Pengertian Transportasi dan Geografi Men

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

Pengertian Transportasi dan Geograf

Menurut KBBI Transportasi adalah

pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan

menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut KBBI, Geograf adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fsik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geograf berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("tulisan", atau

"menjelaskan"). Pengertian Geograf Transportasi

 Transportasi geograf: studi tentang peran transportasi dalam geograf, termasuk pola dan model transportasi, studi kuantitatif dari pergerakan barang dan orang, dan hubungan antara transportasi dan faktor geografs lainnya.

Hubungan dan Pengaruh letak geografs

 Kegiatan transportasi memiliki hubungan erat dengan kondisi fsik suatu daerah. Pada daerah dataran tinggi ongkos transportasi relative mahal karena medan yang berbukit, tanjakkan, dan banyak berbelok-belok, berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar.

 Keterhubungan antar wilayah menunjukan hubungan dua arah atau timbal balik antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

 Lingkungan fsik tempat hidup yaitu dataran tinggi, dataran rendah dan pantai

merupakan kondisi yang menyulitkan penduduk sehingga dibutuhkan adanya transportasi.

Pelaku Transportasi

 Pelaku utama dalam geograf transportasi adalah masyarakat umum yang

terpengaruhi akibat bentuk muka bumi Contoh Kasus

Pada tol cipularang, jalan raya yang mengikuti bentuk muka bumi. Jalan tol cipularang menembus gunung karena ada beberapa hal yang dianggap lebih penting.

Jalan aeklantong di sumatera utara yang

menghubungkan tapanuli selatan ke tapanuli utara. Jalan tersebut menembus gunung supaya tidak terus-terusan mengalami kerusakan karena di pinggir bukit.

Solusi

 Masalah utama ialah penelitian tentang struktur yang sesuai bagi kondisi geologis daerah Aek Latong dan sekitarnya. Itu yang sangat diperlukan. kabarnya ada pertemuan lempeng. Karena itu, yang perlu dilakukan menurut kami adalah penanganan secara komprehensif dengan cara melakukan penelitian terlebih dahulu dengan

melibatkan tenaga ahli dari berbagai bidang terutama yang memahami kondisi geologi, geografs dan struktur tanah.

Dampak Positif dan Negatif

Dampak positif

 - lebih hemat

 - waktu yang ditempuh lebih cepat

Dampak negatif

 -Resiko longsor lebih besar

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...