PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN TARIF ANGKUTAN UMUM DENGAN PENGGUNAAN GMAP BERBASIS ANDROID

Teks penuh

(1)

PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN TARIF

ANGKUTAN UMUM DENGAN PENGGUNAAN GMAP

BERBASIS ANDROID

APPLICATION DESIGN OF PUBLIC TRANSPORT TARIFF CALCULATION BY USING GMAP ON ANDROID BASIS

Muhammad Rifa’i 1,Ratih Puspasari 2,Elida Tuti Siregar 3 1

Jurusan Tehnik Informatika Universitas Potensi Utama

2,3

Dosen Jurusan Tehnik Informatika Universitas Potensi Utama

1,2,3

Universitas Potensi Utama, K.L. Yos Sudarso Km. 6,5 No. 3 – A Tanjung Mulia - Medan Email :rhifay24@gmail.com1, ratih@potensi-utama.ac.id2, elida@potensi-utama.ac.id3

ABSTRAK

Dengan perancangan sebuah aplikasi perhitungan tarif angkutan umum dengan penggunaan gmap berbasis android memudahkan penumpang untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dimasa sekarang ini media informasi dengan dukungan teknologi sangat dibutuhkan terlebih dengan teknologi yang semakin modern memudahkan pihak pengguna untuk saling mencari informasi. Perkembangan teknologi dapat di rasakan dengan semakin banyak layanan berbasis website dan aplikasi android yang memudahkan pihak pengguna dengan hanya menggunakan jaringan computer atau media internet. Dengan dukungan media informasi yang telah berkembang maka banyak pengguna yang merasakan perkembangan tersebut. Pada saat era modern sekarang angkutan umum ternyata masih diminati oleh berbagai kalangan sehingga, untuk memudahkan pengguna angkutan umum mendapatkan informasi mengenai jarak dan tarif perlu adanya pengembangan dan pembangunan system baru. Pengembangan dan pembangunan sebuah system baru dapat membantu seorang pengguna angkutan umum untuk melihat informasi detail angkutan umum tersebut yaitu system baru yang dirancang khusus untuk melihat rute angkutan, no angkutan, jarak angkutan, dan tarif angkutan yang harus di bayar dengan berbasis gmap pada aplikasi android.Dengan media mobile phone pengguna angkutan umum dapat mengetahui langsung rute angkutan, no angkutan, jarak angkutan, dan tarif angkutan, cukup dengan menjalankan aplikasi perhitungan tarif angkutan umum dengan penggunaan gmap berbasis android.

Kata Kunci: Angkutan Umum, Tarif, GMAP, Android

ABSTRACT

With the design of an application calculation of public transportation rates with the use of android-based gmap allows passengers to use the application. In the present era of information media with the support of technology is needed especially with the more modern technology allows the user to seek each other information. Technological developments can be felt with more and more website-based services and android applications that facilitate the user by simply using a computer network or internet media. With the support of information media that has developed so many users who feel the development. At the present era of modern public transport is still in demand by various circles so that, to facilitate the public transport users get information about the distance and tariffs need the development and construction of new systems. The development and construction of a new system can help a public transport user to see detailed information on the public transport, a new system specially designed to see transport routes, transport numbers, transport distances, and freight rates to be paid on a android-based basis. With mobile phone media users of public transport can know the direct route of transportation, no transport,

(2)

transportation distance, and tariff transport, simply by running the application of the calculation of public transportation rates with the use of android-based gmap.

Keywords: Angkutan Umum, Tarif, GMAP, Android

1. PENDAHULUAN

Angkutan umum merupakan sarana yang sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Sarana ini terutama digunakan oleh sebagian besar masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah untuk menunjang aktivitas sehari-hari, sehingga mobilitas jasa angkutan umum ini dirasakan sangat penting keberadaannya. Sebagai elemen dalam suatu sistem sarana transportasi, angkutan umum idealnya mampu menjangkau setiap wilayah dan juga mampu memberikan pelayanan baik kepada masyarakat. Khususnya berlaku untuk angkutan antar kota yang berfungsi untuk menghubungkan satu kota dengan kota lain. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik maka tingkat pelayanan merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan oleh pengusaha angkutan ataupun pengelola sistem angkutan umum (pemerintah). Tingkat pelayanan tersebut meliputi frekuensi pelayanan, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Perbaikan tingkat pelayanan berarti memperhatikan pengguna, akan tetapi pada sisi lain berarti memperbesar biaya operasi kendaraan.

Peningkatan pelayanan angkutan umum di suatu daerah khususnya Medan, ditandai dengan meningkatnya jumlah armada angkutan umum untuk beberapa trayek tertentu, serta adanya penambahan trayek angkutan umum yang baru. Bagi masyarakat pengguna jasa angkutan umum banyaknya ketersediaan angkutan umum memberikan akses kemudahan dalam mendapatkan angkutan umum. Namun disisi lain banyaknya angkutan umum yang beroperasi mengakibatkan faktor muatan menjadi kecil sehingga berpengaruh pada lamanya waktu perjalanan angkutan umum tersebut, karena pada umumnya pihak penyedia jasa berusaha agar angkutan umum penuh terisi penumpang. Untuk menyediakan suatu sistem pelayanan angkutan umum yang terkoordinasi dan terencana dengan baik diperlukan keseimbangan antara biaya yang dikeluarkan oleh pihak operator (pengusaha angkutan) dalam hal ini biaya operasi kendaraan dengan kemampuan membayar dan kesediaan membayar dari masyarakat sehingga diperoleh tarif yang layak. Selain itu faktor yang harus diperhatikan adalah ketika penumpang akan bepergian ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi atau jarang dikunjungi ketidaktersediaan informasi yang cukup tentang angkutan mana yang akan dinaiki dan dengan harus membayar berapa untuk tarif ongkosnya menuju tempat tersebut seringkali menjadi sebuah kendala bagi si penumpang karena bisa saja penumpang tersebut salah naik angkutan dan supir memberikan tarif ongkos yang lebih mahal dan juga sicalon penumpang akan merasa kesulitan untuk jalur tercepat yang bisa dilalui untuk mencapai tempat tujuannya sehingga akan memakan waktu yang lebih lama.

Saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat bahkan tidak terbendung lagi. Salah satu teknologi tersebut adalah Smartphone (Android). Android merupakan Operating System yang baru dikalangan pengguna dunia seluler yang bersifat Open Source dan gratis sehingga bisa dikembangkan aplikasi-aplikasi didalamnya. Smartphone (Android) akan memberikan dampak baik bagi penggunannya apabila ditunjang dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung pengguna untuk melakukan atau mencari suatu tempat atau lokasi. Karena dengan aplikasi pendukung, pengguna dapat lebih menghemat waktu dan lebih efisien selain itu juga dapat memberikan gambaran teknologi masa depan yang sedang berkembang saat ini, untuk itu smartphone akan menjawab teknologi yang akan berkembang dimasa yang akan datang. Dalam hal ini informasi sangatlah penting. Setiap orang memerlukan info angkutan kota untuk menuju lokasi yang diinginkan. Namun informasi mengenai ini semua terkadang sulit didapatkan. Untuk memudahkan dan mendapatkan informasi angkutan umum ketempat tersebut diperlukan setidaknya Smartphone agar bisa memudahkan dan terintegrasi dengan aplikasi yang dibuat. Dari permasalahan yang ada penulis termotivasi untuk membuat sebuah

(3)

aplikasi yang dapat membantu para konsumen atau pengguna jasa angkutan umum untuk bisa mengetahui jenis angkutan umum dan rute mana saja yang akan ditempuh.

2. METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Perancangan Aplikasi Perhitungan Tarif Angkutan Umum Dengan Penggunaan GMAP Berbasis Android. Pada penelitian ini dilakukan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu : studi lapangan dan studi pustaka, analisis sistem, perancangan sistem, pengembangan sistem, pengujian sistem, verifikasi dan validasi sistem, revisi dan review sistem, uji coba sistem, dan analisis hasil.

Pada kondisi yang berjalan saat ini pengguna angkutan umum tidak mengetahui dengan pasti berapa besaran ongkos yang dibutuhkan untuk melakukan satu perjalanan sesuai dengan rute yang ditempuhnya. Secara umum perhitungan ongkos hanya berdasar perkiraan rute tempuh, dan telah pula menjadi ketetapan dari pengelola angkutan umum bahwa untuk rute tujuan yang dekat akan akan memiliki harga per estafet, dimana jarak satu estafet dengan estafet yang lain akan memiliki panjang rute yang berbeda.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas diperlukan sebuah aplikasi yang dapat melakukan perhitungan ongkos angkutan dengan tepat yang disesuaikan dengan tarif per estafet yang telah ditentukan oleh pengelola angkutan, perhitungan jarak tempuh atau rute dihitung berdasarkan peta google sehingga akan terlihat jelas titik awal dan titik akhir atau tujuan dari pengguna.

a. Usecase Diagram

Secara garis besar, bisnis proses sistem yang akan dirancang digambarkan dengan usecase diagram yang terdapat pada Gambar 1 :

(4)

b. Activity Diagram

Gambar 2. Activity Diagram Pengguna

c. Sequence Diagram Pengguna

Gambar 3. menampilkan seluruh proses yang berlangsung pada sisi pengguna aplikasi.

Gambar 3. Sequence Diagram Cari Rute d. Sequence Diagram Menu

Validasi Pencarian lokasi dengan gmaps

Gagal Lokasi didapatkan Silahkan isi lokasi awal dan tujuan Masuk Ke Menu Utama Tidak sesuai dengan format jalan

User Form input

lokasi Proses cari

Form menampilkan jarak dan harga

(5)

Gambar 4. Sequence Diagram Menu Aplikasi

3. HASIL DAN PEMBAHASAN 1. Hasil

Aplikasi Perhitungan Tarif Angkutan Umum ini dapat memberikan informasi singkat mengenai tarif dan angkot yang dapat digunakan untuk menuju tujuan tertentu, pada pengguna aplikasi hanya perlu menentukan titik awal keberangkatan dan titik tujuan keberangkatan pada form yang telah disediakan, data titik awal dan akhir akan diproses dan menghasilkan rute yang langsung ditampilkan dalam peta google.

Aplikasi ini menggunakan layanan API dari google, diantaranya adalah Google API Direction, Google Maps API dan Google API Geolocation, ketiga API google ini berperan penting dalam proses menampilkan peta google, kalkulasi karak dan marker yang dipergunakan didalam peta.

(6)

a. Tampilan Halaman Utama

Gambar 5. Tampilan Halaman Utama

Tampilan gambar 5. menampilkan tampilan halaman utama, dimana pada halaman tersebut memberikan informasi singkat mengenai aplikasi perhitungan tarif angkot.

b. Tampilan Halaman Menu

Gambar 6. Tampilan menu

Tampilan gambar 6. adalah merupakan tampilan awalan dari aplikasi atau tampilan home, dimana tampilan ini memiliki menu slide yang terdapat pada bagian sebelah kiri dari aplikasi, adapun menu-menu yang terdapat pada halaman ini adalah home, panduan, cari angkot dan about me .

(7)

c. Tampilan Halaman Panduan

Gambar 7. Tampilan Panduan

Tampilan pada gambar 7. adalah tampilan dari halaman panduan yang memberikan informasi singkat mengenai cara penggunaan dari aplikasi perhitungan tarif angkot.

d. Tampilan Halaman Cari Angkot

Gambar 8. Tampilan Halaman Cari Angkot

Tampilan gambar 8. adalah tampilan halaman pencari angkot, pada tampilan ini pengguna harus memasukan lokasi awal keberangkatan dan lokasi tujuan dari keberangkatan, kedua variable input tersebut akan diproses dan ditampilkan pada peta google berupa marker A dan B berikut dengan rute serta saran dari angkutan yang dipergunakan.

