GPIB Immanuel Depok Minggu, 25 Maret 2018

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

TATA IBADAH HARI MINGGU I PRAPASKAH

PERSIAPAN : Doa Pribadi Umat

 Latihan Lagu-lagu baru

 Doa para Presbiter di Konsistori (P.1.)

UCAPAN SELAMAT DATANG

P.2. Selamat pagi/sore dan selamat beribadah di hari Minggu I Prapaskah. Kiranya ibadah yang kita lakukan saat ini berkenan di hadapan Tuhan.

Pemberitaan Firman Tuhan pada ibadah ini akan disampaikan oleh : ………

AJAKAN BERIBADAH

P.2. Marilah berdiri untuk menyambut Firman Tuhan hadir ditengah-tengah persekutuan kita.

I. MENGHADAP TUHAN

NYANYIAN UMAT : KMM 5 : 1-3 “BESARLAH KASIH BAPA”

Kantoria

... prosesi Alkitab dibawa masuk ke dalam ruang Ibadah diiringi instrumen...

Laki-Laki DiutusNya Sang Anak menjadi Jurus’lamat,

supaya kuasa jahat ditumpas olehNya. Ref. : (Semua)

Perempuan PadaMu kuserukan, “Terima kasih, Tuhan!

Kudapat penebusan di bukit Golgota.” Ref. : (Semua) VOTUM

P.F. Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Umat 1 . / 1 . //

A - min.

NAS PEMBIMBING

P.F. “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan

diselamatkan." (Roma 10 : 10)

SALAM

P.F. Kasih Karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. ( I Kor. 1 : 3 )

(2)

NYANYIAN UMAT : KJ. 419 : 1-2 “YESUS PIMPINLAH”

Kantoria Yesus, pimpinlah kami s’lamanya:

hanya Dikau kami ikut di sepanjang jalan hidup. Tuntun umatMu masuk rumahMu.

Umat B’rilah kami pun iman yang teguh,

agar jangan ditaklukkan oleh susah dan keluhan, tapi bertekun ikut jalanMu.

duduk

PENGAKUAN DOSA

P.2. Dengan rasa sesal dan malu dan dengan kerendahan hati marilah mengaku akan dosa-dosa kita:

Bapa Mahakudus, kami mengaku kepadaMu bahwa kami adalah umat yang berdosa. Kami telah gagal untuk mengasihi Engkau dan sesama kami. Kami cenderung lebih mengasihi diri kami sendiri. Kami mengasihi hanya supaya kami kembali menerima kasih. KepadaMu, kami memohon:

Umat (KMM 122 “TUHAN KASIHANILAH KAMI”)

P.2. Bapa Mahapengasih, kami mengaku bahwa kami sering tidak setia melayani Engkau. Kami melayani Engkau dengan motivasi salah. Kami melayani hanya agar kami diakui dan dikenal. Kami cenderung lebih mengutamakan harga diri dan hak-hak kami. Kami takut untuk menyatakan yang benar; kami bersikap diam terhadap berbagai kesalahan dan kecurangan. KepadaMu, kami memohon:

Presbiter (KMM 122 “TUHAN KASIHANILAH KAMI”)

Tuhan, kasihanilah kami. Tuhan kasihanilah kami, kasihanilah kami.

P.2. Bapa Maha penyayang, kami menyadari bahwa sungguh dosa kami bertambah besar, sebab dalam melaksanakan tugas panggilan dan pengutusanMu, kami terlalu banyak menuntut, sering kecewa dan putus asa. Kami juga terlalu banyak berbicara, dan hanya sedikit bekerja. Berilah kami pengampunanMu, ya Bapa. Baruilah hati dan perilaku hidup serta kerja-layan kami oleh Roh Kudus. Kami mohon dalam Yesus Kristus, Tuhan dan Penebus kami yang hidup.

Umat (KMM 122 “TUHAN KASIHANILAH KAMI”)

(3)

BERITA ANUGERAH

P.F. Kepada setiap orang yang telah mengaku dosa dan bertobat, disampaikan berita anugerah pengampunan seperti tertulis dalam Roma 5 : 17 “Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.”

Berdasarkan Firman Tuhan tersebut maka sebagai Pelayan Yesus Kristus kami memberitakan bahwa pengampunan dosa telah berlaku dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Umat SYUKUR KEPADA TUHAN, AMIN.

NYANYIAN UMAT :KMM. 120 : 1-2 “SUNGGUH BEBANKU T’LAH HILANG LENYAP”

Laki-laki

Perempuan Aku mendapatkan damai penuh, damai penuh, damai penuh. Aku mendapatkan damai penuh di salib Golgota.

PETUNJUK HIDUP BARU

P.F. Marilah kita berdiri untuk mendengar Petunjuk Hidup Baru seperti tertulis dalam Efesus 3 : 19b-21 yang menyatakan “... ... ... ... ... … … …”. Roh Kudus menolong kita mewujudkan kemuliaan Allah dalam seluruh hidup dan kesaksian kita di dunia.

NYANYIAN KEMULIAAN : KJ. 48 “KEMULIAAN BAGI BAPA”

Umat Kemuliaan bagi Bapa, Putra, dan Roh Kudus,

seperti semula, kini dan terus dan kekal selama-lamanya. Amin!

duduk

PADUAN SUARA/VOKAL GRUP

II. PEMBERITAAN FIRMAN DOA EPIKLESE

P.F. Ya Tuhan, bukalah pendengaran, pikiran dan hati kami dan terangilah dengan Roh Kudus sehingga kami mampu mendengar kebenaran dan memahami kehendakMu di dalam firman yang dibacakan dan diberitakan, sehingga oleh tuntunan Roh KudusMu juga, kami dapat mewujudkannya dalam kehidupan setiap hari.Amin.

PEMBACAAN ALKITAB

P.F. Marilah berdiri untuk mendengar Firman Tuhan: Hosiana! Umat (KJ. 473b)

(4)

P.3. Bacaan Alkitab hari ini dari Matius 14 : 22-26 yang menyatakan ... ... ...

P.F. Hendaklah FirmanNya diam dengan segala kekayaannya di antara saudara dan ucaplah syukur kepada Allah.

Umat (KJ. 474) KepadaMu puji-pujian, madah syukur dan segala kemuliaan, ya Bapa, Putra, Roh Kudus, sampai kekal abadi!

duduk

KHOTBAH “MENGENAL DAN MENERIMANYA”

(saat teduh)

III. JAWABAN UMAT NYANYIAN UMAT : KJ. 417 : 1-3 “SERAHKAN PADA TUHAN”

Kantoria Serahkan pada Tuhan seluruh jalanmu; kuatirmu semua ditanggungNya penuh. Sedangkan angin lalu dituntun tanganNya, pun jalan di depanmu, Tuhan mengaturnya. Laki-laki Hendaklah kau percaya kepada Tuhanmu;

niscaya kau bahagia kerjamu pun teguh. Usahamu sendiri takkan menolongmu; Tuhanmu mengingini doamu yang tekun. Perempuan Ya Bapa yang rahmani, Kau sungguh mengenal

yang baik bagi kami di dalam tiap hal. Setia Kaulakukan maksudMu yang tetap; terwujudlah semua sempurna dan lengkap.

PENEGUHAN SIDI

P.F. Hari ini kita menyambut saudara-saudara kita telah yang meminta dan diterima secara gerejawi agar mereka diteguhkan sebagai warga sidi gereja.

Peneguhan sidi adalah tindakan gereja terhadap para warganya, yang telah diakui dan diterima sebagai pengikut Kristus yang dewasa iman. Karenanya, mereka sekarang memiliki tanggung jawab penuh dalam melaksanakan panggilan dan pengutusan gereja. Sebelumnya, saudara-saudara ini telah diajar dan dibina, tentang pokok-pokok iman Kristen yang berpusat pada Yesus Kristus dan berdasar pada Alkitab; begitu pula tentang pemahaman kegerejaan dalam lingkup Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat. Diyakini, bahwa mereka telah berjumpa dan mengenal Yesus secara pribadi; dan sekarang mereka secara pribadi akan mengaku iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Dengan pengakuan itu, bagi yang sudah dibaptis, berarti mereka mengambil alih dan sekaligus membaharui pengakuan orang tua yang diucapkan waktu mereka dibaptis. Sedangkan bagi yang belum dibaptis, pengakuan itu merupakan syarat untuk dibaptis menjadi milik Kristus dan anggota tubuh-Nya, yakni Jemaat.

DOA PENGUATAN

P.F. Sebelum saudara-saudara ini mengucapkan pengakuan dan janjinya serta diteguhkan, kita awali dengan berdoa :

Ya Allah Mahakuasa, Engkau telah mempercayakan Firman-Mu kepada kami umat-Mu. Tanpa pertolongan-Mu, kami tidak sanggup berbuat apa-apa yang berguna bagi kerajaan-Mu. Oleh karena itu, dengan rendah hati kami berterima kasih atas kesetiaan-Mu yang tiada putusnya; sehingga kami angkatan demi angkatan dapat menghayati apa yang diartikan dengan Baptisan

(5)

Kudus yang kami terima, baik sebelum maupun sesudah kami dapat memahaminya; baik oleh janji dan pengakuan iman orang tua, maupun janji dan pengakuan kami sendiri. Kami telah Engkau tolong untuk berpegang teguh pada perjanjian anugerah-Mu dan mendalami rahasia keselamatan. Putera-Mu, Yesus, telah mengorbankan diri-Nya bagi kami dengan menebus segala dosa kami di kayu salib. Engkau mempersatukan kami dengan Dia agar dosa kami, Engkau ampuni, dan hidup kami, Engkau baharui dalam Dia yang telah bangkit karena menang atas maut. Kami mohon kepada-Mu, ya Bapa, utuslah Roh Kudus-Mu mendampingi dan menguatkan anak-anak-Mu yang akan mengaku imannya kepada Kristus. Bimbinglah mereka seterusnya dalam hidup dan pelayanan mereka. Biarlah mereka mengikut Kristus sambil memikul salib dalam sukacita: penuh iman, harap dan kasih. Biarlah mereka juga akhirnya diperhadapkan kepada pengadilan-Mu tanpa kecemasan, karena Yesus Kristus telah menjadi Juruselamat mereka. Terpujilah Engkau, ya Allah yang Esa, kekal selama-lamanya. Amin.

PENGAKUAN DAN JANJI

P.F. Kami mengundang saudara-saudara yang akan diteguhkan sidi untuk mengaku iman dan janji-nya, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

Pertama, Apakah saudara percaya kepada Allah Tri Tunggal: Bapa, Pencipta langit, bumi dan segala isinya; Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat yang telah menebus dan menyelamatkan saudara dari dosa dan maut; serta Roh Kudus, Penolong dan Pemimpin Sejati, yang memimpin saudara dalam kebenaran dan hidup baru sesuai kehendak Allah?

Kedua, Apakah saudara mengaku, bahwa Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Kitab Suci yang bertuliskan Firman Allah, yang menyampaikan Perjanjian Anugerah Allah kepada saudara serta menerangi jalan hidup saudara, sehingga saudara harus bertekun membaca dan merenungkannya siang dan malam?

Ketiga, Apakah saudara bersedia menyambut panggilanmu sebagai warga Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat dan setia berpegang pada ajaran, pemahaman iman dan aturan yang berlaku serta membuang segala kepercayaan lain; melawan segala kuasa kegelapan untuk tetap mengikut Yesus dengan setia di dunia ini, serta turut membangun Jemaat dalam kasih sesuai karunia yang saudara miliki?

P.F. Di hadapan Allah dan dengan disaksikan Umat-Nya, apakah jawabmu? Saudara ..……….……..

Yang disebut nama : YA DENGAN SEGENAP HATIKU (sambil berdiri)

P.F. Tuhan mendengar dan menguatkan Saudara.

PENGAKUAN IMAN

P.F. Mari berdiri untuk mengaku iman menurut Pengakuan Iman Rasuli sekaligus mengukuhkan pengakuan dan janji para calon Sidi baru.

Dengan hati dan mulut, masing-masing berkata : ... duduk

NYANYIAN UMAT : KJ. 375 “SAYA MAU IKUT YESUS” (dinyanyikan 2X)

Umat Saya mau ikut Yesus, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya. Meskipun saya susah, menderita dalam dunia,

saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya.

(6)

Jika ada yang akan dibaptis dewasa

SAKRAMEN BAPTISAN

P.F. Saudara ..……….…….. (nama yang akan dibaptis)

Aku membaptis engkau di dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

Firman Tuhan, “… Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.” (Yesaya 43 : 1b)

PENEGUHAN

P.F. Berdasarkan janji Allah yang dimateraikan dengan Sakramen Baptisan, serta mendengar pengakuan dan janji yang telah dinyatakan, maka kami meneguhkan saudara dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, sebagai warga Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat, yang dewasa secara Iman.

Kami mengundang saudara untuk ikut ambil bagian dalam Sakramen Perjamuan, dan mengingatkan kembali akan tanggung jawab penuh saudara, dalam rangka pembangunan Tubuh Kristus.

PENUMPANGAN TANGAN

--- Sidi baru berlutut /Jemaat berdiri ---

P.F. Hiduplah menurut pengakuan dan janjimu; lakukanlah tanggung jawabmu dan terimalah berkat Tuhan :

Allah Bapa, Sumber Kasih Karunia yang telah memanggil kamu dalam Tuhan Yesus Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu dengan kuasa Roh Kudus.

Umat 1 . 7 . / 1 . A - min

duduk --- PF mengangkat warga Sidi baru diiringi instrumentalia ---

PERKENALAN

P.F. Sambutlah saudara-saudara ini sebagai warga Sidi Gereja, yang telah menjadi satu kesatuan dalam persekutuan untuk pembangunan Tubuh Kristus.

