• Tidak ada hasil yang ditemukan

Manajemen Modern dan Manajemen Klasik

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "Manajemen Modern dan Manajemen Klasik"

Copied!
7
0
0

Teks penuh

(1)

SOAL 1

ILMU MANAJEMEN MODERN

a. Robert Owen

Robert Owen adalah seorang putra dari pembuat pelana dan pandai besi yang lahir di Newton, Wales pada 14 Mei 1771. Ia seorang sosialis yang juga memiliki bisnis tekstil. Kehidupannya banyak dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran yang berkaitan dengan sosial masyarakat.

Robert memulai bisnis tekstil setelah melakukan beberapa pekerjaan seperti berdagang kain, menjadi manajer perusahaan air minum, dan bekerja dirumah pengolaan kain. Sebagai sosialis, Robert mengatakan penyebab kemiskinan

masyarakat adalah akibat dari maraknya penggunaan mesin sebagai pengganti tenaga kerja manusia.

Robert pun merasa prihatin dan berusaha untuk menanggulangi kemiskinan tersebut dengan cara memberikan pekerjaan kepada masyarakat miskin, tidak hanya itu saja, ia juga menyediakan perumahan yang layak bagi bawahan dan menyediakan kebutuhan rumah tangga bagi para bawahan dengan harga yang relatif rendah daripada harga pasar.

Robert berpendapat bahwa pekerja adalah asset bagi perusahaan. Maka pekerja harus mendapat perhatian yang serius, agar apa yang diinginkan oleh perusahaan dapat terpenuhi sebagaimana mestinya.

b. Charles Babbage

Charles Babbage lahir di jalan Crosby Row no. 44, London, pada tanggal 26 Desember 1791, ia adalah seorang profesor matematika Inggris yang menggunakan banyak waktunya mempelajari cara-cara untuk membuat pekerjaan dalam pabrik lebih efisien.

(2)

Setiap pekerja kemudian di didik dalam satu keterampilan khusus. Dengan cara ini, pendidikan yang mahal dapat dikurangi, dan pengulangan yang terus menerus dari setiap pekerjaan dapat meningkatkan keterampilan pekerja.

Pemikiran Charles Babbage pada manajemen yaitu mengenai pembagian kerja agar pekerjaan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien, maka seorang pekerja harus terampil dalam bidangnya. Dan menurut Charles, jika pekerja itu dilakukan berulang-ulang, maka keterampilannya bertambah.

SOAL 2

ILMU MANAJEMEN KLASIK

a. Henry L Gantt

Henry Laurence Gantt lahir di Calvert Country, Maryland, Amerika Serikat pada tahun 1861. Ia adalah seorang konsultan manajemen yang menciptakan Grafik Gantt jadwal produksi yang sangat terkenal dan masih digunakan sampai saat ini.

Kemudian dalam karirnya sebagai konsultan manajemen, selain menciptakan grafik Gantt, ia mulai mempertimbangkan untuk membuat sistem insentif. Karna menurutnya sistem tarif upah dianggap terlalu kecil memberikan dampak motivasi. Lalu ia membuat satu inovasi baru mengenai “pekerjaan dan bonus”.

Inovasi ini akan memberikan motivasi lebih kepada para pekerja, contohnya apabila pekerja dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan standar harian yang telah di tetapkan, maka pekerja akan mendapatkan bonus. Begitu pula dengan supervisor, ia akan mendapatkan bonus apabila pekerja dapat mencapai standar harian.

(3)

b. Harrington Emerson

Harrington Emerson lahir di kota Madison di Dorchester Country, Maryland pada tanggal 12 Januari 1853, ia menerima gelar sarjana pada tahun 1884 dan gelar master pada tahun 1886.

Harrington adalah seorang professor di inggris yang melakukan penelitian tentang efektifitas kerja dalam sistem kerja di pabrik. ia menekankan, sistem yang baik akan meningkatkan produktivitas dan menekan biaya.

Harrington menemukan pemborosan dan ketidak

efisienan dalam bekerja, dan ini merupakan masalah yang ada di dalam industri. Maka dari itu Harrington membuat 12 prinsip-prisip efisiensi yang sangat terkenal, yaitu :

 Tujuan-tujuan dirumuskan dengan jelas.

 Kegiatan yang dilakukan masuk akal.

 Adanya staf yang cakap.

 Disiplin.

 Balas jasa dan adil.

 Laporan-laporan yang terpercaya serta akurat.

 Pemberian pemerintah yang terinci

 Adanya standar-standar, schedule-schedule dan waktu setiap kegiatan.

 Kondisi yang distandardisasi.

 Operasi yang distandardisasi.

 Instuksi-instruksi praktis tertulis yang standar.

 Balas jasa efisiensi – rencana insentif.

(4)

c. Max Weber

Max Weber lahir di Erfurt, Jerman, pada tanggal 21 April 1864. Ia adalah seorang ahli ekonomi politik dan sosiolog dari jerman yang dianggap sebagai salah satu pendiri ilmu sosiologi administrasi negara modern. Max Weber mengemukakan sebuah teori manajemen birokrasi untuk mengatur peraturan dan wewenang yang jelas.

Dalam hal ini, weber mencoba untuk memperbaiki prestasi kerja organisasi dengan merumuskan cara tentang bagaimana seharusnya organisasi yang ideal dibentuk.

Dalam suatu organisasi dibutuhkan koordinasi agar

setiap bagian organisasi dapat bekerja dengan baik. Dengan adanya struktur, maka proses pengoordinasian ini akan semakin efektif karena setiap orang tau letak kewenangannya

d. Frank Bunker Gilberth

Frank B. Gilberth lahir pada tanggal 7 Juli 1868. Ia adalah perintis studi gerak dan waktu. Pendidikan Frank hanya sampai SMA. Dulu Frank bekerja sebagai pekerja bangunan dan berlanjut menjadi ahli manajemen.

Frank dan istrinya Lilian M Gilberth menjadi 1 tim. Lilian dan Frank meneliti kebiasaan kerja pegawai manufaktur untuk mencari cara bagaimana mempermudah pekerjaan para pegawai dan bagaimana meningkatkan hasil kerja. Dalam penelitiannya, ia menggunakan kamera film untuk menghitung waktu tercepat dalam melakukan setiap gerakan.

(5)

TEORI KEBUTUHAN DARI ABRAHAM MASLOW

Abraham Maslow adalah pelopor aliran psikologi humanistik. Maslow melihat beberapa kebutuhan lebih didahulukan dibanding yang lainnya. Sebagai contoh, ketika haus dan lapar, maka kita akan terlebih dahulu mengatasi haus dibandingkan lapar. Karena tanpa makanan kita dapat bertahan beberapa minggu, tetapi tanpa minuman hanya beberapa hari saja. Sehingga dapat dikatakan bahwa kebutuhan akan minuman lebih besar dibandingkan dengan makanan.

Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan, mulai yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi lima tingkatan, antara lain sebagai berikut:

a. Kebutuhan Fisiologis

(6)

b. Kebutuhan Rasa Aman

Ketika kebutuhan fisiologis terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan akan rasa aman. Seperti keamanan dari kejahatan, keselamatan kerja, keamanan keluarga, keamanan kesehatan. Karena adanya kebutuhan rasa aman, maka dibuatlah aturan, undang-undang, serta membuat sistem asuransi, pensiun, dan sebagainya.

c. Kebutuhan Rasa Cinta

Mereka membutuhkan kebutuhan ini agar bisa merasa mencintai dan dicintai oleh yang lainnya. Jika tidak terpenuhi kebutuhan ini maka orang akan merasa sendirian, gelisah, dan depresi. kurangnya rasa cinta dan dimiliki juga dapat menimbulkan penyakit fisik seperti penyakit hati.

d. Kebutuhan Harga Diri

Menurut Maslow, semua manusia membutuhkan penghargaan, menghargai diri sendiri, dan juga menghargai orang lain. Orang perlu melibatkan diri untuk mendapatkan pengakuan dan mempunyai kegiatan baik di dalam pekerjaan ataupun hobi.

e. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah manusia untuk memanfaatkan kemampuan mereka dan berusaha menjadi yang terbaik. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu untuk tumbuh menjadi orang yang mengaktualisasi dirinya sendiri.

TEORI X DAN Y DARI DOUGLAS MC GREGOR

Teori X dan Teori Y adalah teori motivasi manusia yang diciptakan oleh Douglas McGregor. ia mengemukakan kepemimpinan yang efektif yaitu dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi. Konsep ini terkenal dengan menggunakan asumsi sifat dasar manusia. Pemimpin yang menyukai teori X cenderung menyukai gaya kepemimpinan otoriter dan sebaliknya, seorang pemimpin yang menyukai teori Y lebih menyukai gaya kepemimpinan demokratik

(7)

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Robert_Owen https://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage https://id.wikipedia.org/wiki/Henry_Gantt

https://id.wikipedia.org/wiki/Harrington_Emerson https://id.wikipedia.org/wiki/Maximilian_Weber https://id.wikipedia.org/wiki/Frank_Bunker_Gilbreth

Referensi

Dokumen terkait

Disini Akan Akan banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan orangutang baru rule sering kali belum anda kenal baik, Akan lebih bijak memberikan unsur netral tanpa banyak pajangan

Menurut prinsip kedua (the prin- ciple of beneficence ), seorang dokter harus melakukan yang terbaik bagi pasiennya. Dalam sumpah Hippokrates telah dicantum- kan

Jadi dalam hal ini dikatakan bahwa media Audio Visual adalah sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar guna untuk peningkatan pemahaman siswa pada

Agar semua kondisi yang tidak diinginkan tidak terjadi, seperti hilangnya dokumen kerja yang belum disimpan ketika menyalakan komputer, rusaknya komponen komputer yang digunakan

Dari kajian ini, disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Perbaikan aspek-aspek GMP, antara lain: desain ruang pengolahan, fasilitas pabrik, peralatan produksi, dan

Development of Authentic Mathematics Assessment in Application of Problem Based Learning Model to Improve Problem Solving Ability and Understanding of Student Mathematics

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan akhlak terpuji dapat meningkatkan kerjasama

Berawal dari diajak teman untuk bermain badminton bersama salah satu kaskuser, Widhi memutuskan untuk membuat account di forum Kaskus.Muncul kebutuhan untuk mendapatkan