TINJAUAN YURIDIS PELAKASAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO : 402KPdt.Sus2001) SKRIPSI

13 

Teks penuh

(1)

i TINJAUAN YURIDIS PELAKASAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA

MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN

MAHKAMAH AGUNG NO : 402K/Pdt.Sus/2001)

SKRIPSI

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Program

Strata I Pada Fakultas Hukum Dan Komunikasi Universitas Katolik

Soegijapranata

Disusun oleh:

Nama

: Tri Hapsari Murtiningtyas

Nim

: 09.20.0053

FAKULTAS HUKUM DAN KOMUNIKASI

UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

(2)

ii HALAMAN PERSETUJUAN

TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA

MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN

MAHKAMAH AGUNG NO. : 402K/Pdt.Sus/2001)

SKRIPSI

Diajukan

guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata 1

dalam Ilmu Hukum

Disusun Oleh :

Nama : Tri Hapsari Murtiningtyas NIM : 09.20.0053

FAKULTAS HUKUM DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

(3)

iii PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi yang berjudul

TINJAUAN YURIDIS PELAKASAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG MEREK TERHADAP KESAMAAN ATAU KEMIRIPAN PADA MEREK PRODUK MAKANAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO : 402KPdt.Sus/2001)

Ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila dikemudian hari ternyata terbukti bahwa skripsiini sebagai atau seluruhnya merupakan hasil plagiasi, maka saya rela untuk dibatalkan, dengan segala akibat hukumnya sesuai peraturan yang berlaku pada Universitas Katolik Soegijapranata dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Semarang, 29Juni 2015

(4)
(5)

v MOTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO

 Bertawakallah pada Allah agar mendapat Ilmu

Surat Al-Baqarah ayat 282

 Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan

orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan Surat Al Mujadillah ayat 11

 Gunakan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain

PERSEMBAHAN

Skripsi ini saya persembahkan Kepada  Allah Yang Maha Esa

 Kedua Orang Tuaku Tercinta  Kakak-kakakkuTersayang  Kekasihku yang Tercinta

(6)

vi KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT atas segala berkat, kasih dan karunianya yang diberikan kepada penulis, sehingga penulis diberi kelancaran dan kemampuan menyelesaikan dengan baik skripsi dengan judul Perlindungan Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Merek Terhadap Kesamaan Atau Kemiripan Pada Merek Produk Makanan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No : 402KPdt.Sus/2001). Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat terselesaikannya progam sarjana setara satu (S1) Fakultas Hukum Universitas Katolik Soegijapranata.

Dalam penulisan ini, penulis ingin menggambarkan mengenai proses perlindungan hukum terhadap kesamaan atau kemiripan pada merek produk makanan yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek yang dalam kasus sengketa ini adalah pemegang produk merek makanan Oreo dengan Oriorio. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa masih banyak produk merek makanan yang dalam bentuk dan kemasan yang sama persis sehingga memiliki kesamaan atau kemiripan pada produk merek makanan yang banyak merugikan konsumen dan khususnya produsen merek tersebut.

(7)

vii 1. Prof. Dr. Y. Budi Widianarko, M.sc., selaku Rektor Universitas Katolik

Soegijapranata Semarang.

2. Bapak Benny Danang Setianto, SH., LLM, selaku Dekan Fakultas Hukum Dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

3. Bapak Petrus Soerjowinoto, SH., M.Hum, selaku Dosen Wali yang telah membimbing penulis dalam menentukan strategi perkuliahan selama penulis menuntut ilmu di Fakultas Hukum Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

4. Bapak Dr. Y. Budi Sarwo. SH., M.H, selaku Dosen Pembimbing yang selalu sabar dalam membimbing penulisan menyelesaikan skripsi ini, terima kasih pula atas ilmu dan inspirasi yang telah bapak berikan dalam perkuliahan. 5. Kepada Ibu Lista Widyastuti dibidang Pemproses HKI sebagai narasumber

yang telah memberikan informasi dan data.

6. Seluruh Dosen Fakultas Hukum Dan Komunikasi Universitas Soegijapranata Semarang yang telah memberikan ilmu pengetahuan, bimbingan, semangat dan pengajaran selama masa studi penulis.

(8)

viii 8. Orang Tua penulis, Drs. H. Mudoko, MM dan Tuti Tri Amalia, SmHK atas segala dukungan, nasehat yang bijak, filosofi kehidupan, fasilitas, doa serta kasih sayang dan cinta yang tidak pernah habis.

9. Kakak penulis Mustika Adi Kurniawan, SE, Msi, Akt, dan Ardi Dwi Mukti Artanto, SEyang selalu memberikan dukungan doa dan masukan bagi penulis. 10.Kekasih Tercinta Rizki Akbar Saputra, S.Psi, yang telah memberikan banyak

bantuan, masukan, hiburan dan semangat salama penulisan skripsi ini.

11.Keluarga dari Kekasih Tercinta, Ayah dan Mami yang banyak memberikan saran, motivasi dan doanya bagi penulis.

12.Sahabat-sahabat penulis Rossy Pangestika Wuri,Novie Susilowati, Renova Kusuma Pristi, Rina Magdalena Siregar,Ade Chaerunnisa, Nisia Natalia dan, Anastasia Ayu, yang selalu menemani penulis selama penulisan skripsi ini. 13.Seluruh teman-teman angkatan 2009, alumni Fakultas Hukum, dan almamater

Universitas Katolik Soegijapranata Semarang tercinta terima kasih telah menjadikan penulis salah satu bagian dari kalian.

14.Teman-teman yang tersebar dari gedung Justinus hingga HC yang telah berbagi ilmu selama penulis menjadi Mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata.

(9)

ix segala kemampuan, namun dengan kerendahan hati penulis mengharapkan semoga skripsi ini tidak akan mengurangi manfaat bagi pembaca dan masyarakat.

Semarang, 29 Juni 2015

(10)

x ABSTRAKSI

Globalisasi pasar ditandai dengan adanya perdagangan bebas antara produsen dan konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri. Merek tidak saja sebagai tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang mempunyai daya pembedaan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa sebagimana definisi yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Dalam perdagangan barang dan jasa merek menjadi sangat penting.Merek menjadi salah satu kekayaan intelektual berfungsi sebagai tanda pengenal atau daya pembeda dari merek lainnya.Dapat dikatakan bahwa merek merupakan aset bagi pemilik merek yang bersangkutan.

Oleh karena itupenulis memilih judul Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Kesamaan Atau Kemiripan Pada Merek Produk Makanan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No : 402K/Pdt.Sus/2001). Adapun rumusan masalah adalahBagaimana pengaturan hukum terhadap kesamaan atau kemiripan merek terhadap produk makanan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek?Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap pemegang hak merek jika terjadi pelanggaran merek atas kesamaan atau kemiripan merek produk makanan?Hambatan-hambatan apa yang timbul dalam perlindungan hukum terhadap pemegang merek?

Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.Menggunakan metode pendekatan yuridisnormative, yaitu penelitian hukum yang memperoleh data dari sumber data sekunder.Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian yang bersifat diskriptif analitis.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengaturan terhadap kesamaan atau kemiripan merek dinjau dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 belum diatur secara spesifik,hal ini menimbulkan kegelisahan di kalangan masyarakat maupun lingkup internal Dirjen HaKI sendiri dikarenakan penegakan hukum secara empiris ternyata lamban dan mengkhawatirkan. Perlindungan hukum bagi pemegang hak merek Oreo berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 402 K/Pdt.Sus/2011 menggunakan sistem konstitutif dimana perlindungan hukum sebuah merek berdasarkan sistem pendaftaran yang terdaftar dalam Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual.Hambatan yang timbul dalam perlindugan bagi pemegang merek yaitu kurangnya sosialisasi Undang-Undang Merek, proses pendaftaran merek yang lama dan rumit, dan biaya pendaftaran yang mahal.

(11)

xi DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... ...i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ..ii

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... ..iii

HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI ... ..iv

HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN ... ...v

KATA PENGANTAR ... ..vi

ABSTRAKSI...x

DAFTAR ISI...xi

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... ...1

B. Perumusan Masalah ... ...5

C. Tujuan Penelitian ... ...6

D. Manfaat Penelitian ... ...6

E. Metode Penelitian... ...7

1. Metode Pendekatan ... ...7

2. Spesifikasi Penelitian ... ...7

3. Metode Pengumpulan Data ... ...8

a. Studi Lapangan...8

(12)

xii

4. Metode Analisis Data...10

5. Metode Panyajian Data...10

F. Sistematika Penulisan ... .11

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Perlindungan Hukum Atas Merek...13

1. Pengertian Perlindungan Hukum...13

2. Perlindungan Hukum Atas Merek...14

B. Merek dan pengaturan Hukum...16

1. Pengertian Merek...16

2. Sejarah Merek...18

3. Pengaturan Hukum Merek...22

4. Persyaratan Merek...24

5. Pendaftaran Merek...30

6. Hak Atas Merek...38

7. Itikad Baik Pada Pendaftaran Merek...41

8. Jenis Merek...43

C. Persamaan atau Kemiripan atas Merek...47

1. Pengertian Persamaan Merek...47

2. Persamaan Secara Keseluruhan (Merek Identik)...52

3. Persamaan Pada Pokoknya...54

4. Perlindungan Hukum atas Persamaan Merek...55

(13)

xiii

1. Bentuk-Bentuk Pelanggaran Merek...56

2. Ketentuan Pidana Hak atas Merek...57

E. Penyelesaian Sengketa ... .60

BAB III PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN A. Hasil Penelitian ... .63

1.Kedudukan Kasus...63

2.Pertimbangan Hukumnya...64

3.Putusan...66

B. Pembahasan 1. Pengaturan Hukum Terhadap Kesamaan Atau Kemiripan MerekTerhadap Produk Makanan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor Tahun 2001 Tentang Merek...68

2. Perlindungan Hukun Terhadap Pemegang Hak Merek Jika Terjadi Pelanggaran Merek Atas Kesamaan Atau KemiripanMerek Produk Makanan...80

3. Hambatan-Hambatan Yang Terjadi DalamPelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Merek...98

BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan ... 102

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...