• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TEMA

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TEMA"

Copied!
19
0
0

Teks penuh

(1)

commit to user

i

PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TEMA

ZAT ADIKTIF DAN KESEHATAN DENGAN

PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR

TESIS

Disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Magister Program Studi Magister Pendidikan Sains

Oleh

Susi Prasetyaningtyas S 831208083

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN SAINS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)
(3)

commit to user

iii

PERNYATAAN ORISINALITAS DAN PUBLIKASI TESIS

Saya menyatakan dengan sebenarnya bahwa:

1. Tesis yang berjudul: “PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU

TEMA ZAT ADIKTIF DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR” ini adalah karya penelitian saya sendiri dan

bebas plagiat, serta tidak terdapat karya ilmiah yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademik serta tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain kecuali secara tertulis digunakan sebagai acuan dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber acuan serta daftar pustaka. Apabila di kemudian hari terbukti terdapat plagiat dalam karya ilmiah ini, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan (Permendiknas No. 17 tahun 2010) 2. Publikasi sebagian atau keseluruhan isi tesis pada jurnal atau forum ilmiah

lain harus seijin dan menyertakan tim pembimbing sebagai author dan Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS sebagai institusinya. Apabila dalam waktu sekurang-kurangnya satu semester (enam bulan sejak pengesahan Tesis) saya tidak melakukan publikasi dari sebagian atau keseluruhan Tesis ini, maka Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS berhak mempublikasikannya pada jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS. Apabila saya melakukan pelanggaran dari ketentuan publikasi ini, maka saya bersedia mendapatkan sanksi akademik yang berlaku.

Surakarta, 8 Januari 2014 Mahasiswa

Susi Prasetyaningtyas S 831208083

(4)
(5)

commit to user

v

MOTTO

Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Q.S. Al Insyirooh: 6)

Semangat tinggi, Usaha maksimal,

Sabar menghadapi cobaan dan Ibadah.

(6)

commit to user

PERSEMBAHAN

Tesis ini penulis persembahkan untuk:

1. Pemimpin, pendamping dan motivator utama, Jaka Sularsa, S.Sos., yang selalu menemani penulis dalam suka dan duka. Pahit getir dan suka cita silih berganti, menghantarkan kami dapat terus bergerak menuju keluwesan dan kedewasaan dalam berumahtangga. Insyaallah tidak mudah putus asa, belajar ikhlas menerima setiap realitas yang menghampiri setiap perjalanan hidup.

2. Bapak H. Maryanto, yang tampil sebagai pemimpin keluarga yang bijaksana dalam mendidik dan mengarahkan anak-anaknya agar menjalankan pilar-pilar kehidupan dengan baik. Ibu Hj. Jamilah yang selalu mendo’akan anak-anaknya agar sukses dan bahagia dalam mencapai setiap cita dan impian.

3. Kedua anak kami: Aulia Early Larsya dan Yumna Fariha Larsya, yang insyaallah cantik-cantik, cerdas-cerdas, rajin beribadah sekaligus tentu menjadi tanggung jawab kami sekeluarga untuk membesarkan dan mendidiknya agar konsisten menjadi manusia berguna.

4. Adik-adik penulis: Heru Setya Purnomo, S.H., S.Th.I. dan Uswatun Khasanah, S.Pd. yang motivasinya membuat penulis senantiasa optimis dalam melakoni kehidupan.

5. Teman-teman Pendidikan Sains Pascasarjana UNS Angkatan September 2012, atas kerjasama dan jalinan erat persaudaraan. Tetap semangat dan jaga ukhuwah

(7)

commit to user

vii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis yang berjudul Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Zat Adiktif dan Kesehatan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar ini dengan baik.

Pada proses penyelesaian tesis ini ada kalanya penulis menemukan kesulitan-kesulitan karena kemampuan penulis yang masih terbatas. Namun berkat bantuan, bimbingan, dan dorongan motivasi yang diberikan dari berbagai pihak kepada penulis, maka akhirnya tesis ini dapat terselesaikan. Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Prof. Dr. H. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret yang telah memberikan fasilitas dalam menempuh pendidikan ini.

2. Dr. M. Masykuri, M.Si., selaku Ketua Program Studi Magister Pendidikan Sains, sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Pertama yang telah berkenan memberikan fasilitas, bimbingan, pengarahan, saran dan motivasi hingga terselesaikannya tesis ini.

3. Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D., selaku Dosen Pembimbing kedua yang telah memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan, serta saran hingga terselesaikannya tesis ini.

(8)

commit to user

4. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd., selaku validator ahli dan materi yang telah memberikan komentar dan saran yang membangun.

5. Drs. Choiru Tanjung, M.Si. dan Herni Budiati, S.Pd., M.Pd., yang membantu penilaian modul untuk teman sejawat.

6. Segenap dosen Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Surakarta, yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

7. Jaka Sularsa, S.Sos., atas ijin, ridlo dan motivasinya.

8. Rekan-rekan mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Minat IPA angkatan September 2012 atas kerjasama dan motivasinya.

9. Pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Akhir kata penulis berharap semoga segala bentuk bantuan yang telah penulis terima akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Penulis sangat berharap segala kritik dan saran dalam menyempurnakan tesis ini. Semoga tesis ini bermanfaat bagi mahasiswa pascasarjana pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

Surakarta, Januari 2014

(9)

commit to user ix DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL ……… PENGESAHAN PEMBIMBING ……….……… PENGESAHAN TIM PENGUJI ……….……… PERNYATAAN ………. MOTTO ……… PERSEMBAHAN ……… KATA PENGANTAR……….. DAFTAR ISI………. DAFTAR TABEL………. DAFTAR GAMBAR………. DAFTAR LAMPIRAN ………. ABSTRAK ……… ABSTRACT ……… i ii iii Iv v vi vii ix xii xiv xvi xviii xix BAB I PENDAHULUAN ...

A. Latar Belakang Masalah………... B. Rumusan Masalah ………. C. Tujuan Penelitian …….……….…. D. Manfaat Penelitian……… E. Spesifikasi Produk……… F. Asumsi dan Keterbatasan……….

1 1 8 9 9 10 10

(10)

commit to user

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ………. A. Kajian teori……….

1. Pembelajaran Terpadu...………. 2. IPA Terpadu…..……….……….. 3. Media Pembelajaran ……… 4. Modul ………... 5. Pembelajaran dengan Pendekatan JAS …..…….. 6. Zat Adikitif dan Kesehatan ………. 7. Penelitian yang Relevan ………..…….... B. Kerangka berpikir ……….…..…. 11 11 11 16 20 22 29 35 54 61 BAB III METODE PENELITIAN ………..

A. Tempat dan Waktu ……….… B. Model Pengembangan ………..…... C. Subjek Penelitian .……..………..….. D. Desain Uji Coba……… E. Jenis Data……….…. F. Instrumen Pengumpulan Data……….…… G. Teknik Analisis Data ………..

63 63 63 69 70 70 71 75 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN …………

A. Deskripsi Data Hasil Penelitian………. B. Pembahasan……… C. Temuan Lapangan……….. D. Keterbatasan Penelitian……….. 80 80 101 119 120

(11)

commit to user

xi

BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN …………. A. Kesimpulan ……… B. Implikasi ……… C. Saran……….. 121 121 121 122 DAFTAR PUSTAKA………. 124 LAMPIRAN………... 129

(12)

commit to user DAFTAR TABEL Halaman Tabel 1.1. Tabel 2.1. Tabel 2.2. Tabel 2.3. Tabel 3.1. Tabel 3.2. Tabel 4.1. Tabel 4.2. Tabel 4.3. Tabel 4.4. Tabel 4.5. Tabel 4.6 Tabel 4.7. Tabel 4.8. Tabel 4.9. Tabel 4.10.

Daya serap materi zat adiktif tahun 2009/2010 s/d 2011/2012 Empat model pembelajaran IPA Terpadu yang potensial untuk diterapkan ……….………...…... Contoh kegiatan siswa dalam penerapan pendekatan JAS Konsentrasi Udara Pernapasan ………….……….. Desain penelitian Control-Group Pre-test Post-test ……….…. Kategori persentase skor dalam skala 4………... Tabel Nilai UNAS IPA SMP N 1 Semin ………..….. Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dipadukan Simbol untuk masing-masing komponen pendekatan JAS …… Hasil validasi modul ………...… Komentar dan saran validator dan perbaikan ……….… Komentar dan saran teman sejawat dan perbaikan ………….… Hasil keterbacaan modul oleh siswa ………...… Ringkasan hasil analisis prestasi belajar pretest kelas baseline konvensional dan kelas modul pendekatan JAS ……….… Ringkasan hasil analisis prestasi belajar posttest kelas baseline konvensional dan kelas modul pendekatan JAS ……….… Rerata nilai psikomotorik kelas baseline konvensional dan modul pendekatan JAS ………...…

7 19 33 47 70 76 81 85 91 93 93 94 97 98 98 99

(13)

commit to user

xiii

Tabel 4.11. Rerata nilai afektif baseline konvensional dan modul

(14)

commit to user DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 2.1. Gambar 2.2. Gambar 2.3. Gambar 2.4. Gambar 2.5. Gambar 2.6. Gambar 2.7. Gambar 2.8. Gambar 2.9. Gambar 2.10. Gambar 2.11. Gambar 2.12. Gambar 2.13. Gambar 2.14. Gambar 3.1. Gambar 4.1. Gambar 4.2. Gambar 4.3.

Sistem pengembangan pembelajaran yang menampilkan interaksi guru, siswa dengan media …... Bagan pengembangan modul ……….... Jenis ekstasi ………... Tanaman Erythroxylon coca penghasil kokain ………. Tanaman Papaver somniverum penghasil morfin ……. (a) daun ganja, (b) lintingan daun ganja ……….... Inhalansia dan solven ……….... Kandungan bahan kimia di dalam sebatang rokok …… Tubuh seorang perokok ………. Alat respirasi manusia ……… Proses menghirup dan menghembus udara …………... Struktur jantung manusia ……….. Gambaran umum sistem kardiovaskuler mamalia …… Kerangka berpikir ……….. Langkah-langkah pengembangan tahapan 4-D ………. Peta Konsep keterhubungan (Connected) ………. Diagram batang gain score kelas baseline

konvensional dan modul pendekatan JAS ……… Diagram batang nilai psikomotorik kelas baseline

konvensional dan modul pendekatan JAS ……… 21 28 38 39 39 40 42 43 45 47 48 50 52 61 64 86 97 99

(15)

commit to user

xv

Gambar 4.4. Diagram batang nilai afektif kelas baseline

(16)

commit to user DAFTAR LAMPIRAN Halaman Lampiran 1 Lampiran 2 Lampiran 3 Lampiran 4 Lampiran 5 Lampiran 6 Lampiran 7 Lampiran 8 Lampiran 9 Lampiran 10 Lampiran 11 Lampiran 12 Lampiran 13 Lampiran 14 Lampiran 15 Lampiran 16 Lampiran 17 Lampiran 18 Lampiran 19 Lampiran 20 Jadwal Penelitian ………. Hasil Ujian Nasional SMP N 1 Semin Tahun 2009/2010 sampai 2012/2013 ……… Kisi Instrumen Analisis Kebutuhan …… ………….. Angket Kebutuhan Siswa ……….. Hasil Angket Kebutuhan Siswa ………. Angket Pengungkap Kebutuhan Guru ……….. Hasil Angket Kebutuhan Guru ……….. Kisi-kisi Validasi Modul ………. Instrumen Validasi Modul ……….. Hasil Penilaian Validator ..……… Soal Try Out ……… Validasi Soal Try Out ……….. Analisis Item soal ……… Kisi-kisi soal Pretest ……… Soal Pretest ………. Angket Keterbacaan Modul ……… Hasil Angket Keterbacaan Modul………. . Silabus Pembelajaran ……… RPP ………. Nilai Pretest, Post-test dan Gain Score ……….

129 130 135 137 140 141 144 146 147 176 178 184 192 195 198 203 204 205 213 227

(17)

commit to user xvii Lampiran 21 Lampiran 22 Lampiran 23 Lampiran 24 Lampiran 25 Lampiran 26 Lampiran 27 Lampiran 28 Lampiran 29 Lampiran 30 Lampiran 31 Lampiran 32 Lampiran 33

Analisis Data Pretest dan Post-test ……… Rubrik Penilaian Ketrampilan Proses Psikomotorik … Hasil Penilaian Aspek Psikomotorik ………. Kisi Angket Afektif ………. Angket Afektif ……… Hasil Angket Afektif ……….. Angket Penilaian Modul Oleh Siswa ………. Hasil Angket Penilaian Modul Oleh Siswa …………. Angket Respon Guru terhadap Modul ……….. Hasil Angket Respon Guru terhadap Modul ……….. Surat Keterangan Penelitian ……… Dokumentasi Penelitian ……….. Modul Zat Adiktif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar……… 228 232 233 235 236 238 239 240 241 243 244 248 250

(18)

commit to user

Susi Prasetyaningtyas. S 831208083. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Zat Adiktif dan Kesehatan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. TESIS. Pembimbing 1: Dr. M. Masykuri, M.Si., II: Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D.. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Menurut KTSP, pembelajaran IPA dilakukan secara terpadu tetapi kenyataannya belum dilakukan. Pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah sehingga siswa belum berpartisipasi aktif. Siswa SMP mulai mencoba hal yang baru yaitu merokok. Rokok mengandung zat adiktif yang mengganggu kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektivitas modul IPA Terpadu tema zat adiktif dan kesehatan dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D (four-D model) oleh Thiagarajan (1974: 5) yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian diawali dengan pembuatan draf modul. Draf modul divalidasi oleh ahli materi dan teman sejawat kemudian direvisi menjadi draf modul 1. Draf modul 1 diujicobakan secara terbatas kemudian direvisi menjadi draft modul II. Draf modul II diujicobakan pada kelas sesungguhnya yaitu 1 kelas baseline konvensional dan 1 kelas modul pendekatan JAS kemudian direvisi menjadi modul produk akhir. Modul kemudian disebarkan ke guru IPA untuk mendapat umpan balik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul hasil pengembangan adalah sangat baik untuk kelayakan isi (87,5%), pendekatan (91%), keterpaduan (87,5%) ,bahasa (81%), penyajian (86%) dan kegrafikan (86%). Hasil N-Gain untuk kelas baseline konvensional adalah 0,219 dan modul pendekatan JAS adalah 0,379 menunjukkan bahwa modul memiliki efektivitas lebih tinggi dibandingkan bahan ajar di sekolah. Uji t posttest menunjukkan bahwa hasil belajar kelas modul pendekatan JAS lebih baik dibandingkan baseline konvensional. Hasil komentar guru pada tahap penyebaran adalah modul bagus dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Persentase rerata penilaian adalah 83,21% dengan kriteria sangat baik.

Kata kunci: pengembangan, modul, IPA Terpadu, zat adiktif dan kesehatan, Jelajah Alam Sekitar.

(19)

commit to user

xix

Susi Prasetyaningtyas. S 831208083. 2014. Development of The Integrated IPA Module with The Theme of Addictive Substances and Health with Natural Around Exploring Approach (JAS). THESIS. Advisor I: Dr. M. Masykuri, M.Si., II: Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D.. Study Program of Science Education Magister, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta.

ABSTRACT

Natural Science, in accordance with KTSP (School-Based Curriculum) is done integrally but the fact in it is not. The learning is still teacher center and conducted in lecturing method so the active participation of the students was not shown. Junior High School student’s begin to try new things, one of them is smoking. Cigarettes are an addictive substance can harm the health. This research aims to determine the development, feasibility and effectiveness of the integrated IPA module with the theme of addictive substances and health with natural around exploring approach (JAS).

This research is a development research referring to the four-D by Thiagarajan (1974: 5), namely define, design, develop, and disseminate. The research begins module draft. This module draft is validated by the subject matter experts and colleagues and then revised to become the module draft 1. Module draft 1 is tested limitedly toward 10 junior high school students and then revised to become module draft II. Module draft II is tested on the real class on one class conventional baseline and one class module JAS approach and then revised to become modules final product. This module then distributed to IPA teachers to get feedbacks.

The results showed that the quality of module are very good for the feasibility of the content (87,5%), approach (91%), integration (87,5%), language (81%), presentation (86%) and graphical (86%). N-Gain for conventional baseline is 0,219 and module with JAS approach is 0,379. It’s showed that module has higher effectiveness than the learning materials at schools. Based on t-test posttest show module class better than conventional baseline class. The comments of teachers in the disseminate phase, module is good and can be used as a learning process. The modul assessment was 83,21%, including good criteria. Keywords : development, module , Integrated Science , addictive substances and

Gambar

Tabel Nilai UNAS IPA SMP N 1 Semin …………………..…..
Tabel 4.11. Rerata  nilai  afektif baseline konvensional  dan  modul  pendekatan JAS ……………………………………………..… 100
Diagram  batang  gain  score  kelas  baseline konvensional dan modul pendekatan JAS ……………
Gambar  4.4. Diagram  batang  nilai  afektif  kelas  baseline konvensional dan modul pendekatan JAS …………… 100

Referensi

Dokumen terkait

Value Chain merupakan rantai nilai yang dapat mengetahui kekuatan perusahaan, keuntungan dan kesuksesan dari rantai aktivitas dalam perusahaan atau industri

Pada evaluasi struktur model level dua dengan koefisien acak diperoleh hanya variabel penjelas S 1 (pendidikan guru kelas) berpengaruh signifikan terhadap β 0jk

Mengenai kebenaran beliau, Hadrat Masih Mau'ud ‘alaihis salaam menulis: 'Aku melihat bahwa orang yang mau mengikuti alam dan hukum alam telah diberikan kesempatan bagus oleh

Pemilihan bahan bakar metabolisme lemak pada intensitas latihan yang rendah (kurang dari 30% VO2 max) sangat dominan sedangkan metabolisme karbohidrat akan dominan pada

Pada pemeriksaan CT scan tampak massa inhomogen di nasofaring bilateral, dengan perluasan ke kavum nasi bilateral terutama sinistra, mendeviasi dan mendestruksi septum

Relasi ini digunakan apabila terdapat dua atau lebih aktor melakukan hal yang sama (use case yang sama). Use case tersebut kemudian dipisahkan dan dihubungkan dengan

P SURABAYA 03-05-1977 III/b DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH RSUD Dr.. DEDI SUSILA, Sp.An.KMN L SURABAYA 20-03-1977 III/b ANESTESIOLOGI DAN

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas berkah dan rahmatnya serta karunia dan anugrah yang luar biasa dalam hidup saya hingga detik ini,