Laporan Sistem Informasi Toko buku Lengk

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Pada saat ini perkembangan sistem informasi telah berkembang sangat pesat dan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia dan

mencakup banyak bidang yaitu bidang

hiburan,pendidikan,bisnis,kesehatan dan sebagainya. Teknologi informasi dapat digunakan dalam berbagai keperluan tergantung pada fungsinya masing-masing. Selain itu system informasi juga dapat meningkatkan keuntungan dan memperlancar suatu usaha. System informasi akan terus berkembang karena kebutuhan untuk mengembangakan usaha dalam pencapaian tujuan.

Tujuan berdirinya suatu usaha yaitu untuk mendapatkan suatu keuntungan yang optimum dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pemimpin suatu usaha harus mampu mengelolah suatu usaha secara efisien dan efektif atau dengan kata lain dapat menekan serendah mungkin faktor-faktor yang menghambat operasi usaha untuk mencapai tujuannya.

Sistem informasi dalam organisasi usaha dirasakan sangatlah penting untuk menunjang tercapainya tujuan usaha. Dalam hal ini adalah system informasi penjualan. Karena tanpa adanya sistem yang baik tentu akan berakibat fatal bagi finansial usaha.

Penginputan yang dilakukanpun masih secara manual, sehingga membuat membuat pekerjaan tidak efisien, Sehingga itu dibutuhkan suatu system informasi pengelolaan Toko buku untuk dapat mengelolah penjualan, data barang dll. Dalam hal ini, penulis mengambil lokasi pada Toko Buku Alghurobaa yang terletak di Jl. Ki Hajar

.

1.2 Rumusan Masalah

(2)

Berdasarkan perumusan masalah, penulis membuat batasan masalah dalam pembuaan aplikasi perpustakaan ini

1. Sistem Informasi Toko Buku Alghuroba dibuat menggunakan Delphi 10.1 Berlin dan menggunakan database MySQL.

2. Sistem Informasi Toko Buku Alghuroba ini digunakan oleh staff Toko Buku

(3)

BAB II DASAR TEORI

Sistem Informasi Toko Buku Alghurobaa merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah staff dalam mengelola Toko Buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Delphi 10.1 Berlin dan Database MySQL dengan XAMPP yang diimplementasikan menggunakan ZQuery. Penggunaan Zquery menggunakan ZeosDBO yang perlu diinstal dalam Delphi.

Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ). Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero. Divisi tersebut awalnya milik borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi. Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan. Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows, namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft .NET .

(4)

2. Edit, Edit berfungsi sebagai masukan data (input) dalam bentuk string, dari bentuk string ini kita dapat mengolahnya menjadi bentuk integer atau bentuk lainnya. Yang kemudian dapat digunakan untuk operasi selanjutnya.

3. Button/ Bitbtn, Biasa digunakan sebagai tombol kendali. Perbedaan antara bitbtn dengan btn : pada bitbtn kita dapat menyisipkan warna pada tombol dan icon tertentu, lain halnya bila kita menggunakan button.

4. ComboBox, Combo Box berfungsi sebagai petunjuk untuk pemilihan berbagai masukan, di mana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih.

5. Datetimepicker, Untuk memasukkan tanggal dan waktu dalam form 6. Timer, Untuk menambahkan waktu pada komponen dalam form 7. RadioGroup

8. Image, digunakan untuk menambah gambar pada form

9.

Zquery, Digunakan sebagai datashet sama seperti komponen query BDE. Properti penting yang digunakan pada ZQuery diantaranya Connection, SQL dan Active.

10. Zconnection, Merupakan komponen yang menghubungkan antara datashet dengan database secara fisik. Properti penting yang digunakan dalam ZConnection diantaranya Database, Connected, HostName, Protocol, Port, User dan Login prompt.

11. DataSource, Untuk mengatur sumber data dari database yang digunakan 12. DBGrid, Untuk menampilkan data dari database pada form

13. Quick Report, merupakan salah satu dari beberapa aplikasi untuk membuat laporan yang berintegrasi dengan delphi.

(5)

form. Ketika diletakkan pada form, QuickRep masih kosong dan belum memiliki band. Karenanya kita harus meletakkan band atau komponen report lainnya pada komponen ini. QuickRep ini merupakan container untuk komponen-komponen quick report yang lain. Dengan kata lain, kita meletakan komponen-komponen quick report lainnya di atas komponen QuickRep ini.

15. QRShape, digunakan untuk menggambar bentuk bangun seperti kotak, lingkaran, dan garis pada report.

16. QRDBText, merupakan versi data-aware TQRLabel. Band ini berfungsi untuk mencetak nilai yang ada pada field suatu database. Di dalamnya juga termasuk calculated field, text field, string field, atau macam field numeric, field tanggal, field memo. Koneksikan pada data field dengan mengatur properti DataSource dan DataField.

17. QRSysData, digunakan untuk mencetak informasi sistem seperti title report, nomor halaman, jam, tanggal, dan sebagainya.

18.

QRExpr, digunakan untuk mencetak field database, kalkulasi dan static text. Pada properti Expression dapat dimasukkan ekspresi untuk keperluan seperti menghitung subtotal, total, dan sebagainya.

19.

QRBand, merupakan band elemen dasar dari band-band yang ada dandengan mudah dapat diubah tipe band-nya hanya dengan mengatur properti BandType sesuai tujuan band tersebut. Jika kita meletakkan TQRBand pada QuickRep, lalu mengisi BandType dengan “rbTitle”, fungsi band ini menjadi tipe Title Band.

(6)

sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Jika kita menggunakan database MySQL, maka kita harus menambahkan komponen (menginstal) connector Zeos DBO dalam aplikasi delphi kita. Zeos DBO tidak hanya dapat digunakan oleh MySQL, namun dapat digunakan oleh DBMS lainnya, seperti PostgreSQL, Interbase, Firebird, MS SQL, Sybase, Oracle dan SQLite untuk Delphi, FreePascal/Lazarus, Kylix dan C++ Builder.

BAB III PEMBAHASAN 3.1 Prinsip Kerja dan Manfaat Aplikasi

 Prinsip Kerja

Fungsi- fungsi yang terdapat pada aplikasi ini adalah : 1. Halaman Login

Pada halaman ini, digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi sebagai staff atau sebagai admin dengan meggunakan username dan password masing-masing pengguna.

2. Menu Bantuan

Pada menu ini, pengguna dapat memperoleh petunjuk mengenai cara penggunaan aplikasi.

3. Halaman Staff

Halaman ini akan tampil ketika pengguna login sebagai staff. 4. Halaman Admin

Halaman ini akan tampil ketika pengguna login sebagai admin. 5. Menu Transaksi

Dalam menu ini, pengguna dapat menangani transaksi jual-beli di Toko Buku Alghuroba.

(7)

Menu ini untuk menginput data buku baru yang belum pernah dimasukkan sebelumnya dan juga dapat digunakan untuk mengubah data buku yang telah diinput

7. Menu Input Jenis Buku

Menu ini merupakan menu untuk menambahkan jenis buku yang ada pada Toko Buku Alghurobaa

8. Menu Input Lokasi 9. Menu Data Staff

Menu ini merupakan menu untuk menambahkan staff toko buku. Menu ini hanya dapat diakses oleh admin.

10. Menu Cetak Laporan Barang

Menu ini untuk mencetak laporan buku-buku yang ada pada Toko Buku Alghurobaa

11. Menu Cetak Laporan Penjualan

Menu ini untuk mencetak laporan transaksi pada Toko Buku

 Manfaat Aplikasi

1. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. 2. Menghemat waktu dan tenaga.

3.2 Metode Pengumpulan dan Analisis Data  Metode Pengumpulan Data

1. Observasi

Merupakan cara pengumpulan data yg dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan aspek-aspek yg ingin diselidiki.

(8)

Cara mengumpulkan data yg mengharuskan seorang peneliti mengadakan kontak langsung secara lisan atau tatapmuka dgn sumber data/responden.

Alat yg digunakan adalah dapat menggunakan kuesioner dan dapat pula dgn menggunakan pedoman wawancara

3. Studi Dokumenter

 Pengumpulan data dgn kategorisasi dan klasifikasi bahan-bahan tertulis yg terkait dgn studi

 Sumber data diperoleh dari buku-buku, koran, majalah, darimana sumber diperoleh, Check list dll.

Setelah kebutuhan data dikumpulkan, analisis terhadap kebutuhan dilakukan dengan menggunakan beberapa alat (tools) seperti DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram),dan diagram lainnya. 3.3 Kebutuhan Pengguna dan Sistem

1. Kebutuhan Pengguna (User Requirements)

User requirement untuk Sistem Informasi Toko Buku Alghuroba dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Software dirancang dengan antar muka bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

b. Antar muka dirancang seminimalis mungkin, tidak terlalu banyak tombol dan memiliki warna yang menarik.

(9)

d. Tombol-tombol diutamakan menggunakan icon-icon atau perintah yang sesuai dengan fungsi tombol dan mudah dipahami.

e. Kebutuhan-kebutuhan lainnya dapat dilihat pada gambar-gambar diagram yang telah dibuat.

2. Kebutuhan Sistem (System Requirements)

Kebutuhan fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dikembangkan ini adalah sebagai berikut:

a) Sistem harus menyediakan fungsi login sebagai keamanan.

b) Sistem harus dapat melakukan transaksi, penginputan data buku, dan data staff.

c) Sistem harus dapat melakukan pencetakan laporan Barang keseluruhan dan laporan penjualan.

d) Sistem harus menyediakan form yang mudah untuk digunakan. 3. Kebutuhan Antarmuka (User Interface Requirements)

a) Kebutuhan Antarmuka Pengguna

Pengolahan User Interface aplikasi pembuatan kartu siswa menggunakan Delphi 10.1 Berlin. Aplikasi ini memiliki form menarik yang mudah dioperasikan. Interaksi sistem dan pengguna dilakukan menggunakan keyboard dan mouse.

b) Kebutuhan Antarmuka Perangkat Keras perangkat keras yang dapat digunakan adalah: a) PC/Laptop

b) Monitor VGA mempunyai resolusi minimal 1366 x 768 pixel. c) Printer untuk mencetak kartu siswa dan laporan

d) Keyboard dan Mouse

c) Kebutuhan Antarmuka Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk perpustakaan antara lain: 1. Sistem Operasi Windows 7,8 atau 10

(10)

d) Kebutuhan Antarmuka Komunikasi

Aplikasi kartu siswa ini tidak menggunakan antarmuka komunikasi dengan perangkat lain.

(11)
(12)

2. Activity Diagram  Login

 Penginputan Oleh Admin

(13)
(14)
(15)

3. Use Case Diagram

(16)

 Login Admin

(17)

5. Class Diagram

6. Data Flow Diagram  DFD Level 0

(18)
(19)

3.6 Rancangan Desain Database dan Form 1. Desain Database

(20)

3. Form Admin

(21)

5. Form Data Siswa

6. Form Data Staff

(22)

8. Form Kartu Siswa

(23)

3.7 Pengujian Aplikasi

 Feedback Berhasil Login Staff

(24)

 Feedback Simpan data Staff

(25)
(26)

BAB III PENUTUP 4.1Kesimpulan

Aplikasi kartu siswa merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah pengguna dalam membuat kartu siswa. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Delphi 10.1 Berlin dan Database MySQL dengan XAMPP yang diimplementasikan menggunakan ZQuery.

Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ). Sehingga lebih mudah untuk digunakan. Adapun keunggulan Delphi yaitu IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuatsuatu proyek program. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

(27)
(28)

DAFTAR PUSTAKA

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...