NYANYIAN SIDI BARU: GB. 114 : 1 ”DISETIAP JANJIKU”

Di setiap janjiku dan setiap doaku, juga langkah imanku. Tuhan bersamaku. Tiap gunung kutempuh, harapanku pun teguh, rahmat Tuhan beserta untuk selamanya.

Ref. : Tuhan b’ri anug’rahNya, Tuhan b’ri kuasaNya

Kristuslah di dalamku, Aku menang Anug’rahNya. Every promise we can make, every prayer and step of faith Every diff’rence we will make is only by His grace

Every mountain we will climb, every ray of hope we shine Every blessing left behind is only by His grace

Ref. : Grace alone which God supplies. Strength unknown He will provide

Christ in us, our Cornerstone. We will go forth in grace alone

(P.F. kembali ke mimbar)

--- Penyerahan Alkitab dan Surat Sidi/Baptis ---

(7)

PADUAN SUARA SIDI BARU : HOW GREAT IS OUR GOD

PENGUCAPAN SYUKUR

P.4. Saudara-saudara persembahan yang kita berikan adalah lambang persembahan diri kepada Allah.

Marilah kita berikan yang terbaik kepada-Nya sebab yang terbaik sudah Ia kerjakan bagi kita. Persembahan yang saudara berikan dapat menopang jalannya pelayanan. Dengarlah nas Alkitab dalam 2 Korintus 9: 7 yang menyatakan “Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang

yang memberi dengan sukacita.” Bagi Bapak/Ibu/Saudara/i yang akan memberi persembahan

persepuluhan, persembahan syukur khusus dan persembahan pengadaan/pemeliharaan harta milik gereja dapat memberikannya ke kotak khusus yang sudah tersedia di depan dan di belakang. Guna menunjang dana pelayanan, dalam setiap Ibadah Hari Minggu disediakan Amplop Persembahan Dana Pelayanan yang terdapat dalam Warta Jemaat dan dapat dimasukkan ke dalam kotak khusus yang sudah tersedia

Tuhan memberkati saudara dan persembahan saudara.Sebelum memberi persembahan, mari bernyanyi: PKJ. 148 : 1-4 “T’RIMA KASIH YA TUHANKU”

Kantoria

Laki-laki T’rima kasih atas waktu yang Dikau tawarkan padaku, agar dalam masa muda aku belajar tentang kasihMu, yang besar dan mulia itu, yang besar dan mulia itu.

(Saatnya memberi persembahan dengan diiringi instrumen piano/organ)

Perempuan ’Kan kupakai waktu itu melakukan tanggung jawabku dan menolong sesamaku menurut firman serta karyaMu, kar’na itu makna kasihMu,kar’na itu makna kasihMu. Umat Puji syukur kuucapkan atas waktu yang Kauciptakan.

Kutaati, kuhargai di dalam kata dan perbuatanku, agar nyata hidup beriman, agar nyata hidup beriman.

DOA SYUKUR

P.4. Mari berdiri untuk menyerahkan persembahan ini kepada Tuhan dalam doa syukur :

Ya Tuhan, kasihMu setinggi langit dan setiaMu sampai ke awan-awan. Seluruh hidup kami dipenuhi dengan kasihMu dan melimpah dengan berkatMu. KepadaMu kami serahkan persembahan ini sebagai tanda setia kami untuk selalu hidup di dalam kasihMu. Dalam nama Yesus, terimalah syukur kami:

(8)

Umat YA KRISTUS, TUHAN KAMI, KAMI BERSYUKUR DAN MEMUJI NAMAMU KARENA ENGKAU SELALU SETIA DAN MENGASIHI KAMI. TERIMALAH TANDA KASIH KAMI MELALUI PERSEMBAHAN INI, YA TUHAN, SERTA URAPI PRESBITER AGAR MENGELOLA DAN MENGGUNAKANNYA SESUAI KEHENDAKMU DAN UNTUK PEKERJAAN MEMULIAKAN NAMAMU. AMIN.

duduk

PADUAN SUARA/VOKAL GRUP

IV. PENGUTUSAN

WARTA JEMAAT (P.6.)

berdiri

AMANAT PENGUTUSAN

P.F. Pergilah dengan damai sejahtera untuk meneruskan pelayanan Tuhan melalui keluarga, persekutuan dan aktivitas sehari-hari. Mari berdiri dan menyanyi dari ……..

NYANYIAN UMAT : KMM. 144 : 1-2 “DIA KRISTUS”

Kantoria Umat

(9)

BERKAT

P.F. ………

Umat (KMM. 167 “AMIN”)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :