BAB 1 PENDAHULUAN. Teknologi-teknologi baru yang muncul semakin pesat belakangan ini

Teks penuh

(1)

1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Teknologi-teknologi baru yang muncul semakin pesat belakangan ini menunjukkan semakin bertambahnya kecerdasan dari manusia sejalan dengan berkembangnya waktu. Akses informasi sangatlah menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh sebab itu tersedianya sarana dan prasarana komunikasi sangatlah penting dan dapat menjadi alat penyebaran dan penyerapan informasi oleh masyarakat. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia dapat dilihat dari tersedianya sarana dan prasarana komunikasi, baik untuk komunikasi suara (audio), video maupun data.

Kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu pastilah membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan, baik pembangunan individu maupun kelompok.

Dalam perkembangan jaman ini, persaingan antar perusahaan dalam memenuhi permintaan pelanggan juga semakin meningkat. Oleh karena itu setiap perusahaan pasti akan berupaya untuk meningkatkan produksi maupun layanannya terhadap pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan layanan internet yang berupa website untuk memperluas jaringan bisnis.

(2)

Internet adalah sebuah medium baru yang dapat digunakan untuk kegiatan komersial. Untuk menarik konsumen melalui internet, sebuah perusahaan memerlukan sebuah website sebagai cara dan menarik perhartian konsumen yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi antara konsumen dan perusahaan tersebut. Sebuah website dirancang sedemikian rupa untuk mewakili struktur dari perusahaan, produk ataupun jasa yang mereka sediakan (M.J. Taylor, 2005).

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini mendorong pergeseran kehidupan dari cara yang konvensional menuju arah yang lebih modern. Apabila diperhatikan, hampir semua jenis transaksi sekarang ini dilakukan menggunakan jaringan internet. dengan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan waktu dan biaya yang nanti akan di keluarkan konsumen maka ide revervasi online menjadi sorotan utama kami. Dengan demikian kami mengangkat judul “ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM PEMESANAN PADA WEBSITE SUBTITLES” sebagai topik skripsi kami.

Dengan beragamnya aktifitas manusia, tidak dapat disangkal bahwa manusia selalu membutuhkan hiburan atau sesuatu yang dapat memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Rasa senang ataupun terhibur tidak hanya bisa ditimbulkan oleh kegiatannya bermain, olahraga, berkesenian ataupun oleh kegiatan hobinya saja, akan tetapi juga dapat informasi, baik yang bersifat audio (dapat didengar) maupun visual (dapat dilihat). Pada saat ini, menonton film bisa di kategorikan sebagai kegiatan yang memberikan kesenangan yang cukup digemari.

(3)

Dunia industri perfilman baik dalam maupun luar negeri terus memproduksi film layar lebar yang tidak akan dilewatkan oleh penikmat film, maka tidak heran jika begitu banyak orang yang melakukan berbagai cara agar dapat menonton film yang sedang di putar. Salah satu cara adalah dengan menyaksikan secara langsung di bioskop ataupun melalui DVD dan VCD yang mereka inginkan di Private theater.

Private theater yang kini mulai menjadi tempat pilihan para pecinta film untuk menyalurkan hobi menonton. Dengan suasana santai menonton film kegemaran sambil menikmati makanan dan minuman kecil yang disuguhi, merupakan salah satu dambaan baik kaula muda maupun para eksekutif untuk menjamu klien bisnisnya, layaknya bioskop pribadi yang terkesan eksklusif.

Banyak bioskop yang membuat banyak aturan guna melindungi penonton agar tidak terganggu. Bagi yang tidak ingin terikat aturan, private theater bisa jadi salah satu solusi. Di tempat ini, konsumen dapat merasakan suasana seperti dirumah sendiri. Dari segi fasilitas, private theater memang tidak kalah dengan bioskop pada umumnya. Tetapi private theater memang dirancang untuk memuaskan penonton melalui sarana yang setara dengan bioskop premium. Salah satu hal yang juga disukai konsumen private theater adalah terkait privasinya dan kebebasan memilih film apa saja yang ingin ditonton.

SUBTITLES merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang hiburan yang menyediakan sebuah private theater merangkap persewaan DVD di lantai dasar Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan. Di sini, konsumen dapat memilih ataupun

(4)

membawa sendiri film yang sesuai dengan selera konsumen untuk di saksikan dalam private theater. private theatre yang juga merupakan usaha rental DVD ini memiliki ruang nonton berukuran 5 x 3 meter untuk maksimal enam pengunjung. SUBTITLES yang memutar film empat kali pada hari biasa plus midnight pada akhir pekan. Konsumen SUBTITLES sendiri tak hanya hanya anak-anak muda, rombongan ibu-ibu atau keluarga juga kerap bersantai di sini. Untuk berakhir pekan, sering kali pelanggan harus terlebih dahulu mereservasi temapt minimal empat hari sebelumnya. Kelebihan dari private theater ini adalah kebanyakan menawarkan film-film festival dan independent.

Pasar berjalan begitu kompetitif dan dinamis, yang menyebabkan derasnya arus informasi dan mengakibatkan perputaran aset yang sangat cepat. Teknologi jaringan internet merupakan cikal bakal yang kemudian melahirkan istilah E-business. E-Business memperpendek jarak sehingga memudahkan supplier dan konsumen dalam bertransaksi, memperluas jaringan pemasaran dan sangat menekan biaya.

E-business juga telah mampu menembus batasan geografi antar negara sehingga semua penjuru dunia dapat dijangkau. Perusahaan dapat mempromosikan berbagi produk yang anda miliki ke seluruh dunia dalam waktu bersamaan, dalam waktu singkat, dan dengan biaya yang sangat hemat. Fenomena seperti ini akan meningkatkan volume penjualan perusahaan meningkat secara drastis.

Intenet juga telah meningkatkan kecepatan komunikasi dengan metodologi just in time. Ketepatan waktu dan pengurangan penggunaan kertas adalah salah satu hasil dari

(5)

penggunaan internet, karena setiap informasi dikirimkan secara elektronik. Benar-benar mengurangi biaya dalam bertransaksi.

Menggunakan E-business dengan baik dapat membantu Anda bekerja lebih efisien dan meningkatkan produktivitas bisnis. business mengarahkan ke situs Web dan E-mail, hal tersebut juga menggunakan teknologi komputer untuk membuat proses bisnis Anda lebih efisien. (The Business Link,2008).

Dengan menggunakan aplikasi basis data yang diintegrasikan dalam tampilan berbasis web untuk menyediakan informasi dan layanan reservasi secara online sehingga mempermudah pelanggan yang ingin mengetahui informasi mengenai ketersediaan theater dan melakukan reservasi dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja selama masih terhubung dengan Internet. Selain itu, aplikasi tersebut juga melakukan pengolahan data yang menghasilkan beberapa laporan yang dapat digunakan secara internal untuk manajemen.

1.2 Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang akan di bahas dalam penulisan skripsi ini adalah :

1. Pengembangan website SUBTITLES.

2. Merancang aplikasi berbasis website dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan tempat yaitu penyewaan theater maupun pemesanan merchandise

(6)

melalui internet dengan pilihan pembayaran melalui cash on store, bank transfer, atau cash on delivery (untuk mercandise).

3. Menyajikan informasi mengenai history transaksi pemesanan yang telah dilakukan oleh customer melalui internet.

1.3 Tujuan dan Manfaat

Tujuan yang diharapkan didapatkan dalam dan penulisan skripsi ini adalah :

1. Menganalisis kekurangan sistem yang timbul dari website yang sedang berjalan sehingga kekurangan tersebut dapat diperbaiki.

2. Membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan layanan reservasi melalui internet.

3. Menyediakan informasi mengenai private theater, jadwal maupun kapasitas yang tersedia pada SUBTITLES.

4. Memperluas jangkauan informasi kepada pelanggan.

Manfaat ingin dicapai dalam skripsi ini adalah :

I. Manfaat bagi perusahaan :

1. Meningkatkan fungsi dari website yang telah ada. 2. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan . 3. Menciptakan kepuasan pelanggan.

(7)

II. Manfaat bagi pelanggan :

1. Meningkatkan kemudahan bagi pelanggan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

2. Mempermudah pelanggan untuk melakukan reservasi private theater dari mana saja tanpa perlu datang langsung sehingga dapat mempergunakan waktu dengan lebih efisien.

1.4 Metodologi

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut:

1.4.1 Metode Analisis 1.4.1.1 Studi Pustaka

Studi pustaka dilakukan dalam rangka untuk memperoleh data sekunder, yaitu dengan cara mencari, mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam skripsi ini. Data sekunder diperoleh dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan objek penelitian dan melalui sumber informasi lainnya seperti majalah, artikel, media cetak lainnya dan internet. Hasil-hasil yang diperoleh dari studi pustaka tersebut merupakan informasi-informasi yang bersifat teoritis dan ilmiah yang akan digunakan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi ini.

(8)

1.4.1.2 Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan bertujuan untuk mendapatkan data primer, data yang dikumpulkan langsung dari objeknya, yaitu dengan berkunjung langsung ke SUBTITLES.

Penelitian lapangan terdiri dari :

I. Survei

Kegiatan mengumpulkan data mengenai informasi dan meneliti secara langsung ke perusahaan yang bersangkutan, yaitu perusahaan SUBTITLES.

II. Wawancara

Melakukan wawancara dengan bagian yang terkait langsung dengan pihak SUBTITLES untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

1.4.2 Metode Perancangan

1 Perancangan Class Diagram 2 Perancangan Use Case Diagram 3 Perancangan Activity Diagram 4 Perancangan Database

(9)

1.5 Sistematika Penulisan

Skripsi ini diuraikan dalam 5 bab, yaitu :

BAB 1 : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan secara singkat mengenai latar belakang, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat, penelitian dilakukan, metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian serta sistematika penulisan untuk menjelaskan pokok-pokok bahasannya.

BAB 2 : LANDASAN TEORI

Pada bab ini, penulis mengemukakan landasan teori yang digunakan mengenai konsep-konsep, pendapat, istilah dan materi pembahasan yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan penulis.

BAB 3 : ANALISIS SISTEM BERJALAN

Bab ini berisikan hasil survey pada perusahaan yang mencakup struktur organisasi, tugas, dan tanggung jawab setiap divisi, prosedur yang sedang berjalan, permasalahan yang sedang dihadapi, serta alternatif pemecahan masalah yang diusulkan. Hasil survey yang terdapat pada bab ini sangat berpengaruh pada rancangan sistem yang diusulkan, yang akan dibahas pada bab berikutnya.

(10)

BAB 4 : PERANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Merupakan bab utama dalam skripsi yang akan dibuat ini, yang berisikan penjelasan mendalam dari proses perancangan sistem yang diusulkan. Perancangan sistem yang dilakukan meliputi gambaran umum sistem yang mencakup class diagram, activity diagram, use case diagram, kamus data (database), arsitektur jaringan, spesifikasi proses, rancangan layar, rencana implementasi yang mencakup spesifikasi perangkat keras dan lunak, dan cara pengoperasian sistem.

BAB 5 : SIMPULAN DAN SARAN

Berisi garis besar kesimpulan yang akan diambil dari inti penelitian dan hasil penelitian berupa informasi kualitatif. Juga saran-saran yang merupakan tindakan yang perlu diambil sebagai tindak lanjut yang lebih baik dari pemecahan permasalahan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :