LEGAL MEMORANDUM TERHADAP DUGAAN PEMALSUAN KOMPOSISI DAN PENAMBAHAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN PEWARNA MELEBIHI AMBANG BATAS MAKSIMAL YANG DILAKUKAN OLEH INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN YANG MEMPRODUKSI SAUS.

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

v ABSTRAK

LEGAL MEMORANDUM TERHADAP DUGAAN PEMALSUAN KOMPOSISI DAN PENAMBAHAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN

PEWARNA MELEBIHI AMBANG BATAS MAKSIMAL YANG DILAKUKAN OLEH INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN YANG

MEMPRODUKSI SAUS CABAI MEREK INDOSARI DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 18

TAHUN 2012 TENTANG PANGAN Yans Adityo Triantoro

110110100391

Konsumen dalam hal ini masyarakat harus dilindungi dilindungi dari berbagai makanan yang tidak aman dan merugikan konsumen. Hak atas keamanan dan keselamatan dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan dalam penggunaan barang yang diperolehnya, sehingga konsumen dapat terhindar dari kerugian baik secara fisik maupun psikis apabila mengkonsumsi suatu produk. Berdasarkan hal tersebut penulis berusaha mengkaji dan menganalisis terkait pertanggungjawaban pidana pelaku usaha (pemilik) dan pegawai yang diduga terlibat melakukan perbuatan curang dalam hal pemalsuan komposisi dan penambahan bahan pewarna melebihi ambang batas maksimal serta tindakan hukum yang dapat dilakukan oleh pihak penyidik dalam menangani kasus perbuatan curang dari pelaku usaha tersebut.

Penulisan hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang menitikberatkan penelitian terhadap data kepustakaan. Sedangkan penelitiannya bersifat deskriptif analitis, yaitu memberikan gambaran data selengkap dan secermat mungkin mengenai objek permasalahan sebagai hasil studi kepustakaan berbagai literatur, perundang-undangan, serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan pembahasan didalam penulisan studi kasus ini.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha (pemilik) yaitu Edi alias Tjan Ket dan pegawai pengawas yaitu Randi Rustandi (turut serta melakukan) dapat dimintakan pertanggungjawaban secara pidana. Terkait tindakan hukum yang dapat dilakukan oleh Penyidik Polrestabes Bandung yaitu mendatangkan saksi ahli dalam hal ini Dinas Kesehatan kota Bandung,

melakukan penetapan tersangka, melakukan penangkapan dan

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : bentuk korupsi perbuatan curang