Teks penuh

(1)

Jenis dan cara penggunaan Alat Pemadam

Api Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) itu adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api yang biasanya terjadi dalam lingkup kecil. seperti kebakaran pada area perkantoran, sekolah, rumah sakit, pabrik dan rumah. alat ini bersifat portabel, mudah dibawa dengan tangan. biasanya ditempatkan pada lokasi yang strategis sehingga mudah diakses saat dibutuhkan seperti di Lobby, dekat Lift, dan Ruang Tengah.

secara umum, untuk mencegah kebakaran yang lebih besar terjadi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini sering digunakan. nah, alat yang dipake juga sebaiknya sesuai dengan klasifikasi kebakaran yang terjadi. selain agar api yang menyala cepat dipadamkan, juga untuk memperingan dampak lingkungan yang terjadi pasca kebakaran tersebut. klasifikasi kebakaran menurut wiki secara garis besar dibagi jadi kayak gini sob:

 Tipe A : Komponen yang terbakar seperti kayu, plastik, kertas dan lainnya.

 Tipe B : Komponen api dari Gas, bensin, cairan kimia, solar dll.

 Tipe C : Kalo tipe ini biasanya dari komponen-komponen alat elektronik, komputer, radio, genset.

 Tipe K : Kebakaran yang terjadi di area dapur, dari alat memasak, gas, minyak dll.

(2)

1. Air (Water Fire Extinguisher)

2. Tepung Kimia (Dry Chemical Powder)

3. Busa (Foam Liquid AFFF)

4. CO2 (Carbon Dioxide)

Kalo Tipe A, cocok dipadamkan dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang menggunakan media Air. dari alat tersebut mempunyai tekanan terpusat yang dapat langsung diarahkan oleh operator ke titik api untuk memudahkan pemadaman.

APAR Powder bisa digunakan untuk memadamkan api dari kategori tipe A, B, C, sifat bubuk bisa mengurangi dampak bahaya listrik. Cairan mudah yang terbakar atau gas.

Untuk APAR Foam (busa) sangat efektif untuk memadamkan kebakaran tipe A, dan B. karena busa akan menahan uap dan mencegah api kembali timbul setelah dipadamkan. APAR CO2 (Karbon Dioksida) berjodoh digunakan untuk api dari rangkaian elektronik. sifat dari CO2 tidak merusak komponen yang kecil dan cocok digunakan untuk lingkungan seperti kantor.

Cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

1. Berdoa, Ambil Alat pemadam dengan tenang, kocok dulu dikit biar tegang. maksud saya

untuk menaikkan tekanan dalam tabung.

2. Tarik kunci pengaman, arahkan selang pada sumber api. 3. Tekan tuas untuk mengeluarkan media yang ada pada tabung alat pemadam api.

Tips yang perlu diperhatikan dalam memadamkan api menggunakan APAR antara lain:

(3)

melakukan pengecekan secara berkala kondisi tabung dari korosi (karat) kebersihan dan tekanan udara. dilihat pada panel atas indikator tekanan, jika jarum masih berada pada jalur hijau berarti kondisi tekanan dalam tabung masih bagus.

Tanggalkan alat keselamatan dari pemadam apiTanggal, Acu, Tekan dan Sembur atau Pull, Aim, Squeeze and Sweep(PA SS).

1. Pastikan alat pemadam api ditegakkan.

2. Tanggalkan alat keselamatan yang dilengkapkan yaitu kunci valve (Pen).

 Acukan muncung alat (Nozle) ke pangkal api

1. Acukan muncung alat pemadam api ke pangkal api.

2. Pastikan anda berada pada jarak kira-kira 1 hingga 1.5 meter dari api.

 Tekan tukil atas alat pemadam.

1. Tekan tukil atas alat pemadam

2. Apabila api sudah dipadamkan, buka semua pintu dan buka jendela agar supaya udara segar masuk.

3. Buka semua Jendela agar udara segar dapat masuk

 Gunakan cara menyapu ketika penyemburan dilakukan pada seluruhan bagian api.

 Semburkan ke arah api dengan cara menyapu (sweep)

Kode Warna Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat pemadam kebakaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ketentuan keselamatan kebakaran untuk bangunan apapun dan penting untuk memastikan bahwa jenis pemadam kebakaran yang tepat dipasang dan dikelola dengan baik.

Alat pemadam kebakaran yang memenuhi kebutuhan standar BS EN3 diproduksi dengan tabung merah dan memiliki kode warna meliputi antara 5-10% dari permukaan yang berkaitan dengan isi pemadam itu. Setiap jenis yang berbeda dari isi pemadam memiliki pembuatan warna sesuai identifikasi agar lebih mudah bagi pengguna.

Berikut ini adalah Klasifikasi dari masing-masing isi pemadam dan warna yang sesuai standar internasional.

(4)

Warna dasar biru dan tulisan berwarna putih.

Alat Pemadam AFFF Foam AFFF FOAM

Warna dasar krem dan tulisan berwarna merah.

Alat Pemadam CO2 CARBON DIOXIDE

Warna dasar hitam dan tulisan berwarna putih.

(5)

Alat Pemadam Water WATER

Warna dasar merah dan tulisan berwarna putih.

Alat Pemadam Wet Chemical WET CHEMICALS

Warna dasar kuning dan tulisan berwarna merah.

Alat Pemadam Clean Agent (Halon Free) CLEAN AGENT

(6)

6 sumber api abadi yang belum pernah Anda ketahui ini mungkin belum Anda baca sebelumnya. Meskipun api alami ini terlihat sebagai fenomena alam yang jarang terlihat, tetapi api ini sama saja dengan api alami yang ada dibawah tanah. Biasanya berbahan bakar batu bara, gas, ataupun minyak yang teresap dari bawah tanah ke permukaan, api alami yang akan dijelaskan dibawah ini terus-menerus terbakar selama bertahun-tahun.

Gunung Chimaera

Gunung Olympos, yang ada didekat kota Antalya, Turki ini ini terkenal dengan api gas alami, dan juga terkenal karena cerita mitos Chimera.

(7)

Jharia Coalfield

Jharia, India adalah salah satu tempat tambang batu bara terbesar di dunia. Paling tidak 70 tambang batu bara berbeda ada pada tempat ini, menghasilkan ratusan ton karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfir setiap tahunnya.

Pada tahun 1995, sebuah kecelakaan terjadi yang menyebabkan dinding tambang ini rubuh, membanjiri tambang, dan membunuh 78 pekerja.

Burning Mountain

Burning Mountain (Gunung Wingen) yang berada di dekat Wingen, New South Wales, Australia ini mungkin muncul karena petir atau pembakaran spontan. Tidak ada satupun yang mengetahui sebabnya, karena gunung ini telah terbakar selama paling tidak 6.000 tahun, dan dipercaya telah menjadi api batu bara terlama di dunia.

(8)

Gua Air dan Api

Taiwan memiliki beberapa gunung berapi lumpur yang paling luar biasa, serta mata air alami terbaik di dunia. Karena faktor geologis, gunung berapi lumpur ini memproduksi gas metana. Di dekat Kuil Biyun, ada tempat yang bernama Gua Air dan Api. Meskipun tidak berbentuk gua sama sekali, melainkan mata air dan kolam kecil air dimana gas metana menyembur pada permukaan kolam ini. Gas metana ini menghasilkan api yang tak ada hentinya, seperti yang dideskripsikan pada gambar diatas.

Sejarah lokal menceritakan bahwa tempat ini ditemukan oleh seorang pendeta pada tahun 1701, yang berarti api ini telah ada sekitar 300 tahun.

Mrapen

(9)

Api Abadi Baba Gurgur

Terletak ditengah-tengah suatu ladang minyak di Irak, terdapatlah api abadi Baba Gurgur yang terbuat dari gas alami yang merembes melalui bebatuan. Legenda mengatakan bahwa api tersebut digunakan untuk menghangatkan biri-biri yang seorang pengembara saat musim dingin. Satu legenda lain mengatakan bahwa wanita hamil yang mengunjungi api ini akan mendapatkan anak laki-laki.

Selama ratusan tahun, penduduk lokal menggunakan aspal alami Baba Gurgur untuk rumah, jalanan, dan hal lainnya. Api ini dapat terlihat meskipun berkilo-kilo jauhnya, dan

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Unduh sekarang (9 Halaman)
Related subjects : Pemadam Api Alat Pemadam Api