MATS MSLS Pdt Yusak B. Setyawan S.Si, MTS, Ph.D

Dekan

(3)

Pengesahan Pembimbing Skripsi

PRESENCE DALAM PENDAMPINGAN PASTORAL TERHADAP PASIEN

TERMINAL ILLNESS DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM

SEMARANG

Oleh:

AXAMINA LAYAN

712006038

Skripsi ini telah disetujui oleh pembimbing

Dan telah diuji

Pada tanggal 21 Oktober 2011

Pembimbing 1 Pembimbing 2

(4)

Pernyataan Keaslian

DENGAN INI PENULIS MENYATAKAN BAHWA SKRIPSI INI MERUPAKAN

KARYA ASLI OLEH PENULIS DAN STUDI TERHADAP KARYA-KARYA YANG

TELAH DIPUBLIKASIKAN SEPERTI YANG TELAH DIAJUKAN DAN

DISEBUTKAN DALAM TEKS

Oleh:

AXAMINA LAYAN

712006038

Tanda tangan :

(5)

MOTTO

0N

0n

(adv dalam Kamus Lengkap Inggris-Indonesia) yang berarti di atas, menujukkan

gerakan ke depan, rencana masa depan dengan mengacu pada I Korintus 15:58

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu bahwa dalam persekutuan

(6)

Karya ini kupersembahkan kepada:

Orang tuaku Tersayang

Bapa Hans, Mama 0mi

Adik-adik

T

ersayang

Eda, Ruth, & Tian

&

Kepada Almamaterku

Universitas Kristen Satya Wacana

Karya ini kupersembahkan

kepada:

Orang tuaku Tersayang

Bapa Hans, Mama 0mi

Adik-adik

T

ersayang

Eda, Ruth, & Tian

&

Kepada Almamaterku

Universitas Kristen Satya

(7)

SARIPATI

Kehadiran merupakan suatu hal yang penting dalam hidup manusia. Setiap manusia

membutuhkan teman atau patner dalam hidupnya, karena hakikatnya manusia adalah

makhluk sosial yang memerlukan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Itu juga yang

terjadi bagi orang sakit, pasien terminal illness gagal ginjal. Pasien terminal illness sangat membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain. Bantuan yang bisa diberikan bagi

pasien terminal illness terminal illness yakni melalui kehadiran.

Penulis merasa tertarik untuk mengambil tulisan tentang kehadiran karena kehadiran

itu sangat besar manfaatnya yang bisa didapatkan atau dirasakan, apalagi bagi pasien

terminal illness gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal itu sendiri tergolong dalam dua kategori yakni gagal ginjal kronik dan gagal ginjal akut. Di sini, penulis mengambil tentang penyakit

gagal ginjal kronik dengan mengacu pada pengertian gagal ginjal kronik itu merupakan

perkembangan gagal ginjal yang progresif dan lambat (biasanya beberapa tahun) sehingga

memudahkan penulis untuk berkomunikasi dengan mereka.

Dalam wawancara yang penulis lakukan kepada pasien terminal illness gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Citarum Semarang, pasien gagal ginjal kronik memberikan penuturan

bahwa mereka sangat membutuhkan kehadiran karena lewat kehadiran itu ada dukungan,

support, semangat yang diberikan kepada mereka, sehingga mereka tidak merasa sendiri,

tidak merasa kesepian, mereka merasa bahwa ada yang peduli dan memperhatikan

keberadaan mereka.

Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis menyarankan agar tidak hanya pendeta,

(8)

suatu cara bahwa kita melihat mereka juga sama dengan kita, bukan sebagai objek tetapi

subjek, sesama manusia tidak ada pembedaan diantara kita karena membutuhkan bantuan dan

(9)

PENGANTAR

Penulis sangat berterima kasih dan mengucap syukur kepada Tuhan Yesus karena atas

kasih, kuasa, dan tuntunan-Nya penulis bisa mengingat perjalanan pendidikan yang dilalui

penulis tidaklah mudah, tetapi penulis merasakan kasih, kuasa, dan penyertaan-Nya bagi

penulis sehingga apa yang dibuat-Nya nyata bagi penulis dan baik adanya. Keberadaan

penulis selama melakukan studi di strata-1 Fakultas Teologi UKSW, tidak terlepas dari peran

serta dukungan dari berbagai pihak yang membantu penulis dalam menjalani studi. Pada saat

ini, dengan kerendahan hati perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih

kepada:

1. Bapa Hans, Mama 0mi, ade Eda, ade Ruth, adeTian, semua keluarga Layan-Ratila

yang ada di Saumlaki, di Seira, dimana saja keberadaannya penulis mengucapkan

terima kasih banyak untuk dukungan moril, dan materi yang diberikan kepada

penulis selama menempuh pendidikan di strata 1 Fakultas Teologi. Tuhan Yesus

senantiasa memberkati 

2. Pdt. Yusak B. Setyawan S.Si, MATS, Ph.D selaku pembimbing I sekaligus

penguji II dan Totok S. Wiryasaputra, Th.M selaku pembimbing II. Terima kasih

untuk waktunya dan juga untuk masukkan, arahan, motivasi, bimbingan, bahkan

kritikan yang diberikan kepada penulis dalam menulis skripsi, penulis

menganggap hal itu baik adanya untuk pengembangan pengetahuan bagi penulis

dan karena hal itu juga sehingga penulis bisa penulisan skiripsi ini bisa

terselesaikan.

3. Semua dosen Fakultas Teologi yang telah berusaha dan bekerja keras mengajar,

mendidik, membimbing penulis sebagai mahasiswa Fakultas Teologi yang

nama-namanya disebutkan sebagai berikut: Pdt. Basuki Djati Utomo, Pdt Danie

(10)

Brotosoedarmo, Pdt Eddy Sumtaky, Pdt Hennie Wattimena, Pdt Izak Lattu, Pdt

Irene Ludji, Ibu Ira Mangililo, Pdt Jacob D. Engel, Pdt Jhon A. Titaley, Pdt

Mesach Krisetya, Pdt Mariska Lauterboom, Pdt Tony Tampake, Pdt Thoby

Mesakh, Pdt Retnowati, Pdt Yosina Wospakrik. Juga kepada Ibu Budi yang

membantu penulis mengurusi segala administrasi perkuliahan, serta meyemangati

penulis dengan nasehat-nasehat yang diberikan. Tuhan Yesus memberkati ..

4. Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang yang telah bersedia menerima

penulis untuk melakukan penelitian lapangan. Juga kepada ibu Rini dan mbak Pur

dibagian pelayanan pastoral di Rumah Sakit tersebut. Terima kasih telah

membimbing, mengarahkan penulis untuk dapat melakukan penelitian dengan

lancar.

Ibu Ika yang bekerja di Rumah Sakit Ario Wirawan sebagai penanggungjawab

bidang pendampingan di Rumah Sakit tersebut. Terima kasih untuk dukungan

yang diberikan. Terima kasih telah menjadi patner yang baik untuk berdiskusi dan

memberikan masukkan kepada penulis.

5. Para supervisor lapangan yang telah menerima, membimbing penulis dalam

melakukan pelayanan Praktek Pendidikan Lapangan I-VI yang nama-namanya

disebutkan sebagai berikut: Pdt Dewi Shinta yang menjadi supervisor lapangan

bagi penulis dalam PPL I-IV di GPIB Jemaat ATK, Mbak Eko yang menjadi

supervisor lapangan bagi penulis dalam PPL V di Yayasan Trukajaya-Salatiga,

Pdt Gusti Rainadi sebagai supervisor lapangan bagi penulis dalam PPL VI di

GKPB Jemaat Yudea Padang Luwih- Bali.

6. Keluarga besar Gereja Kristen Protestan Bali jemaat Yudea Padangluwih. Terima

kasih untuk penerimaan, dukungan, bantuan, kehangatan, dsb yang telah

(11)

7. Almarhum 0m Letty. Terima kasih banyak untuk bantuan, dukungan, dan kerja

keras, serta bimbingan yang telah om berikan kepada penulis semasa hidup.

Penulis sangat bangga memiki om.

8. Tante cantik Nieta Simanjutak. Terima kasih karena di tengah kesibukan tante,

tante menyempatkan waktu untuk menjadi patner, bagi penulis untuk berdiskusi

serta mengarahkan penulis dalam menulis skripsi. Terima kasih untuk dukungan,

dan canda tawanya. Senang bisa mengenal tante. Tuhan memberkati .

Tante Emi Wuryani. Terima kasih untuk kehangatan dan persaudaraan yang

terjalin serta dukungan yg diberikan kepada penulis. Tuhan memberkati tante Emi

dalam tugas dan karya ..

9. Keluarga besar jemaat GPIB Tamansari Salatiga, terkhususnya bidang Musik

Gerejawi (MUGER). Senang bisa mengenal kalian semuanya dan terlibat dalam

pelayanan Muger dengan kalian. Penulis menganggap kalian seperti saudara

penulis sendiri. Terima kasih untuk kebersamaan, dukungan, canda tawa yang

dibarengi dengan aksi gila dari seorang Acha Monica yang selalu “0n” tapi “0ff”

kalau lagi bad mood (ouw, capek deh)... Penulis memohon maaf kalau dalam pelayanan penulis selalu marah-marah, ada kata atau sikap yang menyinggung

hati dan perasaan kalian... *sedih deh, hiks, hiks, hiks... Suatu saat ketika penulis

sudah menjadi artis, tenang saja apa yang kalian minta, penulis memberikannya

(ia itu pun artis gak kere utk mentraktir kalian makan tahu petis biar suara tambah

merdu kayak burung berkicau). Tetap semangat yah teman-teman dan

saudara-saudaraku dalam melakukan pelayanan, pastinya semangat ala smash. Lakukanlah

apa yang menjadi tugas dan bagianmu, selanjutnya Tuhan yang akan melakukan

(12)

10.Kakak-kakak angkatan dan adik-adik angkatan Fakultas Teologi yang pernah

dijumpai oleh penulis baik di kelas dan dalam pelayanan. Thx banget buat

kebersamaan yang terjalin. Tuhan memberkati .

11.Teman-teman Gold Generation, angkatan 2006. Penulis sangat senang bisa

bertemu dan mengenal kalian. Terima kasih, danke, maturnuwun, dsb untuk

kebersamaan, untuk canda tawa yang kadang membuat marah, benci sehingga jadi

cinta (co cuit banget deh), untuk kehangatan, bahkan kesedihan yang telah kita

bersama rasakan. Maju terus Gold Generation,. Cahyo friends. GOD BLESS

US.. Amin 

12.Teman-teman, saudara-saudara Cantate Domino Choir. Danke banyak untuk

kebersamaan di dalam melakukan pelayanan. Juga kepada usi Peggy Aipassa

selaku pelatih CDC, danke banya karena sudah memberi banyak arahan dan

membantu kepada penulis dalam pengembangan vocal. Tete manis berkati usi

dalam tugas kegiatan usi.. Penulis berharap salah satu dari katong nanti bisa jadi

artis (yg bahasa gaulnya dibilang seorang entertaiment), tapi kalau tamang-tamang

seng mau, biarkan penulis yang jadi artis saja sudah.. *Sule say prikitiew*....

13.Basodara Cungkup 51A. Amazing deh 4 samua hal yang terjadi dalam katong

pung kost tercinta ini. Senang bisa kanal dong samua... Thx, terima kasih, danke,

maturnuwun (sesuai dengan suku2 di dalam kost) for keceriaan, kehangatan, cinta

kasih, persaudaraan yang ada dalam katong pung kost ini. Maaf ee, klo beta seng

sebut dong pung nama satu-persatu lai karna terbatasnya beta (beta juga manusia)

jadi jang lai nanti malah ancor panggal-panggal, tapi beta tetap inga dong pung

kebaikan yang dong su kasih 4 beta. Sombayang saja, nanti su jadi artis baru beta

ganti rugi, bayar dong pung kebaikan yg dong su kasih 4 beta, karna beta tau pasti

(13)

ayam bumbu di mbak Ning-Cungkup. Jang putus persaudaraan yang su terjalin

dan terbina eee tamang-tamang. Tuhan Yesus, Gusti Allah, Tete manis

memberkati katong samua. Hidup C51A 

14.Tante-tante, om-om, saudara-saudari sekalian yang tergabung dalam Paduan Suara

Jemaat GPIB Tamansari. Terima kasih banyak untuk perhatian, dukungan, cinta

kasih yang diberikan kepada penulis sewaktu melakukan pelayanan bersama

dalam Paduan Suara. Senang bisa mengenal dan menjalin relasi dengan om-om,

tante-tante, saudara-saudara sekalian. Tetap semangat, dan berikan yang terbaik

bagi Tuhan lewat puji-pujian kepada-Nya (Eksis terus yah).

15.Keluarga 0na (0ma Noya), keluarga Likumahuwa (PH : Production House-

Bugel), keluarga Marcia Ramlan-Hiarie, keluarga Manuputty. Danke banya for

dukungan, canda-tawa, kehangatan, persaudaraan, cinta kasih deng samua hal

yang telah 0m-om, tanta-tanta, basudara dong kasih for beta. Dong su tau beta

pung keadaan deng beta pung harapan yang mo jadi artis itu n go international

toh... tapi sebelum go international, beta balajar skali deng tante Jona supaya nanti

seng speechless, n shock deng keadaan luar negeri (pdhal luar negeri seng beda

jauh kyk Saumlaki-Seira). Sombayang for beta saja, nanti kalo su jadi artis, dong

minta apa beta kasih (itu juga klo artis seng kere). Apalai calon2 manager: usi

Sance (usen), usi Phia (upi) dng bung Ricky (burick), tapi ternyata kalo dibiking

daftar banya yg mo jadi manager 4 beta lai karna 0m Andres Noya dng Norce,

balom lai ada orang lain.. Yah, itu sih terserah dong saja, seng ada seleksi-seleksi.

Jadi nanti baru lia saja sapa yg jadi manager artis, atau jangan2 nanti Glen Mideys

yg jadi manager artis lai... Tete manis berkati basodara dong samua 

16.Tamang-tamang deng sodara-sodara 1 management yaitu mantri Presli Siahaya

(14)

kamong 2 dan tergabung dalam trio “HANCUR”. Biar apalai mar seng sama akang

trio HANCUR nie kio. Jang lupa akang taruhan sapa yang booking akang Sarbini duluan. Mar kayaknya nanti mantri yg dapa akang barang dekat denga Jakarta tuh.

Tetap update trus ee; Richard Karibo update lagu2 dangdut, beta Acha Monica

udpate lagu2 pop. La beta “mantri Presli”?? hayoo ee,, mantri genrenya

klasik-seriosa mar cuma tau 2 lagu saja, deng yg jadi andalan itu “You Raise Me Up”.

Tete manis berkati 

17.Rekan-rekan dan basodara dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Maluku. Danke

buat tamang-tamang pung kebersamaan yg mau melibatkan beta dalam pelayanan

di Salatiga. Tetap semangat. Tete manis berkati katong samua 

18.Keluarga 0m Yan Alexander. Terima kasih untuk kehangatan dan kebersamaan,

dukungan, canda tawa yang terbina. Tuhan Yesus memberkati 

19.Keluarga jemaat Gereja Protestan Maluku, Sektor 8 unit Eklesia. Terima kasih

untuk perhatian, dukungan yang diberikan kepada penulis. Tuhan Yesus

memberkati bapak, ibu, saudara/i sekalian 

20.Semua pihak yang telah membantu, mendukung penulis dan belum sempat penulis

sebutkan nama satu-persatu, biarlah Tuhan Yesus selalu memberkati dalam tugas

dan karya.

Salatiga, 0ktober 2011

(15)

DAFTAR ISI

Halaman judul ...i

Pengesahan Penguji Skripsi ...ii

Pengesahan Pembimbing Skripsi ...iii

Pernyataan Keaslian ...iv

Motto ...v

Halaman Persembahan ...vi

Saripati ……….vii

Kata Pengantar ………viii

Daftar Isi ……….xix

Bab I . PENDAHULUAN………....1

1.1 latar Belakng ………...1

1.2 Rumusan Masalah ………...6

1.3 Tujuan Penelitian ………...6

1.4 Manfaat Penelitian ………...6

1.5 Metodologi Peneleitian ………....7

(16)

Bab II. Presence dalam Pendampingan Pastoral Terhadap Pasien Terminal Illness di

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...10

2.1 Presence (Kehadiran) ...10

2.2 Pengertian Pendampingan Pastoral ...14

2.3 Fungsi Pendampingan Pastoral ...20 Bab III. Presence dalam Pendampingan Pastoral Terhadap Pasien Terminal Illness di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...34

3.1 Sejarah dan Perkembangan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...34

3.2 Hasil Wawancara Terhadap Pasien Terminal Illness di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...38

3.3 Kesimpulan ...41

Bab IV. Tinjauan Presence dalam Pendampingan Pastoral Terhadap Pasien Terminal Illness di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...43

4.1. Fungsi Presence bagi Pasien Terminal Illness di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang ...43

4.2. Kekuatan dan Kelemahan dari Presence dalam Pendampingan Pastoral Terhadap Pasien Terminal Illness Gagal Ginjal Kronik ...48

4.3 Kesimpulan ...50

(17)

5.1 Kesimpulan ...51

5.2 Saran ...53

Daftar Pustaka ...

Lampiran Daftar Pertanyaan Wawancara ...

Figure

Updating...

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in