(8)

e. Tampilan Halaman About Me

Gambar 9. Tampilan Beranda Pembuat

Tampilan halaman about me seperti yang telihat pada gambar 9. adalah tampilan halaman yang memuat informasi singkat mengenai pembuat aplikasi.

1. Uji Coba Hasil

Dalam perancangan aplikasi perhitungan tarif angkutan umum dengan penggunaan gmap berbasis android ini dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus di penuhi dalam pembuatan aplikasi, Adapun kebutuhan tersebut sebagai berikut:

1. Perangkat komputer (Laptop) dengan spesifikasi Intel Core I3, Memory 4 Gb dan VGA standart, Sistem operasi Windows 7.

2. Perangkat Smartphone Berbasis Android dengan minimum menggunakan OS. Android VI.0 (Ice Cream Sandwith), RAM minimal 512 Mb.

Kebutuhan Software

Adapun software yang dibutuhkan dalam pembuatan Aplikasi ini adalah sebagai berikut: 1. NodeJS

2. Cordova Plugin

3. Adobe Dreamweaver CS6. 4. Web Google Chrome

Tahap ini merupakan tahap dimana akan melakukan sebuah skenario pengujian terhadap sistem yang telah dibangun. Adapun skenario pengujian sistem yang dilakukan ialah dengan menggunakan metode pengujian sistem berupa black box testing.

Pengujian black box (black box testing) adalah salah satu metode pengujian perangkat lunak yang berfokus pada sisi fungsionalitas, khususnya pada input dan output aplikasi (apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum). Tahap pengujian atau testing merupakan salah satu tahap yang harus ada dalam sebuah siklus pengembangan perangkat lunak (selain tahap perancangan atau design). Berikut pengujian sistem dengan metode black box testing yang disajikan pada tabel pengujian black box berikut ini:

(9)

Kelebihan dan Kekurangan a. Kelebihan

Adapun yang menjadi kelebihan dari sistem yang akan dirancang yaitu : 1. Aplikasi mudah dipergunakan dan dipahami oleh pengguna.

2. Aplikasi tidak menggunakan memory yang besar untuk menjalankannya. 3. Menggunakan peta google memiliki informasi yang sangat lengkap. 4. Tampilan aplikasi yang responsive dan menarik.

b. Kekurangan

Adapun kekurangan dari program yang penulis rancang ini antara lain :

1. Aplikasi tidak menggunakan database, sehingga tidak ada histori dari setiap pencarian yang telah dilakukan.

2. Informasi yang diberikan hanya mengenai tarif dan jalur yang ditempuh.

3. Hanya memberikan info mengenai angkot dan tidak ada pilihan untuk transportasi lainnya.

4. KESIMPULAN

Penulis menyimpulkan poin-poin yang menjadi kesimpulan dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Tarif Angkutan Umum Dengan Penggunaan GMAP Berbasis Android. Adapun kesimpulan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan program Android Studio dan HTML.

2. Perancangan aplikasi perhitungan tarif angkutan umum dapat menginformasikan kepada user berapa jarak dan biaya yang akan dikeluarkan untuk menaiki angkutan umum dan juga dapat memberitahukan kepada user untuk naik angkot nomor berapa.

No Skenario

Pengujian

Hasil yang diharapkan Hasil

Pengujian

Kesimpulan

1 Buka

Aplikasi Android

Aplikasi akan membuka aplikasi android dan menuju menu utama

Sesuai dengan yang diharapkan Valid 2 Klik Menu Home

Aplikasi akan memproses Link

Dan akan muncul info mengenai aplikasai E-Angkot Sesuai dengan yang diharapkan Valid 3 Klik Button Panduan

Aplikasi akan memproses Link

Dan akan muncul tata cara penggunaan dari aplikasi E-Angkot Sesuai dengan yang diharapkan Valid 4 Klik Cari Angkot

Aplikasi akan memproses Link dan akan muncul form inputlokasi awal

dan tujunan Sesuai dengan yang diharapkan Valid 5 Form Tampil Jarak dan Harga Aplikasi akan menampilkan textbox jarak dan harga setelah

lokasi awal dan akhir sudah di input Sesuai dengan yang diharapkan Valid 6 Klik About Me Aplikasi akan menunjukkan info tentang penulis Sesuai dengan yang diharapkan Valid Tabel 1. Hasil Pengujian Black Box Testing

(10)

3. Aplikasi perhitungan tarif ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna dengan mengikuti langkah atau prosedur yang ada pada aplikasi.

4. Aplikasi perhitungan tarif angkutan umum ini dapat digunakan siapapun user yang ingin menggunakannya.

5. Aplikasi ini memudahkan penumpang untuk mencari rute angkutan dan tarif yang akan dibayarkan.

5. SARAN

Dalam perancangan ini, penulis juga memiliki saran untuk pengembangan sistem yang dapat berguna bagi pihak yang ingin melakukan perhitungan tarif angkutan umum, pembaca maupun penulis dikemudian hari. Beberapa saran dan masukan yang dirasa perlu untuk dituliskan yaitu sebagai berikut:

1. Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai aplikasi perhitungan tarif angkutan yang dapat digunakan dengan mudah oleh banyak user yang sering menggunakan angkutan umum . 2. Menyediakan sistem pemesanan kepada supir angkutan umum agar user dapat langsung

memesan.

3. Membuat daftar angkutan umum atau rute yang akan dilewati oleh supir angkutan umum sehingga dapat menampilkan informasi yang detail kepada pengguna aplikasi.

4. Menyediakan Sistem database kepada aplikasi perhitungan tarif sehingga dapat menyimpan data log pengguna

5. Seiring dengan perkembangan teknologi mobile, pada pengembangan selanjutnya aplikasi dapat dikembangkan dalam sistem operasi mobile lainnya.

UCAPAN TERIMA KASIH

Penulisan mengucapkan terima kasih kepada Universitas Potensi Utama yaitu Seluruh Dosen Pengajar dan Staff Universitas Potensi Utama.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Catur Wahyu, Heri Sismoro , Analisis dan Perancangan Aplikasi Mobile Panduan Transportasi Berbasis Android di Bali, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

[2] Franklien R. Rattu, dkk, 2013, Pembuatan Aplikasi Tarif yang Optimum Menggunakan Metode Newton,UNSRAT, Manado.

[3] Henny Hendarti, Karim Haryanto, 2009, Analisis Perancangan Sistem Informasi Registrasi dan Keanggotaan Klub, UPN, Yogyakarta.

[4] Nazaruddin Safaat H, , Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung.

[5] Nazaruddin Safaat H, , Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android , Informatika, Bandung.

[6] Novhirtamely, dkk, 2013, Jurnal Informatika Vol 7, No. 2, STMIK Nurdin Hamzah, Jalan Kolonel Abunjani, Sipin, Jambi.

(11)

[7] Sadikin, Rifki, 2012, Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[8] Tri Rahajoeningroem, Muhammad Aria; 2012, Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.8, No. 1, Bandung, Jawa Barat.

[9] Wasino, 2012, Scientific Journal of Informatics Vol. 3, No. 1, Jakarta Barat

[10] Yudha Ardi Nugroho, Moh. Sulhan, Aplikasi Located Based Service Untuk Menunjukkan Trayek Bagi Penguna Angkutan Umum di Kota Malang Berbasis Android, Universitas Kanjuruhan, Malang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :